Tutorial

10+ Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi

Pernahkah mengalami kendala lupa kata sandi dan nomor yang tidak aktif lagi? Jika ya, maka kamu wajib tahu Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi yang akan di bahas pada artikel di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, jika lupa kata sandi email, akan sulit mengakses email kita dan memulihkan akun tersebut  jika terjadi masalah. Selain itu, jika nomor telepon yang tertaut ke akun email tidak aktif lagi, maka akan sulit untuk mendapatkan kode verifikasi untuk mengatur ulang kata sandi.

Bukan hanya itu, terkadang kita lupa kata sandi email atau nomor telepon yang terkait dengan akun kita. Lebih buruk lagi, ada kalanya nomor telepon yang terdaftar pada akun tidak lagi aktif.

Jadi, jika kamu mengalami situasi seperti ini, jangan khawatir karena kami akan memberikan tutorial cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi

Faktor yang menyebabkan lupa kata sandi email antara lain seringnya penggunaan email atau perubahan perilaku pengguna hingga menyebabkan lupa kata sandi.

Selain itu, lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi dapat menyebabkan banyak masalah bahkan hilangnya akses ke akun email. Sementara itu, nomor telepon yang tidak aktif juga dapat terjadi karena pergantian nomor atau pergantian penyedia telekomunikasi.

Meskipun ada banyak metode pemulihan akun yang tersedia, tidak jarang orang merasa panik ketika lupa kata sandi Email dan nomor HP-nya. Pasalnya, di dalam akun Email terdapat banyak informasi atau hal penting namun tidak bisa diakses.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan langkah-langkah cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi berikut ini:

Gunakan Opsi Lupa Kata Sandi

Gunakan Opsi Lupa Kata Sandi
Gunakan Opsi Lupa Kata Sandi

Langkah pertama, cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi adalah dengan menggunakan opsi lupa kata sandi atau lupa password yang biasanya tersedia di layanan email seperti Gmail, Yahoo Mail, atau Outlook.

Baca Juga :  4 Cara Membersihkan Nama Di OJK Lengkap Dengan Tipsnya

Cari tombol atau tautan yang sesuai dengan opsi ini pada halaman masuk (login) email kamu, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur ulang kata sandi kamu.

Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang ingin kamu pulihkan kata sandinya. Jadi, pastikan kamu memiliki akses ke alamat email alternatif atau nomor telepon yang terdaftar untuk menerima kode verifikasi atau tautan pemulihan.

Masuk ke Halaman Gmail

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi
Masuk ke Halaman Gmail

Langkah kedua cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi adalah dengan masuk ke halaman Gmail.

Caranya sangat mudah, silahkan masuk ke halaman web browser dan buka halaman Gmail. com. Kemudian ikuti langkah selanjutnya dengan mencari “Lupa Kata Sandi atau Lupa Password”, biasanya terletak di bawah Kata Sandi.

Verifikasi Identitas

Jika sudah masuk ke halaman Gmail, maka Google akan meminta kamu memasukkan alamat email Gmail yang kamu lupa kata sandinya.

Sebelum menggunakan cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi ini, pastikan kamu tidak lupa email yang ingin kamu pulihkan. Kemudian masukkan alamat email yang benar dan klik ‘Lanjutkan’.

Opsi Pemulihan Akun

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi
Gunakan Opsi Lupa Kata Sandi

Google kemudian akan menunjukkan kepada kamu beberapa opsi pemulihan. Jika kamu lupa kata sandi Gmail dan nomor telepon kamu tidak berfungsi, gunakan alternatif Google. Kamu dapat menggunakan metode pemulihan menggunakan alamat email atau pertanyaan keamanan.

Verifikasi Menggunakan Alamat Email Pemulihan

Saat kamu mendaftar akun Gmail, Google memerlukan alamat email lain sebagai opsi pemulihan akun. Jadi, jika kamu memiliki alamat email lain untuk pemulihan, Google akan mengirimkan tautan untuk memulihkan alamat email tersebut.

Yang harus kamu lakukan adalah membuka email kamu dan ikuti instruksi untuk mengatur ulang kata sandi atau password kamu.

Berikut beberapa kegunaan dalam menggunakan alamat email pemulihan:

  • Untuk mengkonfirmasi nama pengguna kamu setelah kamu membuat alamat email.
  • Untuk membantu kamu mengakses akun kamu jika lupa sandi atau tidak dapat login karena alasan lain.
  • Untuk memberitahu kamu jika ruang penyimpanan hampir habis.
  • Untuk memberitahu kamu jika ada aktivitas yang mencurigakan di akun kamu.
Baca Juga :  2 Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp

Verifikasi Melalui Pertanyaan Keamanan

Cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi bisa dilakukan dengan memverifikasi melalui pertanyaan keamanan sebagai pemulihan.

Google akan menampilkan beberapa pertanyaan keamanan untuk memverifikasi keaslian identitas akun kamu. Maka dari itu, jawablah pertanyaannya dengan seakurat mungkin untuk mengatasi kendala lupa kata sandi.

Menghubungi Dukungan Google

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi
Menghubungi Dukungan Google

Cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi bisa juga dengan menghubungi dukungan Google.

Langkah-langkahnya cukup mudah. Buka halaman dukungan Google lalu ikuti petunjuknya untuk menghubungi tim dukungan.

