Tutorial

6 Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

Tak sedikit orang yang mengalami kendala saat akan mengaktifkan fitur Shopee PayLater. Pembahasan terkait cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus dalam artikel ini akan membantu anda untuk mengatasi kendala tersebut.

Mengenal Shopee Paylater

Mengenali terlebih dahulu suatu layanan tertentu seperti Shopee Paylater merupakan langkah awal yang wajib dilakukan! Oleh karena itu, pada bagian pertama ini kami akan menyajikan sejumlah informasi tentang fitur Shopee Paylater.

Apa itu Shopee Paylater?

Apa itu Shopee Paylater
Sumber: wigatos.com

Shopee Paylater adalah salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi Shopee yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan metode pembayaran beli sekarang bayar nanti (bulan berikutnya atau dengan beberapa kali cicilan).

Fitur ini dibuat oleh PT. Commerce Finance sejak tahun 2019 yang silam. Adanya fitur ini menjadi salah satu daya tarik platform Shopee sebagai salah satu aplikasi belanja online.

Mengapa demikian? Karena dengan adanya fitur ini, pengguna bisa melakukan berbagai pembelian produk Shopee maupun pembayaran berbagai tagihan dan membayarnya nanti sesuai dengan tempo pembayaran yang dipilih.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Paylater

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Shopee Paylater yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

  • Kelebihan Shopee Paylater:

  1. Tersedia berbagai opsi pembayaran tagihan mulai dari pembayaran bulan depan dan juga melalui cicilan.
  2. Tak tanggung-tanggung, metode pembayaran dengan cicilan juga memberikan tenor yang meringankan mulai dari 3,6,12 hingga 18 bulan.
  3. Biaya penanganan relatif kecil, yakni hanya sebesar 1% dari total belanjaan.
  4. Pengguna yang rutin melunasi tagihan akan mendapat reward berupa limit pinjaman yang semakin dinaikkan
  5. Beban bunga yang relatif ringan dan bersahabat
  6. Dapat menjadi solusi saat dalam situasi mendesak, sementara isi dompet lagi menipis
  • Kekurangan Shopee Paylater:

  1. Membuat pengguna ketergantungan, sehingga utang menjadi semakin menumpuk
  2. Biaya keterlambatan membayar tagihan cukup tinggi
  3. Risiko kebiasaan hidup boros
Baca Juga :  Cara mendapatkan VIP YSeek Gratis Terbaru

Apakah Shopee Paylater aman digunakan?

Ya, Shopee Paylater tentu saja aman digunakan! Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena Shopee Paylater telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan demikian, semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater dijamin aman!

Syarat & Cara Daftar Shopee Paylater

Cara daftar Shopee Paylater
Cara daftar Shopee Paylater

Untuk kamu yang berencana ingin mendaftar fitur Shopee Paylater, pastikan kamu memperhatikan dengan baik apa saja syarat dan bagaimana langkah-langkah untuk mengaktifkan Shopee Paylater berikut ini.

Syarat untuk mengaktifkan Shopee Paylater

Sebelum lanjut ke caranya, perhatikanlah terlebih dahulu beberapa syarat mengaktifkan Shopee Paylater berikut ini:

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 65 tahun.
  2. Memiliki kartu tanda penduduk (KTP) yang sah.
  3. Shopee telah digunakan minimal dalam waktu 3 bulan.
  4. Nomor HP yang tertaut ke akun Shopee harus masih aktif.
  5. Harus berstatus sebagai warga negara Indonesia.
  • Langkah-langkah Mendaftarkan Shopee Paylater

  1. Langkah pertama, pastikan aplikasi Shopee sudah terpasang di ponsel anda.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya. Pastikan juga ponsel terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil
  3. Pada halaman utama, kliklah menu “Saya
  4. Lalu pilih dan klik pada opsi  “SPayLater” diikuti dengan mengklik lagi “Aktifkan Sekarang“
  5. Anda anda menerima kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan ke nomor handphone yang anda tautkan ke Shopee.
  6. Masukkanlah kode OTP dengan benar!
  7. Setelah itu silahkan upload foto KTP anda. Posisikan KTP pada bingkai yang tersedia. Usahakan untuk mengambil gambar di ruangan dengan pencahayaan terang supaya hasilnya terlihat jelas dan tidak blur
  8. Jika hasil foto dirasa sudah bagus, silahkan tekan tombol centang ()
  9. Dalam beberapa saat, (Nama, NIK, dan tanggal lahir) kamu akan ditampilkan secara otomatis sesuai dengan foto KTP yang telah kamu upload. Silahkan periksa, jika sudah benar maka kliklah “Konfirmasi
  10. Lalu masukkan informasi tambahan, dan tekan lanjut
  11. Langkah berikutnya adalah “Verifikasi SpayLater” Silahkan lakukan “Verifikasi Wajah” dengan mengarahkan wajah pada bingkai yang terlihat di layar ponsel anda. Pastikan pencahayaan dalam ruangan memadai
  12. Jika sudah berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi bahwa SPayLater anda sedang diproses
  13. Pengajuan aktivasi SPaylater anda akan diperiksa oleh tim terkait dalam waktu 2×24 jam
  14. Apabila pengajuan aktivasi Shopee Paylater disetujui, anda akan menerima notifikasi berisi keterangan umum dan limit pinjaman yang diperoleh.
  15. Selesai! Kini anda sudah bisa berbelanja di Shopee dengan menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater.
Baca Juga :  3 Cara Mengetahui Dia Chat dengan Siapa di Messenger Tanpa Ketahuan

Kenapa Fitur Shopee Paylater Tidak Muncul di Akun Saya?

