News

Ternyata inilah 6 Penyebab Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Situasi terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan bisa menjadi pengalaman yang membingungkan dan juga menimbulkan kekhawatiran. Namun sekarang anda tidak perlu lagi cemas dan bingung.

Karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan sejumlah penyebab masalah terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan lengkap dengan cara mengatasinya. Oleh karena itu, pastikan kamu mengulas hingga tuntas!

Sekilas Mengenai BPJS

Sekilas mengenai BPJS
Sumber: promediateknologi.id

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sekilas tentang apa itu BPJS.

BPJS (Badan Pelenggara Jaminan Sosial) adalah suatu lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Umumnya, ada dua jenis layanan BPJS, diantaranya yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Perbedaan keduanya bisa anda perhatikan dibawah ini:

  • BPJS Kesehatan: Layanan ini memastikan bahwa setiap individu mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang diperlukan tanpa harus menghadapi beban biaya yang tinggi.
  • BPJS Ketenagakerjaan: Seperti namanya, layanan ini mencakup program perlindungan seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. Program ini umumnya dirancang untuk memberikan perlindungan bagi pekerja terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi selama mereka bekerja.

Cara Membayar Tagihan BPJS

Tak sedikit orang, terutama peserta BPJS yang baru masih bingung dengan cara membayar tagihan BPJS. Jangan khawatir, dibawah ini kami akan menyajikan beberapa cara membayar tagihan BPJS dengan mudah:

  • Cara Membayar Tagihan BPJS lewat Mocipay

cara membayar BPJS lewat aplikasi Mocipay
Cara membayar BPJS lewat aplikasi Mocipay

Cara membayar tagihan BPJS lewat aplikasi Mocipay bisa dilakukan melalui langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Pertama, pastikan aplikasi Mocipay telah terpasang dalam ponsel anda. Jika belum, kamu bisa mengunduh aplikasi Mocipay lewat Play Store.
  2. Jika sudah berhasil terinstal, langsung saja buka aplikasinya. Bagi pengguna baru perlu mendaftar akun terlebih dahulu.
  3. Setelah berhasil login, pilihlah menu BPJS.
  4. Masukkan nomor pelanggan atau virtual account BPJS kesehatan anda (Ketik diawali dengan kode 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan anda). Contoh nomor peserta BPJS Anda : 0000001234567891, maka ID Pelanggan pembayaran yang anda masukkan adalah 8888801234567891.
  5. Selanjutnya klik tombol Cek Tagihan.
  6. Maka akan muncul detail tagihan BPJS anda. Pastikan nama, nomor virtual account dan jumlah tagihan BPJS anda sudah benar.
  7. Jika semuanya sudah benar, langsung saja klik ‘Bayar Tagihan’.
  8. Masukkan kode PIN akun anda. Pastikan saldo akun tersedia agar pembayaran dapat berhasil.
  9. Selesai. bukti pelunasan tagihan BPJS akan tampil di layar ponsel anda.
  • Cara Membayar Tagihan BPJS melalui DANA

Di bawah ini kami tunjukkan langkah-langkah cara membayar tagihan BPJS lewat aplikasi DANA:

Baca Juga :  Info Gangguan Biznet Hari Ini: Simak 6 Penyebab dan Solusinya Disini!
  1. Buka aplikasi DANA dalam ponsel anda
  2. Klik ‘Lihat Semua’ untuk menampilkan keseluruhan dari fitur layanan DANA
  3. Gulir ke bawah, pilih menu ‘BPJS Kesehatan’ pada bagian fitur Asuransi Pribadi
  4. Masukkan nomor BPJS anda. Tagihan BPJS akan ditampilkan
  5. Selanjutnya, pilih metode pembayaran. Tersedia berbagai pilihan pembayaran, diantaranya: dengan menggunakan saldo DANA, transfer Bank, lewat kartu kredit, dan yang lainnya
  6. Tekan tombol bayar dan selesaikan pembayaran
  7. Apabila transaksi berhasil, maka bukti transaksi akan muncul di layar.
  • Cara Membayar Tagihan BPJS via Shopee

Berikut urutan langkah dalam cara membayar tagihan BPJS melalui Shopee:

