Tutorial

11 Cara Mengatasi Baterai Kembung dan Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Kembung – Jika di deskripsikan, baterai merupakan jantung dari handphone. Karena tanpa penggunaan baterai, maka handphone tidak akan dapat hidup atau dijalankan.

Saat ini banyak sekali pengguna smartphone yang tidak dapat menjaga kesehatan baterainya, sehingga mengakibatkan baterai kembung dan cepat habis.

Hal yang paling umum menjadi penyebab baterai kembung yaitu memainkan hp ketika sedang di charger.

Meskipun baterai hp dapat di ganti, namun kualitas baterai hp bawaan jauh lebih bagus dibandingkan dengan baterai lainnya. Tetapi pada kesempatan kali ini kamu akan mengetahui beberapa cara mengatasi baterai kembung.

Penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya? Simak informasi penjelasan dibawah ini.

Penyebab Baterai Kembung

Faktanya hingga saat ini masih banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui penyebab dari baterai kembung.

Penyebab Baterai Kembung

Maka hingga saat ini, sering sekali mengabaikan hal-hal yang berakibat buruk kepada kesehatan baterai ponselnya. Berikut beberapa penyebab baterai kembung yang wajib diketahuin, agar dapat mencegahnya, yakni diantaranya :

Memainkan HP Saat di Charger

Memainkan hp dalam keadaan dicharger merupakan salah satu tindakan yang paling beresiko terhadap kesehatan baterai. Pasalnya, daya yang akan diterima oleh baterai akan naik turun sehingga bertentangan dengan komponen baterai.

Bermain HP Sambil di Cash

Untuk itu, apabila hp masih dalam keadaan di charger sebaiknya jangan mamainkannya. Agar daya yang diterima oleh baterai dapat tersalurkan dengan baik.

Baca Juga :  3 Cara Mengambil Uang di Kalkulator TikTok Terbaru 2024

Menggunakan Charger Tidak Original atau KW

Banyak sekali pengguna smartphone yang tidak memahami resiko penggunaan charger kw atau tidak original terhadap kesehatan baterai ponselnya.

Tahukah kamu daya yang dihasilkan oleh charger kw tidak sesuai dengan standart yang dibutuhkan oleh perangkat. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menggunakan baterai original, untuk mengindari baterai kembung.

Bermain Game Terlalu Lama

Kebiasaan bermain game ketika sedang mengisi daya baterai ternyata beresiko fatal terhadap kesehatan baterai hp. Pasalnya, daya yang ingin diterima oleh ponsel tidak dapat diterima dengan baik.

Sehingga mengakibatkan handphone menjadi cepat panas dan mengakibatkan baterai kembung. Bukan hanya itu saja, bermain game dalam jangka waktu yang lama juga dapat menjadi penyebab baterai kembung.

Maka sebaiknya hindari mencharger hp ketika sedang bermain game, agar baterai pada ponsel kamu tetap terjaga dan awet.

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Ternyata baterai yang sudah kembung dapat diatas dengan mudah, meskipun cara ini tidak dapat mengembalikan ke bentuk seperti semula.

Namun saat mengatasinya, sebaiknya berhati-hati untuk menghindari kerusakan daya listrik didalam baterai. Berikut beberapa cara mengetasi baterai kembung pada handphone yang dapat dicoba, yakni diantaranya :

1. Menggunakan Charger Original

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ternyata menggunakan charger bawaan salah satu cara mengatasi baterai kembung. Pasalnya, daya yang diterima dari charger sudah memenuhi standart pada perangkat smartphone.

Menggunakan Charger Original

Ketika ingin berpergian kemana saja, ada baiknya membawa charger original agar tidak menggunakan charger orang lain yang standart perangkatnya belum sama dengan hp kamu.

2. Mengurangi Penggunaan Aplikasi Berat

Cara mengatasi baterai kembung juga dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan aplikasi berat pada perangkat. Seperti halnya game online, termasuk jenis aplikasi yang memakan ruang dan daya baterai berlebihan.

Selain game online, aplikasi edit foto juga termasuk salah satu jenis aplikasi yang memakan banyak ruang. Jadi ada baiknya memilih aplikasi yang tidak memiliki kapasitas tinggi. Agar kesehatan baterai tetap terjaga dan awet.

Baca Juga :  2 Cara Menghapus Akun TikTok yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

3. Menjaga Suhu baterai

Memainkan handphone dalam jangka waktu yang lama menjadi pemicu dari baterai kembung. Beberapa hal yang menjadi penyebab suhu baterai cepat panas :

  • Bermain game.
  • Menonton video tanpa jeda.
  • Terlalu banyak aplikasi yang dibuka.
  • Mainkan handphone ketika sedang dicharger.

Untuk itu, hindari penyebab diatas agar baterai tetap awet. Kemudian istirahatkan hp, jika dirasa komponen tersebut sudah terasa panas.

