Kenapa Telegram Tidak Bisa Memutar Video? Ini Penyebab dan Solusinya

Rohma Dearni

Tahukah kamu alasan kenapa telegram tidak bisa memutar video? Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang memiliki keunggulan dimana pengguna dapat mengirim dan menerima file berkapasitas besar dalam bentuk video.

Karena itu telegram lebih diminati terlebih kamu yang hobby menonton. Walaupun demikian tak jarang kita mengalami permasalahan dimana telegram tidak bisa memutar video, sebenarnya kenapa telegram tidak bisa memutar sebuah video? untuk mengetahui penyebabnya silahkan ikuti pembahasan berikut.

Kenapa Telegram Tidak Bisa Memutar Video?

Bagi kamu yang mengalami masalah telegram tidak bisa memutar video, penting untuk mengetahui penyebab disusul cara untuk mengatasinya.

Kenapa telegram tidak bisa memutar video
Kenapa telegram tidak bisa memutar video

Ada beberapa penyebab yang membuat telegram tidak bisa melakukan perintah tersebut. Berikut penyebab kenapa telegram tidak bisa memutar video.

  • Koneksi Internet Bermasalah

Saat memutar video d telegram pastinya kamu membutuhkan koneksi, apakah koneksimu memadai? silahkan periksa dahulu.

Penyebab utama saat video tidak bisa diputar karena koneksi internet yang tidak stabil, karena aktivitas ini memerlukan koneksi internet yang kuat yang dimana ketika koneksi melemah membuat semua proses unduh dan pemutaran video terhenti.

  • File Berkas Bermasalah

Tak hanya koneksi internet bermasalah, ternyata penyebab utama video tidak bisa diputar karena file berkas bermasalah. File korup merupakan penyebab video tidak bisa diputar dan masalah ini biasanya terjadi dari sisi pengirim video.

Telegram merupakan aplikasi yang mampu mendeteksi file video korup ataupun sebaliknya, jadi jika kamu menerima video yang sama berulang-ulang namun tidak bisa diputar video bisa saja file korup.

  • Cache Telegram

Cache merupakan data yang tersimpan selama kamu menggunakan sebuah aplikasi. Semakin sering kamu menggunakan sebuah aplikasi, semakin besar juga cache yang menumpuk.

Mengingat telegram merupakan aplikasi yang mampu menerima file berkapasitas besar, yang mana pastinya segala aktivitas meninggalkan cache. Penumpukan cache ini bisa menghambat aktivitas telegram salah satunya video yang diterima tidak bisa diputar.

  • Format Video Tidak Sesuai dengan Sistem Telegram

Selain file berkas yang bermasalah, format video yang tidak sesuai salah satu penyebab kenapa telegram tidak bisa memutar video.

Telegram memiliki ketetapan format video yang bisa diakses didalamnya, apabila kamu sudah mengirimkan video berulang-ulang dan mencoba untuk menontonya tetapi gagal, kemungkinanan format video tidak di support sistem telegram.

  • Sistem Sedang Down

Semua aplikasi memiliki sistem yang akan bekerja mengoperasikan perintah yang diberikan, sistem juga yang memegang kendali segala aktivitas yang kamu lakukan, ini juga berlaku untuk telegram.

Disaat sistem telegram sedang down kamu tidak bisa melakukan aktifitas apapun didalamnya, baik itu bertukar pesan, melakukan panggilan sampai menonton video. Down sistem terjadi disaat banyaknya aktifitas pengguna yang membuat sistem kewalahan.

  • Terlalu Banyak Grup atau Chanel yang Diikuti

Bagi kamu yang memanfaatkan telegram mengakses drama-drama dari berbagai genre perlu memperhatikan poin ini. Biasanya satu judul drama didapatkan dalam satu chanel, bayangkan bagaimana jika ada ratusan drama yang sudah kamu tonton.

Pastinya chanel ini juga melakukan update yang diikuti notifikasi-notifikasi berat setiap harinya. Karena itu disebutkan salah satu penyebab kenapa telegram tidak bisa memutar video tak lain karena terlalu banyak grup dan chanel yang kamu ikuti.

Cara Mengatasi Telegram yang Tidak Bisa Memutar Video

Kini kamu sudah tahu alasan kenapa telegram tidak bisa memutar video, selanjutnya bagaimana cara untuk menangani masalah ini? tidak perlu berlama-lama ini dia cara mengatasi telegram yang tidak bisa memutar video.

Ganti Koneksi dan Update Telegram

Cara mengatasi telegram yang tidak bisa memutar video

Untuk memutar sebuah video kamu pastinya membutuhkon koneksi yang stabil, sekarang silahkan periksa koneksi internetmu. Silahkan tunggu sebentar untuk  mengembalikan koneksi internet, stabilkan koneksi dengan mengaktifkan mode pesawat sesaat untuk memulihkan internet.