Perlu diketahui bahwa, fitur Shopee Paylater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih melalui aplikasi Shopee.

Jika anda terpilih, anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan SPayLater. Demikian juga sebaliknya jika anda belum terpilih, maka fitur SPayLater tidak akan muncul di aplikasi Shopee kamu.

Kenapa Shopee Paylater Gagal Didaftar?

Kenapa Shopee Paylater gagal didaftarkan
Sumber: cermati.com

Tak sedikit pengguna Shopee yang mengalami kegagalan saat mendaftarkan fitur Shopee Paylater. Apakah kamu juga mengalami kendala yang sama? Nah, tidak perlu khawatir! Berikut ini kami jelaskan beberapa alasan kenapa Shopee Paylater gagal didaftarkan:

Penyebab Shopee Paylater Gagal Didaftarkan Keterangan
Data diri tidak lengkap Pengajuan aktivasi akan ditolak oleh Shopee jika identitas/ data diri tidak dilengkapi sesuai dengan yang diminta.
Tidak memenuhi persyaratan Beberapa persyaratan untuk mengaktifkan fitur Shopee Paylater dapat anda perhatikan kembali di pembahasan sebelumnya.
Lokasi atau Fitur GPS ponsel tidak diaktifkan Shopee perlu meninjau lokasi anda, agar jika kedepannya terjadi suatu masalah, mereka bisa mendatangi anda secara langsung.
Aplikasi Shopee belum di update Terkadang aplikasi yang kadaluwarsa dapat menurunkan performa kinerja aplikasi, sehingga beberapa fitur didalamnya mungkin bisa bermasalah.
Masalah pada ponsel dan aplikasi Cache yang menumpuk pada aplikasi, sampah penyimpanan yang sudah penuh, dan sistem operasi ponsel yang kadaluwarsa juga dapat menyebabkan Shopee Paylater gagal didaftarkan.

Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

Cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus
Cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, selanjutnya kami akan memberikan panduan terkait cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus.

Ada beberapa cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus yang dapat kamu lakukan melalui langkah yang mudah dan sederhana, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  12+ Cara Cek Nomor Pesanan Shopee Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah dan Cepat

1. Lengkapi data diri

Cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus yang pertama yaitu dengan melengkapi data diri. Agar data diri yang kamu masukkan saat pengajuan aktivasi mudah di proses, pastikan:

  • Data diri yang diberikan akurat dan sesuai dengan KTP.
  • Informasi pribadi dan kontak diisi dengan benar dan lengkap.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang digunakan valid.
  • Foto KTP terlihat jelas dan tidak tertutupi atau terhalang oleh benda.
  • Foto diri di KTP sama dengan foto yang diambil saat proses verifikasi wajah.

2. Penuhi semua persyaratan yang diminta

Seperti yang telah kami tampilkan sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan fitur Shopee Paylater. Oleh karena itu, cobalah memperhatikan kembali apa saja persyaratannya sebelum mengajukan aktivasi kembali.

3. Aktifkan fitur GPS saat mengajukan aktivasi kembali

Cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus yang berikutnya yaitu dengan mengaktifkan fitur lokasi atau GPS di ponsel. Selain itu, pastikan juga kamu telah memberikan izin akses lokasi di aplikasi Shopee.

4. Update aplikasi ke versi terbaru

Selanjutnya, ada juga cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru. Langkah ini dapat anda lakukan melalui layanan penyedia aplikasi di ponsel anda seperti Play/ App Store.

5. Hapus cache aplikasi dan perbarui software perangkat

Sebelumnya, kami telah menyebutkan sejumlah penyebab Shopee Paylater gagal didaftarkan, salah satunya yaitu karena penumpukan cache pada aplikasi Shopee atau sistem operasi perangkat yang telah kadaluwarsa.

Nah, cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus karena kendala seperti ini bisa dilakukan dengan menghapus penumpukan cache tersebut. Jika belum juga berhasil, silahkan update sistem operasi ponsel anda.

6. Hubungi call center Shopee

Cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus yang terakhir adalah dengan menghubungi pihak layanan pelanggan atau Customer Service Shopee. Khusus untuk pengaduan kendala terkait pengaktifan fitur Shopee Paylater, anda bisa menghubungi CS Shopee langsung dari aplikasi atau melalui email customerservice@cmf.co.id.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus
Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

Dengan mengetahui bagaimana cara mengatasi daftar Shopee Paylater gagal terus, anda bisa meraih kesempatan untuk menikmati kemudahan berbelanja di aplikasi Shopee dengan menggunakan metode pembayaran SPayLater.

Back to top button