10+ Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Kencang Secara Alami

Iusnar Sinaga

Wajah kamu terlihat tua, kendur dan kusam? Jika iya, cari tau dulu yuk cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami dalam artikel ini!

Kulit wajah yang bersinar dan nampak muda pastinya merupakan dambaan setiap orang termasuk juga kamu yang sedang membaca artikel ini. Penampilan wajah yang tampak boros tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri setiap orang terutama bagi paum wanita. Sebenarnya masalah penuaan dini disebabkan oleh kecerobohan kita sendiri yang tidak memperhatikan kesehatan diri sendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas beberapa penyebab yang menjadi pemicu penuaan dini pada wajah yang harus kamu hindari mulai sekarang!

Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Kencang Secara Alami

Cara merawat kulit agar awet muda dan kencang secara alami
Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ img.okezone.com

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah wajah yang nampak tua dan mengendur, berikut ini kami tampilkan beberapa tips atau cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami yang dapat kamu coba untuk mengembalikan wajah kamu menjadi terlihat lebih muda dan kencang seperti 10 tahun lebih muda dari umur kamu sekarang. Penasaran apa saja cara yang dimaksud? Langsung saja lihat ke bawah ini!

  • Istirahat yang cukup

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami yang pertama adalah dengan beristirahat yang cukup. Banyak orang yang mendambakan kulit wajah yang bersinar, elastis dan awet muda namun tidak memperhatikan waktu istirahat. Kamu tentu bisa membedakan sendiri bagaimana tampilan wajah kamu dipagi hari ketika bangun tidur dengan waktu istirahat yang cukup dan dengan yang tidak cukup.

Biasanya istirahat yang tidak cukup akan menyebabkan tampilan wajah yang tampak kusam dan kering serta menampakkan pori wajah terlihat jelas. Berbeda dengan kondisi apabila beristirahat dengan waktu yang cukup akan memancarkan tampilan kulit wajah yang terlihat lebih lembut dan segar walau baru bangun tidur. Oleh karena itu jika kamu ingin wajah kamu terlihat lebih kencang dan awet muda pastikan waktu istirahat kamu mencukupi yaitu antara 7 – 8 jam sehari.

  • Banyak minum air putih

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang/ res.cloudinary.com

Pernahkah kamu melihat tampilan kulit terlihat seperti tanah yang tandus? Ya, kondisi kulit seperti ini disebabkan oleh kekurang zat cairan. Apabila kebutuhan minum anda tidak terpenuhi maka kulit (bahkan tidak hanya pada area wajah saja, namun secara keseluruhan) akan menjadi kering dan tampak seperti bersisik. Karena itu, perbanyaklah minum air putih setidaknya depapan gelas per hari untuk menjaga kelembaban kulit, membantu kulit menjadi lebih kencang serta untuk mencegah kulit kering.

  • Komsumsi makanan sehat dan bergizi

Kecukupan tubuh akan makanan yang sehat dan bergizi juga akan berpengaruh terhadap elastisitas kulit wajah. Mungkin kamu beranggapan bahwa kondisi tidak terpenuhinya kebutuhan tubuh akan makanan sehat dan bergizi, pengaruhnya hanya tampak pada kesehatan dan kekebalan diri yang menurun sehingga gampang diserang penyakit. Kamu salah besar ya guys kalo kamu beranggapan demikian!

Makanan sehat dan bergizi akan mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan termasuk juga kulit wajah. Makanan yang sehat dan bergizi ini diperoleh dari buah-buahan, sayuran dan makanan mengandung protein. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi.

  • Cuci muka secara rutin

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ ners.unair.ac.id

Meski tidak terlihat secara kasat mata, namun debu, minyak dan kotoran akan menempel di dalam pori-pori wajah anda sebagai efek dari aktivitas keseharian kamu terutama untuk aktivitas diluar ruangan. Terlebih jika keseharian anda melewati jalan raya yang penuh dengan debu dan asap tentu efeknya akan semakin terasa pada penamipilan wajah anda yang terlihat lebih tua dan kusam.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan tampilan wajah yang fresh dan muda maka rutinlah membersihkan wajah anda setiap hari. Idealnya, mencuci wajah dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu waktu pagi setelah bangun/ sebelum beraktivitas dan malam menjelang istirahat.

  • Gunakan sun screen

Cahaya sinar matahari yang mengenai area kulit wajah secara langsung akan membuat kulit wajah anda menjadi kering dan kusam. Hal inilah yang kerap menyebabkan penuaan dini. Nah, bagaimanakah caranya agar bebas dan terlindung dari matahari? Caranya adalah dengan menggunakan sun screen. melapisi area kulit epidermis wajah dengan menggunakan sun screen akan dapat memberikan perlindungan pada wajah secara efektif. Dengan menggunakan tabir surya akan menjadikan kamu bebas beraktivitas di luar rumah seharian tanpa takut dengan cahaya matahari sekalipun terpapar secara langsung,

  • Berikan pijatan pada wajah

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ static.republika.co.id

Sebuah studi membuktikan bahwa memberi pijatan pada wajah mendatangkan manfaat yaitu membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengendurkan otot-otot wajah yang tegang sehingga dapat menunda munculnya garis-garis pada wajah sebagai tanda penuaan.

