Review

Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio 2024

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio menjadi informasi penting khususnya bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anak mereka. Dengan memahami informasi kelebihan dan kekurangan BRI Junio, orang tua dapat mempertimbangkan BRI Junio sebagai tabungan perencanaan masa depan anak.

Agar tidak bingung dan bertanya-tanya lagi, simak tuntas penjelasan lebih lengkap seputar kelebihan dan kekurangan BRI Junio disini.

Sekilas Tentang BRI Junio

Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio
Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio

BRI Junio adalah salah satu produk perbankan yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), secara khusus dirancang untuk anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun. BRI Junio dilengkapi dengan program edukasi keuangan khusus untuk membantu anak-anak memahami pentingnya menabung, bagaimana mengelola uang mereka, dan konsep dasar tentang perbankan.

Selain itu, BRI Junio telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati nasabah BRI junio antara lain :

  1. E-banking BRI (ATM, CDM, Mini ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll)
  2. Memiliki kesempatan mengikuti program undian Untung Beliung Britama
  3. Memiliki Asuransi kecelakaan diri untuk nasabah dengan saldo minimum Rp500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
  4. Fasilitas Transaksi Otomatis, meliputi:
    • Automatic Fund Transfer (AFT), Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
    • Account Sweep, Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai berdasarkan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
    • Automatic Grab Fund, Fasilitas untuk menarik dana Tabungan BRI Britama secara otomatis oleh satu rekening tertentu.

Melihat fasilitas yang disediakan, mungkin kamu sudah cukup tertarik untuk menggunakan jenis tabungan ini pada sianak. Namun, agar agar lebih pasti mari simak kelebihan dan kekurangan BRI Junio lebih lanjut.

Syarat Mendaftar Rekening BRI Junio

Sebelum mendaftar rekening BRI Junio, kamu harus melengkapi beberapa syarat yang diperlukan agar pengajuan rekening dapat diproses saat mengunjungi kantor cabang BRI. Selain itu, ada beberapa perbedaan syarat pembukaan rekening untuk calon nasabah usia kurang dari 17 tahun dan calon nasabah usia 17 tahun keatas.

Baca Juga :  6 Kelebihan Dan Kekurangan TV Coocaa 32 Inch Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli!

Adapun syarat yang dimaksud meliputi :

Syarat untuk usia nasabah Kurang dari 17 tahun

  1. Orang tua memiliki rekeningTabungan BRI BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening di BRI dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes terlebih dahulu.
  2. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  3. Kartu Keluarga/Akte Kelahiran
  4. Setoran awal sebesar Rp250.000,-

Syarat untuk usia nasabah dari 17 tahun ke atas

  1. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  2. Identitas Diri : WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
  3. Setoran awal sebesar Rp300.000,-

Untuk pembukaan rekening dapat dilakukan di Kantor BRI yang terdapat di wilayah domisili KTP.  Pembukaan rekening di luar wilayah domisili KTP harus disertai dengan Surat Keterangan Domisili.

Cara Mendaftar Rekening BRI Junio

Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio
Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio

Apabila syarat diatas telah terpenuhi, calon nasabah bisa langsung mengunjungi kantor cabang terdekat untuk mengajukan pembukaan rekening.

Berikut langkah-langkah pendaftaran rekening BRI Junio :

  • Kunjungi cabang bank BRI terdekat
  • Ambil nomor antrian untuk menghadap ke CS
  • Sampaikan pada CS bahwa ingin membuka tabungan Junio dan isi form pendaftaran sesuai data Anak
  • Berikan persyaratan yang telah disiapkan ke petugas
  • Kemudian CS akan memproses permohonan kamu
  • Selanjutnya ikuti instruksi dari CS BRI hingga pembukaan rekening selesai.

Jangan lupa membawa duit sebagai setoran awal pembukaan tabungan.

Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio

Tak berbeda dengan jenis tabungan lainnya, BRI Junio juga dihadirkan dengan kelebihan dan kekurangan BRI Junio yang bisa dinikmati calon nasabah nantinya. Tentunya kelebihan dan kekurangan BRI Junio akan menjadi pertimbangan khusus bagi calon nasabah sebelum mendaftarkan rekening.

Kelebihan

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio bagi nasabahnya salah satunya dengan adanya desain karakter khusus yang menarik. Hal ini akan membuat anak-anak lebih menyukai kartu tabungan tersebut.

