Cara Mencairkan Shopee Paylater Sendiri ke Rekening dan E-Wallet

Iusnar Sinaga

Sedang butuh uang cepat? Bingung mau cari pinjaman kemana? Manfaatkan aja Shopee PayLater anda! Artikel ini membahas tentang cara mencairkan shopee paylater sendiri dengan mudah tanpa ribet dan uangnya akan langsung cepat cair!

Tak jarang kita merasa kebingungan ketika sedang membutuhkan uang dalam situasi mendadak. Jika mengambil solusi dengan cara pinjam online tentu kamu harus siap untuk menanggung resiko akan beban bunga yang besar. Lantas, bagaimanakah caranya untuk mendapatkan uang dengan cepat tanpa harus capek mencari pinjaman pada orang lain atau harus menanggung beban bunga yang besar yang diberikan oleh situs pinjam online? Apakah ada solusi lain yang bisa dimanfaatkan tanpa harus menanggung rugi?

Jawabannya adalah tentu ada! Dalam hal ini kita akan memanfaatkan yang namanya “Shopee PayLater” Bagaimana bisa? Mau tau caranya? ikuti artikel ini sampai tuntas!

Seputar tentang Shopee PayLater?

Cara mencairkan Shopee PayLater sendiri/ assets.pikiran-rakyat.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mencairkan Shopee PayLater sendiri, tentu kamu perlu mengetahui beberapa informasi terkait Shopee PayLater.

  • Apa itu Shopee PayLater?

Shopee payLater atau yang lebih sering disingkat dengan kata SPayLater adalah salah satu fitur yang di sediakan oleh developer aplikasi online shop shopee yang memungkinkan pengguna untuk dapat berbelanja/ beli sekarang bayar nanti, bulan depan, atau bisa juga dengan metode cicilan dalam beberapa bulan setelahnya.

Fitur ini tentu sangat menguntungkan untuk semua pengguna aplikasi Shopee yang mengingankan suatu barang/ produk saat sedang dalam keadaan keuangan sedang menipis.

  • Apakah Shopee PayLater aman?

Terkait kerisauan anda mengenai “aman atau tidak SpayLater” kami sebagai penulis artikel ini mengatakan bahwa anda tidak perlu khawatir! Karena PT Commerce selaku penyedia fitur ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga, semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran SPayLater dijamin aman!

  • Bagaimana cara mengaktifkan Shopee payLater?

 

Cara mencairkan Shopee PayLater sendiri
    1. Pastikan Aplikasi Shopee sudah terpasang di SmartPhone anda. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya
    2. Pada halaman utama, kliklah menu “Saya
    3. Lalu pilih dan klik pada “SPayLater” diikuti dengan mengklik lagi “Aktifkan Sekarang
    4. Maka anda anda menerima kode verifikasi (OTP) ke nomor handphone yang anda tautkan ke Shopee. Masukkanlah kode OTP dengan benar!
    5. Setelah itu silahkan upload foto KTP anda. Posisikan KTP pada bingkai yang tersedia. Usahakan untuk mengambil gambar supaya terlihat jelas dan tidak blur
    6. Jika hasil foto dirasa sudah bagus, silahkan tekan pada tombol centang ()
    7. Dalam beberapa saat, (Nama, NIK, dan tanggal lahir) kamu akan ditampilkan secara otomatis sesuai dengan foto KTP yang telah kamu upload. Silahkan periksa, jika sudah benar maka pilihlah “Konfirmasi
    8. Lalu masukkan informasi tambahan, dan tekan lanjut
    9. Langkah berikutnya adalah “Verifikasi SpayLater” Silahkan lakukan “Verifikasi Wajah” dengan mengarahkan wajah pada bingkai yang terlihat di layar ponsel anda. Pastikan anda mengambil gambar di ruangan yang terang
    10. Jika sudah berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi bahwa SPayLater anda sedang diproses
    11. Pengajuan aktivasi SPaylater anda akan diperiksa oleh tim terkait dalam waktu 2×24 jam
    12. Apabila pengajuan aktivasi disetujui, anda akan menerima notifikasi berisi keterangan umum dan limit cicilan yang didapatkan untuk melakukan  transaksi menggunakan SPayLater
  • Berapa bunga Shopee PayLater per bulan?

