Tutorial

8 Penyebab Shopee PayLater Dinonaktifkan Sementara

Beberapa pengguna kemungkinan pernah mengalami penonaktifan akun SPayLater sehingga Kenapa Akun Shopee PayLater Dinonaktifkan Sementara menjadi pertanyaan yang kerap sekali ditanyakan oleh pengguna setiap SPayLater.

Umumnya hal ini terjadi karena adanya aktivitas yang mencurigakan, seperti pola pembelian yang tidak biasa atau indikasi aktivitas penipuan, maka Shopee dapat mengambil tindakan keamanan dengan menonaktifkan akun Shopee PayLater sementara.

Bagi kamu yang ingin mengetahui faktor dari penyebab akun Shopee PayLater dinonaktifkan dan cara mengatasinya, silahkan simak uraian pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater adalah sebuah layanan pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee. Layanan ini memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan pembelian secara online dengan menggunakan metode pembayaran dalam beberapa kali cicilan.

Apa Itu Shopee PayLater?
Apa Itu Shopee PayLater?
  • Dengan Shopee Paylater pengguna dapat membeli produk dan layanan di Shopee dan memilih opsi pembayaran PayLater saat checkout.
  • Pengguna tidak perlu melakukan pembayaran diawal, sebagai gantinya mereka dapat memilih untuk membayar dalam beberapa cicilan berdasarkan tenor cicil yang dipilih.
  • Proses pengajuan melibatkan penilaian kredit yang dilakukan oleh Shopee. Jika pengajuan disetujui, maka akan diberikan batas kredit.
  • Batas kredit tersebut akan dikurangkan dari total pembelian setiap kali pengguna memilih untuk menggunakan pembayaran lewat Shopee PayLater.

Perlu dicatat pembayaran cicilan Shopee PayLater biasanya dilakukan secara bulanan dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya, setelah itu setiap pengguna juga dapat melihat dan mengatur pembayaran cicilan melalui aplikasi Shopee.

Nama Aplikasi Shopee
Rating 4.3
Jumlah Download 100 M+
Link Download id=com.shopee.id

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Sebelum melanjutkan pada inti pembahasan terkait kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara, kemungkinan kamu juga ingin mengaktifkan layanan yang ditawarkan oleh Shopee ini.

Namun untuk menggunakan layanan ini kamu harus berusia minimal 18 tahun dan sudah memiliki identitas diri seperti KTP. Pasalnya, dokumen tersebut menjadi salah satu persyaratan utama pendaftaran Shopee PayLater yang harus dipenuhi oleh penggunanya.

Jika sudah melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Shopee, berikut langkah-langkah mengaktifkan Shopee Paylater :

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat ponsel kamu.
  • Pada halaman utama, pilih opsi menu Saya.
  • Lalu klik SPayLater dan Aktifkan Sekarang.
  • Masukkan Kode Verifikasi (OTP) dan klik Lanjut.
  • Lakukan upload foto KTP menggunakan kamera belakang dan posisikan KTP kamu pada bingkai yang tersedia lalu ambil foto.
  • Selanjutnya masukkan Nama Lengkap dan NIK.
  • Klik Konfirmasi.
  • Masukkan Informasi tambahan dan lanjutkan dengan mengklik Konfirmasi.
  • Klik Mulai Verifikasi Wajah untuk mengkonfirmasi kepemilikan akun.
  • Pendaftaran Shopee PayLater selesai, tunggu hingga pihak Shopee memvalidasi data dan menyetujui pengajuan pendaftaran kamu.
Baca Juga :  5 Cara Tarik Saldo Tiktok Ke Rekening BRI Dengan Mudah

Kenapa Akun Shopee PayLater Dinonaktifkan Sementara

Kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara dapat bervariasi, tergantung kebijakan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Shopee, serta perilaku pengguna yang bersangkutan.

Kenapa Akun Shopee PayLater Dinonaktifkan Sementara
Kenapa Akun Shopee PayLater Dinonaktifkan Sementara

Namun penyebab yang paling umum terjadi kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara yaitu adanya tagihan yang menunggak dan belum dibayar oleh pemilik akun.

Beberapa penyebab umum lainnya yang menjadi kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara, yaitu sebagai berikut.

1. Kesalahan PIN Berulang

Kesalahan PIN berulang yang terkait dengan Shopee PayLater menjadi salah satu penyebab kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara. Umumnya, Shopee PayLater menggunakan PIN sebagai bagian dari proses keamanan untuk melakukan transaksi.

Kesalahan PIN Berulang
Kesalahan PIN Berulang

Jika kamu melakukan kesalahan PIN berulang kali, maka kemungkinan Shopee akan menganggapnya sebagaii aktivitas yang mencurigakan atau upaya penyalahgunaan.

