Tutorial

8 Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Ingin menonaktifkan fitur last Seen namun tidak tahu bagaimana Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan? Tidak perlu khawatir karena kamu akan menemukan jawabannya pada artikel ini.

Last seen merupakan salah fitur yang dikeluarkan oleh Telegram yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan waktu terakhir kali terlihat di Telegram.

Fitur Last Seen ini juga dapat dikendalikan oleh pengguna sesuai dengan preferensi privasi nya dan setiap pengguna juga dapat melihat last seen telegram yang telah disembunyikan.

Apa Itu Last Seen Telegram?

Last Seen merupakan fitur yang menampilkan waktu terakhir pengguna terlihat atau terakhir kali pengguna mengakses aplikasi Telegram. Fitur ini akan memberikan informasi kepada pengguna lain tentang kapan pengguna tersebut terakhir kali aktif.

Apa Itu Last Seen Telegram?
Apa Itu Last Seen Telegram?
  • Saat fitur last seen diaktifkan, maka pengguna dapat melihat status terakhir terlihat dan online dari kontak yang yang tersimpan. Misalnya, jika seseorang terakhir kali terlihat online pada pukul 14:30, maka status Last seen akan menunjukkan waktu tersebut pada pengguna lain.
  • Namun jika status last seen di nonaktifkan maka setiap kontak yang terhubung dengan pengguna tidak akan dapat melihat kapan terakhir kali kamu mengakses aplikasi Telegram.

Informasi Last Seen dapat membantu pengguna untuk memperkirakan ketersediaan atau kehadiran kontak mereka di Telegram. Namun penting untuk diingat bahwa fitur ini dapat dikendalikan oleh pengguna sesuai dengan preferensi privasinya.

Lantas bagaimana cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan? Simak informasi penjelasan dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Last Seen Telegram

Mengaktifkan fitur last seen Telegram itu artinya kamu memberikan izin pada pengguna lain untuk melihat kapan terakhir kali kamu aktif atau terakhir kali kamu mengakses aplikasi ini.

Baca Juga :  2 Cara Membuat Font Centang Biru Instagram dan Emojinya

Kebanyakan pengguna Telegram memilih untuk menonaktifkan fitur terakhir terlihat untuk memastikan kehadiran pengguna lain terakhir aktif.

Cara Mengaktifkan Fitur Last Seen Telegram
Cara Mengaktifkan Fitur Last Seen Telegram

Jika sudah memahami cara melihat Last Seen Telegram yang mengaktifkan tentu kamu juga sudah tahu bagaimana cara melihat last seen Telegram yang disembunyikan.

Berikut adalah panduannya :

  • Silahkan kunjungi aplikasi Telegram dan masuk ke Pengaturan.
  • Pilih opsi menu Privasi dan Keamanan.
  • Pilih menu Last Seen atau Terakhir Terlihat & Online.
  • Setelah itu pilih siapa yang dapat melihat waktu terlihat kamu terakhir kali, diantaranya Semua Orang atau kontak Saya.
  • Klik Centang yang ada di pojok kanan atas atas untuk mengkonfirmasi perubahan pengaturan.
  • Maka secara otomatis fitur last seen Telegram kamu akan dinonaktifkan.

Alasan Orang Mengaktifkan Fitur Last Seen Telegram

Biasanya seseorang mengaktifkan fitur last seen Telegram yaitu untuk mengurangi gangguan yang mungkin timbul dari pengguna lain.

Umumnya gangguan yang sering terjadi dan dialami oleh pengguna Telegram karena adanya spam chat yang dilakukan oleh kontak penerima. Nah, beberapa alasan lain pengguna telegram mengaktifkan fitur last seen, yaitu sebagai berikut.

1. Melindungi Privasi

Beberapa orang mungkin ingin menjaga privasi mereka dan membatasi akses orang lain untuk mengetahui kapan mereka terakhir kali aktif di telegram.

Jadi dengan menyembunyikan Last Seen, mereka dapat mengontrol informasi tersebut dan menghindari orang lain mengetahui atau ketersediaan mereka di platform ini.

2. Kontrol Sosial

Perlu diketahui bahwa beberapa orang kemungkinan ingin mempertahankan kendali sosial atas informasi yang dimiliki pada orang yang ingin mencari tahu tentang dirinya.

Maka dengan menyembunyikan terakhir terlihat dan online dapat mengendalikan kapan atau kepada siapa menunjukkan kehadiran nya di aplikasi Telegram.

Baca Juga :  Berapa Limit Akulaku Setelah 900 Ribu, Ini Jawabannya!

3. Mengurangi Gangguan

Selanjutnya alasan seseorang melakukan cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan yaitu mengurangi gangguan yang mungkin timbul dari pengguna lain melihat kapan terakhir kali aktif di Telegram ini.