Kamu juga bisa mengupdate telegram kedalam versi terbaru, beberapa orang mengklaim bahwa update besar pengaruhnya pada perbaikan sistem aplikasi.

Temukan Video yang Sama di Telegram

Diatas kita sudah membahas salah satu penyebab kenapa telegram tidak bisa memutar video tak lain karena berkas file bermasalah. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Silahkan cari video yang sama di telegram

Tentu kamu mengetahui telegram salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, jadi tidak menutup kemungkinan kamu menemukan satu video yang diunggah chanel berbeda. Cara ini bisa kamu gunakan jika mencari refrensi drama yang sama, namun jika video bersumber dari teman cara ini tidak efektif dilakukan.

Hapus Cache Telegram

Cara mengatasi telegram yang tidak bisa memutar video

Selanjutnya kamu bisa hapus cache telegram sebagai upaya mengatasi masalah telegram tidak bisa memutar video. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan cache telegram.

  1. Silahkan buka aplikasi telegram di hp kamu
  2. Klik garis tiga pada sudut kiri atas layar lalu klik pengaturan
  3. Pilih data dan penyimpanan > pemakaian penyimpanan
  4. Akan muncul total cache aplikasi telegram, klik bersihkan cache

Mengconvert Video

Cara selanjutnya kamu harus mengconvert dahulu file video yang formatnya tidak disupport telegram. Ada beberapa format yang didukung telegram, seperti MP4, AVI, MOV, MKV. Jika video tidak dalam format ini
kalian bisa mengganti format menggunakan aplikasi konversi video.

Jika masalah dalam format video, setelah kamu mengubahnya video berformat terbaru bisa diputar.

Pakai Aplikasi Pemutar Video Eksternal

Telegram memiliki aplikasi memutar video bernama Telegram media player, jadi kalian bisa unduh dahulu video di telegram, maka file itu akan tersimpan di perangkat.

Selain telegram media player, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain yang ada pada google playstore maupun appstore sebagai alternatif lain untuk memutar video.

Keluar Channel yang Sudah Tidak Diperlukan

Pastinya kamu pernah join channel untuk memonton sebuah video, tetapi sering kali pengguna lupa untuk keluar dari channel ketika video sudah tidak ditonton lagi.

Seperti yang kami sebutkan salah satu alasan kenapa telegram tidak bisa memutar video pengguna tak lain karna channel yang menumpuk. Sekarang kamu bisa keluar dari channel yang tidak diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut cara keluar channel telegram:

  1. Buka aplikasi telegram
  2. Temukan channel video yang kamu maksud
  3. Selanjutnya klik menu titik tiga di bagian pojok kanan atas
  4. Pilih tinggalkan channel

Hubungi Tim Dukungan Telegram

Terakhir, kamu bisa hubungi tim dukungan telegram untuk menanyakan seputar alasan kenapa telegram tidak bisa memutar video beserta cara yang harus dilakukan.

Untuk terhubung dengan tim dukungan telegram, silahkan akses melalui menu bantuan dan feedback. Selanjutnya tuliskan detail masalah yang kamu alami, baik itu versi aplikasi dan tipe perangkat yang kamu gunakan.

Tim dukungan akan merespon pesan dan melampirkan solusi untuk masalah kamu, ikuti perintah yang disampaikan agar video telegram bisa diputar.

Tips Deskripsi Singkat
Gunakan Bahasa yang Jelas Saat menghubungi dukungan, pastikan Anda menggunakan bahasa yang jelas dan tepat agar permasalahan dapat dimengerti dengan baik.
Sertakan Detail Penting Jelaskan masalah Anda secara detail, termasuk waktu terjadinya, dan jika mungkin, lampirkan juga screenshot atau video yang relevan.
Sabar Menunggu Balasan Tim dukungan mungkin membutuhkan waktu untuk merespons, tergantung pada volume tiket dukungan mereka. Sabar dan tunggu balasan mereka.
Cek FAQ atau Bot Bantuan Sebelum menghubungi dukungan, coba cek FAQ atau gunakan bot bantuan (@Telegram) untuk mencari solusi permasalahan Anda.
Melaporkan Konten yang Tidak Pantas Jika Anda menemukan konten yang melanggar aturan, Anda bisa melaporkannya melalui email abuse@telegram.org.

Kesimpulan

Kenapa Telegram Tidak Bisa Memutar Video
Kenapa Telegram Tidak Bisa Memutar Video

Setiap video memiliki format yang berbeda-beda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda-beda untuk memutarnya, begitu juga dengan telegram.

Diatas kamu sudah mengetahui alasan kenapa telegram tidak bisa memutar video, sekarang kamu bisa perbaiki masalah tersebut dengan beberapa opsi yang sudah kami jelaskan. Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Related Post