Tutorial

6 Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati Dan Syaratnya

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati merupakan langkah penting yang harus diketahui terutama jika ingin memiliki nomor tersebut kembali. Untuk melakukan aktivasi dapat dilakukan dengan mudah, yaitu melalui dial up, lewat SMS, via E-Care, mengubungi Call Center, dan mengunjungi GraPARI.

Namun metode ini bisa dilakukan apabila kartu yang dimiliki tidak melewati waktu aktivasi yang ditentukan atau masih dalam waktu grace period. Jika kartu sudah melewati waktu tambahan yang diberikan oleh operator Telkomsel, maka nomor tidak akan bisa diaktifkan kembali.

Apa Itu Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati?

Reaktivasi kartu Telkomsel adalah proses mengaktifkan kembali nomor Telkomsel yang telah hangus atau mati karena tidak melakukan isi ulang pulsa dalam waktu tertentu. Biasanya ini berlaku lebih dari 30 hari setelah masa tenggang.

Proses reaktivasi ini hanya bisa dilakukan jika masih dalam periode grace period, yaitu waktu tambahan yang diberikan operator Telkomsel sebelum nomor benar-benar dihapus dari sistem.

Durasi grace period ini biasanya diberikan oleh Telkomsel selama 14 hari. Jika periode grace period telah lewat, nomor tersebut tidak dapat diaktifkan kembali atau diangggap hangus secara permanen.

Syarat Reaktivasi Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Sebelum melakakukan aktivasi kartu, sebaiknya pastikan kamu sudah memenuhi syarat melakukan reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati berikut ini.

  • Pastikan kartu masih dalam periode grace period atau memiliki waktu tambahan yang diberikan operator Telkomsel
  • Siapkan Kartu Identitas seperti KTP.
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Mengisi ulang pulsa untuk proses reaktivasi.
  • Pastikan membawa uang untuk biaya reaktivasi.
Baca Juga :  4 Cara Klaim Bonus Kuota Smartfren 6GB

Apakah Kartu Telkomsel yang Sudah Mati bisa Diaktifkan Kembali?

Sebagai pelanggan setia kartu Telkomsel, kemungkinan kamu pernah bertanya “Apakah kartu Telkomsel yang sudah mati masih bisa diaktifkan kembali?”.

Jawabannya bisa, kartu Telkomsel yang sudah hangus bisa diaktifkan kembali apabila belum lebih dari 15 hari. Jika melewati waktu yang telah ditentukan, maka kartu tersebut tidak akan bisa diaktivasi kembali.

Jadi apabila kartu belum melewati waktu reaktivasi yang telah ditentukan oleh provider Telkomsel, kamu bisa melakukan cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati melalui metode yang telah disarankan dibawah ini.

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati

Beragam cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati bisa kamu coba dengan mudah dan praktis, mulai dari kode dial up, lewat SMS, via E-Care, melalui Call Center, dan dengan mengunjungi GraPARI Telkomsel. Untuk panduan cara selengkapnya, silahkan perhatikan penjelasan ini.

1. Melalui Kode Dial Up

Reaktivasi Kartu Telkomsel Melalui Kode Dial
Reaktivasi Kartu Telkomsel Melalui Kode Dial

Cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati pertama yaitu melalui kode dial up di *888*89#. Metode ini sangat mudah dilakukan, pasalnya hanya dengan mengakses kode tersebut maka aktivasi berhasil dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Buka menu Telepon di perangkat hp kamu.
  • Ketik kode *888*89# dan klik Panggil / Call dari nomor handphone yang terhubung dengan kartu Telkomsel yang hangus.
  • Akan muncul beberapa pop up menu, pilih opsi Reaktivasi kartu.
  • Konfirmasi aktivasi kartu dengan mengklik Setuju, apabila setuju dengan ketentuan yang diberikan oleh provider Telkomsel.
  • Masukkan nomor KTP dan KK sesuai dengan intruksi yang diberikan.
  • Jika semua proses sudah selesai, kamu akan menerima SMS pemberitahuan status aktivasi kartu Telkomsel apakah nomor masih bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Baca Juga :  6 Cara Ubah Ukuran Foto 3x4 Online di HP Gratis Tanpa Aplikasi

2. Lewat SMS

Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat SMS
Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat SMS

Nah, Telkomsel juga memungkinkan pelanggannya untuk melakukan aktivasi melalui SMS. Adapun cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati melalui metode ini, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Buat Pesan Baru di handphone kamu melalui menu Pesan.
  • Ketik format “ULANG (spasi) NIK#Nomor Kartu Keluarga#” lalu kirim pesan ke 4444.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi balasan SMS dari operator Telkomsel.
  • Notifikasi ini biasanya berisi pemberitahun terkait status aktivasi kartu Telkomsel, apakah nomor yang digunakan masih bisa diaktifkan kembali atau tidak.