  1. Buka aplikasi Shopee anda.
  2. Klik menu ‘Lihat Semua’ untuk menampilkan semua produk dan layanan.
  3. Pada menu Layanan, pilihlah opsi ‘Pulsa, Tagihan & Tiket’.
  4. Selanjutnya pilih BPJS pada bagian Tagihan.
  5. Masukkan nomor VA BPJS anda atau keluarga.
  6. Pilih bulan pembayaran yang anda inginkan.
  7. Tekan ‘Lanjutkan’ maka detail tagihan BPJS akan dimunculkan.
  8. Kemudian lanjut ke tahap pembayaran. Pilihlah metode pembayaran yang anda inginkan dan selesaikan pembayaran.
  9. Anda akan melihat bukti pembayaran tagihan BPJS apabila transaksi berhasil.
  • Cara Membayar Tagihan BPJS pake OVO

Terakhir adalah cara membayar tagihan BPJS melalui aplikasi OVO. Inilah dia beberapa langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi OVO di ponsel anda.
  2. Pilih menu BPJS pada halaman utama aplikasi.
  3. Masukkan nomor BPJS anda atau keluarga.
  4. Kemudian, pilihlah periode pembayaran yang diinginkan. Dalam beberapa saat rincian. tagihan BPJS akan muncul di layar.
  5. Lanjut ke pembayaran. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan.
  6. Klik Berikutnya, dan selesaikan pembayaran.
  7. Selesai. Simpan bukti transaksi dengan aman!
Baca Juga :  Timnas Free Fire Indonesia Juara Sea Games 2021: Free Fire Bukan Game Bocil!

Penyebab Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan
Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Sudah membayar tagihan BPJS, namun masih ada tagihan yang muncul? Tenang, kamu gak sendirian kok! Kendala seperti ini memang kerap sekali dialami oleh banyak peserta BPJS.

Nah, apa sih sebenarnya penyebab sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan? Dibawah ini kami jelaskan beberapa penyebabnya:

  • Pembayaran Gagal

Penyebab yang pertama sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan bisa jadi karena pembayaran yang gagal. Terkadang ada orang yang setelah melakukan pembayaran tagihan BPJS, tidak memeriksa atau memastikan dengan benar apakah pembayarannya berhasil atau tidak.

  • Gangguan Sistem BPJS

Sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan sistem BPJS. Gangguan ini biasanya terjadi karena sedang berlangsungnya pemeliharaan sistem oleh BPJS.

Pemeliharaan ini membuat sistem menjadi tidak dapat berjalan secara optimal untuk sementara waktu, sehingga pembaruan data pembayaran mungkin memerlukan waktu.

  • Kesalahan Oleh Pihak Administratif BPJS

Penyebab berikutnya sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan adalah bisa juga karena kesalahan oleh pihak administratif BPJS, seperti kesalahan dalam pencatatan atau pemrosesan pembayaran tagihan BPJS.

  • Terdapat Denda atau Tunggakan Sebelumnya

Perlu diketahui bahwa, apabila ada denda atau tunggakan pada periode sebelumnya yang belum terselesaikan, maka tagihan tersebut masih akan tetap muncul meskipun pembayaran terbaru sudah dilakukan.

  • Kesalahan Oleh Peserta dalam Menginput Data

Penyebab terakhir kendala terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan adalah kesalahan oleh peserta dalam menginput data. Pada saat membayara tagihan, kamu mungkin salah memasukkan nomor peserta, NIK, periode pembayaran, atau data peserta lainnya yang diminta.

Solusi untuk Kendala Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Solusi untuk Kendala Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan
Solusi untuk Kendala Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Setelah memahami beberapa penyebab sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan, selanjutnya kami akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi permasalahan terkait ‘sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan’

Nah, jadi masalah terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan dapat kamu atasi dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cek Kembali Riwayat Pembayaran

Pada langkah yang pertama, cobalah periksa kembali riwayat pembayaran BPJS anda, apakah sudah benar berhasil terbayar atau justru gagal.

Selain itu, periksa juga apakah pembayaran telah dilakukan dengan benar, sesuai dengan nomor peserta BPJS, untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam menginput data peserta.

2. Menunggu Hingga Sistem BPJS Memperbarui Data Pembayaran

Apabila penyebab masalahnya adalah karena gangguan pada sistem BPJS, maka yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu selama beberapa waktu hingga sistem pulih kembali dan data pembayaran diperbarui. Silahkan periksa secara berkala untuk melihat apakah status pembayaran sudah berubah menjadi dilunasi.