Berikan informasi secara detail tentang akun kamu dan tim dukungan Google akan memeriksa kepemilikan akun sebelum membantu kamu mendapatkan kembali aksesnya.

Memeriksa Opsi Alternatif

Jika kamu tidak lagi memiliki akses ke alamat email atau nomor telepon yang terdaftar tidak lagi aktif, pertimbangkan untuk memeriksa opsi alternatif.

Beberapa penyedia layanan mungkin menyediakan pertanyaan keamanan atau metode verifikasi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk memulihkan akun kamu.

Ini mungkin melibatkan menjawab pertanyaan keamanan yang kamu tentukan sebelumnya atau melakukan verifikasi melalui identitas fisik kamu.

Membuat Cadangan Data

Penting untuk belajar dari pengalaman ini dan membuat cadangan data yang terkait dengan akun kamu secara teratur.

Simpan informasi penting seperti kata sandi, alamat email cadangan, dan nomor telepon di tempat yang aman dan mudah diakses untuk membantu mencegah kerugian yang lebih besar jika kamu mengalami masalah serupa di masa depan.

Meningkatkan Keamanan Akun

Cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi yang terakhir yaitu dengan meningkatkan keamanan akun.

Setelah kamu berhasil mendapatkan kembali akses ke akun, langkah selanjutnya adalah meningkatkan keamanan akun. Pertimbangkan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) jika tersedia.

Ini akan menambah lapisan perlindungan keamanan dengan memerlukan verifikasi tambahan selain kata sandi saat masuk ke akun kamu.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Via Bluetooth

Google dapat membantu kamu memulihkan kata sandi Gmail yang terlupa melalui sinyal Bluetooth dengan menggunakan perangkat lain yang dapat mengakses akun Gmail kamu.

Prosesnya sederhana, berikut cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah:

  • Langkah pertama, aktifkan Bluetooth pada kedua perangkat kamu. Misalnya, kamu mencoba memulihkan Gmail yang lupa kata sandi dari komputer dan ada ponsel yang masih terhubung ke Gmail kamu.
  • Klik menu Lanjutkan yang ada pada halaman login Gmail di perangkat Komputer.
  • Kemudian proses verifikasi akan dilakukan oleh Google.
  • Jika berhasil terverifikasi, nantinya akan muncul notifikasi dari Google di ponsel kamu dan silahkan di klik saja Yes.
  • Kamu akan otomatis masuk ke akun Gmail tersebut dan bisa langsung mengatur ulang kata sandi atau password-nya.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Kuota Sosmed Telkomsel Terbaru 2024

Bagaimana cara memulihkan akun email yang lupa kata sandi?

Berikut cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi dengan memulihkan akun email yang lupa kata sandi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke laman Email atau pada link mail.google.com dan masukkan Email yang kamu lupa passwordnya.
  • Pilih lupa password atau forgot password ketika hendak memasukkan kata sandi atau password.
  • Jika mendaftar ke Gmail dan memasukkan alamat email pemulihan, kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email pemulihan kamu.
  • Masukkan kode Verifikasi dan buat kata sandi untuk akun Gmail kamu.
  • Selesai.

Tips Menghindari Lupa Kata Sandi Email

Menghindari lupa password Email bisa menjadi hal yang sangat penting mengingat seberapa sering kita menggunakan layanan email ini. Berikut beberapa tips yang bisa membantu agar tidak sering lupa kata sandi Email:

Tips Deskripsi
Gunakan Password yang Kuat Gunakan kombinasi huruf (huruf besar dan kecil), angka, dan simbol. Hindari kata-kata umum atau mudah ditebak.
Gunakan Frasa Sandi Pertimbangkan menggunakan frase yang mudah diingat tapi sulit ditebak, seperti “SayaSukaMakanNasiGoreng123!”.
Jangan Gunakan Informasi Pribadi Hindari menggunakan informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir sebagai bagian dari password kamu.
Gunakan Otentikasi Dua Faktor Aktifkan otentikasi dua faktor untuk lapisan keamanan tambahan dengan kode verifikasi yang dikirim ke perangkat kamu.
Gunakan Penyimpanan Sandi Aman Pertimbangkan menggunakan manajer sandi seperti LastPass atau 1Password untuk menyimpan dan mengelola kata sandi kamu.
Aktifkan Pemulihan Akun Atur opsi pemulihan akun dengan nomor telepon atau alamat email alternatif untuk memudahkan akses kembali jika lupa.
Perbarui Secara Berkala Ubah password secara berkala untuk mengurangi risiko kebocoran data dan akses tidak sah.
Hati-hati Saat Menggunakan Komputer Umum Hindari masuk ke akun Gmail dari komputer umum untuk mencegah akses tidak sah atau pencurian informasi.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor
Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor

Nah, itulah cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor tidak aktif lagi yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan email kamu.

Kami berharap dengan mengikuti cara mengatasi lupa kata sandi email dan nomor diatas, kamu berhasil memulihkan akun Email yang mengalami masalah kata sandi dengan nomor telepon yang tidak aktif.

Dengan menjaga keamanan akun kamu dan mendapatkan kembali akses ke informasi penting, kamu dapat melanjutkan aktivitas online dengan penuh percaya diri.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button