Biasanya akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara jika kamu sudah memasukkan PIN keamanan sebanyak 3 kali dalam jangka waktu yang bersamaan. Oleh sebab itulah kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara.

2. Tagihan yang Menunggak

Tagihan yang menunggak atau keterlambatan pembayaran juga menjadi permasalahan yang besar untuk akun Shopee PayLater yang dimiliki, karena dapat berdampak pada penonaktifan akun sementara.

Tagihan yang Menunggak
Tagihan yang Menunggak

Seperti yang telah diketahui bahwa Shopee PayLater adalah layanan pembayaran dengan cicilan, dan penting bagi pengguna untuk membayar tagihan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Apabila kamu terdeteksi mengalami keterlambatan pembayaran atau tagihan yang menunggak dalam penggunaan Shopee PayLater, maka Shopee tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan demi melindungi kepentingan mereka dan memastikan kelancaran transaksi.

3. Login Akun Shopee Paylater di Dua Perangkat

Melakukan login akun Shopee PayLater di dua perangkat sekaligus dan terdeteksi melakukan transaksi pembayaran belanjaan atau tagihan dalam waktu yang bersamaan akan menjadi dampak yang buruk bagi akun Shopee Paylater kamu.

Karena tindakan ini akan terlihat mengindikasikan aktivitas yang mencurigakan sehingga Shopee harus mengambil tindakan keamnan yang mungkin menyebabkan penonaktifan sementara akun.

4. Data Shopee PayLater tidak Sesuai

Jika data yang disediakan oleh pengguna tidak valid, tidak lengkap, atau tidak sesuai dengan informasi yang diperlukan, Shopee dapat menganggaonya sebagai indikasi ketidakakuratan atau kecurangan.

Baca Juga :  Hemat Biaya, Ini 3 Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Tahan Lama

Sehingga hal ini dapat mengakibatkan penonaktifan akun Shopee PayLater sementara guna melakukan peninjauan lebih lanjut terhadap data yang telah diberikan.

Jadi agar peristiwa kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara, maka kamu harus menyesuaikan data dengan valid dan mengecek kembali semebelum melakukan konfirmasi.

5. Aktivitas yang Mencurigakan

Penyebab kenapa akun Shopee PayLater dinonaktifkan sementara selanjutnya adalah aktivitas yang mencurigakan. Shopee memiliki sistem keamanan yang dirancang untuk melindungi pengguna dari tindakan penipuan dan aktivitas yang mencurigan.

Aktivitas yang Mencurigakan
Aktivitas yang Mencurigakan

Apabila akun Shopee PayLater kamu terdeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan, seperti pola pembelian yang tidak biasa atau indikasi aktivitas penipuan, maka Shopee dapat mengambil tindakan keamanan dengan menonaktifkan aku Shopee PayLater sementara.

6. Riwayat Pembayaran yang Buruk

Riwayat pembayaran yang buruk atau masalah keuangan yang signifikan dapat menjadi penyebab kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara.

Contoh daftar riwayat pembayaran yang buruk, seperti :

  • Melewatkan pembayaran tunggakan.
  • Membayar kurang dari jumlah yang seharusnya.
  • Memiliki keterlambatan pembayaran yang berulang.

Dengan melakukan hal tersebut, maka Shopee dapat menganggapnya sebagai indikasi ketidakmampuan dalam memenuhi kewajiban pembayaran.

Jadi sebagai tindakan pencegahan atau peninjauan lebih lanjut, Shopee dapat menonaktifkan sementara akses ke akun Shopee PayLater.

7. Mengalami Gangguan Teknis

Meskipun tidak terlalu berpengaruh, namun jika terjadi gangguan teknis yang signifikan dapat mempengaruhi proses pembayaran atau keamanan akun, sehingga Shopee memutuskan untuk menonaktifkan sementara akses ke Shopee PayLater. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan atau untuk melindungi kepentingan pengguna.

Apakah Akun SPayLater yang Dinonaktifkan bisa Diaktifkan Kembali?

Dalam banyak kasus, akun Shopee PayLater yang dinonaktifkan sementara dapat diaktifkan kembali setelah pesyaratan yang ditetapkan oleh Shopee dapat dipenuhi oleh penggunanya terlebih dahulu.

Penting untuk diketahui bahwa proses pengaktifan kembali akun Shopee PayLater membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama karena pihak Shopee ingin memvalidasi kembali akun yang sedang digunakan.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu akun Shopee PayLater kamu tidak terkena pelanggaran serius terhadap kebijakan Shopee dan sebaiknya hindari hal-hal yang tidak diinginkan agar kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara tidak terjadi lagi.

Syarat Untuk Mengaktifkan Shopee PayLater kembali?

Setelah akun SPayLater kamu dinonaktifkan sementara karena terdeteksi melakukan tindakan yang mencurigakan, kemudian kamu ingin melakukan pengaktifan akun kembali ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan dipersiapkan.