Perlu untuk anda ketahui bahwa ketika menggunakan shopee paylater anda akan di kenakan  beban bunga. Namun, anda tidak perlu khawatir karna bunga yang di bebankan oleh SPayLater ini tidaklah sebesar beban bunga yang kamu terima ketika berhadapan dengan pinjam online.

Beban bunga yang ditetapkan oleh SPayLater adalah sebesar 2,95 % per bulannya. Namun disamping itu, anda juga akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% dari total harga pesanan yang kamu bayar melalui SPayLater

  • Apa yang terjadi jika tidak membayar tagihan Shopee PayLater?

Cara mencairkan Shopee PayLater sendiri

Ada beberapa resiko yang harus anda tanggung apabila sampai terlambat membayar tagihan cicilan SPayLater. Beberapa resiko yang dimaksud adalah:

  • Resiko yang pertama, anda akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari jumlah total tagihan anda
  • Peringkat kredit anda akan menurun
  • Pembatasan akan akses berbagai fungsi termasuk penggunaan voucher Shopee

Apakah Bisa Limit Shopee PayLater Dicairkan?

Secara umum Shopee PayLater memang tidak bisa di cairkan, dikarenakan SPayLater ini merupakan fitur berupa saldo yang disediakan oleh Shopee sebagai metode pembayaran yang memungkinkan pengguna dapat berbelanja sekarang bayar bulan depan atau dengan menggunakan metode cicilan.

Jadi dalam halaman SPayLater ini tidak terdapat menu “tarik saldo” secara langsung. Namun anda tidak perlu khawatir, karena terdapat cara khusus yang bisa kamu lakukan untuk mencairkan limit SPayLater kamu menjadi uang.

Namun dalam hal ini kamu membutuhkan kerja sama dengan penjual/ seseorang yang memiliki toko di shopee yang bisa dipercaya atau jika kamu tidak memiliki teman yang berjualan di shopee bisa juga kamu bisa juga dengan kamu akali  dengan kamu berperan sebagai pembeli sekaligus sebagai penjual dengan menggunakan dua ponsel (hanya saja cara ini terlalu rumit serta memiliki resiko tinggi).

Cara Mencairkan Shopee Paylater Sendiri

Cara mencairkan Shopee PayLater sendiri
Sumber: tipkerja.com

Bisa dikatakan cara mencairkan Shopee PayLater ini gampang-gampang susah. Kesusahannya akan terasa jika kamu tidak ada relasi sama sekali dengan orang yang memiliki toko di Shopee. Jika pun mengambil alternatif dengan menggunakan 2 HP tetap saja memiliki sedikit kesulitan yakni mengharuskan anda membuat akun penjual terlebih dahulu dan memosting beberapa barang dalam akun jualan Shopee kamu.

Namun, apabila kamu memiliki seseorang saja teman yang aktif berjualan di Shopee maka cara mencairkan Shopee PayLater ini akan dengan mudah kamu lakukan tanpa memakan waktu atau proses yang lama. Lantas bagaimanakah cara mencairkan shopee paylater sendiri ke rekening/ E-wallet kita? Simak caranya di bawah ini:

Cara mencairkan Shopee PayLater sendiri melalui kerja sama dengan penjual:

