Tutorial

8 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Lama

Artikel ini membahas tentang cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama, yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mencari solusi ketika anda sedang memiliki keperluan dengan chat WA yang sudah lama yang sudah lama anda hapus.

Banyaknya deretan chat pada tampilan WA kita terkadang malah membuat pemandangan menjadi tidak nyaman. Selain itu, banyaknya chat ini juga akan berpengaruh pada penyimpanan file Whatsapp anda yang menjadi penuh. Penuhnya ruang penyimpanan Whatsapp ini tentu akan berdampak pada kinerja aplikasi Whatsapp yang menjadi lemot dan sering mengalami gangguan/ error. Oleh karena itu, tak jarang orang langsung menghapus riwayat chat pada Whatsapp nya.

Namun bagaimanakah jika suatu saat kita ada keperluan dengan chat Whatsapp yang sudah kita hapus itu? Apakah riwayat pesan WA yang sudah dihapus dapat dikembalikan lagi? Jika kamu ingin tau jawabannya, maka langsung saja ikuti artikel ini sampai selesai.

Seputar Mengenai Aplikasi Whatsapp

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama, kami akan menampilkan terlebih dahulu sedikit deskripsi mengenai aplikasi Whatsapp.

Whatsapp atau yang lebih simpel di sebut dengan “WA” merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan ornag lain melalui pesan teks (chat), panggilan suara, dan juga panggilan video. Aplikasi ini dapat kita gunakan di berbagai perangkat seperti pada smartphone, iOS, dan bahkan bisa juga kita hubungkan ke PC melalui whatsapp web.

Baca Juga :  3 Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA Tanpa Mengunjungi Kantor Cabang

Saat ini WA sudah menjadi salah satu aplikasi chat paling populer dikalangan pengguna smartphone. Selain digunakan sebagai aplikasi untuk chat pribadi, dalam aplikasi ini pengguna juga dapat membuatĀ  grup obrolan dengan teman, keluarga, rekan kerja, dll. Bahkan dalam grup tersebut para anggota grup dapat melakukan panggilan suara/ video call dan mengobrol bersama layaknya seperti sedang berkumpul bersama.

Maka tak heran jika banyak pengguna Smartphone lebih mengandalkan Whatsapp sebagai media chat/ komunikasi paling utama.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Lama

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama
Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama

Setelah anda mengetahui gambaran singkat mengenai WA, sekarang kami akan menampilkan cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama.

Mengingat WA adalah aplikasi perpesanan yang paling aktif digunakan dalam aktivitas berkomunikasi secara online, tentu akan membuat papan chat WA menjadi lebih cepat penuh sehingga kita menghapusnya.

Namun, kita tak dapat mengira bahwa ternyata beberapa chat yang telah dihapus sewaktu-waktu kita perlukan kembali. Jika sudah demikian apakah yang harus dilakukan? Dapatkah kita mengembalikan riwayat pesan WA yang sudah dihapus? Jawabannya tentu bisa! Penasaran bagaimana caranya? langsung saja lihat beberapa langkah-langkah dibawah ini.

Namun sebelum masuk ke beberapa langkah-langkahnya, satu hal yang perlu anda ketahui yaitu pesan WA yang sudah dihapus dapat dikembalikan tergantung pada penggunanya sendiri, apakah sudah melakukan pencadangan data atau belum. Artinya, jika anda telah melakukan cadangan data sebelum pesan dihapus, maka anda bisa mendapatkan kembali pesan yang sudah dihapus tersebut kapan dan dimana pun anda butuhkan.

