Tutorial

2 Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di Android

Banyak orang yang masih kebingungan terkait cara menghapus salah satu akun Gmail di android. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, tenang saja karna dalam artikel ini kami akan memberikan kamu panduan dalam cara menghapus salah satu akun Gmail di Hp android kamu.

Gmail merupakan sebuah aplikasi bawaan masing-masing SmartPhone yang memiliki peran yang sangat penting untuk bisa mengakses berbagai hal dalam HP termasuk untuk mencadangkan kontak, verifikasi data untuk bisa masuk ke beberapa aplikasi tertentu, mencadangkan data dalam ponsel, dll.

Dengan banyaknya kegunaan dari Gmail ini sendiri, tak jarang kita temui orang-orang membuat beberapa akun Gmail sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya seperti memisahkan akun Gmail untuk kepentingan kerja, untuk digunakan pribadi, untuk akun-akun sosmed, dan berbagai kepentingan lainnya.

Selain itu banyak juga orang memanfaatkan akun Gmail yang baru untuk bisa menikmati berbagai fitur menguntungkan dalam aplikasi baca novel online, youtube music, dll. Pasalnya aplikasi ini akan memberikan klaim hadiah khusus untuk pengguna baru.

Nah jika anda login aplikasi baca novel atau pun Youtube Music dengan menggunakan akun Gmail yang baru tentu anda terdaftar sebagai pengguna baru. Sayangnya, hal itu akan berdampak pada penumpukan akun Gmail yang terhubung ke perangkat anda. Adakah cara menghapus salah satu akun Gmail di Android? Tentu saja ada! Penasaran? Cek jawabannya dibawah ini

Sekilas tentang Gmail

cara menghapus salah satu akun Gmail/ www.liputan6.com

Sebelum kamu mengetahui lebih dalam mengenai cara menghapus salah satu akun Gmail di android, kami akan memberi sedikit gambaran mengenai Gmail terlebih dahulu.

Gmail merupakan sebuah layanan surat elektronik yang dibangun oleh google. Melalui Gmail anda bisa mengirim berbagai jenis file dalam berbagai bentuk format, seperti: file dokumen, gambar, video, dll. Dengan fungsinya yang demikian maka tak jarang juga orang-orang memanfaatkan Gmail untuk menyimpan/ mencadangkan berbagai file penting atau dengan kata lain adalah fungsi Gmail sebagai Cloud Storage.

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di Android

Jika anda penasaran dan ingin mengetahui cara-cara menghapus salah satu akun Gmail di android, maka berikut ini kami tampilkan untukmu setidaknya 2 cara menghapus salah satu akun Gmail di android yang paling mudah. Dengan mengikuti panduan/ langkah-langkah yang kami telah urutkan dibawah ini dijamin kamu pasti bisa menghapus salah satu atau beberapa akun-akun yang sudah tidak kamu gunakan lagi di Hp kamu.

Baca Juga :  4 Cara Mengubah Warna Baju Menjadi Putih Online, Gratis Tanpa Aplikasi
  • Melalui menu Setelan/ pengaturan

Cara menghapus salah satu akun Gmail yang pertama adalah melalui menu setelan/ pengaturan ponsel kamu. CaraĀ ini mudah saja dilakukan, tinggal mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Android
cara menghapus salah satu akun Gmail
  1. Langkah yang pertama ialah membuka menu pengaturan di SmartPhone anda
  2. Lalu scroll ke bawah, cari dan klik lah “Akun dan Sinkron/ Akun dan pencadangan” seperti yang ditandai pada gambar di atas
  3. Selanjutnya, pada beberapa menu yang dimunculkan klik lah pada opsi “Google
  4. Maka akan tampil semua akun google yang terhubung di ponsel anda
  5. Silahkan pilih salah satu akun Gmail yang ingin anda hapus dari ponsel anda
  6. Kemudian, tekan ikon “Lainnya” yang berada di posisi paling bawah
  7. Maka akan muncul dua pilihan, yaitu “Sinkronkan sekarang dan Hapus akun
  8. Silahkan pilih “Hapus akun” dan beri persetujuan pada permintaan konfirmasi yang dikirimkan pada anda
  9. Finally! akun google anda berhasil dihapus
  • Melalui Aplikasi Gmail

Selain melalui menu setelan, anda juga bisa juga melakukan cara menghapus salah satu akun Gmail langsung dari aplikasinya sendiri. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Anda ingin tau? langsung saja lihat kebawah ini!

cara menghapus salah satu akun Gmail
  1. Bukalah aplikasi Gmail kamu
  2. Pada tampilan awal klik lah ikon profil seperti yang ditandai pada langkah pertama dalam gambar diatas
  3. Maka akan ditampilkan semua akun-akun google yang terhubung ke ponsel kamu
  4. Coba anda lihat kebawah, dan klik pada “Kelola akun di perangkat ini
  5. Pada tampilan selanjutnya, silahkan tekan “Google
  6. Lalu pilih salah satu akunĀ Gmail yang ingin anda hapus dari perangkat anda
  7. Klik “Lainnya” seperti yang terlihat pada gambar diatas
  8. Terakhir, pilih “Hapus Akun” pada opsi yang ditampilkan, setelah itu klik lagi “Hapus akun” pada permintaan konfirmasi yang dikirimkan pada anda
  9. Done! akun Gmail anda berhasil dihapus dari perangkat
Baca Juga :  Mod Taxsee Driver Auto Konfirmasi Terbaru 2024, Dijamin Banjir Orderan!

