Tutorial

8 Cara Menggandakan WA Tanpa Aplikasi

Ingin memiliki 2 akun Whatsapp sekaligus dalam satu perangkat? Jika iya, pastikan kamu mengetahui cara menggandakan Wa tanpa aplikasi yang akan kami rangkum dalam artikel ini.

Banyak orang yang ingin menggunakan dua akun Whatsapp dengan berbagai alasan dan tujuan tertentu. Ada yang membuat 2 akun Wa untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis, ada juga yang menggunakan 2 akun Wa untuk membuat satu akun digunakan untuk privasi (media komunikasi dengan orang-orang terdekat/kerabat seperti dengan keluarga, pacar, teman terdekat, dll sedangkan akun satunya lagi digunakan untuk orang-orang yang bukan merupakan orang penting dalam hidupnya atau untuk orang yang berkomunikasi dengan kita hanya dalam jangka waktu singkat.

Mengingat dalam satu aplikasi Wa hanya bisa ditautkan dengan 1 akun untuk satu nomor HP saja, maka jika anda berkeinginan untuk menggandakan Wa atau membuat 2 akun Whatspp maka anda harus memiliki 2 aplikasi Whatsapp yang terpasang dalam HP anda. Namun, bagaimanakah caranya untuk menggandakan Wa tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan? Jika anda ingin mengetahui nya, maka langsung saja lihat beberapa penjelasan yang akan kami tuturkan dibawah ini!

Seputar Mengenai Whatsapp

Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
Cara menggandakan WA tanpa aplikasi

Sebelum menampilkan cara menggandakan WA tanpa aplikasi, terlebih dahulu kami akan menampilkan sedikit penjelasan singkat seputar aplikasi Whatsapp.

  • Apa itu Whatsapp?

Whatsapp merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat saling berkirim pesan melalui fitur obrolan chat, dan juga melakukan panggilan (suara & video) yang telah digunakan lebih dari 5 miliar orang di lebih dari 180 negara di dunia. Whatsapp begitu sederhana, reliabel, dan privat sehingga anda dapat tetap terhubung dengan teman maupun keluarga dengan mudah. Menariknya, aplikasi ini tak hanya dapat diakses melalui HP saja, namun mendukung juga untuk diakses dengan menggunakan perangkat lain seperti laptop/ PC.

Selain itu, salah satu yang paling menarik hati pengguna SmartPhone untuk menggunakan WhatsApp messenger ini adalah karena aplikasinya yang tidak terlalu mengkomsumsi data dengan boros, bahkan anda tetap dapat terhubung dengan WhatsApp walau dalam kondisi internet yang lambat. Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan yang fantastic terutama untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan akan kuota internet.

  • Keuntungan menggunakan Whatsapp

Taukah kamu? Ada beberapa keuntungan yang akan kamu nikmati sebagai kelebihan dari aplikasi Whatsapp ini sendiri. Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi Whatsapp, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat melakukan video call dengan maksimal anggota yang bergabung sebanyak 8 orang
  2. Mendukung untuk melakukan video call grup dengan maksimal anggota yang bergabung bisa mencapai 32 orang (namun harus melalui Whatsapp web ya guys)
  3. Dapat berbagi file dengan mudah, seperti file foto, video, dokumen, dll
  4. Keamanan yang terjamin karena setiap obrolan maupun panggilan terenkripsi secara end to end
  5. Merupakan aplikasi yang paling populer digunakan dalam membentuk sebuah grup resmi (grub yang berhubungan dengan pekerjaan, instansi, sekolah, dll) dan juga grup biasa seperti grup keluarga, grup dengan besti-besti, dll.
  6. Hemat dalam pemakaian kuota internet serta dapat tetap digunakan walau dalam koneksi internet yang lemah
  7. Memiliki batas anggota grup WA sampai 1.204 orang
  8. Tersedia fitur komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk sebuah komunitas tertentu
  9. Panggilan suara dan video yang berkualitas tinggi
  10. Memungkinkan pengguna untuk dapat membagikan moment keseharian nya melalui fitur “Story/ status”
Baca Juga :  4 Cara Transfer Kuota XL Xtra Combo Ke Nomor Lain Mudah Dan Praktis
Kekurangan Aplikasi WhatsApp Penjelasan
Ketergantungan pada Koneksi Internet WhatsApp memerlukan koneksi internet aktif (data seluler atau Wi-Fi) untuk berfungsi. Ini dapat menjadi masalah jika Anda berada di daerah dengan sinyal yang buruk atau memiliki kuota data yang terbatas.
Butuh Nomor Telepon Anda harus memiliki nomor telepon yang valid untuk mendaftar dan menggunakan WhatsApp. Ini mungkin tidak ideal jika Anda ingin menjaga privasi atau tidak ingin menggunakan nomor telepon pribadi.
Tidak Anonim WhatsApp umumnya terkait dengan identitas pengguna yang sebenarnya. Ini berarti Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini secara anonim seperti aplikasi pesan yang lebih privasi.
Keterbatasan pada File Sharing WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat Anda kirim, terutama untuk video, foto, dan dokumen. Ini bisa menjadi masalah jika Anda perlu mengirim file yang sangat besar.
Kebijakan Privasi yang Kontroversial WhatsApp telah menghadapi kontroversi terkait dengan kebijakan privasi dan berbagi data dengan perusahaan induknya, Facebook. Hal ini telah menyebabkan beberapa pengguna khawatir tentang privasi mereka.
Tidak Ada Opsi untuk Menghapus Pesan Sepenuhnya Meskipun WhatsApp memiliki fitur menghapus pesan, pesan tersebut masih dapat ditemukan melalui backup jika pengguna lain memiliki salinan pesan tersebut. Ini mengurangi tingkat privasi dalam penghapusan pesan.
Tidak Bisa Digunakan di Beberapa Perangkat Secara Bersamaan WhatsApp hanya dapat digunakan di satu perangkat pada satu nomor telepon pada satu waktu. Meskipun ada beberapa upaya untuk mengizinkan penggunaan di beberapa perangkat, ini masih terbatas.
Potensi untuk Spam dan Pesan Tidak Diinginkan Seperti aplikasi pesan lainnya, WhatsApp dapat rentan terhadap pesan spam dan pesan tidak diinginkan dari orang yang tidak dikenal. Anda perlu berhati-hati dan mengatur pengaturan privasi dengan benar.
  • Link Download Whatsapp

