Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda: Ketahui 6 Penyebab dan solusinya!

Iusnar Sinaga

Notifikasi Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda biasanya akan muncul ketika anda mencoba mengakses atau memulihkan akun Google anda. Ketika berada dalam situasi ini, anda mungkin akan merasa panik dan kebingungan, mengingat akun Google merupakan alat untuk dapat terhubung ke berbagai layanan online dan juga kerap kita gunakan sebagai penyimpanan data pribadi kita.

Namun, sebaiknya anda jangan keburu khawatir dan panik. Dalam postingan ini kami akan memberikan anda panduan tentang bagaimana cara mengatasi kendala terkait Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda.

Mengapa Google Memverifikasi Akun Saya?

Mengapa Google Memverifikasi Akun Saya
Mengapa Google Memverifikasi Akun Saya

Alasan utama mengapa Google memverifikasi akun anda adalah karena untuk masalah keamanan. Sedikit banyaknya anda mungkin telah mengetahui bahwa Google kaya akan beragam fitur canggih, termasuk salah satunya yaitu fitur keamanannya yang kuat. Untuk membantu melindungi akun anda dari penyalahgunaan, Google biasanya akan meminta verifikasi akun yang tujuannya adalah untuk membuktikan apakah anda benar-benar merupakan pemilik akun yang asli dan bukan merupakan robot.

Dalam proses verifikasi akun, Google biasanya akan meminta identitas anda, yang daftarkan pada akun Google anda. Hal ini untuk memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang memiliki akses ke akun tersebut. Dengan begitu akun Google anda akan aman dari masalah seperti pembobolan atau penyalahgunaan akun.

Jadi, Verifikasi akun dari Google merupakan upaya yang dilakukan Google untuk melindungi pengguna dan menjaga kualitas ekosistem layanan online mereka. Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Karena dengan Google menjamin keamanan akun, orang-orang tidak perlu merasa ragu lagi untuk menyimpan data-data pribadi didalamnya.

Mengapa Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda

Mengapa Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda
Mengapa Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda

Sebelum lanjut membahas tentang Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda, hal pertama yang perlu untuk anda ketahui terlebih dahulu adalah penyebab mengapa muncul pemberitahuan “Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda” 

Nah, jika anda ingin mengetahui alasan dibalik Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda, maka perhatikanlah penjelasan kami berikut ini.

  • Informasi yang salah atau tidak lengkap

Penyebab yang pertama mengapa Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda adalah karena kemungkinan anda telah memberikan informasi yang salah atau tidak lengkap ketika mencoba untuk memulihkan akun seperti kesalahan dalam memasukkan alamat email, kata sandi, nomor telepon, ataupun pertanyaan keamanan. Apabila anda memberikan informasi yang tidak valid atau sesuai dengan yang terdaftar pada akun, maka Google tidak akan dapat memverifikasi akun anda.

  • Penggunaan perangkat yang tidak dikenali

Ketika anda mencoba untuk login ke akun Google anda tapi dengan menggunakan perangkat lain, apalagi jika pada lokasi yang dikenali oleh Google juga, maka pihak Google mungkin akan menganggap ini sebagai upaya login yang mencurigakan. Karena itulah, muncul notifikasi Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda.

  • Terdapat aktivitas mencurigakan

Apabila terdapat sesuatu hal yang mencurigakan pada akun Google anda seperti misalnya ketika anda melakukan aktivitas yang melanggar kebijakan Google, anda mungkin perlu mengikuti prosedur pemulihan yang lebih ketat. Situasi seperti ini kerap memunculkan notifikasi bahwa Google tidak dapat memverifikasi akun anda.

  • Pertanyaan keamanan yang salah

Ketika anda mencoba untuk memulihkan akun Google, anda mungkin anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan keamanan. Nah, apabila pertanyaan keamanan tersebut tidak dapat anda jawab dengan benar, maka Google akan gagal memverifikasi identitas anda.

  • Kegagalan verifikasi dua langkah

Demi memastikan keamanan akun Google yang kuat, banyak orang yang lebih memilih untuk mengambil verifikasi dua langkah. Jika anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, namun ternyata pada sewaktu-waktu anda mengalami kehilangan akses ke perangkat verifikasi lainnya yang anda gunakan, maka anda kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk memverifikasi akun anda.

  • Akun telah diblokir

Adanya suatu aktivitas mencurigakan atau pelanggaran terhadap kebijakan Google biasanya akan berakibat pada akun pengguna yang dinonaktifkan ataupun diblokir oleh pihak Google. Jika akun anda sudah tidak aktif atau telah diblokir, maka anda tidak akan dapat mengaksesnya kembali dan Google tidak akan bisa lagi memverikasi akun anda.