Mengurangi Gangguan
Mengurangi Gangguan

Selain itu hal ini juga akan berdampak baik dan memungkinkan mereka yang ingin fokus pada pekerjaan, studi, atau aktivitas produktif lainnya tanpa adanya gangguan dari pengguna lain yang mengirimkan pesan teks dengan cara spam.

4. Menghindari Tekanan atau Kewajiban

Menyembunyikan last seen juga dapat membantu seseorang menghindari tekanan atau kewajiban untuk merespons pesan agar segera setelah pengguna terakhir kali mengakses akun Telegram.

Kemudian beberapa orang kemungkinan ingin mengelola harapan orang lain dan memiliki fleksibilitas dalam menanggapi pesan sesuai kebutuhan atau ketersediaan mereka saat ini di Telegram.

Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Kebanyakan orang memilih untuk menyembunyikan Last Seen atau terakhir kali dilihat di Telegram yaitu untuk menjaga privasi mereka dan membatasi akses orang lain untuk mengetahui kapan mereka terakhir kali aktif di Telegram.

Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan
Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Maka dengan melakukan cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan, kamu dapat mengontrol pengguna lain yang ingin mencari tahu kehadiran atau ketersediaan kamu di platform tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan dengan mudah dan praktis.

  • Buka aplikasi Telegram pribadi kamu yang ada di ponsel.
  • Pada halaman utama, pilih klik ikon tiga garis dan pilih Pengaturan.
  • Pilih menu Privasi dan Keamanan.
  • Setelah itu, di menu Privasi klik Last Seen atau Terakhir Terlihat & Online.
  • Pilih opsi siapa saja yang dapat melihat terakhir terlihat kamu, seperti Semua Orang, Kontak Saya, dan Tidak ada.
  • Kamu juga bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat waktu terakhir dilihat menggunakan Telegram di menu Tambahkan Pengecualian.
  • Setelah Last Seen sudah diubah maka status online di Telegram tidak terlihat lagi sesuai pilihan yang telah ditentukan.
  • Cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan berhasil dilakukan dan Telegram siap untuk digunakan.
Baca Juga :  6 Cara Ubah Ukuran Foto 4x6 Online paling Mudah dan Praktis!

Bagaimana Cara Menonaktifkan Fitur Last Seen Telegram?

Cara mengaktifkan fitur last seen Telegram merupakan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Kebanyakan pengguna sudah memahami bagaimana cara untuk mengaktifkannya.

Namun bagi pengguna baru, hal ini masih sangat sulit dilakukan karena beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi Telegram memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebelum melakukan cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan, kamu harus memahami cara menonaktifkan fitur tersebut karena setiap langkah yang dilakukan hampir sama. Berikut adalah panduannya.

  • Silahkan kunjungi aplikasi Telegram dan masuk ke Pengaturan.
  • Pilih opsi menu Privasi dan Keamanan.
  • Pilih menu Last Seen atau Terakhir Terlihat & Online.
  • Silahkan pilih opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan last seen Telegram.
  • Jika ingin mengaktifkan last seen pilih siapa saja yang dapat melihat terakhir dilihat kamu.
  • Terakhir, klik Centang untuk mengkonfirmasi pengaturan baru yang telah dibuat.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark di Telegram

Alasan Menyembunyikan Last Seen di Telegram

Alasan Penjelasan
Privasi Beberapa orang ingin menjaga privasi mereka dan menghindari pengguna lain yang dapat melihat kapan mereka aktif di Telegram.
Hindari Ketergantungan Menyembunyikan “Last Seen” dapat membantu seseorang menghindari ketergantungan pada respons cepat dalam percakapan, terutama dalam situasi tertentu.
Keamanan Menyembunyikan “Last Seen” dapat membantu melindungi dari orang-orang yang mungkin mencoba melacak keberadaan atau rutinitas seseorang.
Hindari Konflik Beberapa orang mungkin ingin menghindari konflik dengan teman atau keluarga yang menanyakan mengapa mereka tidak merespons pesan Telegram dengan cepat.
Fokus Pada Hal Lain Menyembunyikan “Last Seen” dapat membantu seseorang fokus pada tugas atau aktivitas lain tanpa gangguan dari percakapan Telegram.

Kesimpulan

Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan
Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Itulah cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan yang dapat kamu coba. Pastikan setiap langkah diatas dilakukan dengan benar, agar cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan berhasil dilakukan.

Fitur ini juga dapat kamu nonaktifkan apabila ingin menjaga privasi dan membatasi akses orang lain untuk mengetahui kapan mereka terakhir kali aktif di Telegram.

Semoga informasi cara melihat Last Seen Telegram yang disembunyikan ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button