Tutorial

5 Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian Tangan Pertama dengan Harga Murah

Mengetahui cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang andal dan terpercaya merupakan langkah awal dan yang utama dalam menjaga produktivitas dan keberhasilan usaha pertanian anda. Memastikan kamu mendapatkan Supplier yang tepat akan menjadi kunci untuk memastikan keberlanjutan bisnis anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang bagaimana cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang tepat yang dapat dipercaya untuk bekerja sama. Tinjau beberapa cara mendapatkan Supplier obat pertanian untuk menemukan banyak Supplier sehingga kamu memiliki bahan pertimbangan atau pilihan yang lebih banyak!

Apa itu Supplier? Lebih Menguntungkan Bekerja Sama dengan Supplier atau Distributor?

Apa itu Supplier
Apa itu Supplier/ cara mendapatkan Supplier obat pertanian

Taukah gak sih kamu apa perbedaan dari Supplier dan Distributor? Keduanya sama-sama merupakan identitas yang terlibat dalam rantai pasokan produk. Namun diantaranya keduanya, yang manakah akan lebih menguntungkan untuk diajak bekerjasama? Nah, sebelum lanjut membahas mengenai cara mendapatkan supplier obat pertanian, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu supplier dan distributor.

Supplier adalah pihak atau perusahaan yang memproduksi atau menyediakan produk atau barang tertentu. Dengan kata lain, Supplier sebagai pihak pertama yang berperan menyediakan barang/ pemasok utama untuk kemudian disalurkan ke pihak lain. Sedangkan Distributor merupakan perantara atau pihak yang meneruskan produk atau barang yang dibeli dari supplier dan didistribusikan ke berbagai toko atau pun pengecer.

Jadi lebih menguntungkan mana, Supplier atau Distributor? Dari pengertian diatas, tentunya anda sendiri pun juga dapat menarik kesimpulan bahwa yang lebih menguntungkan adalah bekerja sama dengan Supplier, tangan pertama yang memproduksi barang atau produk tertentu.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mencari Supplier Obat Pertanian?

Ketika kamu ingin memulai usaha dibidang obat-obatan pertanian, tentu kamu harus memahami langkah demi langkah yang akan anda lalui nantinya. Dari manakah kamu akan memulai usaha obat pertanian yang akan kamu jalankan? Apakah langsung mencari supplier obat pertanian? Tentu saja tidak!

Lantas apakah yang lebih penting dilakukan sebelum mencari supplier? Nah, disini kami memberi tahu kan kepada anda bahwa langkah yang perlu anda ambil sebelum mencari Supplier obat pertanian adalah mengenali secara mendalam tentang obat-obatan pertanian. Dalam hal ini anda harus mengetahui apa saja varian obat pertanian dan fungsinya.

Tujuannya adalah supaya anda bisa memastikan ketersediaan stok obat yang dibutuhkan oleh konsumen nantinya di toko anda. Tak hanya itu, dengan mengenali benar-benar tentang obat pertanian, nantinya anda akan memiliki pengetahuan yang dapat anda bagikan kepada para konsumen anda sesuai dengan permasalahan tanaman yang mereka hadapi. Ini merupakan salah satu trik manjur untuk menarik minat orang untuk mengunjungi dan berbelanja di toko anda.

Baca Juga :  6 Cara Scan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Nah, untuk membantu pemahaman kamu tentang obat-obatan pertanian, dibawah ini kami akan menyajikan informasi terlengkap tentang obat-obatan pertanian.

  • Mengetahui apa itu obat pertanian

Mengenal obat-obat pertanian
Sumber: bumikita.id/ cara mendapatkan Supplier obat pertanian

Obat pertanian atau yang lebih sering disebut sebagai “Pestisida” adalah zat kimia yang digunakan untuk memberantas ataupun mencegah hama-hama dan berbagai penyakit yang merusak tanaman atau hasil-hasil pertanian.

Dilansir dari Wikipedia obat pertanian adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Jika ditinjau dari bentuk katanya “Pestisida” berasal dari bahasa Inggris yaitu “Pest artinya hama” dan “Cida artinya membunuh” Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pestisida itu merupakan pembunuh hama pada tanaman.

