Tutorial

8 Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total: Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri!

Ponsel kamu mati total? Panik dan khawatir beradu padu tentunya! Namun ketahuilah cara menghidupkan HP yang mati total dalam penjelasan kami di artikel ini. Yakin dan optimis cara ini pasti akan berhasil menghidupkan perangkat anda kembali!

Penyebab HP Mati Total

Berada dalam situasi yang mana ponsel dalam genggaman kita mati total merupakan moment yang menimbulkan rasa panik, khawatir, cemas dan juga menyedihkan.

Dalam situasi ini, langkah yang perlu dilakukan tentu saja adalah mencari bagaimana cara menghidupkan HP yang mati total. Namun sebelum ke situ, ketahuilah terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan ponsel mati total. Ini merupakan langkah awal yang tepat agar bisa menemukan solusi dan melakukan tindakan yang tepat!

1. Kerusakan pada Baterai

Penyebab HP Mati Total (baterai rusak)
Sumber: androidsrc.net

Kerusakan pada baterai kerap menjadi salah satu penyebab HP mati total yang paling sering terjadi. Beberapa kebiasaan yang dapat merusak kualitas dan performa baterai adalah seperti: menggunakan ponsel bermain game saat sedang mengisi daya, sering membiarkan ponsel kehabisan baterai sampai mati, Membiarkan HP tetap ter-charger padahal baterai sudah terisi full.

Tindakan-tindakan ini secara perlahan akan menurunkan kinerja dan ketahanan baterai ponsel anda, hingga tiba-tiba ponsel bisa mengalami mati total.

2. Terkena air

Ketika ponsel kemasukan air maka dapat menimbulkan masalah korslet yang dapat merusak komponen-komponen hardware internal HP, hingga menyebabkan ponsel mati total.

3. Jatuh atau terbentur

Tak hanya karena kemasukan air saja, namun HP mati total juga bisa disebabkan karena jatuh atau terbentur. Kondisi ini biasanya mempengaruhi layar dan LCD HP yang menjadi pecah, sehingga saat anda mencoba menghidupkan ponsel, tidak ada respon yang muncul, karena LCD dan layar sudah tidak berfungsi lagi.

Baca Juga :  Cara Agar Tidak Terlihat Online di Instagram Terbaru 2024

4. Overheat

Layaknya seperti user (manusia) yang membutuhkan waktu istirahat, demikian dengan ponsel juga memerlukan waktu untuk rehat. Terlalu memaksakan kinerja ponsel dengan menggunakannya terus menerus tanpa henti (terutama saat bermain game) dapat menyebabkan ponsel hang atau overheat hingga akhirnya mati total.

5. IC power rusak

Penyebab HP Mati Total
Power IC HP

Kerusakan pada IC power juga tentu akan membuat ponsel mati total. IC Power sendiri merupakan salah satu komponen hardware internal dari sebuah perangkat seluler yang fungsinya adalah untuk menghantarkan daya baterai ke semua komponen dalam smartphone.

6. Bug system

Meski kemugkinannya kecil, namun bug system pada perangkat juga bisa menyebabkan HP mati total. Namun kondisi seperti ini pada umumnya tidak berlangsung secara tiba-tiba, biasanya diawali dengan tanda-tanda ringan terlebih dahulu seperti HP kadang mati tiba-tiba dan restart sendiri. Bug system disebabkan oleh sistem operasi perangkat yang tidak pernah diperbarui.

7. Serangan virus

Jangan sepele dengan malware! Yang diketahui banyak orang selama ini bahwa adalah virus atau malware pada perangkat hanya akan mengancam data pribadi. Padahal sebenarnya, serangan malware dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, salah satunya yakni menyebabkan HP mati total.

Virus dapat merusak file sistem operasi pada ponsel, yang menyebabkan kegagalan kinerja dari sistem operasi sehingga ponsel mati total. Selain itu, virus ini juga dapat merubah pengaturan dan konfigurasi perangkat.

8. Faktor usia ponsel

Penyebab terakhir ponsel mati total dapat disebabkan oleh faktor usia ponsel. Setiap perangkat elektronik, termasuk ponsel jika sudah semakin tua, akan semakin menurun juga kualitas dan performanya. Namun hal ini tergantung pada cara perawatan dan pemakaian ponsel anda juga.

Baca Juga :  4 Cara Tembak Axis V3, V4, V5 dan V6 Terbaru 2024

Cara Menghidupkan HP yang mati total

Jika anda sudah paham beberapa penyebab ponsel mati total, berikutnya kami akan memberikan anda panduan bagaimana cara menghidupkan HP yang mati total.

