Tips

Waspada! Ini 5 Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Mengetahui Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan dapat membantu pengguna untuk mengambil tindakan preventif dan memahami konsekuensi dari keterlambatan pembayaran tagihan.

Sebelum konsekuensi telat bayar Shopee Paylater ini diberikan, pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi pemberitahuan untuk segera melunasi tagihan secepatnya sebelum melewati tanggal jatuh tempo.

Sekilas Tentang Shopee PayLater

Sekilas Tentang Shopee PayLater
Sekilas Tentang Shopee PayLater

Shopee PayLater adalah metode pembayaran dengan sistem Beli Sekarang Bayar Nanti yang dikembangkan oleh PT Commerce Finance di dalam aplikasi Shopee.

Dengan Shopee PayLater, pengguna dapat melakukan pembelian terlebih dahulu dan membayarnya bulan depan dengan sistem cicilan. Shopee PayLater juga menyediakan tenor cicilan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan.

Selain sebagai metode pembayaran di Shopee, pengguna juga dapat menggunakan limit kredit Shopee PayLater untuk membayar tagihan.

Cara Belanja Menggunakan Shopee PayLater

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan, kemungkinan masih ada di antara kalian yang belum mengetahui bagaimana cara belanja menggunakan layanan SPayLater ini.

Namun sebelumnya pastikan sudah mengaktifkan fitur Shopee PayLater terlebih dahulu. Berikut adalah caranya :

  • Cari barang yang ingin di checkout.
  • Setelah itu, klik Beli sekarang.
  • Tentukan jenis baju, seperti warna, ukuran, dan jumlah baju yang ingin dibeli.
  • Lalu klik Beli sekarang.
  • Pilih Metode Pembayaran melalui SPayLater dan klik Konfirmasi.
  • Masukkan Voucher Gratis Ongkir Shopee.
  • Jika Pesanan sudah sesuai silahkan klik Buat Pesanan.
  • Konfirmasi pesanan dengan memasukkan PIN SPayLater.
  • Otomatis pesanan akan dikemas. Tunggu hingga toko mengirimkan.
  • Limit Kredit SPayLater akan dipotong sesuai jumlah pesanan.

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater

Sebagai pengguna baru Shopee PayLater, mengetahui cara membayar tagihan merupakan poin penting untuk menghindari tunggakan atau resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan.

Jika ingin membayar tagihan Shopee PayLater, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel kamu.
  • Di halaman utama, masuk ke menu Profil.
  • Pilih opsi SPayLater pada menu Dompet Digital.
  • Klik Tagihan Saya.
  • Akan muncul seluruh tagihan yang belum dilunas. Pilih tagihan yang ingin dilunasi sesuai bulan.
  • Lalu klik Bayar Sekarang.
  • Tentukan Metode Pembayaran Tagihan dan klik Bayar Sekarang
  • Salin Kode Virtual Account dan lakukan pembayaran.
  • Setelah berhasil, tagihan akan terlunasi.
  • Silahkan cek kembali di menu Tagihan Saya yang sudah dilunasi.
Baca Juga :  Apakah Koin Shopee Bisa Digunakan Untuk Membayar Shopee PayLater 2024, Ini Jawabannya!

Pembayaran tagihan Shopee PayLater dapat dibayar lebih awal apabila barang atau produk sudah diterima. Jika ingin melakukan pembayaran tagihan lebih awas, silahkan masuk ke menu Bayar Lebih Awal di SPayLater.

Kapan Tagihan Shopee PayLater Muncul?

Sebelum resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan muncul, biasanya pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi ke kontak atau email 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Rincian tagihan SPayLater akan muncul setiap tanggal 1, tanggal 15, atau tanggal 25 sesuai periode tagihan yang dipilih.

Contohnya : Kamu mengambil barang di tanggal 11 Mei 2024 – 10 Juni 2024, maka tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kamu yaitu 20 Juni 2024.

Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan
Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Shopee PayLater merupakan metode pembayaran yang memberikan ketentuan yang sangat ketat bagi penggunanya. Dimana setiap pengguna yang telat membayar tagihan selama 1 bulan akan memiliki resiko, baik pada akun maupun denda keterlambatan.