  • Mengenal Jenis obat-obatan pertanian

Perlu anda ketahui bahwa obat-obatan pertanian terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

> Berdasarkan jenis sasaran hama

Bagian yang pertama yaitu jenis obat-obatan pertanian berdasarkan jenis sasaran hama nya. Jenis pestisida pada bagian ini terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya seperti:

  1. Insektisida, berfungsi untuk membasmi semua jenis serangga.
  2. Fungisida, berfungsi untuk memberantas atau pun mencegah fungi/ jamur.
  3. Herbisida, digunakan untuk membunuh tumbuhan pengganggu (gulma).
  4. Moluskisida, untuk membunuh berbagai jenis moluska seperti bekicot, siput dan yang lainnya.
  5. Bakterisida, berfungsi untuk membunuh segala jenis bakteri.
  6. Akarisida, ampuh untuk membunuh tungau, caplak dan laba-laba.
  7. Rodentisida, mematikan berbagai jenis binatang pengerat seperti tikus.
  8. Ovisida, berfungsi untuk merusak telur dari hama pengganggu.
  9. Termisida, digunakan untuk membunuh rayap.
  10. Nermatisida, berfungsi untuk mengendalikan nematoda.

> Berdasarkan bentuk fisik obat

  1. Tepung (powder), merupakan jenis pestisida yang pengaplikasian nya harus dilarutkan terlebih dahulu. Dengan sifatnya yang mengendap, maka saat menggunakannya harus sambil terus diaduk-aduk supaya tercampur rata.
  2. Butiran (Granul), ialah jenis pestisida dalam bentuk butiran yang dapat diaplikasikan langsung tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.
  3. EC (Emulsifiable Concentrates), adalah pestisida yang berbentuk seperti susu yang dikemas dengan bentuk semprotan. Jenis pestisida ini bisa secara langsung diaplikasikan pada tanaman.

> Berdasarkan cara kerjanya

  1. Racun lambung, merupakan jenis pestisida yang kinerjanya akan terlihat setelah serangga memakannya dan masuk kedalam organ pencernaanya.
  2. Racun kontak, jenis pestisida yang cara kerjanya melalui kontak kulit (kutikula) serangga dan ditransportasikan ke bagian tubuh serangga tempat pestisida aktif bekerja.
  3. Racun pernafasan, yaitu jenis pestisida yang cara kerjanya membunuh hama atau serangga lewat sistem pernafasan.
  4. sistemik, merupakan jenis pestisida yang pengaplikasian nya dengan cara disemprotkan. Cara kerjanya yaitu setelah serangga atau hama memakan atau menghisap cairan yang telah disemprotkan melalui daun tanaman.
  5. Racun protoplasma, Cara kerjanya yaitu dengan mengganggu fungsi sel sehingga protoplasma sel menjadi rusak.
  6. Racun metabolisme, adalah pestisida yang membunuh serangga dengan mengintervensi proses metabolisme nya.

> Berdasarkan bahan aktif didalamnya

  1. Dinitrofenol, Dinex.
  2. Heterosiklik, Kepone, mirexOrganofosfat: Klorpirifos, Prefonofos.
  3. Sintetik anorganik, garam-garam beracun seperti arsenat, flourida, tembaga sulfat, dan garam merkuri.
  4. Karbamat, Earbofuran, SPMC, dll.
  5. Organik organo khlorin, DDT, SHC, Endrin, Dieldrin dan yang lainnya.
Baca Juga :  9 Cara Membuat Makanan Anjing Dari Nasi Dengan Benar

Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian

Nah, setelah anda mengetahui apa itu obat pertanian lengkap dengan jenis-jenis dan fungsinya, selanjutnya kami akan membahas mengenai topik utama pembicaraan kita dalam artikel ini, yaitu cara mendapatkan Supplier obat pertanian.

Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian
Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian

Terdapat berbagai cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang dapat kamu lakukan. Masing-masing diantaranya kami tampilkan dalam penjelasan kami dibawah ini.

Berikut 5 Cara mendapatkan Supplier obat pertanian:

  • Melalui website atau mesin telusur Google

Cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang pertama dapat anda lakukan melalui website resmi melalui mesin telusur Google. Ketika anda melakukan pencarian melalui Google, maka nantinya akan muncul banyak supplier obat pertanian yang dapat kamu pilih. Namun perlu diingat, dalam hal ini anda tidak boleh melakukan secara ngasal. Pastikan website yang anda kunjungi merupakan yang resmi.

