Promo Asuransi Mobil: Jenis Dan Cara Klaim Asuransi Mobil Terbaru 2024

Gunawan Sumri

Promo Asuransi Mobil – Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali promo asuransi mobil tersebar di luar sana. Namun sebelum Anda memutuskan bergabung dengan suatu perusahaan asuransi mobil, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis asuransi beserta bagaimana cara untuk mengklaim asuransi tersebut. Sebab dengan begitu asuransi mobil yang dilakukan dapat memberikan Anda manfaat yang diharapkan.

Promo Asuransi Mobil

Promo Asuransi Mobil
Promo Asuransi Mobil

Perlu Anda ketahui, jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan bisa berbeda-beda. Untuk itulah Anda perlu membaca dengan cermat promo asuransi mobil utamanya mengenai jenis asuransi yang ditawarkan. Sebab, setiap jenis asuransi memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Karena hal itulah, Anda harus mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, agar asuransi yang dilakukan sesuai dengan keinginan Anda. Nah adapun jenis asuransi mobil sebagai berikut:

  • Asuransi Mobil TLO

    Asuransi Mobil TLO
    Asuransi Mobil TLO

Jika Anda sering membaca promo asuransi mobil, maka tentunya Anda tidak asing lagi dengan jenis asuransi mobil TLO. Tujuan dari asuransi mobil ini adalah memberikan jaminan ketika mobil hilang karena pencurian atau saat mobil mengalami kerusakan yang biaya perbaikannya mencapai 75 persen atau lebih dari harga beli mobil tersebut. Sehingga jika mobil mengalami kerugian dan kerusakan tidak mencapai 75 persen Anda tidak bisa mengklaim asuransi tersebut.

Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan kecil Anda harus memperbaikinya sendiri dengan uang pribadi. Meskipun begitu, jenis asuransi ini juga layak untuk dicoba karena memiliki kelebihan dibandingkan jenis asuransi lainnya. Adapun kelebihan dari asuransi mobil TLO adalah iuran yang harus dibayarkan tergolong rendah.

Umumnya premi minimal yang harus Anda bayarkan jika ingin menggunakan asuransi ini adalah hanya 0,44 persen dari total harga mobil. Oleh sebab itu hingga sekarang ini asuransi mobil TLO masih menjadi favorit banyak orang. Ini juga menjelaskan mengapa tidak sulit menjumpai promo asuransi mobil mudah TLO di internet.

  • Asuransi Mobil All Risk

    Asuransi Mobil All Risk
    Asuransi Mobil All Risk

Promo asuransi mobil berikutnya yang juga tidak sulit untuk dijumpai adalah asuransi mobil all risk. Jenis asuransi ini akan menanggung semua klaim kerusakan yang diajukan, baik itu kerusakan kecil maupun parah. Tidak hanya itu, kelebihan asuransi mobil all risk lainnya adalah cocok bagi semua jenis kendaraan karena memiliki pertanggung jawaban dengan skala cukup luas

Hanya saja, jika kerusakan diakibatkan oleh bencana alam ataupun kerusuhan tidak bisa mengajukan asuransi ini. Tetapi meskipun begitu, dibandingkan kekurangannya kelebihan dari asuransi mobil all risk jauh lebih banyak. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba asuransi mobil all risk tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

Karena hal itu tidak mengherankan jika premi dari asuransi mobil jenis all risk lebih mahal dibandingkan asuransi TLO. Umumnya premi dari asuransi jenis ini adalah sekitar 3,26 persen dari total harga mobil saat dibeli. Namun besaran premi ini bisa berbeda-beda tergantung kota dan perusahaan yang menawarkannya.

Inilah mengapa Anda harus membaca promo asuransi mobil all risk dengan seksama agar dapat menemukan harga premi yang sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya itu jika Anda menemukan harga premi yang murah jangan langsung tergoda. Pastikan dulu jika perusahaan asuransi mobil tersebut bisa dipercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

  • Asuransi Mobil Tipe Personal Injury Protection

Bisa dikatakan Asuransi Mobil Personal Injury Protection adalah jenis asuransi mobil kurang populer. Hal ini dikarenakan asuransi Mobil Personal Injury Protection hanya menanggung kerugian yang diakibatkan karena diri sendiri mengalami kecelakaan. Walaupun begitu asuransi Personal Injury Protection juga layak dicoba.

Inilah mengapa asuransi Personal Injury Protection sangatlah cocok untuk orang yang sering berkendara dan memiliki risiko tinggi mengalami kecelakaan seperti para sopir. Kelebihan lainnya dari asuransi mobil Personal Injury Protection adalah klaimnya yang cukup mudah asalkan memiliki bukti yang kuat.

  • Asuransi Mobil Perluasan Atau Rider

Apabila Anda ingin mendapatkan asuransi mobil yang memberikan jaminan terbaik maka Asuransi Mobil Perluasan Atau Rider adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan jenis asuransi ini tidak hanya menanggung kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan namun juga kerusakan yang diakibatkan oleh hal-hal yang tidak terduga.

Inilah kenapa banyak orang memilih menggunakan asuransi mobil perluasan. Adapun beberapa hal yang dijamin oleh asuransi ini ialah kerusakan mobil akibat bencana alam, huru-hara atau kerusuhan, terorisme dan sabotase, kerusakan yang menjadi jawab hukum pihak ketiga.

Tidak hanya itu saja, selain menanggung kerugian yang terjadi pada mobil asuransi ini juga menanggung kerugian diri pengendara karena kecelakaan. Karena banyaknya benefit yang bisa di dapatkan, tidak mengherankan banyak sekali orang menggunakan asuransi ini. Karena hal itulah promo asuransi mobil perusahaan mudah sekali ditemukan.

Namun karena banyaknya manfaat yang didapatkan dari asuransi ini, biaya preminya cukup banyak dan bahkan tergolong mahal bagi kebanyakan orang. Sehingga tidak mengherankan kebanyakan orang yang menggunakan asuransi jenis ini adalah mereka yang memiliki mobil mewah. Meskipun begitu, ada juga pemilik mobil biasa yang menggunakan asuransi jenis ini.

  • Asuransi Mobil Gabungan Alias Kombinasi

Jenis asuransi mobil gabungan alias kombinasi adalah sebuah asuransi yang memungkinkan seseorang mendapatkan jaminan dari dua jenis asuransi yang berbeda. Umumnya asuransi gabungan yang sering digunakan adalah jenis TLO dan all risk. Sebab kombinasi dari keduanya dinilai banyak orang paling ideal untuk memberikan manfaat terbaik.

Untuk mendapatkan asuransi jenis ini, Anda bisa mengajukannya pada saat sedang masa kredit kendaraan. Namun jika Anda masih kebingungan mengenai asuransi ini, baca lagi promo asuransi mobil yang Anda temukan dengan benar atau tanyakan langsung ke perusahaan terkait. Sebab, perlu Anda ketahui, cara kerja asuransi ini sedikit berbeda dengan asuransi lainnya

Namun pada umumnya cara kerjanya adalah pada tahun pertama mobil menjadi tanggungan asuransi all risk. Barulah setelah itu, pada tahun berikutnya mobil hanya akan dijamin oleh jenis asuransi TLO saja. Tetapi bisa jadi sebaliknya tergantung cara kerja dari perusahaan penyedia layanan asuransi tersebut

  • Asuransi Mobil Tipe Liability Insurance

Promo asuransi mobil yang terakhir adalah liability insurance. Jenis asuransi ini memang masih cukup asing bagi kebanyakan orang karena tidak banyak perusahaan yang menyediakan asuransi ini. Karena itulah, orang yang menggunakan asuransi jenis ini tidaklah terlalu banyak.

Untuk Asuransi mobil jenis ini hanya akan menanggung kerugian yang diakibatkan tuntutan pihak ketiga saat terjadi kerusakan dan juga cedera. Bentuk asuransi ini umumnya ialah rinder atau polis terpisah.

Cara Klaim Asuransi

Cara Klaim Asuransi
Cara Klaim Asuransi

Setelah mengetahui berbagai jenis asuransi yang umumnya ditemukan pada iklan promo asuransi mobil, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengklaimnya. Karena itulah, dibawah ini kami berikan Anda informasi mengenai cara untuk mengklaim asuransi yang seringkali terdapat pada iklan promo mobil:

  • Siapkan Bukti

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat Anda hendak mengajukan klaim asuransi adalah mempersiapkan bukti kerusakan dan kerugian yang dialami. Karena itulah, saat terjadi kerugian dan kerusakan segera ambil dokumentasi baik dalam bentuk video ataupun dalam bentuk gambar. Sebab tanpa adanya bukti, akan sulit untuk mengklaim asuransi.

Sedikit saran, pastikan untuk memasang dashcam pada kendaraan agar selalu ada bukti saat terjadi sesuatu yang buruk, seperti misalnya pencurian dan perusakan kaca mobil. Sebab seringkali hal tersebut terjadi di luar pengawasan sehingga tidak ada bukti yang kuat jika tidak memiliki dashcam mobil. Karena itulah saking pentingnya hal ini terdapat himbauan untuk memasang dashcam pada mobil.

