6 Cara Mengirim Video Full di WA Tanpa Terpotong

Rohma Dearni

Secara khusus artikel ini akan membahas cara mengirim video full di wa tanpa terpotong. Seperti yang kita tahu, pengiriman video whatsapp dibatasi dan hanya digunakan untuk file berukuran kecil.

Whatsaap menyarakan pengguna untuk memangkas sebuah video lalu mengirimnya dalam dua bagian atau lebih apabila durasi dan ukuran video lebih besar maupun lebih panjang dari semestinya.

Sebenarnya berapa ukuran sebuah video agar tidak terpotong saat dikirim, lalu bagaimana cara mengirim video full di wa tanpa terpotong? lebih jelasnya simak pembahasan berikut!

Kenapa Video Terpotong Saat Dikirim?

Apabila sebuah video gagal terkirim via whatsapp biasanya karna koneksi maupun kesalahan pada sistem.
Namun bagaimana jika video yang dikirimkan terpotong? sebenarnya apa saja penyebab hal ini?

Whatsapp merupakan aplikasi chating terpopuler saat ini, dalam pelayananya aplikasi menetapkan
beberapa kebijakan yang harus kamu ketahui. Salah satu kebijakan ini menyangkut file/gambar maupun video yang kamu kirimkan melalui whatsapp.

Whatsapp menetapkan kebijakan dimana pengguna hanya bisa mengirim sebuah video dengan kapasitas maksimal 16 MB yang setara dengan 90 detik hingga 3 menit. Selain itu ada format file yang tidak didukung, ini bisa saja penyebab video yang dikirim terpotong.

Karena inilah pengguna hanya mengirimkan sebuah video dalam kapasitas dan ukuran terkecil agar tidak repot memotong dan membagi video menjadi beberapa bagian sebelum mengirimnya. Untungnya kini ditemukan cara mengirim video full melalui aplikasi whatsapp tanpa harus memotong video lebih dahulu.

Cara Mengirim Video Full di WA Tanpa Terpotong

Memang video yang terpotong akan menyulitkan kamu, sebenarnya bisa saja anda berbagi video full kepada pengguna namun harus membagi video manual lalu mengirimnya.

Mulai sekarang anda tidak perlu mengikuti cara itu, karena kami punya tips dan cara mengirim video full di wa tanpa terpotong yang akan mempermudah kamu berbagi video durasi terpanjang setiap hari. Adapun cara mengirim video penuh melalui whatsapp dilakukan dengan cara berikut:

Lampirkan Dokumen

Cara mengirimkan video full di wa tanpa terpotong bisa kamu lakukan di aplikasi whatsapp sendiri. Agar video tidak terpotong kalian harus lampirkan dokumen, berbeda dari cara biasa ketika mengirim sebuah video.

Cara mengirim video full di wa tanpa terpotong

Biasanya lampiran digunakan ketika mengirim sebuah file berkapasitas besar, nah kamu juga bisa kirim video menggunakan opsi ini. Untuk mengirim video melalui lampiran silahkan ikuti cara dibawah:

  1. Buka aplikasi whatsapp lalu masuk ke room chat yang ingin anda kirimi video
  2. Selanjutnya pilih lampiran seperti ikon tertanda pada gambar
  3. Pilih opsi dokumen meskipun format yang ingin anda kirimkan dalam bentuk MP4
  4. Pilih video yang ingin anda kirim, lalu klik send seperti biasanya
  5. Pada penerima video yang kamu kirim akan bercover file seperti gambar diatas.

Kompres Video Menggunakan Aplikasi VidCompact

Seperti yang sudah dijelaskan, video terpotong dikarenakan kapasitas file terlalu besar. Jadi cara mengirim video full di wa tanpa terpotong dengan kompres ukuran terlebih dahulu.

Jika video memiliki kapasitas lebih dari 16 MB, anda bisa kompres video sehingga ukuranya lebih kecil sehingga anda tidak akan kesulitan saat mengirimnya.

Ada banyak aplikasi video kompres yang bisa anda gunakan, salah satunya vidcompat yang akan mengurangi ukuran video. Adapun cara kompres video menggunakan aplikasi vidcompact sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan download aplikasi VidCompact lalu buka aplikasinya
  2. Selanjutnya pilih menu Trim & Compress
  3. Pilih video yang ingin dikecilkan, lalu pilih resolusi video mulai dari 240p sampai 480p
  4. Untuk mengecilkan ukuran video silahkan klik ikon compress video dan pilih save to gallery
  5. Tunggu sampai video selesai, jika sudah hasil kompres bisa anda kirim kembali kepada teman.

Manfaatkan Google Drive

Selanjutnya ada google drive yang bisa anda manfaatkan sebagai cara mengirim video full di wa tanpa terpotong.

