10 Cara Mencairkan Uang di DANA Lewat Alfamart

Iusnar Sinaga

Sudah taukah kamu bagaimana cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart? Di era yang semakin maju seperti sekarang ini, penyimpanan maupun penarikan uang tidak hanya dilakukan melalui ATM ataupun Bank lagi, namun beberapa E-wallet atau dompet digital seperti OVO, Gopay, Shopeepay, Sakuku, dll termasuk juga DANA sudah dapat dimanfaatkan untuk menyimpan uang yang juga menyediakan fitur penarikan tunai.

Mungkin anda bingung terkait bagaimana bisa tarik tunai dilakukan melalui DANA sementara wujud DANA tidak terlihat seperti layaknya seperti kartu ATM yang bisa digesek. Nah, oleh karena itu kami tertarik untuk menulis blog ini. Dengan adanya artikel ini anda tidak perlu bingung lagi terkait bagaimana cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart, karena disini kami akan menunjukkan beberapa cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart.

Sekilas tentang DANA

Cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart

DANA merupakan dompet digital yang dapat kamu gunakan untuk:

  • Menyimpan uang elektronik
  • menyelesaikan berbagai pembayaran dari berbagai tagihan seperti tagihan PDAM, PLN, cicilan, aplikasi berbayar, BPJS, kartu kredit  dan masih banyak lagi
  • Melakukan berbagai pembelian, seperti pembelian pulsa dan paket data dengan harga yang terjangkau
  • melakukan transfer ke Bank maupun antar E-wallet yang lain dengan mudah. Menariknya lagi setiap pengguna dari DANA akan mendapatkan limit gratis transfer ke semua Bank sebanyak 10x dalam satu bulan dengan minimal transaksi sebesar Rp 50.000. Ketika limit gratis transfer nya sudah habis maka anda akan dikenakan biaya sebanyak Rp 2.500 per transaksi. Lantas, bagaimana dengan transfer antar DANA? Anda tidak perlu khawatir karena anda tidak akan dikenakan biaya apapun ketika bertransaksi antar DANA.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan dari penggunaan aplikasi DANA ini, maka tak heran jika pengguna aktifnya mencapai ratusan juta. Dompet digital DANA ini menjadi salah satu solusi untuk kamu yang tidak memiliki kartu ATM atau ketika Kartu ATM milik anda sedang rusak sehingga anda anda tidak perlu pusing lagi untuk menarik uang dengan cepat kapan pun anda butuhkan.

Selain itu, aplikasi DANA ini juga dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk kamu yang tidak memiliki akun mobile banking karena kamu tidak harus keluar rumah lagi ketika ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan transaksi seperti misalnya transfer uang yang biasanya dilakukan lewat mobile banking maupun ATM.

Apakah DANA bisa ditarik di Alfamart?

Ternyata tidak hanya untuk transfer dan menyimpan uang saja. Aplikasi DANA juga bisa melakukan penarikan uang tunai melalui Alfamart tanpa kartu dengan mudah dan cepat. Dapat dikatakan aplikasi DANA sudah memiliki fungsi layaknya seperti ATM, perbedaannya hanya terletak pada aplikasi DANA yang merupakan non card.