Cara Menghidupkan HP yang mati total
Cara Menghidupkan HP yang mati total

Ada beberapa upaya atau cara mengidupkan HP yang mati total yang dapat kamu coba sendiri dengan mudah, diantaranya adalah seperti:

1. Cabut dan pasang kembali baterai HP

Jika ponsel kamu belum menggunakan sistem baterai tanam, maka kamu bisa mencoba cara menghidupkan HP yang mati total paling mudah yang pertama yaitu dengan mencabut lalu memasang kembali baterai ponsel. Namun dalam melakukan langkah ini, diperlukan teknik dengan beberapa langkah-langkah yaitu:

  1. Pertama, keluarkanlah terlebih dahulu SIM dan memory card anda
  2. Lalu lepaskan baterai ponsel
  3. Biarkan 30 hingga 1 jam
  4. Pasang kembali dan aktifkan ponsel

2. Rendam HP ke dalam beras jika kerusakan disebabkan karena terkena air

Beras bersifat panas dan kering. Oleh karena itu merendam ponsel ke dalam beras setelah kemasukan air merupakan langkah yang tepat, karena fsifat beras tersebut mampu menyerap air yang masuk ke dalam ponsel.

3. Nyalakan ponsel dengan menggunakan baterai lain

Sama seperti cara menghidupkan HP yang mati total pada bagian yang pertama, cara yang ketiga ini dikhususkan juga untuk HP yang masih menggunakan sistem baterai tanam.

Cobalah untuk mencari ponsel milik teman, kerabat atau keluarga dengan merk dan tipe yang sama. Ambil baterai nya lalu pasang kan ke HP anda. Ini akan membantu anda untuk mengetahui sumber kerusakan HP apakah terletak di bagian baterai atau komponen lain.

4. Factory reset (kembalikan perangkat ke pengaturan pabrik)

Cara menghidupkan HP yang mati total berikutnya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik/ pengaturan awal saat ponsel baru dibeli. Namun perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data dan file termasuk aplikasi (kecuali aplikasi bawaan ponsel).

Baca Juga :  2 Cara Ngetag Semua Orang di Grup WhatsApp dengan Cepat

Berikut langkah-langkah dalam melakukan factory reset pada HP yang mati total:

  1. Pertama, silahkan tekan tombol power dan volume (down) secara bersamaan
  2. Akan muncul pilihan untuk mereboot ulang perangkat dengan tulisan yang berbeda-beda pada setiap perangkat, diantaranya seperti “recovery now/ reboot system now/ wipe data/ factory reset”
  3. Konfimasilah dengan menekan tombol “OK” Gunakan tombol volume untuk melakukan navigasi turun naik
  4. Maka proses reset perangkat akan dimulai. Silahkan tunggu, biasanya ini membutuhkan waktu yang lumayan lama
  5. Setelah proses reset selesai, selanjutnya silahkan tekan tombol pilihan “restart
  6. Maka ponsel anda akan hidup kembali dengan tampilan seperti baru dibeli.

5. Bawa ponsel ke tukang service HP

Apabila beberapa cara menghidupkan HP yang mati total diatas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba alternatif yang terakhir yaitu dengan membawa HP ke tukang service HP. Untuk perangkat yang mengalami mati total disebabkan oleh sebuah permasalahan serius, misalnya bagian mainboard rusak, perlu ditangani langsung oleh orang yang lebih berpengalaman di bidang nya.

Bagaimana cara menghindari agar HP tidak mati total?

cara menghindari agar HP tidak mati total
Sumber: www.wikihow.com

Selain menjelaskan tentang cara menghidupkan HP yang mati total, dalam artikel ini kami juga akan membagikan bagaimana cara menghindari agar HP tidak mati total.

Ada beberapa cara untuk menghindari HP mati total, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan case pelindung HP, yang selain bertujuan untuk mempercantik tampilan HP juga bisa melindungi body HP kamu dari berbagai kecelakaan seperti jatuh, terbentur, atau terkena air.
  2. Gunakan juga tempered glass/ anti gores yang berkualitas tinggi. Ini akan membantu untuk meminimalisir kerusakan ketika HP tidak sengaja jatuh atau terbentur.
  3. Rajin memperbarui sistem operasi perangkat untuk peningkatan kinerja HP dan mengatasi bug system.
  4. Kurangi kebiasaan menggunakan HP dengan tidak wajar. Misalnya nge-charger sambil bermain game sampai HP terasa sangat panas.
  5. Hindari mengklik link sembarangan maupun mendownload aplikasi berbahaya yang bukan diluncurkan dari platform penyedia aplikasi resmi seperti Google play store atau pun app store, untuk mencegah masuknya virus/ malware.
  6. Kelola penyimpanan perangkat dengan baik. Hindari menggunakan ruang penyimpanan sampai penuh, sebaiknya sisakanlah minimal 20% agar beban ponsel tidak terlalu berat.
  7. Menjaga perawatan dan penggunaan baterai dengan baik. Hilangkan kebiasaan menggunakan HP sambil mengisi daya, membiarkan baterai HP sampai ponsel mati atau kebiasaan lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel.

Akhir Kata

Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total
Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total

Mengetahui bagaimana cara menghidupkan HP mati total dapat membantu anda untuk tau mengambil tindakan dan solusi yang benar agar bisa menghidupkan kembali ponsel tanpa harus meminta bantuan jasa servis HP yang tentu saja memerlukan biaya.

Back to top button