Baca Juga :  Cara Tarik Tunai Akulaku di Indomaret, Cair Hitungan Menit

Cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama:

  1. Langkah pertama, silahkan “Uninstall” aplikasi Whatsapp dari ponsel anda
  2. Lalu, install ulang aplikasi Whatsapp dari google play store/ app store
  3. Setelah aplikasinya sudah terpasang kembali di HP anda. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Whatsapp yang baru saja di install
  4. Silahkan masuk kembali dengan menggunakan nomor HP yang sama dengan yang anda gunakan pada WA sebelumnya
  5. Lakukan verifikasi nomor whatsapp dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP anda
  6. Untuk memulihkan cadangan data, maka pada halaman selanjutnya kliklah “Pulihkan data
  7. Tunggu sampai proses pemulihan selesai dilakukan.
  8. Terakhir, apabila proses pemulihan telah selesai, silahkan lihat pada tampilan papan obrolan anda, dan lihat pesan yang sudah anda hapus lama akan tampil disana.

Note: Pesan yang sudah dihapus lama tidak akan bisa dilihat kembali apabila anda tidak melakukan cadangan data sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencadangan data pada perangkat untuk menghindari kehilangan data yang penting!

Cara Mencadangkan Chat di Whatsapp

Setelah melihat langkah-langkah pada cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama, tentunya anda menyadari satu hal bahwasanya mencadangkan data pada Whatsapp itu penting! Nah, lantas bagaimanakah cara mencadangkan chat/ data pada aplikasi Whatsapp? Perhatikan penjelasan dibawah ini!

  • Cadangkan chat ke Google Drive (untuk pengguna Android)

Google Drive
Google Drive
  1. langkah pertama, buka aplikasi Whatsapp di ponsel anda
  2. Lalu ketuk ikon “titik tiga” yang berada di sudut kanan paling atas
  3. Selanjutnya pilih dan klik pada opsi “pengaturan
  4. Pada beberapa menu yang ditampilkan pilihlah opsi “Chat” dan kemudian diikuti dengan meng-klik “cadangan chat
  5. Pilih “Google Drive” sebagai lokasi penyimpanan cadangan chat
  6. Pilih akun google yang ingin anda gunakan untuk mencadangkan chat anda
  7. selanjutnya, pilih frekuensi cadangan chat yang anda inginkan (tersedia opsi harian, mingguan. dan bulanan)
  8. Terakhir, ketuk “Cadangkan” untuk memulai proses pencadangan chat ke Google Drive
  • Cadangkan chat ke iCloud (untuk pengguna iPhone)

iCloud
iCloud
  1. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel anda
  2. Lalu ketuk pengaturan dan pilih “Chat
  3. klik pada “cadangan chat
  4. Pilih “Cadangkan ke iCloud” sebagai lokasi penyimpanan cadangan chat
  5. Aktifkan opsi “Include Videos” jika anda ingin mencadangkan video di Whatsapp anda
  6. Terakhir tekan pada “Cadangkan sekarang” untuk memulai proses pencadangan chat ke iCloud. Tunggu sampai loading pencadangan selesai.
Baca Juga :  8 Cara Memantau HP Anak dari Jauh Menggunakan Aplikasi

Simpulan

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Lama
Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Lama

Sejatinya kita tidak dapat menentukan apa yang kita perlukan esok hari, termasuk dalam dunia digital sekarang ini. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk rutin melakukan pencadangan data guna untuk menghindari kemungkinan masalah atau konsekuensi yang akan kita terima apabila data yang kita perlukan saat itu telah hilang atau terhapus.

Demikian juga dengan aplikasi whatsapp yang merupakan media komunikasi yang kita gunakan sehari-hari. Sangatlah penting bagi kita sebagai pengguna untuk melakukan pencadangan data supaya jika sewaktu-sewaktu kita membersihkan/ menghapus pesan-pesan pada Whatsapp, kita tetap bisa mendapatkan pesannya kembali melalui langkah-langkah pada “cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama” yang telah kami tampilkan pada penjelasan diatas.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami bagikan dalam artikel ini, semoga cara melihat pesan WA yang sudah dihapus lama diatas dapat sobat jadikan sebagai solusi ketika sedang membutuhkan kembali pesan WA yang sudah di hapus lama. Ikuti terusĀ mocipay untuk mendapatkan berbagai info bermanfaat lainnya.

Back to top button