Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tips

5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk – Perlu sobat ketahui bahwa anak anjing ras lebih sensitif dibandingkan dengan anak anjing jenis lainnya apalagi jika anak anjing tersebut sudah jauh dari induknya sejak lama pasti kalian harus lebih ekstra dalam perawatan mereka bukan?

Lalu bagaimana jika kalian tidak memiliki dana untuk melakukan perawatan anjing ke dokter hewan? Tentu solusinya dengan membaca cara merawat anak anjing tanpa induk berikut. Jangan lupa untuk langsung mempraktikkannya dirumah ya sobat.

Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Cara merawat anak anjing ras
sumber : id.pinterest.com

Seekor anjing ras kecil biasanya berumur 8-10 bulan. Nah pada masa-masa itu mereka bisa terbilang sangat aktif dan imut ya sobat walaupun memang sedikit membuat kita kewalahan, apalagi jika anak anjing tersebut jauh dari induknya.

Selain itu, faktanya masa-masa tersebut merupakan masa-masa yang sangat rentan dengan pertumbuhan anak anjing ras. Oleh karena itu kita harus menjaga dan merawat mereka dengan sangat baik. Tujuannya agar suatu saat mereka akan terhindar dari penyakit dan bisa selalu sehat. Jadi apakah ada cara untuk merawat anak anjing ras dengan mudah? jawabannya ada dan bisa kamu perhatikan melalui cara merawat anak anjing disini:

1. Beri perhatian khusus

Memberi perhatian khusus pada anjing
sumber : id.pinterest.com

Hal paling utama yang anak anjing butuhkan di masa-masa pertumbuhan mereka ialah kasih sayang. Setiap hari kamu harus menjalin keakraban dengan mereka seperti memberikan perhatian yang tulus, mengelus-elus kepala mereka dan memanjakan mereka. Dengan begitu anak anjing ras akan merasa diperhatikan dan disayangi sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat.

2. Makanan

Memberi makan anjing
sumber : primadaily.com

Jika sobat dirumah biasanya memberi makanan anjing ras tanpa melihat komposisinya maka kalian bisa meninggalkan kebiasaan lama tersebut ya. Karena makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anjing khususnya bulu dan kulit anjing. Jadi sebelum memberi makan anjing ras kecil usahakan kalian memilih makanan yang mengandung vitamin A dan E yang baik untuk bulu dan kulit anak anjing. Serta jangan lupa untuk selalu memberikan mereka susu ya sobat.

Berikut : Makanan anak anjing yang baik untuk kesehatannya

3. Perhatikan gizinya

makanan anjing yang bergizi
sumber : cekaja.com

Cara merawat anak anjing tanpa induk berikutnya ialah dengan memperhatikan gizi untuk setiap makanan yang kalian berikan khususnya cemilan dan vitamin mereka ya sobat. Caranya dengan melihat ingredients yang terdapat pada cemilan dan vitamin tersebut ya sobat. Jika kalian merasa belum mencukupi maka sebaiknya tidak usah diberikan ya. Terkhususnya untuk vitamin karena vitamin yang baik harus dilengkapi dengan kandungan gizi yang cukup untuk anak anjing ras.

4. Memberikan rumah yang nyaman

Rumah nyaman untuk anjing
sumber : id.pinterest.com

Rumah merupakan faktor utama dalam cara merawat anak anjing tanpa induk karena rumah yang nyaman akan menciptakan suasana yang nyaman pula untuk hidup mereka. Rumah yang bersih dan hangat dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup biasanya akan membuat anak anjing hidup dengan tenang dan bisa tidur dengan lelap. Jika anak anjing tidak mendapatkan kenyamanan maka itu akan membuat mereka menjadi stres dan mudah terserang penyakit.

