Tutorial

Kenapa Hotspot Mati Sendiri? Ketahui 7 Penyebabnya Disini!

Kenapa hotspot mati sendiri? menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan, mengingat Hotspot sebagai sumber konektivitas nirkabel yang memungkinkan perangkat bisa terhubung ke internet walau kuota internetnya tidak ada.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengupas beberapa penyebab kenapa Hotspot mati sendiri beserta cara mengatasinya. Pastikan kamu mengikuti postingan ini hingga tuntas yah!

Apa itu Hotspot?

Hotspot adalah salah satu fitur pada ponsel atau komputer yang menyediakan koneksi internet nirkabel dengan perangkat lain yang mendukung Wi-Fi. Dengan mengaktifkan Hotspot, pengguna dapat berbagi koneksi seluler mereka dengan ponsel lainnya atau perangkat lain seperti laptop, tablet, dan yang lainnya.

Hotspot menjadi salah satu fitur yang sangat dibutuhkan ketika kita sedang membutuhkan dua atau beberapa perangkat, yang mana semuanya harus terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, Hotspot ini juga dapat menjadi alat bagi kita untuk membantu teman yang tidak memiliki kuota internet.

Kenapa Hotspot Mati Sendiri?

Kenapa Hotspot Mati Sendiri?
Kenapa Hotspot Mati Sendiri?

Ada beberapa penyebab kenapa Hotspot mati sendiri yang perlu kamu ketahui. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan Batas Penggunaan Data

Penyebabnya yang pertama adalah karena pengaturan batas penggunaan data oleh pengguna/ pemilik Hotspot. Pada Hotspot, terdapat pengaturan untuk membatasi penggunaan data yang memungkinkan Hotspot bisa mati sendiri secara otomatis ketika pengguna telah mencapai batas penggunaan sesuai dengan yang telah diatur.

Baca Juga :  Cara Bayar FIF Lewat M-Banking BCA dan Syarat Nya

2. Kuota Internet Telah Habis

Kuota internet yang telah habis tentu akan membuat Hotspot mati sendiri. Hal itu terjadi karena tidak ada lagi kuota yang dapat dibagikan ke perangkat lain yang tersambung. Itulah mengapa penting untuk mengecek terlebih dahulu ketersediaan kuota sebelum membagikan Hotspot pada orang lain.

3. Koneksi Jaringan Hilang/ Tidak Stabil

Selain karena kuota internet habis, Hotspot mati sendiri juga dapat disebabkan oleh koneksi jaringan yang tidak stabil atau tidak ada sama sekali (hilang). Dalam penggunaan Hotspot, koneksi jaringan yang stabil sangatlah diperlukan sebagai penyalur kuota internet dari ponsel satu ke ponsel lainnya yang tersambung ke Hotspot.

4. Panas berlebih

Penyebab Kenapa Hotspot Mati Sendiri
Sumber: wondershare.com/ Penyebab Kenapa Hotspot Mati Sendiri

Kamu mungkin sudah pernah menyaksikan sendiri bagaimana perubahan suhu ponsel ketika Hotspot dinyalakan. Sangat panas bukan? Nah, apabila perangkat sudah terlalu panas, maka sistem secara otomatis mungkin akan mematikan Hotspot untuk mencegah kerusakan perangkat.

5. Baterai Lemah/ Hampir Habis

Alasan berikutnya kenapa Hotspot mati sendiri adalah karena kondisi baterai perangkat yang sudah hampir habis (lemah). Seperti yang kita ketahui sendiri, Hotspot termasuk sebagai salah satu fitur pada smart phone yang sangat boros konsumsi baterai.

6. Pengaturan Hotspot

Pengaturan Hotspot yang dibuat oleh pengguna juga bisa menyebabkan Hotspot mati sendiri. Ada beberapa opsi pengaturan pada Hotspot, misalnya seperti: matikan Hotspot secara otomatis setelah tidak ada lagi perangkat yang tersambung dalam batas waktu yang telah ditentukan.

7. Masalah pada Perangkat Lunak Ponsel

Penyebab kenapa Hotspot mati sendiri yang terakhir adalah karena adanya masalah pada perangkat lunak atau sistem operasi ponsel. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sistem operasi pada ponsel yang telah usang/ kadaluwarsa.

