Ragam

Tempat Service HP Terdekat Dari Lokasi Saya Sekarang

Saat ponsel mengalami kerusakan, maka Anda perlu segera mencari tempat service hp terdekat. Dengan begitu, jasa perbaikan tersebut akan membantu mengatasi segala permasalahan yang ada pada hp nya. Termasuk hp dari merek Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Cara Mencari Tempat Service Hp Terdekat

Cara Mencari Tempat Service Hp Terdekat
Cara Mencari Tempat Service Hp Terdekat

Hp yang sedang mengalami masalah, tentu Anda tidak dapat menggunakannya. Terlebih, kebanyakan pemilik ponsel tidak bisa mengatasi masalah pada hp tersebut sehingga memerlukan bantuan dari jasa service. Untuk itu, simak cara mencari tempat service hp terdekat berikut:

Melalui Aplikasi Google Maps

Melalui Aplikasi Google Maps
Melalui Aplikasi Google Maps

Cara mencari lokasi service hp terdekat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps. Aplikasi petunjuk arah ini memang dapat diandalkan untuk mengetahui tempat-tempat penting. Oleh sebab itu, simak caranya berikut:

  • Aktifkan fitur Lokasi pada ponsel
  • Langsung buka aplikasi Google Maps
  • Setelah itu, klik kolom pencarian di bagian atas layar
  • Kemudian ketik “tempat/lokasi service hp terdekat”
  • Jika sudah, tekan ikon kaca pembesar
  • Tunggu sampai hasilnya keluar
  • Tentukan salah satu alamat/lokasinya
  • Pastikan memilih lokasi dengan reputasi dan review bagus
  • Cek petunjuk arah menuju lokasinya
  • Tekan menu Directions
  • Akan terlihat rute menuju lokasi service
  • Langsung ikuti rutenya sesuai petunjuk untuk datang ke lokasi
  • Selesai

Melalui Mesin Pencarian Google

Melalui Mesin Pencarian Google
Melalui Mesin Pencarian Google

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah memanfaatkan mesin pencarian Google. Terlebih melalui aplikasi Google seperti Chrome, para pengguna tentu sangat mudah mengetahui alamat maupun kontak tempat service hp terdekat dalam hitungan detik saja. Berikut caranya:

  • Pastikan ponsel terhubung dengan internet
  • Selanjutnya, masuk ke aplikasi Google
  • Kemudian ketuk kolom pencarian
  • Ketik “lokasi service hp terdekat”
  • Langsung tekan ikon Search
  • Jika sudah, akan muncul daftar lokasinya
  • Anda bisa memilih salah satu
  • Cek alamat dan jam bukanya
  • Catat juga nomor teleponnya
  • Hubungi jasa perbaikan hp tersebut
  • Kemudian kunjungi alamatnya
  • Selesai

Melalui Google Assistant

Melalui Google Assistant
Melalui Google Assistant

Anda juga bisa menerapkan cara selanjutnya yang tidak kalah praktis dan mudah untuk dilakukan. Yakni memanfaatkan teknologi dari Google Assistant. Jika masih belum mengetahui caranya, maka cek panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pastikan mengaktifkan fitur Assistant Voice Match terlebih dahulu
  • Kemudian katakan “Ok Google”
  • Selanjutnya, ucapkan kembali “Tempat service hp terdekat”
  • Lalu tunggu sampai hasil pencariannya ditampilkan
  • Langsung pilih salah satu lokasinya
  • Klik menu Rute atau Directions
  • Cek arahannya melalui Google Maps

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP Snapdragon 778G Termurah 2023

Baca Juga :  10+ Distributor Baju Wanita Langsung Dari Pabrik Termurah 2024

Tips Memilih Tempat Service Hp Terdekat yang Terbaik

Tips Memilih Tempat Service Hp Terdekat yang Terbaik
Tips Memilih Tempat Service Hp Terdekat yang Terbaik

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya untuk mencari lokasi service hp tidaklah sulit. Akan tetapi, saat ingin memilihnya pastikan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu agar nantinya mendapat hasil memuaskan. Di bawah ini beberapa tips memilihnya:

1. Pastikan Jasa Service Memahami Kerusakan Hp

Tips pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah memastikan terlebih dahulu apakah pihak jasa tersebut telah memahami jenis kerusakan hpnya. Cara ini dapat dilakukan dengan menghubungi nomor kontaknya. Lalu tanyakan apakah bisa mengatasi kerusakan tersebut.

