Tips

5 Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa di Aktifkan Serta Solusinya

Pada dasarnya ada banyak alasan kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan, salah satunya yaitu kendala jaringan. Namun jangan khawatir karena pada artikel ini kami juga akan memaparkan cara mengatasi kendala hotspot yang tidak bisa diaktifkan tersebut.

Sebelum membahas penyebab dan cara mengatasinya, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Hotspot. Ini dapat menambah pemahaman kamu terkait fitur yang akan digunakan nantinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hotspot?

Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan
Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan

Hotspot adalah fitur yang digunakan untuk menyambungkan perangkat seluler seperti smartphone, ipad, ataupun Laptop ke jaringan internet secara nirkabel. Menurut wikipedia hotspot merupakan lokasi fisik dimana pengguna dapat mengakses internet melalui teknologi wifi yang terhubung ke penyedia layanan internet.

Hotspot terbagi menjadi dua jenis yaitu hotspot wifi dan hotspot pribadi. Dimana hotspot wifi sering dikenal sebagai hotspot publik karena terletak di area keramaian seperti restoran, perpustakaan, hotel, rumah sakit dan berbagai tempat umum lainnya.

Sedangkan hotspot pribadi adalah hotspot yang berasal dari smartphone pribadi seseorang yang berfungsi untuk membagikan koneksi internet pada perangkat lain melalui paket data smartphone tersebut. Meskipun begitu, hotspot pribadi tidak hanya bisa membagikan koneksi ke sesama smartphone, namun juga bisa membagikan koneksi ke perangkat Laptop atau pun tablet.

Cara Menghubungkan Hotspot Ke Perangkat

Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan
Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan

Mungkin hampir semua pengguna perangkat Smartphone ataupun Laptop sudah pernah melakukan penambatan pada perangkat. Namun pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kembali cara menghubungkan hotspot ke perangkat.

Baca Juga :  3 Cara Memindai Kode QR WiFi Dengan Cepat

Cara menghubungkan hotspot ke perangkat smartphone dan laptop tidak jauh berbeda. Pada smartphone bisa dimulai dengan membuka icon wifi/penambatan dari hp yang akan membagikan hotspot dilanjutkan dengan membuka jaringan dan koneksi lainnya lalu aktifkan hotspot pribadi.

Selanjutnya pada smartphone yang akan menerima koneksi bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan wifi juga lalu menekan perangkat hotspot mana yang akan di sambungkan, jika sudah silahkan masukkan kata sandi penghubung hotspot tersebut.

Begitu juga cara menghubungkan laptop atau pun komputer, silahkan buka icon jaringan, lalu hubungkan dengan hotspot yang sesuai, jika belum pernah terhubung perangkat juga akan dimintai untuk memasukkan kata sandi. Jika perangkat berhasil terhubung, pengguna sudah bisa menggunakan perangkat untuk mengakses internet.

Kenapa Hotspot Tidak Bisa di Aktifkan ?

Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan
Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan

Hotspot menjadi salah satu fitur yang dimiliki oleh setiap perangkat seperti smartphone maupun Laptop. Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan internet.

Namun kadangkala beberapa perangkat mengalami kendala yaitu ” kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan “. Hal itu bisa disebabkan karena adanya beberapa faktor, diantaranya :

Jaringan Yang Tidak Stabil

Mengikuti pengertian dari hotspot, kita dapat melihat bahwa hotspot sangat berkaitan dengan jaringan. Jika hotspot tidak bisa diaktifkan maka hal pertama yang harus dipastikan adalah kondisi jaringan.

Jaringan yang tidak stabil tentu membuat hotspot sulit ter koneksi dengan perangkat. Untuk mengatasinya kamu dapat mengganti jaringan kuota yang lebih kuat sesuai tempat kamu berada.

Mode Daya Rendah

Aktifnya mode daya rendah sering kali menjadi penyebab kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan. Pasalnya beberapa perangkat tidak dapat mengaktifkan hotspot jika fitur mode daya rendah masih aktif.

Baca Juga :  15+ Cara Mendapatkan Diamond Gratis FF 99999 Tanpa Apk

Untuk itu, jika kamu mengalami kendala kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan, maka segera lakukan pengecekan  pada fitur mode daya rendah di perangkat.

Pengaturan Yang Tidak Tepat

Pengaturan smartphone yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan. Silahkan periksa pengaturan yang ada pada smartphone kamu, serta fitur yang menjadi penghalang hotspot terhubung seperti mode pesawat.

Mode Hemat Data Aktif

Sama halnya dengan mode daya rendah, jika fitur mode hemat data aktif maka fitur hotspot juga tidak akan bisa diaktifkan. Hal itu terjadi karena fitur hotspot tidak dapat menghemat data seluler sehingga hotspot tidak diizinkan untuk aktif saat penggunaan mode hemat data.