4. Membuat Baterai ke Suhu Dingin

Ini merupakan salah hal paling sering dilakukan oleh pengguna smartphone, ketika suhu baterai sudah terasa panas. Karena meletakkan baterai ke suhu yang dingin dapat meredahkan dan mengurangi suhu panas yang dikeluarkan oleh baterai.

Seperti meletakkan baterai ke lantai maupun keramik, membuat baterai ke kipas angin. Beberapa cara mengatasi baterai kembung tersebut akan menjaga kesehatan baterai.

5. Hindari Pengisian Baterai Berlebihan

Banyak sekali pengguna yang beranggapan mengisi baterai seharian dapat menjaga ketahanan pada baterai. Ternyata hal tersebutlah yang menjadi pemicu baterai kembung pada handphone.

Pengisian Baterai Berlebihan

Jadi sangat direkomendasikan bagi pengguna smartphone, apabila daya baterai terlihat full atau sudah penuh, sebaiknya lepaskan charger dari tempat pengisian.

Dengan begitu baterai akan lebih awet. Akan tetapi pastikan baterai sudah 100% agar lebih tahan. Cara mengatasi baterai kembung inilah yang wajib diperhatikan.

6. Tusuk Menggunakan Jarum

Sebenarnya mentusuk baterai menggunakan jarum termasuk cara mengatasi baterai kembung. Meskipun cara ini tidak terlalu efektif namun dapat mencegah terjadinya baterai kembung.

Pasalnya, baterai yang melambung dapat disebabkan oleh sel baterai yang melebihi muatan dari gas. Maka hal yang perlu dilakukan yaitu mengeluarkan gas yang terdalam baterai.

Cara mengatasi baterai kembung tersebut biasanya dilakukan dengan mengeluarkan gas-gas yang terdapat pada baterai menggunakan tusuk jarum.

Akan tetapi tindakan ini hanya bermanfaat bagi pengguna smartphone yang memiliki baterai lepas pasang. Hal ini tidak direkomendasikan bagi pengguna baterai tanam.

7. Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai dominannya diperuntukkan bagi pengguna iOS atau iPhone. Cara ini bertujuan untuk mengatur ulang kondisi perangkat agar terlihat seperti baru.

Baca Juga :  8 Cara Hidupkan Lampu Keyboard Laptop Semua Merek

Selain itu, dengan kalibrasi pengguna juga dapat merawat baterai iPhone. Karena perangkat tersebut mampu menyinkronkan daya antara hardware maupun software.

Berikut cara kalibrasi baterai iPhone :

  • Gunakan hp sampai baterai benar-benar habis dan mati.
  • Diamkan iPhone selama 2 jam.
  • Kemudian charger iPhone hingga daya terisi full 100%. Pastikan hp tidak menyala atau masih mati.
  • Hidupkan iPhone jika baterai sudah full, kemudian rasakan perbedaannya.

8. Mengganti Baterai

Apabila sudah mencoba semua cara mengatasi baterai kembung diatas, namun hasilnya masih sama. Alternatif satu-satunya yang harus dilakukan yaitu mengganti baterai hp dengan yang baru.

Pasalnya, menggunakan baterai kembung akan menghabat segala aktivitas maupun pekerjaan yang bertentangan dengan smartphone.

Apabila model hp yang digunakan saat ini masih menggunakan baterai lepas pasang, kamu dapat membeli baterai sesui dengan tipe hp yang digunakan.

Tetapi jika sudah menggunakan baterai tanam, sebaiknya membawa ketempat service khusus hp terpercaya. Agar kondisi hp lebih terjaga dan aman.

Tips Agar Baterai Handphone Awet

Tips Deskripsi Singkat
Matikan Fitur yang Tidak Digunakan Fitur seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi dapat menguras baterai jika dibiarkan aktif terus-menerus. Matikan fitur ini jika tidak sedang digunakan.
Kurangi Kecerahan Layar Layar yang terlalu cerah dapat menguras baterai dengan cepat. Atur kecerahan layar sesuai kebutuhan.
Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menguras baterai. Tutup aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan.
Gunakan Mode Hemat Baterai Kebanyakan handphone memiliki mode hemat baterai yang dapat membantu memperpanjang durasi baterai.
Hati-hati Dengan Suhu Suhu yang terlalu panas atau dingin bisa merusak baterai. Jauhkan handphone dari suhu ekstrem.

Postingan Menarik Lainnya : Mengatasi Kecanduan Game Tanpa Harus Berhenti Bermain Game

Kesimpulan

Cara Mengatasi Baterai Kembung
Cara Mengatasi Baterai Kembung

Bukan hanya untuk handphone Android dan iPhone saja, beberapa cara mengatasi baterai kembung diatas juga berlaku bagi pengguna laptop. Karena laptop yang di charger kemudian di mainkan, menjadi salah satu pemicu rusaknya baterai laptop yang digunakan.

Bukan hanya itu saja, banyak orang memaksa agar laptop tetap beroperasional dalam jangka waktu yang lama tanpa memikirkan suhu baterai yang sudah panas.

Semoga informasi cara mengatasi baterai kembung ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya,

Back to top button