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk pengajuan pengaktifan akun Shopee PayLater kembali, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Username.
  • Email yang terdaftar di akun Shopee.
  • Nomor Hp yang telah terdaftar dan masih aktif.
  • Bukti Screenhoot akun SPayLater yang dinonaktifkan.

Setelah semua persyaratan diatas sudah terpenuhi dan penyebab kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara, silahkan ajukan pengaktifan akun Shopee PayLater kembali.

Baca Juga :  6 Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati Dan Syaratnya

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali Shopee PayLater yang Dinonaktifkan?

Jika sudah memahami penyebab kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara beserta syarat untuk mengaktifkan layanan tersebut dan sudah mempersiapkan keseluruhan syaratnya, selanjutnya kamu bisa melakukan cara mengaktifkan kembali SPayLater yang telah dinonaktifkan sementara.

Cara Mengaktifkan Kembali Shopee PayLater yang Dinonaktifkan
Cara Mengaktifkan Kembali Shopee PayLater yang Dinonaktifkan

Berikut adalah panduannya :

  • Di halaman utama aplikasi Shopee, pilih menu Saya.
  • Scroll kebawah, pilih dan klik Chat dengan Shopee.
  • Pada kolom yang terseia, sampaikan kendala atau permasalahan yang sedang kamu alami terkait pengaktifan kembali akun Shopee PayLater yang telah dinonaktifkan sementara.
  • Selanjutnya akan muncul balasan otomatis dari Shopee, kamu bisa klik Chat dengan Customer Service.
  • Secara otomatis akan terhubung langsung dengan Customer Service Shopee.
  • Sampaikan kembali keluhan kamu yakni permintaan untuk mengaktifkan kembali Shopee PayLater yang telah dinonaktifkan sementara.
  • Maka akan muncul langkah-langkah untuk mengakttifkan kembali SPayLater kamu.
  • Silahkan lengkapi berkas atau dokumen pendukung yang telah diminta.
  • Setelah sudah melengkapi semua syarat pengaktifan kembali akun, selanjutnya kamu akan disuruh menunggu beberapa waktu hingga pihak Shopee selesai melakukan verifikasi lanjutan untuk pengaktifan kembali akun SPayLater.
  • Cek email kamu secara berkala untuk mendapatkan konfirmasi atau balasan email yang dikirimkan oleh Shopee terkait pengaktifan kembali akun SPayLater.

Berapa Lama Shopee PayLater Diaktifkan Kembali?

Meskipun proses pengaktifan akun Shopee PayLater yang telah dinonaktifkan sementara dapat dilakukan kembali, tetapi saat ini banyak yang bertanya-tanya berapa lama proses verifikasi untuk mengaktifkan SPayLater tersebut.

Biasanya, proses verifikasi dan pengaktifan kembali akun Shopee PayLater tidak memakan waktu yang lama. Umumnya, pengaktifan akun Shopee PayLater yang terlanjur dinonaktifkan sementara yaitu paling lama 3 x 24 jam atau 3 hari selama jam kerja.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Berbagai alasan mengapa pengguna Shopee ingin menonaktifkan layanan SPayLater, salah satunya adalah tidak tertarik lagi untuk menggunakannya atau mereka telah menemukan metode pembayaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka sekarang ini.

Namun untuk menonaktifkan akun Shopee PayLater itu artinya kamu harus menghapus akun ke pihak Shopee. Berikut cara menonaktifkan Shopee PayLater :

  • Di menu utama, pilih opsi menu Saya.
  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Gulir kebawah lalu klik menu Ajukan Penghapusan Akun.
  • Konfirmasi penghapusan akun dengan menekan Ok.
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim.
  • Masukkan alasan mengapa kamu harus menghapus akun.
  • Masukkan email yang terdaftar di Shopee.
  • Centang semua syarat dan ketentuan, lalu klik Kirimkan.
  • Kamu akan mendapatkan email langsung yang dikirim oleh Customer Service Shopee sebagai konfirmasi.

Artikel Menarik Lainnya : 2 Cara Mengubah Koin Shopee Menjadi Shopeepay Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Kenapa Akun Shopee PayLater dinonaktifkan Sementara
Kenapa Akun Shopee PayLater dinonaktifkan Sementara

Sekarang sudah tahu kan kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara? Apabila akun SPaylater kamu terbukti melakukan tindakan yang tidak disetujui oleh Shopee, maka siap-siap akun kamu akan dinonaktifkan sementara.

Apabila kamu sudah melakukan pengajuan pengaktifan kembali akun Shopee PayLater yang telah di nonaktifkan namun tidak ada balasan, silahkan hubungin contact service Shopee dibawah ini.

  • Call Center : (021) 1500702 atau 39500300
  • Email : help@support.shopee.co.id
  • Website resmi CS Shopee : help.shopee.co.id

Semoga informasi kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button