Nama Aplikasi WhatsApp Messenger
Developer WhatsApp LLC
Link download com.whatsapp
Jumlah download 5M+
Rating di Play store  4,3 dari 172jt+ ulasan
Baca Juga :  5 Cara Menggabungkan Video Di TikTok Menjadi Satu Video

Cara Menggandakan WA tanpa Aplikasi

Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
Cara menggandakan WA tanpa aplikasi

Berikut cara menggandakan WA tanpa aplikasi. Anda tidak perlu repot untuk mencari cara menggandakan aplikasi sesuai dengan merk HP anda, karena cara yang akan kami tampilkan disini merupakan cara yang bisa diaplikasi untuk semua jenis SmartPhone. Penasaran? maka langsung saja kami tunjukkan, ini dia langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu “pengaturan/ setting” di ponsel kamu
  2. Lalu scroll kebawah, cari dan kliklah pada menu “Aplikasi
    Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
    Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
  3. Nantinya akan muncul beberapa pilihan/ opsi
  4. Pada beberapa opsi tersebut, kliklah pada “Aplikasi ganda
    Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
    Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
  5. Maka akan tampil semua aplikasi dalam HP kamu
  6. Cari dan klik kemudian pada aplikasi Whatsapp
  7. Terakhir aktifkan “aplikasi ganda“. Anda dapat melihat daftar menu HP anda pada tampilan Home, disana akan tampil 2 aplikasi Whatsapp
    Personalisasi setting whatsapp
    Personalisasi setting whatsapp
  8. Selesai! sangat mudah bukan?

Apakah Penggandaan aplikasi WA Aman?

Sebelum memutuskan untuk menggandakan aplikasi Wa, tentu anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah menggandakan Wa aman atau tidak!

Penggunaan 2 aplikasi WA dalam 1 perangkat memang memberikan beberapa manfaat, namun sayangnya, menggandakan aplikasi Whatsapp tidaklah aman karena cloning Whatsapp tersebut termasuk sebagai aplikasi pihak ketiga yang merupakan aplikasi ilegal/ tidak resmi.

Sehingga jika anda tetap ngotot untuk menggandakan aplikasi Whatsapp dalam perangkat anda, besar kemungkinan anda akan terkena beberapa resiko seperti:

  • Hp anda akan diserang oleh virus/ malware yang dapat merusak perangkat lunak ponsel anda
  • Dapat mengakibatkan pencurian data pribadi yang anda tautkan ke dalam ponsel anda
  • Selain itu, penggandaan aplikasi Whatsapp juga membuka ruang bagi hacker yang bisa mengutak-atik semua aplikasi dalam ponsel anda terutama aplikasi yang berkaitan dengan penyimpanan uang elektronik seperti: Dana, Ovo, mobile banking, dll.

Alternatif untuk menggandakan WA yang aman

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa penggunaan aplikasi Whatsapp ganda tidaklah aman dan beresiko tinggi. Lantas bagaimanakah cara aman jika anda ingin menggunakan 2 akun Whatsapp sekaligus dalam satu perangkat?

Nah, solusi terbaik yang dapat kami sarankan adalah dengan menggunakan aplikasi “Whatsapp Business” Aplikasi ini sama juga dengan aplikasi Whatsapp messenger dan merupakan aplikasi yang resmi disediakan oleh google play store, bahkan memiliki developer aplikasi yang sama yaitu “whatsapp LLC”.

Baca Juga :  8 Cara Mengembalikan Ig Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone

Perbedaannya adalah Whatsapp messenger merupakan aplikasi whatsapp untuk penggunaan pribadi. sedangkan Whatsapp business ini, penggunaannya dikhususkan untuk urusan business. karena itu, dalam aplikasi ini akan ada tampilan informasi lengkap mengenai bisnis, mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, jam kerja, alamat website serta penjelasan singkat mengenai bisnis.

Cara menggandakan WA tanpa aplikasi
Cara menggandakan WA tanpa aplikasi

Jika tujuan anda menggandakan WA adalah untuk urusan bisnis, tentu saja aplikasi “Whatsapp business” ini memang menjadi solusi terbaik. Namun jikalau pun tidak untuk urusan bisnis, maka tidak menjadi masalah juga. Anda bisa mengisi informasi mengenai bisnis dengan asal.

Akhir Kata

Cara Menggandakan WA Tanpa Aplikasi
Cara Menggandakan WA Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa cara menggandakan WA tanpa aplikasi beserta beberapa informasi terkait. Sebagai penulis dari artikel ini kami tetap mengingatkan anda, jika ingin menggandakan Wa sebaiknya mempertimbangkan beberapa dampaknya terlebih dahulu. Karena itulah, selain menampilkan cara menggandakan Wa tanpa aplikasi, kami juga memberikan alternatif untuk menggandakan WA dengan aman seperti yang telah kami tampilkan diatas. Kami berharap melalui penjelasan tersebut dapat membantu anda untuk mengambil langkah yang tepat!

Back to top button