Adapun beberapa resiko telat bayar Shopee Paylater 1 bulan yang paling umum dan kerap dialami banyak pengguna, yaitu sebagai berikut.

1. Denda dan Biaya Keterlambatan

Denda dan Biaya Keterlambatan
Denda dan Biaya Keterlambatan

Dirangkum dari halaman resmi Shopee, tagihan PayLater akan diberikan 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Notifikasi rincian tagihan akan muncul setiap tanggal 25, tanggal 1, dan tanggal 5 sesuai tagihan yang dipilih.

Jika pengguna tidak melunasi tagihan tepat waktu setelah tanggal jatuh tempo, akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan setiap bulannya.

Contoh Skema hitungan denda :

  • Total tagihan per bulan Rp100.000
  • Denda Shopee 5%
  • Maka : 5% x Rp100.000 = Rp5.000
  • Total denda yang harus dibayar : Rp100.000 + Rp5.000 = Rp105.000

2. Pembatasan Akses Shopee PayLater

Pembatasan Akses Shopee PayLater
Pembatasan Akses Shopee PayLater

Pembatasan akses SPayLater merupakan salah satu resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang kerap dialami oleh pengguna. Ini bisa terjadi karena kegagalan pembayaran sehingga menciptakan ketidakpercayaan antara pengguna dan penyedia layanan.

Pembatasan akses ini dapat menghambat kemampuan pengguna untuk melakukan transaksi atau berbelanja menggunakan platform tersebut.

Baca Juga :  6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

3. Penurunan Limit Kredit

Penurunan Limit Kredit SPayLater
Penurunan Limit Kredit SPayLater

Resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang umum terjadi adalah penurunan limit kredit. Penurunan ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan oleh Shopee sebagai respons terhadap kegagalan pembayaran yang terjadi.

Ketika pengguna sering kali telat bayar tagihan, Shopee dapat memutuskan untuk menurunkan batas kredit yang diberikan kepada pengguna.

Penurunan ini bertujuan untuk mengurangi resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan bagi penyedia layanan dan memastikan bahwa pengguna hanya memiliki akses sesuai dengan kemampuan pembayaran.

4. Dampak pada Reputasi dan Hubungan

Resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan juga akan berdampak pada reputasi dan hubungan pada penyedia layanan. Secara khusus, hal ini akan mempengaruhi keandalan dan tanggung jawab finansial pengguna.

Ole karena itu, penting untuk mengelola keuangan dengan baik dan membayar tagihan tepat waktu untuk mempertahankan reputasi yang baik dan hubungan yang positif dengan pihak Shopee.

Apakah Periode Tagihan dan Tanggal Jatuh Tempo SPayLater bisa Diubah?

Mungkin ada beberapa diantara pengguna yang bertanya “apakah periode tagihan dan tanggal jatuh tempo Shopee PayLater yang dimiliki bisa diubah?”.

Jadi, kamu tidak dapat mengubah periode tagihan dan tanggal jatuh tempo pembayaran Shopee PayLater. Karena ketentuan pembayarat tagihan sudah diberlakukan oleh pihak Shopee sejak awal pertama kali checkout produk.

Untuk itu, silahkan lakukan pembayaran tagihan sesuai tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan ketika melakukan aktivasi. Selanjutnya hindari telat bayar tagihan agar tidak terkena denda dan pengurangan limit kredit yang diberikan.

Apakah Tagihan Shopee PayLater bisa Dibayar Setengah?

Secara umum, pelunasan tagihan Shopee PayLater dapat dilakukan secara bertahap atau dengan sistem cicilan. Karena pihak Shopee menawrkan pembayaran cicilan mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Sehingga pengguna dapat melunasi tagihan SPayLater sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang disepakati. Untuk membayar tagihan Shopee Paylater setengah dulu, lakukan cara berikut ini.

  • Masuk ke akun pribadi Shopee kamu.
  • Akses menu Saya dan pilih opsi SPayLater.
  • Pilih Tagihan Saya.
  • Lalu klik Bayar sekarang untuk melakukan pembayaran.
  • Pilih metode pembayaran dan klik Konfirmasi.
  • Salin kode Virtual Account dan lakukan pembayaran.
  • Setelah pembayaran berhasil dilakukan, akan muncul notifikasi tagihan telah dilunasi.