Beberapa kelebihan BRI Junio lainnya, antara lain:

Bisa Menjadi Tabungan Berencana

BRI junio dikatakan dapat menjadi tabungan berencana karena setiap nasabah dapat melakukan setoran setiap bulan selama jangka waktu yang ditentukan. Tabungan berencana juga bisa menolong segala kebutuhan si kecil yang mendadak seperti biaya pendidikan.

Transaksi Online dan Real Time

Setiap transaksi nasabah BRI Junio dapat dilakukan secara online dan real time. Apalagi nominal potongan per bulan tabungan BRI Junio sebenarnya sangat kecil yakni Rp5.000 bahkan gratis.

Selain itu, umumnya anak-anak tidak banyak melakukan transaksi, isi dari tabungan tersebut tidak akan habis untuk biaya admin saja. Hal ini menjadi kelebihan dan kekurangan BRI Junio yang baik untuk menjaga keuangan sianak.

Baca Juga :  Review Sabun Kojie San: Manfaat dan Cara Penggunaannya

Tersedia fasilitas Mobile Banking BRImo

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio juga memberikan fasilitas mobile banking untuk tabungan si kecil. Mereka bisa mengaksesnya dengan lebih mudah dalam melakukan transaksi. Namun jangan khawatir, karena kendali fasilitas ini tetap ada pada orang tua sehingga setiap transaksi akan mendapat bimbingan dari orang tua secara langsung.

Apalagi jika mengingat anak 12 – 17 tahun belum memiliki stabilitas mental yang baik perihal keuangan seperti berlebihan belanja online, top up game, dan lain sebagainya.

Asuransi Kecelakaan Kecil

Pemberian Asuransi merupakan kelebihan dan kekurangan BRI junio yang paling disukai oleh nasabah, apalagi nominalnya bisa mencapai Rp 150 juta. Asuransi kecelakaan ini akan aktif ketika tabungan anak minimal Rp500.000. Tentunya itu sangat menguntungkan karena tidak terlalu besar.

Bahkan, asuransi ini bisa aktif di rumah sakit dan klinik manapun yang bekerja sama dengan program keuangan BRI. Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir perihal kesehatan dan keselamatan anak.

Proses Transaksi yang Mudah

Melihat fasilitas yang tersedia, tidak heran jika transaksi menggunakan BRI Junio sangat mudah. Hal ini dibuktikan dengan adanya 9500 unit kerja BRI. Bahkan unit kerja ini pun tersebar secara merata, mulai dari perkotaan hingga ke wilayah desa.

Namun sayangnya aktivitas tarik tunai melalui teller akan dikenakan biaya admin sebesar Rp10.000.

Kekurangan

Jika ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan karena didunia ini tidak ada yang sempurna. Begitupun dengan BRI Junio, dengan segala kelebihannya, jenis tabungan ini juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya tidak bisa mendaftar secara online.

Berikut beberapa kekurangan tabungan BRI Junio yang perlu diketahui :

Setoran awal yang cukup tinggi

Setoran awal yang di patokkan pada tabungan BRI Junio minimal 150.000 untuk usia 12-17 tahun. Untuk ukuran anak-anak nominal tersebut terbilang cukup tinggi mengingat mereka belum bekerja atau mampu menghasilkan pendapatan secara mandiri.

Akan tetapi, karena tabungan ini juga dibawah pengawasan orang tua, sehingga nominal tersebut masih bisa dibayarkan oleh orang tua sebagai wakil dari pemilik tabungan. Untuk selanjutnya barulah si anak yang mengisi tabungannya dengan uang jajan mereka.

Saldo ditahan

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio berikut ini masih sama dengan jenis tabungan BRI lainnya yaitu saldo ditahan sebesar Rp50.000. Kegunaan dari saldo yang ditahan tersebut adalah untuk membiayai admin fee selama tabungan tidak terjadi transaksi.

Apabila saldo endapan habis dan belum terjadi transaksi kembali maka ada ketentuan rekening akan hangus. Ketika hal ini terjadi maka nasabah perlu membuat rekening baru.

Biaya Bulanan ATM Cukup Mahal

Biaya bulanan atau biaya admin sebesar 5000 ini memang terbilang mahal apabila sianak tidak terlalu intents dalam menabung. Oleh sebab itu, orang tua dan anak haruslah membicarakan hal ini terlebih dahulu sebelum mendaftarkan tabungan agar sianak tidak kaget ketika mengetahui adanya biaya potongan tersebut.

Baca Juga :  10 Penyebab Lazada Error Hari Ini Serta Cara Mengatasinya

Ada Tambahan Biaya Admin Jika saldo di bawah Minimum

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio selanjutnya yaitu adanya biaya tambahan sebesar 10.000 ketika saldo endapan di bawah standar minimum. Artinya saldo endapan yang semual 50.000 bisa lebih cepat habis dan hangus ketika tidak terjadi transaksi uang masuk.

