Tutorial

5 Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset adalah hal yang banyak dicari oleh pengguna WA dikala memiliki masalah terkait kontak WA yang hilang setelah melakukan reset Hp. Hal ini sering kali menjadi kekhawatiran bagi setiap orang, karena bisa jadi terdapat data penting pada kontak WA tersebut.

Selain data berupa kontak WA yang hilang, data yang lain seperti pesan yang masuk ke WA juga kemungkinan akan hilang. Hal ini bisa terjadi dikarenakan Kamu melakukan reset Hp ke setelan pabrik yang mengakibatkan kondisi Hp kembali ke kondisi awal dimana seperti membeli Hp baru.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kembali kontak WA yang hilang setelah di reset, Kamu bisa membaca artikel ini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset. Simak penjelasannya!

Apa Perbedaan antara Restart dan Reset?

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset
Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

 

Restart dan reset merupakan dua hal yang berbeda. Jika Kamu melakukan restart pada Hp, maka hanya akan membuat perangkat mengosongkan sistem komputasi nya tanpa mengubah atau menghapus data-data yang ada pada Hp.

Sedangkan jika melakukan reset pada Hp, maka akan membuat perangkat kembali ke awal atau sesuai setelan pabrik. Jadi, jika Kamu hanya melakukan restart Hp, tidak ada masalah kehilangan data-data. Tetapi sebaliknya, jika melakukan reset Hp, maka otomatis semua data dalam perangkat akan hilang.

Apakah Kontak WA Yang Hilang Bisa Dikembalikan?

Untuk Kamu yang sedang mengalami masalah kehilangan kontak WA setelah melakukan reset Hp, Kamu pasti bertanya-tanya apakah kontak WA yang hilang bisa dikembalikan? Untuk menjawab pertanyaan ini Kamu bisa mengetahuinya setelah membaca artikel ini.

Baca Juga :  6 Cara Memasukkan Voucher Indosat Lewat SMS Mudah dan Praktis!

Umumnya, WA akan secara otomatis mendeteksi kontak yang merupakan pengguna WA dan menambahkan kontak tersebut ke daftar kontak WA Kamu. Untuk itu, Kemungkinannya kontak WA yang hilang bisa dipulihkan jika Kamu pernah membuat salinan daftar kontak dengan menggunakan fitur telepon.

Data Apa Saja Yang Hilang Jika Hp di Reset?

Ketika melakukan reset Hp, semua data yang ada di Hp tersebut akan otomatis hilang. Mereset Hp ke setelan pabrik akan menghapus semua data dari Hp. Untuk mengembalikan data yang akan dipulihkan, pastikan untuk melakukan pencadangan terlebih dahulu ke akun google agar data bisa dipulihkan kembali.

Karena melakukan reset Hp sama saja artinya Kamu menghapus semua data yang ada di Hp dan semua aplikasi atau data penting akan hilang, dan Hp akan kembali ke kondisi awal seperti pertama kali membeli Hp baru.

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset
Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

 

Salah satu data yang penting pada Hp adalah kontak WA. Kontak WA merupakan salah satu hal yang penting, karena kontak WA bisa mencakup nomor keluarga, kerabat, sahabat, teman kerja, ataupun teman sekolah.

Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset agar tetap bisa menghubungi nomor yang telah tersimpan tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Memperbarui Whatsapp Yang Kadaluarsa Tanpa Menghilangkan Chat

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset yang bisa Kamu coba, antara lain :

1. Menggunakan Google Contacts

Saat ini google telah menyediakan layanan bernama google contacts yang memungkinkan pengguna untuk mencadangkan semua kontak WA. Jadi, jika Kamu melakukan reset Hp, Kamu tidak perlu khawatir lagi karena google contacts akan membantu mengamankan data kontak yang telah Kamu cadangkan.

Baca Juga :  11 Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda Orang Lain

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Kamu coba sebagai cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset menggunakan google contacts :

  1. Buka google contacts.
  2. Pastikan akun google yang digunakan sama dengan tempat dimana kontak di backup.
  3. Ketuk Pengaturan atau ikon berbentuk roda gigi di sudut kanan atas.
  4. Klik menu Undo Changes.
  5. Pilih jangka waktu yang ingin dipulihkan, lalu klik Confirm.
  6. Kontak berhasil dipulihkan.
  7. Selesai!