Bagaimana Prosedur Pembayaran Shopee PayLater?

Untuk menghindari resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan, ada baiknya kamu memahami prosedur pembayaran Shopee Paylater agar tidak permasalahan dikemudian hari.

Dirangkum dari situs resmi Shopee, berikut prosedur pelunasan tagihan Shopee Paylater yang wajib kamu perhatikan.

Baca Juga :  Download Youtube Vanced Terbaru 2024 (Versi Tanpa Iklan)

Prosedur Cicilan

Suku bunga dan biaya bergantung pada periode cicilan yang dipilih oleh pengguna. Berikut adalah rincian nya :

Periode Cicilan Baya Penanganan Suku Bunga Biaya Keterlambatan
Bayar di bulan berikutnya 1x per transaksi Minimal 2.95% dari jumlah total pembayaran 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Cicilan 3x
Cicilan 6x
Cicilan 12x
Cicilan 18x

(Khusus pengguna terpilih)

Cicilan 24x

(Khusus pengguna terpilih)

Biaya Cicilan

Setiap transaksi menggunakan SPayLater akan dikenakan biaya cicilan (suku bunga dan biaya-biaya) minimal 2.95% untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan dan cicilan yang diselesaikan dalam waktu 3, 6, 12, 18*, dan 24* bulan.

Setiap pengguna Shopee Paylater mimiliki pilihan periode cicilan yang sama sehingga bebas memilih tenor cicilan mana yang akan dipilih sesuai finansial keuangan yang dimiliki.

Tanggal Jatuh Tempo

Jadi setiap pengguna SPayLater memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda. Dimana rincian tagihan pengguna akan muncul setiap :

  • Tanggal 21 – Perlu dibayar paling lambat tanggal 1 setiap bulannya.
  • Tanggal 25 – Perlu dibayar paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.
  • Tanggal 1 – Perlu dibayar paling lambat tanggal 11 setiap bulannya.
  • Tangga 15 – Perlu dibayar paling lambat tanggal 25 setiap bulannya.

Pengembalian Barang / Dana

Terdapat ketentuan yang berlaku apabila pengguna ingin mengajukan pengembalian barang / dana untuk produk yang dibeli menggunakan metode pembayaran SPayLater :

  • Untuk pembelian di toko yang sama, pengembalian dana berlaku untuk semua produk pesanan di toko tersebut.
  • Untuk pembelian di lebih dari 1 toko, setiap permintaan pengembalian dana pada suatu produk akan berlaku untuk seluruh produk lain dari toko yang sama.

Keuntungan Menggunakan Shopee PayLater

Seperti layanan PayLater lainnya, resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan juga diberlakukan oleh Shopee. Meskipun demikian, terdapat beberapa keuntungan yang diterima oleh pengguna saat mencoba menggunakan layanan ini.

Adapun keuntungan menggunakan Shopee PayLater, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Fleksibel pembayaran dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.
  • Tidak memerlukan kartu kredit sehingga memungkinkan akses yang lebih luas.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran tagihan setengah dulu.
  • Menawarkan promosi dan diskon khusus pengguna Shopee PayLater.
  • Proses pendaftaran dan penggunaan Shopee PayLater relatif mudah dan cepat.
  • Akses ke penawaran khusus atau promosi yang tidak tersedia untuk pembayaran lainnya.
  • Tersedia berbagai metode pembayaran / pelunasan tagihan yang bisa dipilih oleh pengguna.

Artikel Menarik Lainnya : Kenapa Pembayaran Shopee Paylater Ditolak? Cek 8 Penyebabnya

Kesimpulan

Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan
Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang kerap dialami banyak pengguna yaitu denda atau keterlambatan pembayaran sebesar 5%. Denda keterlambatan ini akan terus bertambah apabila pengguna tidak melakukan pembayaran secepatnya. Jika dalam beberapa waktu pengguna masih belum juga melunasi tagihan tersebut, resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yaitu pembatasan akses ke aplikasi dan limit kredit berkurang atau hangus. Untuk menghindari keterlambatan pembayaran, disarankan untuk cek tagihan secara berkala dan checkout barang sesuai kemampuan finansial keuangan pengguna.

Back to top button