Apabila jumlah tabungan sianak tidak terlalu banyak, maka secara tidak langsung tabungan nya akan habis untuk hal yang tidak mereka gunakan secara nyata. Maka dari itu penting bagi orang tua untuk memastikan anak akan senantiasa rajin menabung.

Untuk nasabah usia di bawah 12 Tahun mewajibkan orang tua punya tabungan di BRI terlebih dulu

Apabila usia anak yang mau mendaftarkan rekening BRI Junio dibawah 12 tahun, maka orang tua sebagai wakilnya wajib memiliki tabungan Simpedes atau BRitama terlebih dahulu. Berdasarkan kebijakan dari BRI, jika orang tua tidak terdaftar sebagai nasabah bank pemerintah ini, maka pembuatan rekening si kecil akan ditolak.

Meskipun begitu, sianak berkemungkinan tetap bisa mendaftarkan tabungan BRI Junio jika mendapatkan fasilitas dari sekolahnya. Biasanya fasilitas itu hanya akan tersedia di sekolah yang bekerja sama dengan BRI, baik itu swasta atau negeri.

Nasabah Usia 12 – 17 Tahun wajib punya kartu pelajar

kelebihan dan kekurangan BRI Junio yang terakhir ialah harus memiliki kartu pelajar sebagai identitas diri yang sah untuk anak di bawah umur. Dokumen identitas ini akan menjadi pengganti KTP sehingga sifatnya wajib dan tidak bisa digantikan. Kartu pelajar itu sendiri bisa siswa dapatkan dari sekolah, baik itu negeri maupun swasta.

Jika calon nasabah belum mendapatkan kartu pelajarnya maka bisa berkonsultasi dengan teller. Mungkin saja teller memberikan izin mengganti kartu ini dengan bukti pendaftaran atau pembuatan kartu pelajar dari sekolah. Dengan begitu, maka tetap ada bukti otentik bahwa calon nasabah adalah seorang pelajar resmi.

Limit dan Biaya Administrasi Tabungan BRI Junio

Perusahaan yang bergerak dibidang keuangan umumnya memiliki rincian Limit dan biaya administrasi pada setiap nasabah BRI agar bisa bertahan sampai jangka panjang.

Untuk  lebih jelasnya, berikut rincian limit dan biaya adminstrasi tabungan BRI Junio :

Limit Tabungan BRI Junio

Aktivitas Limit
Tarik Tunai di ATM Rp. 5.000.000
Belanja di Merchant PIN Rp. 10.000.000
Belanja di Merchant Signature Rp. 2.000.000
Transfer Antar BRI melalui ATM BRI Rp. 20.000.000
Transfer Antar BRI melalui Mobile Banking Rp. 1.000.000
Transfer Antar BRI melalui Internet Banking Rp. 20.000.000
Transfer Beda Bank melalui ATM BRI Rp. 10.000.000
Transfer Beda Bank melalui Mobile Banking Rp. 1.000.000
Transfer Beda Bank melalui Internet Banking Rp. 10.000.000
Akumulasi Limit RTGS di Internet Banking Rp. 200.000.000

Biaya Administrasi Tabungan Junio

Biaya dan Setoran  Nominal
Setoran Awal 150000
Setoran Selanjutnya Min. Rp10.000
Saldo Minimal Ditahan Min. Rp50.000
Biaya Admin Bulanan < 12 thn : Gratis
12 s.d < 17 thn : Rp 5.000
Biaya Kartu ATM < 12 thn : Rp 500
12 < 17 thn : Rp 500
Biaya Admin Untuk Saldo Di Bawah Minimal 10000
Biaya Admin Penarikan di Teller ≤ Rp 5.000.000 : Rp 10.000
Saldo Minimal 50000
Maksimal Transaksi Antar cabang Rp 300.000.000 per hari

Penutup

Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio
Kelebihan Dan Kekurangan BRI Junio

Mengajarkan menabung sejak dini kepada anak-anak menjadi hal yang sangat penting saat ini. Pasalnya biaya hidup ataupun biaya pndidikan kini semakin mahal. Dengan menabung, anak-anak akan memiliki simpanan khusus yang bisa digunakan pada saat kebutuhan mendesak.

Demikianlah seputar kelebihan dan kekurangan BRI Junio yang dapat menjadi pilihan untuk rekening si kecil. Semoga bermanfaat.

Back to top button