Tutorial

9 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air: Pasti Berhasil!

Memiliki pemahaman akan cara mengatasi speaker HP kemasukan air dapat membantu anda agar melakukan langkah-langkah yang tepat dalam menangani masalah speaker HP yang baru saja kemasukan air.

Speaker HP kamu baru terkena air? Yuk, sebelum mencapai kerusakan yang lebih lanjut ketahuilah beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air seperti yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Apa yang Terjadi jika Speaker HP Kemasukan Air?

Speaker HP Kemasukan Air
Speaker HP Kemasukan Air

Pada umumnya yang akan terjadi jika speaker HP kemasukan air yaitu menyebabkan kerusakan dan perubahan pada kualitas suara yang dihasilkan. Anda mungkin akan mendengar suara yang pecah, terdistorsi, atau bahkan tidak ada suara sama sekali.

Namun selain hal diatas, ada juga beberapa hal yang mungkin terjadi jika speaker HP kemasukan air, yaitu:

  1. Kerusakan pada komponen elektronik: Jika air telah mencapai komponen elektronik di dalam speaker, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sirkuit dan komponen lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan total pada speaker HP.
  2. Korosi dan oksidasi. Air yang masuk ke dalam perangkat elektronik dapat menyebabkan korosi dan oksidasi pada komponen-komponen di dalamnya. Ini dapat mengurangi kinerja perangkat secara keseluruhan, karena sifat korosi yang mudah menyebar.
  3. Dampak pada fungsi lainnya. Apabila air yang masuk ke speaker HP dalam jumlah yang besar, maka kemungkinan dapat mempengaruhi fungsi HP lainnya.
Baca Juga :  Cara Pinjam Pulsa Indosat 50 Ribu Dengan Mudah Tanpa Ribet

Apa Langkah Pertama yang Harus Dilakukan jika Speaker HP Kemasukan Air?

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika speaker HP kemasukan air adalah anda tidak boleh panik dan segeralah matikan perangkat. Sikap panik hanya akan membuat anda menjadi bingung untuk mengambil tindakan yang tepat.

Saat perangkat dimatikan, maka tidak akan ada lagi arus listrik yang mengalir ke komponen dalam perangkat, sehingga menghindari korosi atau kerusakan sirkuit akibat kontak dengan air.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Anda mungkin sudah tidak sabar lagi ingin segera mengetahui cara mengatasi speaker HP kemasukan air.

Nah, dalam mengatasi speaker HP yang kemasukan air ada beberapa langkah-langkah yang perlu anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, segeralah matikan ponsel anda dengan cepat
  2. Pastikan anda meletakkan ponsel dengan posisi speaker HP ke arah bawah
  3. Selanjutnya cobalah keringkan bagian permukaan speaker yang dapat di jangkau dengan menggunakan tissu atau handuk
  4. Anda juga bisa menggunakan pompa pengisap (jika ada)
  5. Gunakan silika Gel yang dapat menyerap kelembapan dengan cepat
  6. Apabila tidak memiliki Silika Gel, anda juga bisa menggunakan beras. Kubur lah HP anda ke dalam beras dengan arah speaker menghadap ke bawah
  7. Biarkan speaker HP mengering secara alami, hindari menggunakan hair dryer atau alat pemanas lainnya karena bisa merusak komponen internal perangkat
  8. Coba nyala kan kembali, lalu periksa apakah speaker HP anda sudah bisa berfungsi dengan baik kembali.
  9. Apabila masih tetap rusak, maka langkah terakhir anda bisa coba bawa perangkat ke teknisi untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut.
Baca Juga :  7 Cara Cari Lagu Dengan Suara Online, Mudah dan Praktis Banget!

1. Matikan ponsel dengan cepat

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika speaker HP anda kemasukan air adalah mematikan perangkat dengan cepat. Langkah ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut karena air yang masuk tidak kontak dengan listrik.

2. Posisikan speaker HP ke arah bawah

Setelah mematikan perangkat, jangan lupa agar memposisikan letak HP dengan speaker mengarah ke bawah. Ini akan membantu air yang masuk dapat dengan mudah menetes dan keluar dari speaker HP.

3. Keringkan dengan menggunakan tissu atau handuk

Cobalah keringkan permukaan speaker yang dapat di jangkau dengan menggunakan tissu atau handuk/ kain yang menyerap. Langkah ini dapat mempercepat proses pengeringan speaker dan mencegah adanya kerusakan lebih lanjut.

4. Gunakan pompa pengisap

Jika anda memiliki alat pompa pengisap, maka anda bisa coba gunakan alat ini untuk menarik dan mengeluarkan air yang masuk ke dalam speaker. Namun, ingatlah agar menggunakannya dengan penuh ke hati-hatian, agar tidak merusak komponen dalam speaker.

5. Gunakan silika Gel

silika Gel
silika Gel/ Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan silika gel. Silika gel merupakan benda yang dapat menyerap kelembapan dengan cepat.

Silahkan letakkan ponsel anda dalam wadah yang telah diisi dengan silika gel untuk membantu mengeringkan bagian didalamnya dengan cepat.

6. Masukkan HP dalam beras

Jika dirumah anda tidak ada silika gel, maka kamu bisa coba menggunakan bahan dapur yaitu beras, yang pasti mudah ditemukan karena termasuk sebagai salah satu kebutuhan pangan sehari-hari.

Mengubur ponsel yang terkena air di dalam beras selama beberapa jam dapat membantu menyerap kelembapan dari speaker perangkat. Namun seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pastikan anda meletakkan ponsel dengan posisi speaker mengarah ke bawah.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profil TikTok Kita

7. Biarkan speaker HP mengering secara alami, hindari menggunakan hair dryer

Apabila speaker HP anda kemasukan air, jangan coba-coba untuk menggunakan hair dryer atau alat lain sejenisnya untuk mengeringkan bagian speaker, karena panas berlebih dapat merusak komponen internal HP.

Sebaiknya biarkanlah speaker HP anda mengering secara alami. Setelah mematikan perangkat dan melakukan berbagai upaya diatas, biarkan perangkat anda mengering dengan sendirinya selama kurang lebih 24-48 jam sebelum mencoba menyalakannya kembali.

8. Coba nyalakan kembali

Setelah proses pengeringan selama kurang lebih dari 24-48 jam, cobalah nyalakan kembali perangkat anda. Kemudian lakukan tes, apakah kerusakan speaker akibat dari kemasukan air tersebut sudah berhasil teratasi.

9. Bawa ponsel ke teknisi HP

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Jika setelah dinyalakan kembali, ternyata speaker HP anda masih tidak berfungsi dengan baik, maka anda mungkin perlu membawa perangkat anda ke teknisi atau orang yang berpengalaman di bidang nya, untuk diperbaiki lebih lanjut.

Namun perlu diketahui bahwa ini mungkin melibatkan penggantian speaker yang baru. oleh karena itu, pastikan anda menyiapkan sejumlah uang.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Dengan mengikuti langkah-langkah dari cara mengatasi speaker HP kemasukan air, anda dapat menangani masalah speaker HP kemasukan air dengan baik dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat anda.

Dengan tindakan yang tepat, anda bisa mendapatkan kembali kualitas suara yang optimal pada speaker HP anda.

Back to top button