Cara Mencairkan Uang di DANA Lewat Alfamart

Berikut ini kami tampilkan beberapa cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart dengan mudah dan cepat. Untuk anda yang penasaran, langsung saja lihat beberapa langkah – langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi DANA milik anda
  2. Kemudian pada tampilan halaman awal kliklah pada menu “kirim
    Cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart
    cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart
  3. Setelah itu klik pada opsi “tarik tunai” yang berada di bagian bawah pojok kiri seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
  4. Pada bebera pilihan yang muncul silahkan pilih “Alfamart
  5. Setelah itu tab pada “tarik tunai
  6. Tab pada menu “Tampilkan kode token” seperti yang ditandai pada gambar di bawah ini dan masukkan PIN DANA anda. Untuk kode token ini sendiri memiliki masa berlaku tertentu yaitu selama beberapa menit saja. Namun anda tidak perlu khawatir, apabila token anda habis masa berlakunya, silahkan tekan kembali tombol “Tampilkan Kode Token”
    cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart
  7. Datangi Alfamart terdekat (bisa juga Alfamidi)
  8. Sampaikan ke kasir tujuan kamu yang ingin melakukan penarikan DANA. Kemudian berikan nomor telepon sesuai dengan nomor telepon yang tertaut ke akun DANA anda dan kode token ke kasir
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses nya diselesaikan oleh kasir
  10. Jika sudah selesai, kasir akan memberikan uang tunai kepada anda
Tips Penjelasan
Pastikan Anda Memiliki Saldo DANA yang Cukup Sebelum mencoba mencairkan uang dari DANA ke Alfamart, pastikan saldo DANA Anda mencukupi untuk jumlah yang ingin Anda cairkan. Anda tidak dapat mencairkan lebih dari saldo yang Anda miliki di akun DANA Anda.
Kunjungi Alfamart Terdekat Pergi ke Alfamart terdekat dengan kode transaksi dan identitas Anda. Pastikan Anda membawa ponsel Anda untuk mengakses kode transaksi jika diminta oleh petugas Alfamart.
Serahkan Kode Transaksi dan Identitas Anda Saat di Alfamart, serahkan kode transaksi dan identitas Anda kepada petugas kasir. Mereka akan memeriksa dan memproses penarikan uang tunai Anda. Pastikan untuk memverifikasi jumlah yang Anda terima.
Ambil Uang Tunai Anda Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima uang tunai sesuai dengan jumlah yang Anda tarik. Pastikan untuk memeriksa jumlahnya sebelum meninggalkan Alfamart.

Apakah tarik uang di DANA lewat Alfamart dikenakan biaya?

Setelah kamu mengetahui beberapa langkah dalam cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart tentu kamu akan bertanya apakah penarikan tersebut akan dikenakan biaya atau tidak.

Nah, disini kami memberi tahukan bahwa pihak DANA memberikan fitur (GRATIS) penarikan uang di DANA lewat Alfamart yaitu sebanyak 3 kali per bulan. Apabila gratis biaya tarik saldo DANA anda sudah habis, maka selanjutnya anda akan dikenakan biaya sebesar Rp3000 per transaksi.

Berapa maksimal penarikan uang dari DANA melalui Alfamart?

Pencairan uang di DANA melalui Alfamart memiliki limit atau maksimal penarikan yaitu sebesar Rp250000 untuk transaksi pertama. Untuk transaksi kedua dan selanjutnya anda bisa melakukan penarikan saldo DANA melalui Alfamart sampai Rp1000000 per transaksi.

Apakah transaksi tarik tunai saldo DANA di Alfamart bisa diwakilkan oleh orang lain?

Tak jarang orang ketika sedang membutuhkan uang tunai tapi malas keluar rumah mengambil jalan pintas yaitu dengan menitipkan atau meminta orang lain untuk melakukan penarikan saldo DANAnya di Alfamart.

Lantas, apakah transaksi tarik tunai saldo DANA di Alfamart bisa diwakilkan oleh orang lain? Tidak bisa! Karena pada saat  proses transaksi, kasir akan memastikan bahwa yang melakukan penarikan saldo DANA tersebut merupakan benar – benar pemilik akun DANA yang asli.

Jika seandainya anda tetap ingin melakukan penarikan saldo DANA melalui orang lain dikarenakan oleh sebuah kesibukan yang tidak dapat ditunda, maka anda bisa transfer saldo DANA sesuai dengan nominal yang ingin anda tarik ke akun DANA milik orang yang ingin anda minta untuk menarik saldo anda melalui Alfamart. Dengan demikian orang yang anda wakilkan untuk menarik saldo DANA anda di Alfamart, bisa melakukan penarikan dengan menggunakan identitas sendiri.

Akhir Kata

Cara Mencairkan Uang di DANA Lewat Alfamart
Cara Mencairkan Uang di DANA Lewat Alfamart

Nah, itulah beberapa langkah muda dalam cara mencairkan uang di DANA lewat Alfamart. Sekarang anda tidak perlu pusing lagi terkait bagaimana anda melakukan penarikan uang jika ATM anda sedang bermasalah atau bahkan jika anda tidak memiliki ATM sama sekali. Karena dengan aplikasi DANA semua urusan terkait transaksi akan dapat anda selesaikan dengan mudah.

Related Post