Sebutkan jenis kerusakan yang menjadi masalah Anda dalam menggunakan ponsel. Kemudian hingga jasa service hp tersebut menentukan dan memberi tahu tentang kesanggupan mereka dalam memperbaiki hp.

2. Pilih Jasa yang Profesional

Selanjutnya, Anda juga perlu memilih jasa service yang profesional di bidangnya. Untuk mengeceknya bisa dilihat dari pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, jasa yang sudah profesional tentu mampu mengatasi berbagai kerusakan hp.

Mereka juga sudah cukup lama mendirikan usaha service hp sehingga pelanggannya pun tidak sedikit. Oleh sebab itu, pastikan Anda mempertimbangkan hal ini agar nantinya ponsel yang rusak benar-benar dapat diperbaiki dan bisa digunakan kembali seperti semula.

3. Pastikan Pelayanannya Ramah

Tips berikutnya yaitu dengan memastikan bahwa jasa yang dipilih tersebut memiliki pelayanan ramah. Caranya sangat mudah sekali, yakni dengan mencoba menghubungi kontak jasanya terlebih dahulu. Kemudian cek apakah mereka membalas pesan dengan ramah dan cepat.

Jika perlu, Anda bisa memilih jasa service yang dapat menjemput dan mengantar ponsel tersebut. Tentu hal ini pelayanan yang sangat memuaskan kepada pelanggan. Dengan begitu, sudah tidak perlu lagi kerepotan untuk pergi ke lokasi service tersebut.

4. Pilih Lokasi yang Paling Dekat

Walaupun Anda telah menemukan lokasi service hp terdekat, akan tetapi bisa saja jarak dari rumah ke tempatnya cukup jauh. Oleh sebab itu, pastikan mengecek kembali alamat penyedia jasa tersebut apakah memerlukan waktu tempuh cukup lama ke lokasinya.

Baca Juga :  10 Perbedaan Macbook Dan Laptop, Wajib Pahami Sebelum Membelinya

Jika iya, maka Anda bisa mencari jasa service lainnya yang memang memiliki jarak tempuh lebih dekat. Dengan begitu, semakin nyaman untuk bolak-balik menuju lokasi baik itu saat ingin mengantarkan ponsel maupun mengambil ponsel saat sudah selesai dilakukan service.

5. Pastikan Harga Jasanya Terjangkau

Jangan lupa juga untuk memilih penyedia jasa service dengan harga yang terjangkau. Jasa yang profesional sendiri akan konsisten menawarkan biaya perbaikannya kepada para pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui nominalnya secara pasti.

Hindari memilih jasa yang tidak konsisten dalam menginformasikan mengenai biaya service tersebut. Pasalnya, bisa saja harga yang dipatok terlalu mahal sehingga cukup menguras kantong. Oleh sebab itu, cek dahulu mengenai kejelasan harganya apakah bisa berubah-ubah atau tidak.

6. Mintalah Bukti Jika Ada Penggantian Sparepart

Apabila proses perbaikan ponsel memerlukan penggantian spare part, maka jangan lewatkan untuk meminta buktinya. Oleh sebab itu, jangan hanya diberi tahu secara lisan saja agar proses perbaikan tersebut dapat benar-benar dipercaya.

Oleh sebab itu, saat menyerahkan ponsel ke pihak jasa service hp terdekat usahakan untuk memberi tahu bahwa nantinya Anda perlu bukti khusus jika memang dilakukan penggantian spare part. Dengan begitu, sudah terbukti bahwa sparepart tersebut telah diganti.

 7. Dapatkan Promo

Tidak hanya perlu memilih jasa yang menawarkan layanan dengan harga terjangkau, maka Anda juga perlu mendapatkan promo menarik lainnya. Hal ini umumnya dapat diperoleh jika proses perbaikan ponsel cukup banyak sehingga memerlukan biaya tinggi.

Tentu tidak ada salahnya jika mendapatkan promo agar lebih memuaskan saat menggunakan layanan tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghemat sedikit pengeluaran. Pastinya sangat menguntungkan jika memang bisa didapatkan.

8. Pastikan Mendapat Garansi Service

Jika ponsel Anda mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga memerlukan biaya service cukup mahal, maka usahakan untuk mendapatkan garansi. Jasa service yang terpercaya sendiri tentu tidak segan memberikannya kepada pelanggan.

Dapatkan masa garansi service hp terdekat tersebut setidaknya dalam jangka waktu 1 minggu atau 1 bulan. Terhitung sejak ponsel yang telah diperbaiki dibawa pulang. Dengan begitu, Anda tentu bisa melakukan klaim kepada pihak jasa apabila masih ada masalah pada ponselnya.