2. Menggunakan Fitur Hapus Cache

Cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset bisa menggunakan fitur hapus cache. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Kamu coba untuk cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset menggunakan fitur hapus cache :

  1. Buka menu Setting di Hp.
  2. Pilih Application dan klik Whatsapp.
  3. Pilih Apps Info, lalu klik Force Stop.
  4. Klik Clear Cache.
  5. Restart Hp dan cek kembali aplikasi WA.
  6. Selesai!

3. Melalui Pengaturan

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset adalah melalui pengaturan. Berikut ini cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset melalui pengaturan :

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting.
  2. Pilih menu Google.
  3. Pastikan bahwa akun google yang digunakan sama dengan akun berisi kontak yang ingin dikembalikan.
  4. Klik menu Set Up & Restore.
  5. Pilih opsi Restore Contact.
  6. Kemudian, daftar kontak akan ditampilkan.
  7. Pilih kontak yang akan dikembalikan.
  8. Selesai!

4. Mengembalikan Kontak WA Menggunakan iCloud

Jika Kamu merupakan pengguna iphone, Kamu bisa menggunakan icloud sebagai salah satu cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset menggunakan icloud :

  1. Buka pengaturan iCloud.
  2. Matikan tombol pada opsi Contacts dan pilih Keep on My iPhone.
  3. Aktifkan kembali Kontak dan pilih Merge.
  4. Silahkan menunggu sampai kontak yang di reset berhasil dipulihkan.
  5. Selesai!

Artikel Menarik Lainnya : 9 Cara Melacak HP Hilang Dengan Whatsapp, Solusi HP Hilang

5. Menggunakan Aplikasi Recover Deleted Contacts

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset
Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

 

Jika sudah melakukan berbagai cara yang telah dijelaskan di atas tetapi masih gagal, Kamu bisa mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset menggunakan aplikasi Recover Deleted Contacts. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Kamu coba untuk mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset menggunakan aplikasi Recover Deleted Contacts :

  1. Download aplikasi Recover Deleted Contacts di Playstore.
  2. Jika sudah berhasil download aplikasi, Buka aplikasi yang telah di download.
  3. Kemudian, akan secara otomatis aplikasi akan menampilkan daftar kontak WA yang terhapus.
  4. Pilih daftar kontak yang akan dikembalikan ke WA.
  5. Klik Recover, maka kontak akan dikembalikan ke WA.
  6. Selesai!
  • Download Aplikasi Recover Deleted Contacts

Nama Aplikasi Recover Deleted Contacts
Rating 3.6
Jumlah Unduhan 100rb+
Ukuran Download 5.7 MB
Link Playstore Klik Disini
Baca Juga :  5 Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

Apakah Kontak Bisa Disimpan di Google Drive?

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset
Sumber : Liputan6.com

 

Selain menggunakan beberapa cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset di atas, ternyata Kamu juga bisa menyimpan kontak di google drive sebagai cara untuk backup kontak WA.

Selain itu, menggunakan google drive sangat membantu apabila suatu saat Kamu kehilangan Hp atau Hp sudah rusak. Dengan begitu, Kamu tetap bisa mendapatkan data-data yang telah Kamu backup di google drive dan Kamu tidak perlu khawatir lagi jika kontak WA hilang.

Tips Agar Kontak WA Tidak Hilang Saat Di Reset

Tips Deskripsi Singkat
Sinkronkan dengan Google Pastikan kontak Anda disinkronkan dengan Google Contacts. Dengan begitu, bahkan jika ponsel Anda direset, kontak Anda tetap aman dan bisa dipulihkan.
Backup WhatsApp Sebelum mereset ponsel, lakukan backup chat WhatsApp Anda. Anda bisa melakukannya di pengaturan WhatsApp dan memilih backup ke Google Drive.
Simpan di SIM Card atau Memori Internal Anda bisa memilih untuk menyimpan kontak di SIM card atau memori internal ponsel Anda, bukan hanya di aplikasi kontak ponsel.
Export Kontak Sebagai langkah ekstra, Anda bisa export kontak Anda menjadi file .vcf dan menyimpannya di tempat yang aman seperti email atau cloud storage.
Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda backup dan pulihkan kontak Anda.

 

Akhir Kata

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset
Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset

Jika ingin melakukan reset Hp, pastikan Kamu sudah backup beberapa data yang penting pada Hp Kamu. Agar jika reset sudah selesai, Kamu dapat mengembalikan data yang hilang.

Jika sudah terlanjur reset Hp tanpa backup kontak WA terlebih dahulu, Kamu dapat mengikuti beberapa cara mengembalikan kontak WA yang hilang setelah di reset yang telah dijelaskan di atas.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Setelah di Reset. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button