  1. Carilah seseorang yang berjualan di shopee (pastikan orang tersebut bisa dipercaya, sudah kamu kenal dan tempat tinggal/ alamat tokonya dapat kamu jangkau)
  2. Setelah kamu menemukan orangnya, langkah selanjutnya adalah meminta pemilik toko untuk memasukkan barang baru ke dalam daftar produk dengan membuat harga yang sama dengan jumlah uang yang ingin anda cairkan. (minta lah padanya agar memasukkan barang yang ringan guna untuk menghindari ongkir mahal)
  3. Setelah itu, langkah selanjutnya ialah silahkan masuk ke aplikasi shopee kamu
  4. Carilah barang yang baru saja di posting oleh teman mu (pemilik toko) tadi
  5. Lakukan checkout barang dengan meng-klik pada “Beli sekarang”
  6. pilih jasa kirim (ekspedisi yang kamu inginkan)
  7. Pada opsi “Metode pembayaran” pilihlah “SPayLater
  8. Pilihlah rentang waktu untuk membayar cicilan SPayLater kamu (tersedia: bayar bulan depan, cicilan 3x, 6x, 12x, 18x dan 24x)
  9. Kemudian kliklah pada “Buat pesanan
  10. Masukkan PIN Shopeepay anda dengan benar
  11. Jika pesanan sudah berhasil di proses, langkah selanjutnya adalah menghubungi teman anda (si pemiliki toko) agar segera membuat “fake packaging” berupa benda-benda apa saja yang penting ringan. Namun, walaupun demikian barang harus tetap di packing dengan rapi layaknya seperti tampilan packing barang pada umumnya supaya tidak menimbulkan kecurigaan.
  12. Setelah barang sudah siap di packing, mintalah padanya untuk segera melakuukan pengiriman barang sesuai dengan jasa ekspedisi yang sudah kamu pilih sebelumnya
  13. Tunggulah sampai barang tersebut sampai ke tangan anda
  14. Jika paket sudah berhasil diantarkan dan sampai ke tangan kamu. Selanjutnya adalah meng-klik “Pesanan Diterima” pada bagian “pesanan dikirim” yang ditampilkan dalam menu “Saya”
  15. Sesaat setelah kamu mengkonfirmasi pesanan telah diterima, saat itu juga dana akan dilepaskan kepada penjual
  16. Silahkan hubungi teman anda tersebut dan mintalah padanya untuk menarik saldo penjualan yang diterima dari fake order yang kamu lakukan tadi dan mengirimkannya ke nomor rekening maupun E-Wallet kamu.
  17. Tunggu sampai transferannya masuk.
  18. Selesai! cukup mudah bukan?
Tips Menggunakan Shopee Paylater Penjelasan
Pahami Cara Kerja Shopee Paylater Sebelum menggunakannya, pahami bahwa Shopee Paylater adalah layanan kredit yang memungkinkan Anda membeli barang dengan membayar nanti. Anda akan diberikan limit kredit yang dapat digunakan.
Perhatikan Batas Waktu Pembayaran Shopee Paylater memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran. Pastikan Anda membayar tagihan sebelum tanggal tersebut untuk menghindari denda atau bunga tambahan.
Kelola dengan Bijak Limit Kredit Jangan menggunakan limit kredit Shopee Paylater secara sembarangan. Gunakan hanya untuk pembelian yang benar-benar Anda butuhkan dan pastikan Anda dapat membayarnya pada saat jatuh tempo.
Periksa Tagihan Secara Berkala Selalu periksa tagihan Shopee Paylater Anda secara berkala. Pastikan semua transaksi tercatat dengan benar dan tidak ada kesalahan yang mungkin muncul pada tagihan Anda.
Hindari Keterlambatan Pembayaran Jangan biarkan pembayaran lewat dari tanggal jatuh tempo. Keterlambatan pembayaran dapat mengakibatkan denda atau bunga tambahan yang akan meningkatkan total tagihan Anda.

Penutup

Cara Mencairkan Shopee Paylater
Cara Mencairkan Shopee Paylater

Situasi sedang berada di posisi terdesak termasuk dalam kondisi butuh uang cepat terkadang membuat kita menjadi kebingungan sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih. Namun, dengan adanya artikel ini kami sangat berharap sobat semuanya bisa terbantu dan dapat memanfaatkan limit SPayLater sebagai jalan keluar.

Itulah beberapa langkah-langkah dalam cara mencairkan Shopee PayLater sendiri yang dapat terapkan dengan mudah. Namun sebagai penulis artikel ini, kami juga tak lupa mengingatkan sobat semuanya agar nantinya membayar tagihan cicilan SPayLater dengan tepat waktu, guna menghindari beban bunga yang berlipat ganda.

Related Post