Cara Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda

Cara Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda
Cara Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang bagaimana cara mengatasi kendala yang saat ini sedang anda hadapi yaitu Google yang tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda. 

Nah oleh karena itu, jika anda mengalami hal yang sama seperti yang dibahas pada artikel ini, anda tidak perlu khawatir! Perhatikan dan simaklah berikut beberapa solusi untuk Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda:

  • Berikan informasi yang benar

Saat mencoba untuk mengakses ataupun memulihkan akun, pastikan anda memasukkan alamat email dan kata sandi dengan benar. Sebaiknya lakukan pemeriksaan lagi sebelum menekan tombol masuk/ login.

  • Verifikasi dengan nomor telepon atau email alternatif

Saat anda mencoba untuk memulihkan akun, Google biasanya akan menberikan opsi untuk verifikasi melalui nomor telepon atau email alternatif yang anda tautkan ke akun Google anda. pastikan anda memiliki akses ke salah satu opsi tersebut, agar anda bisa melakukan verifikasi akun dengan mudah.

  • Jawab pertanyaan keamanan dengan tepat

Saat membuat akun email, biasanya Google akan mengajukan beberapa pertanyaan keamanan yang akan berpengaruh ke jangka panjang. Jika anda mengalami kendala yang mana Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda, cobalah untuk mengingat kembali jawaban yang anda buat dulu saat mendaftarkan akun Google anda tersebut. Dengan memberikan jawaban yang benar, akan membantu Google memverifikasi identitas anda.

  • Gunakan perangkat yang terdaftar

Beberapa solusi yang telah kami tampilkan diatas mungkin tidak akan berhasil jika anda lupa kata sandi, tidak memiliki akses ke nomor telepon atau email alternatif serta tidak mengingat jawaban akan pertanyaan keamanan yang dulu anda masukkan ketika anda mendaftarkan akun.

Jika kondisinya sudah seperti ini, cobalah masuk ke akun anda dari perangkat utama yang anda gunakan untuk mengakses akun Google anda. Ini akan membantu Google dapat memverifikasi atau mengenali bahwa anda adalah pemilik sah akun tersebut.

  • Ajukan pemulihan akun

Tidak berhasil juga karena perangkat default yang anda gunakan untuk mengakses Google telah hilang atau rusak? Gak usah langsung khawatir! Ada juga solusi lain untuk mengatasi kendala terkait Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda yaitu dengan mengajukan pemulihan akun. 

Cara Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda dengan mengajukan pemulihan akun
Cara Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun ini Milik Anda dengan mengajukan pemulihan akun

Bagaimana cara untuk mengajukan pemulihan akun Google? Berikut kami tampilkan beberapa langkah-langkahnya:

  1. kunjungilah situs web pemulihan akun Google pada tautan https://support.google.com/accounts/
  2. Lihat pada bagian “meminta kami memulihkan akun anda
  3. Silahkan login ke alamat akun Google yang ingin anda pulihkan
  4. Ketuk pada menu “isi formulir ini
  5. Lalu isilah form pemulihan akun Google dengan benar. Beberapa informasi yang diminta pada formulir pemulihan akun adalah seperti: alamat email yang digunakan untuk login ke akun Google anda, alamat email lain yang nantinya dapat dihubungi Google. Selain itu terdapat juga kolom, tempat untuk menambahkan keterangan lain (jika ada)
  6. Jika sudah selesai, langkah terakhir kliklah tombol “Kirim
  7.  Maka akan dilakukan peninjauan oleh pihak Google. Apabila akun Google anda berhasil dipulihkan, anda akan mendapatkan notifikasi melalui email lain yang anda masukkan tadi.
  • Hubungi pihak Google

Apabila semua langkah diatas belum juga berhasil memulihkan kembali akun Google anda, maka solusi terakhir yang dapat kami sarankan adalah dengan menghubungi pihak Google. Mintalah bantuan pada mereka, jelaskan masalah anda dengan sejelas mungkin dan ikuti instruksi yang mereka berikan.

Simpulan

Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda
Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda

Ketika berada dalam situasi kendala yang mana Google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda, mungkin ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang membuat panik dan juga khawatir. Namun perlu untuk anda ingat bahwa, dalam setiap upaya untuk mengatasi masalah ini, yang terpenting adalah memposisikan diri untuk tetap tenang.

Karena dengan begitu, anda akan dapat fokus mengikuti setiap prosedur yang diberikan oleh Google dan memberikan informasi pemulihan yang akurat, sehingga memudahkan Google untuk mengenali dan memverifikasi anda sebagai pemilik akun yang sah.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay