Tips

5 Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Akhir-akhir ini banyak yang penasaran kenapa instagram tidak bisa memuat efek, padahal efek merupakan salah satu komponen yang biasa digunakan ketika membuat konten.

Filter instagram merupakan salah satu fitur story yang menjadi favorite pengguna, dengan filter kamu bisa membuat tampilan visual yang lebih menarik, tak heran banyak kreator berkembang karena penggunakan filter ini.

Sebenarnya instagram tidak memuat efek bukan masalah yang baru, pengguna kerap mengalami kendala dimana efek tidak bisa di apply karena alasan yang tidak bisa dipastikan, karena itu kenapa instagram tidak bisa memuat efek salah satu pencarian teratas saat ini.

Kenapa Instagram Tidak Bisa Memuat Efek?

Instagram sebagai aplikasi media sosial menawarkan beberapa fitur yang membuat pengguna betah, mulai dari stream langsung, direct message, story sampai pada efek yang up to date.

Penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek
Penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek

Dari semua fitur diatas, efek lah yang paling mencuri perhatian dan paling sering digunakan pengguna. Efek merupakan fitur dalam platform media sosial yang memungkinkan penguna untuk mengambil, menyunting foto atau video dalam satu klik.

Walau demikian ada beberapa permasalahan yang ditemukan termasuk aplikasi tidak bisa memuat efek tersebut, hal ini pastinya menimbulkan ketidaknyamanan terutama kamu yang sering memanfaatkan filter dalam membuat sebuah konten.

Agar terhindar dari masalah tersebut, berikut kami lampirkan penyebab umum kenapa instagram tidak bisa memuat efek:

  1. Koneksi Internet yang tidak stabil
  2. Cache instagram yang menggangu
  3. Gangguan server instagram
  4. Belum Update aplikasi
  5. Efek tidak didukung perangkat

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Diatas kamu sudah ketahui apa saja penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek. Sekarang ketahui beberapa cara mengatasi instagram tidak bisa memuat efek melalui penjelasan berikut:

Baca Juga :  Bedak Sunisa Untuk Umur Berapa? Temukan Jawabannya Disini!

Atur Ulang Koneksi

Salah satu penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek karena koneksi internet yang kamu gunakan tidak memadai. Instagram salah satu platform yang membutuhkan koneksi stabil dan lancar untuk memuat sebuah fitur, begitupun dengan efek yang saat ini kita bahas.

cara mengatasi instagram tidak memuat efek
Atur Ulang Koneksi

Jika masalah dari jaringan, perbaiki dengan beralih sementara dari jaringan 3G menjadi 4G, lalu aktifkan kembalikan layanan menjadi 4G, dengan begitu jaringan akan berupaya memulihkan koneksi. Berikut cara mengatur ulang koneksi internet untuk pengguna android:

  1. Mulailah dengan membuka menu pengaturan
  2. Kemudian cari menu pengaturan jaringan
  3. Untuk mengubah layanan 4G menjadi 3G klik pada jaringan yang disukai, klik untuk melihat semua jenis jaringan yang kamu gunakan
  4. Jika saat ini kamu menggunakan jaringan 4G maka alihkan ke 3G saja
  5. Tunggu beberapa saat dan lakukan cara yang sama untuk mengembalikan jaringan menjadi 4G.

Untuk mengatasi koneksi buruk cukup gunakan jaringan data yang stabil dan coba muat ulang efek instagram.

Artikel menarik untuk kamu Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara di HP

Hapus Cache Instagram

Cache instagram merupakan salah satu penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek. Jika kamu pengguna lama instagram tidak heran banyak  cache menumpuk, karena semakin sering aplikasi digunakan semakin banyak cache yang mengendap.

Tidak hanya instagram, semua aplikasi dan website harus kamu perhatikan cache demi kenyamanan akses fitur-fiturnya. Berikut kami jabarkan beberapa cara menghapus cache instagram :

  1. Silahkan buka menu pengaturan
  2. Klik notifikasi dan aplikasi
  3. Pada menu aplikasi cari instagram lalu klik untuk melihat data pemakaiannya
  4. Sekarang klik hapus cache
  5. Selesai

Log Out Instagram

Log out instagram
Log Out Instagram

Untuk memulihkan kekecauan sistem kamu bisa log out instagram dan login kembali seperti biasanya. Berikut cara log out akun instagram dengan mudah:

  1. Masuk ke Instagram
  2. Klik menu profil dan temukan garis tiga di pojok kanan atas
  3. Selanjutnya klik pengaturan
  4. Gulir kebawah untuk menemukan menu log out dan klik keluar sekarang.
Baca Juga :  3 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11

Update Aplikasi

Sejatinya setiap aplikasi mempunyai ketentuan terkait penggunaan semua fitur, pun dengan instagram. Salah satu ketentuan sederhana dilihat dari menu update aplikasi, karena pengguna yang sudah perbaharui aplikasi biasanya lebih enteng memuat semua fitur.