Tanda-tanda Hp Perlu Dilakukan Service

Ada banyak tanda yang perlu Anda perhatikan untuk segera datang ke tempat service. Umumnya hp tersebut sudah sangat tidak efektif saat digunakan sehingga mengganggu pekerjaan penggunanya. Di bawah ini beberapa tanda-tanda selengkapnya:

Nama Jasa Tanda Perlu Menggunakan Jasanya
Jasa service hp Layar hp tidak berfungsi
  LCD pecah akibat hp terjatuh
  Charger ponsel tidak dapat dipakai
  Muncul garis-garis putih pada layar
  Hp yang lemot
  Ingin melakukan root hp
  Baterai mudah habis
  Hp yang sering panas
  Aplikasi crash terus menerus
  Sinyal tidak mau muncul
Baca Juga :  Tabel Angsuran BRI Non KUR 2024 Lengkap Berdasarkan Plafon Pinjaman

Berbagai masalah di atas tentu bisa jadi tanda-tanda kapan Anda harus segera berkunjung ke tempat service. Adapun salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah adanya keretakan layar atau LDC yang pecah sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Tentu saja Anda memerlukan bantuan jasa service tersebut untuk mengganti layar dengan yang baru agar dapat digunakan kembali. Begitu juga dengan beberapa masalah pada ponsel lainnya jika memang tidak dapat diatasi sendiri di rumah.

Tips Sebelum Datang ke Lokasi Service Hp

Jika sudah paham tentang cara mencari service hp terdekat di atas, maka usahakan untuk tidak buru-buru datang ke lokasinya. Pasalnya, masih ada beberapa tips sebelum berkunjung ke tempat service tersebut. Supaya tidak ketinggalan simak di bawah ini:

1. Lakukan Backup Data

Tips pertama yang wajib untuk Anda terapkan adalah backup data. Terlebih jika seluruh data di dalam ponsel tersebut sangat penting. Pastikan untuk mencadangkannya terlebih dahulu, baik itu seperti dokumen, kontak, foto, dan lain sebagainya agar tidak hilang.

Pasalnya, beberapa tindakan perbaikan pada hp bisa saja menjadikan seluruh data pada ponsel hilang. Jika Anda tidak lebih dahulu melakukan backup tentu saja akan kehilangan seluruh datanya. Selain itu, langkah backup juga dapat berguna untuk menghindari pencurian data.

2. Bersihkan Hpnya

Selanjutnya, sebelum datang ke lokasi service usahakan untuk membersihkan hp tersebut dahulu. Baik itu dari segi software maupun hardware. Lakukan hal ini pada keduanya agar semakin memudahkan jasa service untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Tidak hanya itu, pembersihan hp tersebut juga sangat penting dengan tujuan untuk menghindari kerusakan tambahan akibat kotoran maupun debu yang bersarang pada ponsel. Kemudian jika Anda memiliki memori eksternal pastikan melepaskannya terlebih dahulu.

3. Matikan Fitur Keamanan Ponsel

Selanjutnya, pastikan Anda mengecek fitur keamanan pada ponsel yang ingin dilakukan service. Usahakan untuk mematikan seluruh fitur tersebut. Hal ini nantinya agar memudahkan pihak jasa melakukan perbaikan secara maksimal pada hp nya.

Oleh sebab itu, baik fitur keamanan seperti PIN, pola, fingerprint, atau lainnya pastikan dimatikan agar tidak menghambat proses perbaikan tukang service. Dengan begitu, setiap kali layar mati, maka mereka tidak akan kesulitan untuk membuka ponselnya.

4. Catat Nomor IMEI

Terakhir, sangat disarankan bagi Anda untuk mencatat nomor seri dan model dari hp yang ingin dilakukan service. Untuk keseluruhan informasi tersebut sendiri biasanya ada pada bagian label atau stiker belakang maupun bawah hp. Tentu tidak akan sulit untuk menemukannya.

Dengan mencatat nya, maka hal ini juga dapat membantu memudahkan tukang service dalam melakukan pemeriksaan maupun perbaikan pada hp. Selain itu, langkah tersebut juga menghindarkan Anda dari adanya kesalahan saat perangkat telah dikembalikan.

Service Hp Terdekat
Service Hp Terdekat

Sekarang Anda sudah mengerti bagaimana cara mencari lokasi service hp terdekat dari rumah. Sebelum berkunjung ke lokasinya, maka pastikan menerapkan juga beberapa tips di atas. Dengan begitu, kegiatan memperbaiki hp akan semakin aman dan nyaman tanpa adanya masalah.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button