Tutorial

9 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo Yang Tiba-Tiba Muncul Dengan dan Tanpa Aplikasi

Sudah paham kah anda terkait cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul? Jika belum jangan khawatir, ikuti artikel ini hingga tuntas!

Munculnya iklan secara tiba-tiba di HP Oppo dapat menjadi pengalaman mengganggu dan mengurangi kenyamanan penggunaan ponsel. Namun dengan langkah-langkah yang tepat, anda bisa memblokir munculnya iklan dalam ponsel dengan mudah. Penasaran? Simak selengkapnya disini!

Sekilas tentang Iklan di HP

Pada umumnya iklan di HP merupakan pesan atau konten promosi yang ditampilkan di layar smartphone. Iklan di HP dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti: Video, pop-up, banner dan lain-lain.

Semua jenis iklan ini memiliki karakteristik nya masing-masing, ada yang langsung bisa di skip, namun ada juga yang mengharuskan untuk menonton iklan sampai habis (mencapai batas waktu yang ditentukan) barulah muncul tombol untuk skip. Munculnya iklan ini sering kali memberikan pengalaman buruk bagi pengguna ponsel.

Kenapa Iklan di HP Oppo Muncul Tiba-tiba?

Penyebab muncul iklan tiba-tiba di HP
Penyebab muncul iklan tiba-tiba di HP

Sebelum lanjut membahas tentang cara menghilangkan iklan di HP Oppo, sudahkah kamu mengetahui penyebab iklan di HP Oppo tiba-tiba muncul? Jika belum, silahkan perhatikan penjelasan kami berikut ini.

Pada umumnya, munculnya iklan di HP Oppo secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh 3 faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Iklan muncul sebagai bagian dari strategi bisnis Oppo

Tau kah kamu? hampir semua merk HP termasuk Oppo mengandalkan pendapatan dari iklan sebagai bagian dari strategi bisnis mereka. Iklan ini menjadi timbal balik dari penawaran harga produk smartphone yang cukup terjangkau yang mereka berikan.

Baca Juga :  Cara Menghapus Salah Satu Foto Slide di Instagram

Dengan mengintegrasikan iklan kedalam antarmuka pengguna dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi produsen sehingga mereka tetap memperoleh keuntungan walaupun memberikan penawaran harga yang kompetitif.

Sebenarnya kalau di pikir-pikir, alasan ini cukup masuk akal sekaligus menjadi strategi pemasaran yang sama-sama menguntungkan baik bagi produsen maupun konsumen. Produsen mendapatkan keuntungan dari iklan, sedangkan konsumen mendapat barang (HP) dengan harga yang terjangkau. Hanya saja jika iklannya terlalu banyak, maka akan terasa sangat mengganggu sekali.

  • Adware atau Malware

Munculnya iklan dalam HP bisa jadi juga disebabkan oleh Adware atau malware berbahaya yang mungkin telah menyusup ke dalam perangkat anda bersamaan dengan aplikasi yang di unduh atau pun lewat situs web yang anda buka. Adware ini dapat menghasilkan iklan yang tidak diinginkan muncul di ponsel, bahkan saat anda tidak menggunakan aplikasi apapun.

  • Aplikasi yang mengandung iklan

Penyebab yang berikutnya kenapa muncul iklan di HP Oppo adalah bersumber dari aplikasi yang terpasang dalam perangkat mengandung iklan. Beberapa aplikasi terkadang mengandung iklan dengan ketentuan tertentu.

Misalnya dalam aplikasi novel, aplikasi Fizzo Novel mengandung iklan yang sangat banyak, akan tetapi pengguna tidak perlu membayar apabila ingin membaca novel. Sedangkan aplikasi novel lainnya yang tidak mengandung iklan, mengharuskan pengguna untuk membayar terlebih dahulu agar bisa membuka setiap bab dalam novel.

  • Pengaturan browser yang tidak tepat

Ini merupakan penyebab iklan muncul di HP Oppo yang sering terjadi. Pengaturan browser yang tidak benar dapat memicu munculnya banyak iklan di HP. Oleh karena itu, silahkan periksa pengaturan browser anda sekarang. Pastikan fitur Ads telah dimatikan.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo yang Tiba-tiba Muncul

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul
Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul dapat dilakukan melalui 2 cara, yakni: tanpa dan dengan menggunakan aplikasi. Dibawah ini kami berikan penjelasan selengkapnya.

  • Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo tanpa Aplikasi

Berikut beberapa cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul dengan mudah tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Baca Juga :  Link Data Hack Via Id FF Apk Terbaru 2024 : Terbukti Ampuh?

1. Lewat pengaturan ponsel

Berikut kami urut kan langkah-langkah untuk menghilangkan iklan di HP Oppo melalui pengaturan ponsel:

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan di ponsel kamu
  2. Gulir ke bawah dan temukan menu ‘Pemberitahuan & Status
  3. Selanjutnya, buka pengaturan ‘Kelola Pemberitahuan
  4. Pilih aplikasi yang sering memunculkan iklan tiba-tiba
  5. Terakhir matikan tombol ‘Izinkan Notifikasi/ Pemberitahuan
  6. Maka otomatis iklan akan diblokir dari aplikasi tersebut.