Instagram juga rutin memberikan versi terbaru kepada pengguna untuk membersihkan bug dan error sistem aplikasi, jadi silahkan update dan muat efek sekarang.

Force Stop Instagram

Force stop atau paksa berhenti merupakan salah satu opsi menangani kenapa instagram tidak bisa memuat efek. Paksa berhenti merupakan aktivitas yang digunakan jika instagram mengalami bug dan error sementara dengan cara kerja refresh aplikasi dan cakap digunakan kemudian.

Force stop instagram
Force Stop Instagram

Force stop instagram dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Silahkan buka menu pengaturan telepon
  2. Klik aplikasi dan notifikasi
  3. Kemudian cari dan pilih aplikasi instagram
  4. Klik opsi paksa berhenti
  5. Terakhir konfirmasi lagi dengan mengetuk oke.

Hapus Instagram lalu Pasang Kembali

Reinstall aplikasi salah satu opsi mengatasi kenapa instagram tidak bisa memuat efek. Jika diatas kamu diarahkan untuk update aplikasi namun tidak berhasil, sekarang kamu bisa hapus instagram lalu pasang kembali.

Untuk menghapusnya bisa dilakukan melalui google playstore (uninstall) maupun pengaturan android pengguna, lalu pasang kembali untuk memuat efek instagram.

Gunakan Efek yang Lain

Seperti yang kami sampaikan perangkat tidak mendukung efek merupakan salah satu penyebab kenapa instagram tidak bisa memuat efek tersebut.

Gunakan efek lain
Gunakan Efek yang Lain

Berbagai penyebab kenapa efek tidak bisa digunakan karena lokasi yang tida didukung untuk apply efek, atau bisa karena penggunaan efek dibatasi. Jika masalah pada geologis kamu hanya bisa bersabar sampai efek bisa digunakan, sembari menunggu efek bisa digunakan, silahkan coba filter lain agar unggahan lebih menarik.

Restart Ponsel

Bug atau error ponsel merupakan salah satu alasan kenapa instagram tidak bisa memuat efek. Jika kesalahan pada instagram diatasi dengan reinstall maka kesalahan pada sistem smartphone bisa diatasi dengan restart ponsel.

Baca Juga :  50+ ATM BSI Terdekat Yang Memiliki Fitur Setor Tunai

Restart ponsel dapat membantu perangkat agar berjalan lebih lancar, membersihkan RAM dan memperbaiki kerusakan awal pada perangkat. Untuk restart ponsel kamu bisa lakukan cara-cara dibawah:

  1. Pertama tekan dan tahan tombol power atau tombol kunci pada ponsel kalian
  2. Tahan sampai muncul tampilan Turn off dan restart
  3. Klik restart dan secara otomatis handphone berhasil di restart

Lihat juga Cara Membuat Reels di Instagram dengan Lirik

Tunggu Sampai Proses Pemeliharaan Selesai

Pemeliharaan atau maintenance merupakan sebutan yang digunakan ketika perbaikan sistem kerja situs maupun aplikasi. Pemeliharaan dilakukan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan saat sistem melakukan pekerjaanya.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan pengguna ketika maintenance berlangsung? tidak ada cara selain menunggu sampai proses pemeliharaan selesai lalu coba memuat efek sebelumnya.

Penyebab Keterangan
Versi Aplikasi yang Tidak Diperbarui Instagram terus diperbarui dengan fitur baru, termasuk efek. Versi lama mungkin tidak mendukung efek tertentu.
Koneksi Internet yang Lemah atau Tidak Stabil Efek membutuhkan koneksi internet untuk dimuat. Koneksi yang lemah dapat mengganggu proses ini.
Kesalahan Sistem atau Bug Masalah dalam sistem operasi atau bug dalam aplikasi dapat menyebabkan efek tidak dimuat.
Pengaturan Izin Kamera Tanpa izin kamera, Instagram tidak bisa mengakses kamera untuk menggunakan efek.
Perangkat Tidak Didukung Efek tertentu mungkin memerlukan spesifikasi hardware tertentu yang mungkin tidak ada pada perangkat Anda.
Pengaturan Cache atau Data Cache yang rusak atau data yang korup dalam aplikasi dapat mengganggu fungsi efek.
Penggunaan VPN atau Proxy Menggunakan VPN atau proxy dapat mengubah cara aplikasi berinteraksi dengan server, yang mungkin menyebabkan efek tidak bisa dimuat.

Kesimpulan

Kenapa Instagram Tidak Bisa Memuat Efek
Kenapa Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Efek instagram sudah seperti kebutuhan pengguna karena biasa digunakan untuk menghiasi cerita dan postingan, karena itu sangat menganggu ketika efek-efek tersebut tidak bisa digunakan.

Sekarang bisa kamu simpulkan kenapa instagram tidak bisa memuat efek melalui penjelasan diatas, karena setiap akun dan handphone memiliki permasalahan yang berbeda-beda dimana untuk mengatasinya pun dilakukan dengan cara berbeda. Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan, semoga bermanfaat!

Back to top button