Selain itu pijatan pada wajah juga dapat secara efektif mencerahkan kulit wajah, melunturkan bekas jerawat dan flek hitam, serta menghilangkan kerutan pada wajah. Karena itu, luangkanlah waktu anda setiap hari setidaknya dalam 10 menit memberikan pijatan lembut pada area wajah.

  • Rutin olahraga

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ bukalapak.com

Rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara merawat wajah agar awet muda dan kencang. Keringat yang anda keluarkan pada saat berolahraga akan membuat kulit tampak bersih dan cerah dan secara perlahan akan meregenerasi kulit wajah, karena kondisi wajah yang berkeringat tersebut akan membuang sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru yang akan membuat wajah anda terlihat awet muda dan kencang.

  • Hindari stress berlebihan

Kondisi stress berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan timbulnya peradangan jerawat. Kulit wajah yang berjerawat tentu akan meninggalkan bekas dan noda hitam yang bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih tua dari yang seharusnya.

Selain itu keadaan seseorang yang sedang dalam kondisi stress berlebihan kerap akan menyita waktu tidurnya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya waktu tidur mempengaruhi elastisitas dan kesehatan kulit secara menyeluruh termasuk kulit wajah. Kurangnya waktu tidur juga akan memperlihatkan kantung mata dan garis halus disekitar mata. Hal inilah yang membuat tampilan wajah anda menjadi terlihat sangat tua.

  • Hindari rokok dan alkohol

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ www.klikdokter.com

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami yang selanjutnya adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Anda harus mengetahui bahwa alkohol dan rokok berpotensi membuat wajah memproduksi minyak secara berlebihan, melebarkan pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya komedo, dan yang paling parahnya adalah menimbulkan iritasi dan peradangan jerawat yang parah pada area kulit wajah.

Satu hal yang harus anda ingat bahwa rokok dan alkohol dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan baik dari dalam maupun dari luar. Maka dari itu, terkhusus untuk sahabat perokok dan peminum minuman keras, kami sangat menyarankan demi kesehatan anda dari dalam maupun dari luar alangkah baiknya anda menghindari rokok dan alkohol mulai sekarang!

  • Luangkan waktu untuk relaxing time

Meluangkan waktu untuk relaxing ternyata bisa juga menjadi sebagai salah satu cara merawat wajah agar awet muda dan kencang. Poin yang kami maksudkan disini tidak mengharuskan anda untuk melakukan yoga. Namun cukup dengan mengambil posisi nyaman sambil mendengarkan lagu relaksasi akan dapat berpotensi untuk mengusir stess dan suntuk yang kamu rasakan sehingga mengurangi ketegangan otot-otot dan saraf dalam tubuh kamu termasuk otot wajah. Dengan demikian elastisitas wajah anda akan terjaga.

  • Rajin mengaplikasikan masker pada wajah

Cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami/ www.merdeka.com

Masker wajah memiliki manfaat untuk mencegah produksi minyak berlebihan pada wajah, membersihkan wajah secara menyeluruh serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah anda terlihat lebih cerah, kencang dan lembab.

Namun perlu diingat, agar anda menggunakan masker yang sesuai dengan tipe kulit anda. Kami tidak memberikan rekomendasi masker terbaik karena pada umumnya tipe kulit setiap orang berbeda-beda. Namun kami menyarankan agar sebaiknya anda menggunakan masker yang sudah BPOM dan alangkah lebih bagus lagi jika anda menggunakan masker berbahan alami yang diolah sendiri karena sudah dijamin bebas dari zat kimia, seperti yang terkandung dalam masker olahan dari pabrik.

Tips Merawat Wajah Penjelasan
Membersihkan Wajah Secara Teratur Penjelasan: Membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut membantu menghilangkan debu, kotoran, dan minyak yang dapat menyebabkan masalah kulit. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
Gunakan Pelembap Penjelasan: Menggunakan pelembap membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi garis-garis halus, dan membuat kulit tampak lebih kenyal. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda, baik itu berminyak, kering, atau kombinasi.
Kenakan Tabir Surya Setiap Hari Penjelasan: Paparan sinar UV dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
Hindari Merokok Penjelasan: Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit tampak kusam, kering, dan berisiko munculnya kerutan. Berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok adalah langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan muda.
Konsumsi Makanan Sehat Penjelasan: Makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral membantu memelihara kesehatan kulit. Sertakan buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan makanan tinggi nutrisi lainnya dalam pola makan Anda.

Simpulan dari cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami

Itulah beberapa cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami. Dengan melakukan beberapa tips yang telah kami jelaskan diatas tentu saja akan dapat membantu kulit anda menjadi terlihat lebih muda dan kencang serta menjaga elastisitas kulit wajah anda. Namun perlu juga diingat bahwa jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal maka anda harus melakukan tips-tips tersebut secara konsisten.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay