Daftar Harga Perak Per Gram Tahun 2024

Ristauli Sianturi

Daftar Harga Perak Per Gram Tahun 2024 – Mau nambah kolek perhiasan? mau coba yang koleksi perak? mari kita bahas harga perak per gram. Karena sekarang perak sudah sangat terkenal juga tidak kalah dengan emas. Karena perak juga  bisa jadi perhiasan dan investasi yang terjamin juga

Pemakaian emas juga kadang kan mencolok jadi mengundang kejahatan apalagi di kota besar. Jadi banyak beralih ke perak karena sekalian bisa menjadi perhiasan sehari hari maupun bisa juga menjadi investasi yang terjamin juga tentunya

Jadi apasih keuntungan maupun kerugian menggunakan perak ini? Dan bagaimana harga perak per gram. Selanjutnya bagaimana cara menjaga agar perak tetap bagus maupun tidak rusak agar kita dapat mencegah kerusakan hal tersebut

Baca juga: Aplikasi Pendeteksi Emas dalam Tanah untuk Android

Berbagai Jenis Perak

Sebelum bahas harga perak per gram kita harus tau dulu apa apa saja jenis dari perak itu sehingga jika kita dah tau dengan gampang perak bagaimana yang mau dibeli dengan harga perak per gram bulan ini

  • Fine 999 Silver

Jenis silver satu ini memiliki karakteristik yang mendekati elemen paling murni dari perak. Makna dari 999 adalah memiliki kadar 99,9% kadar perak murni, sedangkan 0,1% sisanya adalah jejak elemen dengan kualitas yang tidak signifikan. Dilansir dari Vncojewellery, fine silver lebih berkilau dari sterling yang sudah dipoles.

Namun karena sifat silver yang lunak membuat tipe fine silver mudah tergores, bengkok, dan juga gampang berubah bentuk. Oleh sebab itu, fine silver kurang cocok dipakai untuk semua perhiasan karena kurang begitu awet.

  • Sterling 925 Silver

Merupakan standar perhiasan silver di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa, dan juga sebagian besar negara di dunia. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, sterling silver terdiri dari 92,5% silver dan 7,5% sisanya biasanya adalah tembaga.

Untuk menghasilkan sterling silver yang berkualitas, logam lain harus ditambahkan dalam campuran agar bisa meningkatkan kekerasannya, lebih tahan lama, serta menciptakan warna dan kilauan yang lebih tahan lama. Perhiasan dari perak 925 biasanya ditandai dengan logo .925 atau 925 STG.

  • Silver Argentium

Logam satu ini memiliki kadar setidaknya 92,5% silver, beberapa campuran memiliki silver yang lebih banyak. Elemen sisanya terdiri dari tembaga dan germanium. Germanium diyakini bisa membuat campuran logam ini jadi lebih keras, sehingga perhiasan perak pun tidak cepat pudar.

Akan tetapi, silver argentium tetap bisa memudar apabila berada pada kondisi ekstrem atau jangka waktu yang lama. Minusnya, silver argentium biasanya dijual dengan harga lebih mahal dan lebih sulit didapat. Selain itu, sulit membedakan silver argentium dengan sterling, pasalnya sama-sama memiliki stempel 925.

  • Coin Silver

Perlu Anda ingat, coin silver bukanlah bahan pembuat koin, melainkan istilah yang digunakan untuk campuran logam perak di Amerika. Tetapi saat ini penggunaan coin silver sudah semakin jarang. Coin silver terdiri dari campuran 90% silver dan 10% tembaga atau logonya ditandai dengan 900. Dinamai coin silver lantaran terbuat dari potongan halus koin-koin yang terbuang.

Harga Perak Per Gram

Selanjutnya kita akan bahas harga perak per gram sesuai dengan jenis nya juga. Karena perak juga seperti perhiasan pada umunya memiliki jenis nya dan sesuai dengan kemurnian kandungan peraknya. Jadi mari kita bahas ya secara detail. Bisa lihat tebel dibawah ini ya harga perak per gram

Harga Perak Per Gram,
Harga Perak Per Gram: Sumber- Abbox.id
Jenis Perak Harga Perak Per Gram
Fine 999 Silver 20.000-26.000
Sterling 925 Silver 12.000-13.000
Silver Argentium 300.000-350.000
Coin Silver 350.000-400.000

 

Tips Merawat Perhiasan Perak

Setelah kita tahu Setelah kita tahu harga perak per gram kita harus paling utama juga tips merawat perhiasan perak. Karena jika kita beli harga perak per gram sesuai harga diatas jika tidak tau merawat sama aja tidak berguna begitu.

Karena jika perak tidak dirawat bisa menghitam. Berikut tips merawat perhiasan perak agar tidak cepat menghitam.

Tips Penjelasan
Jauhkan dari air Sering malas melepaskan perhiasan perak saat mencuci tangan atau mandi? Mulai sekarang, buang jauh-jauh rasa malas tersebut. Lepaskan perhiasan perak sebelum Anda cuci tangan dan mandi agar tidak terkena cipratan air. Karena air dapat mempercepat proses menghitamnya perak.
Pakai jasa pembersih perak Sebelum menghitam, bawa perhiasan perak Anda ke jasa pembersih perak. Di tangan mereka, perhiasan perak Anda akan ditangani secara tepat sehingga kilauannya tetap terjaga.
Taruh di wadah khusus Anda sebaiknya memiliki wadah khusus untuk menaruh perhiasan perak. Anda bisa menggunakan kotak perhiasan yang sisi-sisinya telah dilapisi kapas tipis atau kain katun. Pastikan wadah yang digunakan tahan lembap dan tidak mudah terpapar udara serta cahaya.
Gunakan sabun dan air Agar perak tetap berkilau, bersihkan dengan air suam-suam kuku yang telah dicampur sabun pencuci piring ringan atau sabun bebas fosfat. Lakukan tanpa perlu menunggu perak menghitam.
Manfaatkan minyak zaitun Sering membersihkan wajah dengan minyak zaitun? Kalau begitu, ambil satu sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk. Lalu tambahkan setengah cangkir jus lemon. Ambil kain kecil, celupkan kain ke dalam larutan minyak zaitun. Kemudian peras. Setelah itu poles, bilas dan keringkan perak Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perak

Selanjutnya tidak kalah penting juga dengan tahu harga perak per gram. Kita juga harus tau ya apasih keuntungan dan kerugian membeli perak ini

Kelebihan Membeli Perak

1. Memerlukan Dana Investasi yang Lebih Sedikit Dibandingkan Emas

Investasi emas memang menggiurkan. Namun, jika kamu adalah seorang perintis atau baru mencoba berinvestasi pada logam mulia, perak bisa diandalkan. Jumlah uang yang akan dikeluarkan pada investasi perak cenderung lebih kecil. Kendati demikian, nilai kembali yang akan kamu dapatkan tidak kalah besar dari investasi emas.

2. Kenaikan Harga Perak Lebih Besar Dibandingkan Emas

Dibandingkan emas, pasar untuk perak terbilang kecil. Saking kecilnya, perubahan permintaan yang signifikan di sektor industri bisa membuat harga perak melonjak drastis. Sebagai informasi, perak memang kerap digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai sektor industri.

Selain, itu berdasarkan tren tahun ke tahun, harga perak batangan diketahui memang meningkat lebih tinggi dibandingkan. Sebagai contoh, di tahun 2008 hingga 2011, diketahui harga perak naik hingga 448%. Sementara itu, pada periode yang sama, nilai emas hanya naik 166%.

3. Permintaan Pasar yang Luas

Permintaan terhadap perak secara global diketahui sangatlah besar. Pasalnya, dari total produksi perak di seluruh Dunia, 56%-nya digunakan untuk keperluan berbagai industri. Hal ini berbeda dengan emas yang hanya digunakan sekitar 12% untuk kepentingan aneka industri.

4. Jumlahnya Terbatas

Jika dibandingkan dengan emas. Jumlah cadangan perak di seluruh Dunia cenderung jauh lebih kecil. Dengan tingkat permintaan yang tinggi, jumlah perak yang terbatas akan membuat harganya lebih stabil dan meningkat setiap tahunnya.  

Kekurangan Membeli Perak

1. Perawatan Perak Cenderung Sulit

Tidak seperti emas, perak lebih mudah teroksidasi terutama jika tidak dirawat dengan baik. Oksidasi perak akan membuat perak menjadi lebih kusam sampai dengan bernoda hitam, hal ini akan membuat perak tidak laku di pasaran.

2. Informasi Penjualan Perak Masih Terbatas

Pasar perak termasuk pasar yang kecil, oleh karena itu informasi mengenai perak sulit didapatkan. Keterbatasan informasi ini yang menjadikan investor kurang berminat pada perak. Walaupun begitu, kamu masih dapat membeli perak secara resmi melalui PT ANTAM atau tempat penjualan emas atau perak resmi lainnya. Sedangkan untuk pembelian perak dalam bentuk perhiasan, kamu dapat membelinya melalui toko perhiasan pada umumnya.

3. Gampang Dipalsukan

Baik perak batangan lokal maupun perak batangan impor, keduanya sangat mudah dipalsukan. Bagi investor yang kurang paham akan cara membedakan perak asli dan palsu, investasi perak akan relatif berisiko tinggi.

Kesimpulan

Harga Perak Per Gram
Harga Perak Per Gram

Itulah harga perak per gram dan juga jenisnya semoga dengan tahu harga perak per gram kita jadi tau yang jenis apa yang bisa kita beli yang sesuai dengan budget yang kita punya dan jika kita beli harap melakukan tips diatas untuk merawat perak agar tahan lama.

Related Post

Tinggalkan komentar