Website resmi biasanya menyertakan informasi dengan lengkap mulai dari alamat lengkap, kontak person, detail produk secara keseluruhan dan sebagian ada juga yang disertai dengan rating dan ulasan dari para pelanggannya. Cara lain untuk memastikan apakah perusahaan dalam web yang anda temui asli atau tidak, lakukanlah kembali pencarian di Google dengan memasukkan nama perusahaannya, lalu periksa apakah benar-benar ada dan apakah alamatnya sama.

  • Meninjau langsung ke lokasi sentra industri

Jika memungkinkan anda juga bisa mendatangi langsung ke lokasi sentra industri. Cara ini tentu akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kamu, karena dengan bertemu produsen secara langsung anda bisa lebih luwes untuk bernegosiasi harga, membangun komunikasi yang baik dengan mereka yang akan menjadi supplier anda sehingga jalannya bisnis anda nantinya lebih terjamin, bertanya-tanya tentang hal yang ingin anda ketahui terkait bisnis yang akan anda jalankan, dan yang lebih pentingnya adalah anda akan terhindar dari penipuan. Sayangnya, dikarenakan faktor lokasi, mendatangi supllier secara langsung adalah langkah yang sedikit rumit.

  • Ikuti grup (komunitas) bisnis obat pertanian di berbagai media sosial

Cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang berikutnya yaitu dengan mengikuti grup-grup atau komunitas bisnis obat pertanian di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram dan yang lainnya. Dalam forum tersebut biasanya akan terdapat banyak Supplier yang akan menawarkan kerja sama dengan anggota-anggota grup didalamnya yang ingin memulai bisnisnya dalam bidang obat pertanian. Hubungi lah beberapa Supplier tersebut agar mendapat perbandingan harga yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan.

  • Temukan supplier obat pertanian lewat marketplace

Selanjutnya, ada juga cara mendapatkan Supplier obat pertanian lewat marketplace seperti Shopee, Lazada, BliBli, Buka Lapak, Tokopedia, dan yang lainnya. Pada platform ini, anda juga bisa menemukan berbagai Supplier yang siap membantu anda untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda. Lakukan pengecekan satu per satu untuk mendapatkan Supplier yang memberikan penawaran harga lebih murah, sehingga peluang anda untuk mendapatkan keuntungan banyak semakin besar.

  • Menghubungi teman atau kenalan dengan bisnis yang serupa

Terakhir, cara mendapatkan Supplier obat pertanian dengan menghubungi teman atau kenalan yang menjalankan bisnis yang serupa dengan bisnis yang akan anda kelola nantinya. Mintalah informasi pada mereka tentang bagaimana mereka mendapatkan Supplier. Selain itu, anda juga bisa menanyakan hal-hal lain yang berkepentingan dengan bisnis yang akan anda bangun.

Baca Juga :  Jaringan Telkomsel Gangguan Hari Ini 2024? Cek Infonya Disini!

Bagaimana Cara Memilih Supplier yang Terpercaya?

Bagaimana Cara Memilih Supplier yang Terpercaya
Cara mendapatkan Supplier obat pertanian

Setelah menampilkan beberapa cara mendapatkan Supplier obat pertanian, dalam artikel ini kami juga akan membagikan bagaimana cara untuk memilih Supplier yang terpercaya. Ini adalah langkah penting yang tidak boleh sampai anda abaikan karena dengan memastikan apakah Supplier tersebut terpercaya, akan akan terhindar dari berbagai kemungkinan masalah seperti penipuan yang akan membuat usaha anda jatuh sebelum berdiri.

Nah, langsung saja anda perhatikan berikut beberapa cara memilih Supplier terpercaya:

  • Alamat dan kontak yang jelas

Cara memilih Supplier terpercaya yang pertama yaitu dengan meminta alamat dan kontak mereka. Supplier yang benar-benar tentu akan menyertakan dengan jelas alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Untuk memastikan benar-benar, lakukan kembali pencarian melalui Google dengan memasukkan nama perusahaan mereka, dan lihatlah performanya, pastikan apakah alamat dan kontak yang tertera sesuai.