3. Via E-Care

Selain metode diatas, pengguna Telkomsel juga bisa melakukan aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati melalui sosial media resmi Telkomsel secara langsung. Apabila ingin melakukan cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati metode ini, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Pastikan kamu memiliki akun Twitter.
  • Kunjungi akun resmi Telkomsel di @Telkomsel.
  • Pilih opsi menu Direct Message atau Pesan Langsung.
  • Ajukan permohonan aktivasi kartu Telkomsel dengan menyertakan format yang mencakup nomor kartu, waktu, lokasi, dan tanggal masa tenggang.
  • Tunggu beberapa saat hingga admin Telkomsel memeriksa data kartumu.
  • Jika kartu Telkomsel yang dimiliki memenuhi syarat yang ditetapkan, maka kartu yang dimiliki akan segera diaktifkan kembali.

4. Melalui Call Center Telkomsel

Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat Call Center
Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat Call Center

Provider Telkomsel menyediakan layanan Call Center yang memungkinkan pelanggan untuk menghubunginya jika mengalami kendala terkait kartu atau layanan yang disediakan.

Cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati bisa dilakukan dengan menghubungi nomor 118 atau 0807-1-811-811. Metode ini sangat efektif dilakukan, pasalnya pelanggan dapat menerima informasi yang lebih detail.

Namun untuk melakukan cara ini, pastikan kamu memiliki pulsa yang mencukupi agar bisa terhubung ke Customer Service Telkomsel.

Baca Juga :  2 Cara Membuat Sampul Sorotan Instagram

5. Mengunjungi GraPARI

Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat GraPARI
Reaktivasi Kartu Telkomsel Lewat GraPARI

GraPARI adalah kantor pelayanan Telkomsel yang menyediakan berbagai layanan termasuk membantu pelanggannya mengatasi masalah yang terjadi terkait kartu yang dimiliki.

Cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor GraPARI Telkomsel yang berada di sekitar wilayahmu.

Akan tetapi, untuk melakukan cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati, pastikan kamu membawa sejumlah dokumen penting, seperti KTP, KK, dan Kartu SIM yang telah hangus.

Penyebab Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati Tidak bisa di Reaktivasi

Ada banyak penyebab kartu Telkomsel yang sudah mati tidak bisa di reaktivasi kembali, salah satunya adalah sudah melewati waktu tambahan yang diberikan oleh provider Telkomsel. Tak hanya itu saja, adapun beberapa penyebab lainnya , meliputi :

Melawati Masa Grace Period

Jika periode waktu yang diberikan untuk melakukan reaktivasi kartu telah lewat, kartu Telkomsel yang sudah hangus tidak akan bisa di reaktivasi kembali meski sudah mengunjungi GraPARI.

Telkomsel bisanya memberikan grace period selama 15 hari setelah karu non aktif. Jadi pastikan waktu tambahan yang diberikan tidak terlewatkan.

Nomor Sudah Dihapus

Setelah grace period berakhir, Telkomsel mungkin sudah akan segera menghapus nomor kamu dari sistem mereka, sehingga nomor tersebut tidak bisa digunakan lagi dan tidak dapat dipulihkan kembali. Ini merupakan salah satu syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh provider Telkomsel.

Nomor Sudah Dialokasikan ke Pengguna Lain

Biasanya, Setelah nomor dihapus dari sistem dan masa grace period berakhir, nomor yang digunakan akan dialihkan oleh operator Telkomsel kepada pengguna baru. Jika ingin menggunakan nomor yang serupa, kamu harus mengunjungi GraPARI untuk mendapatkan nomor yang serupa.

Postingan Menarik Lainnya : 4 Cara Beli Paket SMS Telkomsel 2024: Harian, Mingguan, Bulanan

Akhir Kata

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati
Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati

Meskipun cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati dapat dilakukan dengan mudah, namun layanan ini hanya bisa dilakukan apabila kartu yang dimiliki mati dalam periode grace period atau memiliki waktu tambahan untuk melakukan aktivasi yang diberikan oleh operator Telkomsel. Biasanya Telkomsel akan memberikan waktu selama 15 hari, apabila masa tersebut sudah lewat maka nomor akan di hapus atau dialokasikan kepada pengguna lain.

Back to top button