Penggunaan VPN

Faktor lainnya yang menyebabkan kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan yaitu penggunaan VPN. Namun faktor berikut ini hanya terjadi pada beberapa perangkat saja, karena ada juga beberapa perangkat yang dapat mengaktifkan hotspot meski sedang menggunakan VPN.

Cara Mengatasi Hotspot Yang Tidak Bisa Diaktifkan

Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan
Kenapa Hostpot Tidak Bisa di Aktifkan

Nah jika kamu sedang mengalami hotspot tidak bisa diaktifkan, maka untuk mengatasinya silahkan ikuti beberapa metode dibawah ini :

Restart Hp

Langkah pertama untuk memulihkan kendala kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan ialah dengan me-restart smartphone. Tindakan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali smartphone dan memulihkan keadaan.

Me-restart smartphone dapat dilakukan dengan cara menekan lama tompol power lalu menunggu kurang lebih 5 menit, kemudian tekan kembali tombol power seperti sebelumnya untuk mengaktifkan smartphone.

Reset Pengaturan Jaringan

Langkah berikutnya untuk mengatasi kendala kenapa hotspot tidak bisa diaktifkan yaitu mereset pengaturan jaringan. Mungkin saja pengaturan jaringan di smartphone kamu mengalami perubahan pengaturan yang berbeda dari pengaturan pabrik.

Apalagi bagi pengguna Android, telah tersedia fitur reset jaringan yang dapat mengembalikan pengaturan ke pengaturan awal dari pabrik.

Periksa Batasan Kuota

Beberapa smartphone menyediakan pengaturan pembatasan penggunaan kuota. Jika hotspot tidak bisa  di aktifkan silahkan cek kembali apakah penggunaan kamu sudah melebihi batas atau bahkan penggunaan kuota sudah mencapai limit.

Baca Juga :  10+ Aplikasi Membuat CV Gratis Dan Menarik Di HP Android

Jarak Hotspot dan Perangkat Tidak Berjauhan

Penyebab terakhir kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan yaitu jarak hotspot dengan perangkat yang akan di sambungkan. Pastikan jarak perangkat hotspot dengan jarak perangkat yang akan dihubungkan tidak terlalu jauh agar bisa ter koneksi. Umumnya batas koneksi hotspot bisa di jangkau dengan jarak 10 hingga 30 meter.

Itulah beberapa solusi yang bisa dicoba untuk menjawab pertanyaan kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan. Selanjutnya kami akan menyajikan cara mengatasi hotspot yang tidak terdeteksi pada perangkat iPhone dan perangkat android dibawah ini.

Cara Mengatasi Hotspot Yang Tidak Terdeteksi di iPhone

Setiap perangkat memiliki pengaturan tersendiri, sehingga untuk mengatasi kendala yang dialami perangkat juga memiliki cara yang berbeda-beda. Bagi pengguna iPhone yang mengalami kendala kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan bisa simak cara dibawah ini :

  • Cek hotspot dan pastikan pengaturan nya sudah benar
  • Dekatkan perangkat dengan hotspot
  • Restart perangkat iPhone yang akan terhubung dan Perangkat iPhone yang membagikan hotspot
  • Jika masih belum bisa diaktifkan maka cara terakhir adalah me-reset pengaturan jaringan dengan cara buka fitur pengaturan >umum > reset > reset pengaturan jaringan. Namun perlu diketahui bahwa cara ini dapat menghapus seluruh pengaturan wifi dan bluetooth pada perangkat.

Cara Mengatasi Hotspot Yang Tidak Terdeteksi di Android

Sama halnya dengan iPhone, Android juga memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hotspot yang tidak terdeteksi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Silahkan cek pengaturan jaringan, barangkali pengguna pernah menonaktifkan penggunaan hotspot
  • Update software android, kemungkinan smartphone yang dimiliki tidak update otomatis terhadap perubahan
  • Pastikan kuota dan sinyal pada perangkat bagus
  • Terakhir kamu juga dapat mengganti frekuensi jaringan misalnya dari 2.4Ghz ke 5Ghz atau sebaliknya.

Akhir Kata

Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa Di Aktifkan
Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa Di Aktifkan

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi kendala kenapa hotspot tidak bisa di aktifkan. Dengan memahami cara diatas memungkinkan kamu dapat mengakses kembali internet melalui koneksi yang dibagikan.

Namun jika cara yang tertera diatas sudah dilakukan semua dan belum memperoleh hasil, kami sarankan untuk membawa perangkat yang kamu miliki ke layanan service. Lakukan pemeriksaan barang kali terdapat komponen yang sudah rusak pada perangkat tersebut.

Back to top button