5. Ajak bermain

Bermain dengan anak anjing
sumber : pingpoint.co.id

Cara merawat anak anjing tanpa induk yang paling efektif ialah mengajak mereka bermain setiap hari. Biasanya anjing gemar bermain bola karena mereka bisa lari dengan bebas dan jauh. Nah, untuk menghindari terjadinya stres dan rasa gelisah pada anak anjing maka kamu bisa mengajak mereka bermain. Dijamin mereka akan menyukai nya.

6. Rutin memandikan anak anjing

Rutin memandikan anak anjing
sumber : halodoc.com

Rutin memandikan anak anjing ras termasuk juga kedalam cara merawat anak anjing tanpa induk. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memandikan anak anjing:

  • Persiapkan tempat mandi yang luas untuk anak anjing
  • Sisir anak anjing terlebih dahulu
  • Potong kuku dan bersihkan telinga anak anjing terlebih dahulu
  • Siapkan suhu air yang pas untuk anak anjing
  • Gunakan shampo yang mengandung anti bakteri atau kutu
  • Sikat gigi anjing pakai pasta gigi khusus anjing
  • Keringkan bulu anak anjing dengan handuk bersih

Pastikan bulu anjing benar-benar bersih ya sobat karena jika masih basah maka bulu anjing bisa rontok secara perlahan.

7. Menjaga kebersihan anak anjing

Lingkungan anjing yang bersih
sumber : suara.com

Anak anjing biasanya lebih senang bermain di luar rumah agar mereka bisa bermain dengan bebas dan leluasa. Lalu, pastinya mereka akan memilih tanah atau rumput sebagai arena bermain mereka. Jadi buat para dog lovers usahakan kalian memperhatikan tempat bermain mereka. Sebaiknya hindari tempat-tempat yang basah atau lembab dan jauhkan mereka dari anjing lain yang sedang sakit karena anak anjing ras lebih gampang terjangkit virus daripada anak anjing jenis lainnya.

Baca juga : 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Ciri-ciri anak anjing yang terjangkit penyakit

ciri-ciri anjing yang terjangkit penyakit
sumber : idntimes.com

Cara merawat anak anjing tanpa induk sebenarnya tidak selalu berhasil. Nah, jika kita gagal maka kita akan mengetahui nya melalui ciri-ciri anak anjing yang terjangkit penyakit berikut ini. Apabila anak anjing ras kalian mengalami ciri-ciri dibawah ini maka segera lakukan pengobatan ya sobat

  • Anak anjing ras memiliki warna kulit dan kuku yang kusam
  • Bulu rontok dalam jumlah yang banyak
  • Mata berair dan lesu
  • Perut buncit tetapi badan kurus
  • Berat badan berkurang dengan cepat
  • Lemas dan malas bermain
  • Buang air besar dan kecil tidak teratur
  • Gelisah dan selalu mengantuk
Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk
Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Bagaimana sobat? apakah ciri-ciri tersebut sedang terjadi pada anabul dirumah? jika ya maka segera periksakan ke klinik dokter hewan sebelum terlambat ya sobat. Atau kalian bisa melakukan pengobatan tradisional sebagai penanganan awal dirumah.

Artikel menarik lainnya: 7 Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih

Kesimpulan

Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk
  1. Berikan Perhatian Khusus dan Siapkan Kandang yang Nyaman.
  2. Lakukan Vaksinasi Lengkap untuk Anak Anjing.
  3. Rutin Memandikan Anak Anjing
  4. Berikan Makanan Berkualitas.
  5. Berikan Mainan Khusus.
  6. Ajak Bermain dan Berjalan-Jalan Secara Rutin.

Cara merawat anak anjing tanpa induk khususnya anjing jenis ras memang terlihat mudah walaupun sebenarnya sangat sulit dan tidak bisa dianggap remeh ya sobat. Jadi silahkan dicatat dan semoga bisa membantu ya sobat. Terimakasih telah berkunjung hari ini. Mari baca artikel berikutnya hanya dihalaman blog mocipay ya.

Back to top button