  • Pertimbangkan rating dan ulasan yang didapatkan Supplier

Jika anda mencari Supplier melalui Market Place dan Google, biasanya akan menyertakan rating dan ulasan dari konsumen yang pernah bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Nah, pastikan anda memilih Supplier yang memiliki rating dan ulasan yang bagus. Jangan tergiur dengan Supplier yang memberikan penawaran harga lebih murah namun rating dan ulasannya jelek.

  • Lihat ketersediaan barang

Selanjutnya, ketersediaan barang oleh Supplier juga wajib harus diperhatikan. Pastikanlah barang atau produk yang anda butuhkan semuanya tersedia pada Supplier. Pasa setiap Supplier biasanya memampilkan rincian detail produk yang tersedia secara lengkap. Nah, anda dapat memperhatikan bagian ini, dan mencocokkan dengan kebutuhan anda.

  • Peraturan dan Ketentuan yang ditetapkan

Poin lain yang tak kalah penting adalah meninjau peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Supplier. Sebaiknya pilihlah Supplier yang memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengajukan refund barang. Sehingga jika anda menerima barang tidak sesuai pesanan atau mungkin rusak, anda bisa mengajukan pengembalian.

  • Kecepatan pengiriman barang

Bagian yang terakhir adalah melihat dari segi pengiriman barang. Hal ini biasanya dapat anda temui lewat ulasan dari pelanggan perusahaan tersebut. Pastikan kamu jangan sampai memilih Supplier yang memiliki riwayat pengiriman yang buruk.

Tips Memulai dan Sukses dalam Usaha Obat Pertanian

Tips Memulai dan Sukses dalam Usaha Obat Pertanian
Cara mendapatkan Supplier obat pertanian

Sebagai tambahan informasi terakhir, selain membagikan cara mendapatkan Supplier obat pertanian, dalam artikel ini kami juga akan memberikan kamu tips memulai dan sukses menjalankan bisnis obat pertanian. Selengkapnya, cek dalam tabel berikut ini:

Tips sukses menjalankan bisnis obat pertanian Deskripsi lengkap
Pembiayaan dan modal usaha Langkah pertama, memastikan ketersediaan modal usaha. Obat-obatan pertanian memiliki harga yang cukup mahal, pastikan kamu memiliki modal yang kuat.
Perencanaan bisnis Buatlah perencanaan bisnis, mulai dari produk apa yang akan kamu pasarkan, bagaimana cara mu untuk memasarkan, dan lainnya.
Pengenalan produk yang akan dijual Pastikan kamu memiliki memiliki pengetahuan yang luas tentang produk-produk yang akan anda jual.
Menentukan lokasi bisnis Pilihlah lokasi bisnis yang strategis yang berada dilingkungan sektor pertanian. Ini akan memungkinkan banyak orang nantinya yang akan berkunjung ke toko anda.
Mencari Supplier Carilah Supplier yang memberikan penawaran harga yang lebih murah namun tetap terpercaya.
Menentukan harga jual Setelah mendapatkan harga dari Supplier, tentukanlah harga jual anda. Pastikan untuk tidak membuat terlalu rendah ataupun sebaliknya.
Pemasaran dan penjualan Mulailah penjualan, sambil melakukan promosi lewat berbagai media sosial seperti WA, IG, Telegram, Facebook, dll.
Menjaga kualitas pelayanan Jagalah kualitas dan pelayanan anda terhadap para customer anda. Hal ini akan mendukung usaha anda secara berkelanjutan.

Kesimpulan

Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian
Cara Mendapatkan Supplier Obat Pertanian

Dalam memulai usaha bisnis obat pertanian, hubungan anda dengan Supplier akan berdampak signifikan pada kesuksesan anda. Dengan mengikuti beberapa cara mendapatkan Supplier obat pertanian yang telah kami tampilkan dalam panduan ini, anda dapat memastikan bahwa anda mendapatkan Supplier yang berkualitas, dapat diandalkan, yang bisa mendukung keberlanjutan usaha anda. Ingatlah, bahwa Supplier yang tepat adalah kunci kesuksesan usaha anda. Demikian yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu, salam sukses 💪😊

Back to top button