2. Matikan personalisasi iklan di Google

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul
Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo dengan mematikan personalisasi iklan di Google dapat dilakukan melalui langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan buka menu Setelan atau Pengaturan di ponsel Oppo anda
  2. Cari dan klik opsi pengaturan ‘Google
  3. Kemudian klik pada bagian menu ‘Iklan atau ads
  4. Maka, anda akan diarahkan ke tampilan menu Ads
  5. Selanjutnya anda tinggal aktifkan saja opsi ‘Opt out of Ads Personalization
  6. Selesai. iklan tidak akan ditampilkan lagi dalam perangkat Oppo kamu.

3. Periksa izin aplikasi dalam ponsel

Selanjutnya ada juga cara menghilangkan iklan di HP Oppo dengan memeriksa izin aplikasi dalam ponsel. Langkah-langkahnya bisa anda perhatikan berikut ini:

  1. Pada tampilan beranda ponsel, silahkan klik dan tahan beberapa saat pada aplikasi yang sering memunculkan iklan tiba-tiba
  2. Maka akan tampil beberapa menu. Silahkan klik ‘Info Aplikasi
  3. Klik pada opsi ‘perizinan Aplikasi
  4. Matikan perizinan untuk Notifikasi Iklan
  5. Selesai!

4. Gunakan mode privasi

Adanya fitur ‘Mode Privasi‘ menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ponsel Oppo. Pasalnya, menghidupkan fitur ini dapat mengurangi munculnya iklan dalam perangkat. Anda bisa coba menggunakan cara ini dan lihat seperti apa pengaruhnya.

5. Melalui browser opera

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul
Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul/ operacdn.com

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang terakhir dapat dilakukan lewat browser opera. Terkhusus kamu yang menggunakan browser Opera boleh deh cobain cara yang ini. Begini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan buka browser Opera di perangkat Oppo anda
  2. Lalu klik lah ikon Profil yang berada di sebelah kanan bawah
  3. Aktifkan opsi menu ‘Ad Blocking
  4. Selesai! Sekarang tampilan iklan akan diblokir dari perangkat anda.
  • Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo dengan Menggunakan Aplikasi

Selain cara-cara diatas, anda juga bisa menghilangkan iklan di HP Oppo dengan menggunakan aplikasi. Dibawah ini kami tunjukkan beberapa aplikasi pemblokir iklan terbaik.

  • AdClean

AdClean merupakan solusi paling tepat untuk perangkat seluler Android yang menampilkan berbagai iklan yang sangat menggangu. Adclean ini tidak memerlukan akses root dan mendukung untuk digunakan di semua browser seperti Chrome, Firefox, UC, Opera, dll.

Baca Juga :  6 Cara Mencari Wifi ID Terdekat dari Lokasi Saya Paling Mudah

Mengapa harus memilih aplikasi AdClean? Berikut beberapa alasannya:

  1. Dapat memblokir semua jenis iklan, termasuk iklan video, iklan multimedia, pop-up, iklan teks, dan berbagai jenis iklan lainnya
  2. Mempercepat pemuatan halaman web dan menghemat bandwith karena iklan dan pop-up telah dihapus
  3. Hemat masa pakai baterai karena smartphone hanya akan memuat konten yang sedang anda akses
  4. Aplikasi ini juga dapat membantu memblokir spyware, adware dan malware yang dapat membahayakan perangkat lunak smartphone anda
  5. Dapat membantu melindungi privasi anda dengan memblokir sistem pelacakan pihak ketiga
  • AdBlock VPN

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi ‘AdBlock VPN‘ Aplikasi ini merupakan aplikasi pemblokir iklan yang bisa didapatkan secara gratis, memungkinkan penggunanya untuk mendapat pengalaman menjelajah bebas iklan.

Dengan aplikasi ini, anda dapat langsung menonton video di situs web mana pun tanpa harus membuang waktu untuk menonton iklan sebelum memutar video.

AdBlock VPN juga akan melakukan pemblokiran iklan untuk pop-up, sehingga anda tidak akan merasa terganggu lagi dengan iklan yang terkadang mengarahkan kamu ke halaman lain yang tidak ingin kamu akses.

  • Adblock Browser

Aplikasi pemblokir iklan terbaik
Aplikasi pemblokir iklan terbaik

Dengan menggunakan aplikasi ‘Adblock Browser‘ beberapa iklan seperti iklan pop-up, video dan spanduk yang sering kali mengambil alih layar ponsel anda akan diblokir dengan cepat.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, diantaranya seperti:

  1. Blokir iklan dan menjadikan penjelajahan internet menjadi lebih lancar
  2. Keamanan dan privasi anda aman dan terjaga
  3. Menghemat masa pakai baterai dan data
  • GreenTuber

Rada kesal ga sih kalo lagi asyik nonton video atau dengar musik dari YouTube, tiba-tiba muncul iklan. Apalagi kalau durasi iklannya panjang, makin double kan kesal nya.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir, ada GreenTuber solusinya! Sesuai dengan namanya, aplikasi ini pada umumnya berfungsi untuk memblokir iklan yang sangat mengganggu saat menonton video, seperti di YouTube.

Akhir Kata

Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo
Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo

Dengan memahami penyebab dan cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang tiba-tiba muncul, anda dapat mengembalikan kenyamanan dan ketenangan dalam menggunakan ponsel anda.

Dengan demikian, anda pun bisa mendapatkan pengalaman yang memuaskan dalam penggunaan perangkat elektronik handphone!

Back to top button