Baca Juga :  2 Cara Membuat ATM Mandiri Secara Online dan Offline

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Melalui penjelasan diatas, sudah bisakah kamu mengidentifikasi apa kira-kira penyebab Hotspot di ponsel anda mati sendiri?

Nah jika sudah, maka langsung saja perhatikan solusi atau cara mengatasi Hotspot mati sendiri berikut ini!

  • Nonaktifkan Pengaturan Batas Penggunaan Data Hotspot

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Pada langkah yang pertama, cobalah anda periksa terlebih dahulu pengaturan Hotspot anda, apakah batas penggunaan data Hotspot diaktifkan. Jika iya, maka solusinya ada 3, yakni:

  1. Matikan opsi pengaturan batas penggunaan data Hotspot
  2. Naikkan jumlah batas data, misalnya dari 500 MB menjadi 1GB
  3. Pilih opsi “Hanya Beritahu” apabila penggunaan Hotspot telah melampaui batas.
  • Matikan Hostpot beberapa Saat untuk Mengurangi Panas Berlebih

Apabila Hotspot mati sendiri diakibatkan oleh panas berlebih, maka solusinya adalah membiarkan Hotspot mati beberapa saat, sampai panas ponsel berangsur hilang. Ingat, jangan paksakan Hotspot tetap hidup saat ponsel sudah terlalu panas, karena overheat dapat menyebabkan ponsel mengalami kerusakan total.

  • Periksa Koneksi Jaringan

Selanjutnya, anda perlu memeriksa bagian koneksi jaringan pada ponsel anda. Pastikan sinyal di HP anda stabil agar Hotspot dapat menyalurkan kuota internet ke perangkat yang terhubung.

  • Pastikan Kuota Internet Masih Ada

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada bagian penyebab kenapa Hotspot mati sendiri, salah satunya adalah karena kuota internet yang telah habis.

Nah, solusi untuk kendala ini, anda hanya perlu memeriksa kuota internet anda apakah masih ada atau mungkin sudah habis. Jika sudah, maka lakukan pembelian kuota internet terlebih dahulu sebelum menyalakan Hotspot kembali.

  • Periksa Baterai Ponsel

Cara mengatasi Hotspot mati sendiri yang berikutnya adalah memeriksa kondisi baterai ponsel. Pastikan baterai pada ponsel yang menyalurkan Hotspot masih ada atau segera lakukan isi ulang daya apabila sudah lowbat.

  • Ubah Pengaturan Hotspot

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Periksalah bagaimana pengaturan Hotspot anda. Pastikan anda tidak mengaktifkan fitur batas waktu untuk Hotspot mati secara otomatis ketika tidak ada lagi perangkat yang terhubung.

  • Hidupkan dan Matikan Kembali Mode Pesawat

Menghidupkan lalu mematikan kembali fitur mode pesawat dapat merestart kinerja ponsel, termasuk jaringan. Anda bisa melakukan langkah sederhana ini dan lihat apakah masalahnya kini sudah bisa teratasi!

  • Restart Ponsel

Apabila semua langkah diatas telah anda coba namun Hotspot tetap masih mati sendiri, maka cobalah restart ponsel anda.

Baca Juga :  4 Cara mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Kadang-kadang masalah pada ponsel dapat teratasi dengan mudah hanya dengan melakukan restart. Cara restart ponsel cukup mudah, anda tinggal tekan saja tombol daya beberapa saat, lalu ketuk opsi “Mulai Ulang”

  • Perbarui Sistem Operasi Ponsel

Langkah terakhir dalam cara mengatasi Hotspot mati sendiri yaitu dengan memperbarui perangkat lunak atau sistem operasi ponsel. Langkah ini biasanya berhasil mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada ponsel.

Akhir Kata

Kenapa Hotspot Mati Sendiri
Kenapa Hotspot Mati Sendiri

Dalam mengatasi kendala terkait Hotspot mati sendiri, penting bagi pengguna untuk mendiagnosis kira-kira apa penyebab atau kenapa Hotspot mati sendiri. Dengan demikian, langkah-langkah atau solusi penyelesaian masalah akan lebih mudah dilakukan!

Back to top button