Cara mengirim video full di wa tanpa terpotong

  1. Silahkan buka google drive di smartphone anda
  2. Klik ikon plus (+) yang ada di beranda google drive anda
  3. Klik upload dan pilih video yang ingin anda kirim, tunggu sejenak sampai pengunggahan selesai
  4. Jika sudah klik garis tiga untuk menemukan salin link 
  5. Selanjutnya silahkan masuk kedalam room chat lalu pastekan link video, penerima akan memutar video full via google drive.

Share Video yang Diinginkan dari Youtube

Youtube merupakan salah satu platform dimana pengguna bisa menemukan berbagai macam video menarik. Karena itu disebuatkan salah satu cara mengirim video full di wa tanpa terpotong dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Cara mengirim video full di wa tanpa terpotong

Hanya saja, video yang ingin dibagikan harus bersumber dari platform ini, bagi anda yang ingin mengirim video tangkapan kamera bisa mengupload video ke youtube terlebih dahulu, lalu bagikan kedalam aplikasi whatsapp, nantinya penerima akan menonton video langsung di whatsapp.

  • Silahkan buka yotube dan temukan video yang ingin dibagikan
  • Saat memutar video klik bagikan, lalu klik lainya
  • Kamu bisa memilih aplikasi whatsapp dan pilih nama penerima
  • Mengirim video full di whatsapp berhasil dilakukan

Fitur Share Galeri

Salah satu cara mengirim video full di wa tanpa terpotong dengan memanfaatkan fitur share galeri yang ada untuk semua pengguna smartphone.

Cara mengirim video full di wa tanpa terpotong

Dengan cara berikut kamu bisa mengirim video kepada teman dengan ukuran berapapun. Berikut cara mengirim video full di wa tanpa terpotong melalui fitur share galeri:

1. Silahkan buka galeri
2. Cari video yang ingin dibagikan melalui whatsapp
3. Selanjutnya klik menu berbagi lalu pilih aplikasi whatsapp
4. Kamu akan masuk kedalam aplikasi whatsapp, silahkan pilih penerima video
5. Klik send dan video full berhasil dikirimkan kepada teman

Intip juga 8 Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

Aplikasi Split Video

Salah satu cara mengirim video full di wa tanpa terpotong menggunakan aplikasi split video, berbeda dengan Vidcompact, split video digunakan untuk memotong video menjadi beberapa bagian.

Contohnya video yang kamu kirim memiliki ukuran 50 MB, jadi anda bisa memotong video menjadi 3 bagian
dengan kapasitas dibawahn 16 MB. Seperti aplikasi vidcompact, anda perlu menginstall aplikasi di google playstore lalu ikuti panduan penggunaan aplikasi melalui uraian berikut:

  1. Buka aplikasi dan klik select video
  2. Pilih video yang ingin dipotong
  3. Selanjutnya klik menu split video lalu pilih banyaknya bagian yang ingin anda potong, jika sudah klik done.
  4. Langkah berikutnya klik save dan tunggu sampai ekspor video selesai
  5. Untuk melihat hasil video, anda bisa klik tombol result lalu bagikan video yang sudah dibagi
    kedalam aplikasi whatsapp.

Tips Mengirim Video Full di WA Tanpa Terpotong

Tips Penjelasan
Perkecil Resolusi Video Mengurangi resolusi video akan mengurangi ukuran file, membuatnya sesuai dengan batasan ukuran WhatsApp. Pastikan kualitas tetap dapat diterima.
Pecah Menjadi Bagian-Bagian Membagi video menjadi bagian-bagian kecil yang sesuai dengan batasan ukuran WhatsApp, lalu mengirimkannya secara terpisah. Penerima dapat menggabungkannya.
Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud Mengunggah video ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox dan membagikan tautan ke video tersebut melalui WhatsApp.
Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Beberapa aplikasi pihak ketiga menawarkan fitur mengirim video tanpa batasan ukuran, namun perhatikan risiko pelanggaran kebijakan WhatsApp.
Periksa Batasan Ukuran WhatsApp Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari WhatsApp untuk memastikan Anda mendapatkan batasan ukuran yang lebih besar.

Kesimpulan

Cara Mengirim Video Full di WA Tanpa Terpotong
Cara Mengirim Video Full di WA Tanpa Terpotong

Semua pengguna pastinya mengharapkan video yang dikirim melalui whatsapp bisa dilakukan dalam satu ketuk, sayangnya aplikasi membatasi aktivitas ini, jadi anda bisa coba beberapa cara mengirim video full di wa tanpa terpotong yang sudah kita bahas.

Demikian pembahasan terkait whatsapp, jika pembaca menemukan kesalahan dalam penulisan maupun saran yang membangun bisa memaparkanya dalam kolom komentar. Terimakasih sudah menyempatkan diri membaca artikel cara mengirim video full di wa tanpa terpotong, sampai bertemu dipembahasan selanjutnya!

Related Post