Baca Juga :  HP Mirip iPhone 14 Mulai Dari Harga 1 Jutaan Saja

3. Periksa Detail Tagihan

Cara mengatasi selanjutnya kendala terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan yaitu dengan memeriksa detail tagihan.

Cobalah periksa detail tagihan secara online melalui aplikasi atau situs resmi BPJS ‘www.BPJSkesehatan.com’ untuk melihat rincian tagihan dan memastikan tidak ada tunggakan atau denda yang belum dibayar.

4. Hubungi Pihak Penyedia Layanan Pembayaran

Apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga, seperti pembayaran online lewat e-wallet, mobile banking, atau yang lainnya, maka cobalah hubungi pihak layanan (Customer Service) mereka.

Tanyakan kenapa tagihan BPJS masih tetap muncul setelah melunasi tagihan lewat aplikasi yang mereka buat.

5. Hubungi Layanan BPJS

Jika setelah diperiksa ternyata status pembayaran BPJS anda sudah benar telah berhasil dan telah sesuai dengan data kepesertaan anda, namun tagihan masih tetap muncul.

Maka kami sarankan agar anda menghubungi pihak layanan BPJS lewat call center di nomor 165 untuk mendapatkan penjelasan mengenai status pembayaran dan tagihan yang muncul.

6. Kunjungi Kantor BPJS Terdekat

Jika setelah melakukan semua langkah diatas masalah masih belum terselesaikan, maka sebaiknya kamu langsung saja mendatangi kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari petugas.

Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar

Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar
Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar

Seperti yang anda lihat diatas, cara mengatasi kendala terkait sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan, salah satunya yakni dengan memeriksa kembali riwayat pembayaran BPJS.

Lantas bagaimanakah cara cek pembayaran BPJS, apakah sudah terbayar atau belum? Jangan khawatir! Berikut kami tampilkan beberapa caranya.

  • Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar lewat Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengecek tagihan BPJS anda, apakah sudah terbayar, diantaranya adalah seperti: DANA, OVO, Mobile Banking, Gopay, Flip, Shopee, dan yang lainnya.

Tapi kali ini, kami akan memberikan anda panduan untuk mengecek pembayaran BPJS apakah sudah lunas lewat aplikasi JKN.

Berikut langkah-langkah cara cek BPJS, apakah sudah terbayar lewat aplikasi JKN:

  1. Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi JKN di ponsel anda
  2. Buka aplikasinya, silahkan login dengan menggunakan NIK dan nomor BPJS kamu
  3. Klik Tagihan dan pilih premi
  4. Maka detail tagihan BPJS anda akan muncul di layar.
  • Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar via SMS

  1. Cara pertama: Ketik Tagihan (spasi) nomor virtual account BPJS kesehatan > kirim ke nomor 0877 7550 0400. Contoh: Tagihan 1234567890123, lalu kirim ke 087775500400
  2. Cara kedua: Ketik NIK (spasi) nomor BPJS > Lalu kirim pesan ke nomor 0877 7550 0400
  • Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar melalui Website

  1. Silahkan kunjungi website resmi BPJS www.BPJSkesehatan.com
  2. Pilih menu ‘cek iuran BPJS kesehatan’
  3. Kemudian masukkan 13 digit nomor kartu BPJS, tanggal lahir anda, dan angka validasi sesuai dengan yang ditampilkan
  4. Ketuk tombol Cek, maka detail tagihan BPJS anda akan ditampilkan.
  • Cara Cek BPJS, Apakah Sudah Terbayar lewat Call Center BPJS

  1. Hubungi call center BPJS di nomor 165
  2. Akan muncul pesan suara yang memberikan instruksi. Silahkan pilih jenis layanan nomor 1
  3. Pilih layanan status kepesertaan
  4. Kemudian masukkan nomor peserta BPJS atau NIK anda
  5. Setelah itu masukkan tanggal lahir anda
  6. Detail tagihan BPJS akan muncul

Akhir Kata

Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan
Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan

Sebagai peserta BPJS yang bertanggung jawab, anda tentu ingin memastikan bahwa iuran anda terbayar tepat waktu untuk mendapatkan perlindungan dan manfaat yang seharusnya.

Nah dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi sudah bayar BPJS tapi masih ada tagihan, anda dapat memastikan tidak ada masalah pada kepesertaan BPJS anda.

Back to top button