  • Siapkan Dokumen

Tidak hanya bukti, untuk mengajukan klaim pada umumnya ada diharuskan untuk menyertakan dokumen lainnya yang dibutuhkan seperti fotokopi STNK, SIM, dan surat keterangan lainnya. Jika Anda tidak menyertakan dokumen pelengkap, hampir tidak mungkin Anda bisa mengklaim asuransi tersebut. Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan dokumen-dokumen penting dengan aman.

Jangan sampai karena Anda sembarangan menyimpannya dokumen penting tersebut malah hilang. Tidak hanya dokumen aslinya, pastikan Anda juga menyimpan salinannya dalam bentuk foto kopi. Dengan begitu saat Anda membutuhkannya untuk mengklaim asuransi tidak akan kerepotan.

  • Mengisi formulir

Setelah semua dokumen dan bukti yang dibutuhkan telah disiapkan, langkah berikutnya Anda harus mengisi formulir pengajuan klaim. Umumnya formulir ini bisa didapatkan dengan cara meminta langsung ke perusahaan asuransi atau mengunduhnya dari web resmi perusahaan tersebut.

Pastikan Anda mengisinya dengan benar tanpa ada kesalahan sedikitpun agar pengajuan klaim asuransi Anda disetujui. Apabila ada pertanyaan yang tidak dimengerti jangan ragu untuk bertanya pada petugas. Jika sudah selesai, barulah Anda mengumpulkannya pada petugas asuransi beserta dokumen dan bukti yang dibutuhkan.

  • Tunggu Konfirmasi

Setelah semua kelengkapan diserahkan kepada petugas, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari mereka apakah klaim yang Anda lakukan disetujui atau tidak. Lama waktu untuk menunggu konfirmasi ini berbeda-beda tergantung dari perusahaan asuransi itu sendiri. Sebab, mereka akan melakukan pengecekan terhadap pengajuan Anda.

Untuk itulah, jika Anda menginginkan konfirmasi asuransi yang cepat cari tahu terlebih dahulu mengenai detail perusahaan asuransi termasuk berapa lama umumnya mereka memproses pengajuan klaim asuransi. Informasi tersebut, biasanya dicantumkan pada pamflet dan iklan promo asuransi mobil.

Artikel menarik lainnya : 8 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2024

Cara Alternatif Untuk Mengklaim Asuransi

Cara Alternatif Untuk Mengklaim Asuransi
Cara Alternatif Untuk Mengklaim Asuransi

Selain bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi perusahaan asuransi, sekarang ini sudah banyak perusahaan asuransi yang memungkinkan nasabahnya mengklaim asuransi secara online. Untuk melakukan klaim dengan cara ini Anda harus mengikuti panduan yang ada pada website resmi perusahaan asuransi tersebut.

Namun pada umumnya langkah-langkah yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat akun, mengisi formulir dan mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah beberapa saat Anda menunggu akan ada notifikasi atau email dari perusahaan asuransi mengenai status pengajuan klaim Anda. Jika disetujui maka ganti rugi akan segera diberikan kepada sesuai dengan kesepakatan awal yang dilakukan

Tips Memilih Asuransi Mobil Penjelasan
Tentukan Kebutuhan Anda Pertimbangkan jenis perlindungan yang Anda butuhkan. Apakah Anda hanya memerlukan perlindungan dasar atau juga perlindungan terhadap kerusakan dan pencurian?
Bandingkan Penawaran Mintalah penawaran dari beberapa perusahaan asuransi dan bandingkan premi, cakupan, dan manfaat yang mereka tawarkan. Ini akan membantu Anda mendapatkan kesepakatan terbaik.
Pilih Perusahaan Terpercaya Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan telah lama beroperasi. Anda dapat membaca ulasan dan mencari informasi tentang keandalan mereka.
Pertimbangkan Nilai Tertanggung Pastikan nilai pertanggungan mencukupi untuk mengganti kendaraan Anda jika terjadi kerusakan atau pencurian. Pertimbangkan usia, nilai, dan kondisi kendaraan Anda.
Pahami Cakupan Polis Baca dan pahami dengan baik cakupan polis. Pastikan Anda tahu apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam perlindungan Anda.

 

Promo Asuransi Mobil
Promo Asuransi Mobil

Nah jadi itulah informasi mengenai jenis asuransi dan cara mengklaimnya yang seringkali ada pada iklan promo asuransi mobil. Semoga informasi mengenai jenis asuransi dan cara klaimnya yang ada pada promo asuransi mobil tersebut bisa membantu Anda yang berencana mengajukan klaim asuransi mobil.

Gunawan Sumri

Pejuang Semester Akhir, Menyalurkan Inspirasi Dengan Menulis. Menyukai Kopi dan Kamu! Iya Kamu :D

Related Post

Tinggalkan komentar