Cara Membuat Akun Gmail Baru

Selain dari cara menghapus salah satu akun Gmail di android, kami juga akan memberikan cara membuat akun Gmail yang baru. Dengan banyaknya kegunaan dari Gmail ini sendiri, terutama untuk keperluan dunia kerja dan pendidikan, tak heran jika semua orang tentu membutuhkan aplikasi yang satu ini. Namun, apakah kamu sudah mengetahui cara membuat akun Gmail yang baru? Jika belum, berikut ini kami berikan panduan untukmu!

Cara membuat akun Gmail yang baru mudah saja dilakukan. Bagaimanakah caranya? Langsung saja ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama ialah silahkan buka aplikasi Gmail pada ponsel anda
  2. Lalu klik profil yang berada di sebelah kanan paling atas
  3. Kemudian tekan pada “Tambahkan akun lainnya
  4. Selanjutnya kamu akan melihat beberapa opsi. pada beberapa pilihan opsi tersebut Pilihlah “Google
  5. Langkah berikutnya Pilihlah “Buat akun
  6. Lalu akan muncul 2 opsi terkait untuk siapa akun tersebut dibuat. Pilihlah “untuk diri sendiri” jika akun Gmail tersebut untuk kamu gunakan pribadi, dan silahkan pilih “untuk mengelola bisnis saya” jika Gmail tersebut ingin anda gunakan untuk keperluan bisnis
  7. Kemudian masukkan nama depan dan nama belakang kamu. Setelah itu tekan berikutnya
  8. Selanjutnya masukkan tanggal lahir lengkap dengan bulan dan tahun beserta Gender anda
  9. Setelah itu buat alamat Gmail anda sendiri atau anda juga bisa memilih salah satu dari 2 pilihan alamat Gmail yang disarankan
  10. Langkah berikutnya adalah silahkan buat sandi/ password Gmail anda. Usahakan untuk membuat password yang rumit dengan campuran huruf, angka, dan simbol guna untuk mengantisipasi akun anda di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab
  11. Selanjutnya untuk memperkuat keamanan akun, anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Namun hal ini tidak diharuskan. Silahkan masukkan jika anda ingin memasukkan nomor telepon, atau kamu juga bisa tekan “LewatI” jika anda merasa tidak perlu memasukkan nomor telepon
  12. Jika semua langkah diatas anda lakukan dengan benar. Maka,
  13. Selamat, anda berhasil menambahkan akun Gmail yang baru ke dalam perangkat anda
Baca Juga :  Cara Memindahkan Foto Dari Iphone Ke Laptop

Dampak Memasang Banyak Akun Gmail dalam Perangkat

Dampak Memasang Banyak Akun Gmail dalam Perangkat
Dampak Memasang Banyak Akun Gmail dalam Perangkat

Ketika kamu memiliki banyak akun dalam ponsel mu, pernahkah terlintas dipikiran mu, apakah banyaknya akun Gmail tersebut memiliki dampak bagi perangkat anda?

Tak dapat dipungkiri, banyaknya akun Gmail yang terhubung dalam SmartPhone kita memang memberikan keuntungan tersendiri, seperti:

  • Memudahkan anda untuk melakukan kirim file dari satu email ke email yang lain tanpa harus log out
  • Memperbanyak ruang penyimpanan data online
  • Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan banyak nya akun Gmail untuk bisa terdaftar sebagai pengguna baru dalam aplikasi-aplikasi tertentu yang memberikan keuntungan bagi pengguna baru

Namun, anda jangan hanya melihat dari sisi positif nya saja guys! Karena ternyata menghubungkan banyak akun Gmail ke dalam perangkat ternyata bisa juga membawa dampak buruk. Beberapa dampak buruk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Dampak Penjelasan
Mempengaruhi kinerja ponsel Setiap alamat Gmail yang terhubung dalam perangkat akan dapat bekerja secara maksimal dengan adanya bantuan peran dari RAM HP (salah satu komponen yang berperan penting dalam kinerja ponsel). Sehingga jika terdapat banyak akun Gmail dalam HP anda semakin berat juga kinerja ponsel anda.
Membuat HP anda menjadi boros kuota Agar anda bisa mengakses setiap alamat Gmail yang terdapat dalam perangkat anda tentu memerlukan adanya kuota internet. Alama Gmail ini akan tetap memakan data internet anda walau anda tidak sedang membuka Gmail, karna itu memiliki banyak akun Gmail bisa berdampak pada HP anda menjadi boros kuota
Menimbulkan SPAM notifikasi Memiliki banyak akun Gmail bisa membuat HP anda menjadi banjir notifikasi setiap hari. Memang benar anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mematikan notifikasi google pada pengaturan ponsel. Namun anda juga harus siap dengan resiko akan ketinggalan jika terdapat notifikasi/ pesan penting yang berhubungan dengan pekerjaan/ pendidikan anda.

Simpulan dari “cara menghapus salah satu akun Gmail di Android”

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di Android
Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di Android

Memiliki banyak akun Gmail memang sangat bermanfaat untuk orang-orang yang dunianya berhubungan dengan digital elektronik. Namun jangan biarkan perangkat anda dipenuhi oleh banyaknya akun Gmail termasuk akun-akun Gmail yang sudah tidak dipakai lagi karna seperti yang telah disebutkan tadi bahwa hal itu bisa berdampak buruk bagi kinerja ponsel anda.

Yuk, hapus akun Gmail yang sudah tidak diperlukan lagi dengan mengikuti panduan dalam 2 cara menghapus salah satu akun Gmail dalam android yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Back to top button