Tutorial

4 Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram

Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram sangat mudah dilakukan, karena hanya dengan mengakses fitur hapus pesan anda maka percakapan yang ingin dihapus akan hilang dari ruang obrolan.

Akan tetapi, fitur Hapus pesan Anda ini berkeja dengan baik apabila pesan belum dibaca oleh penerima sebelum dihapus. Jika penerima sudah membaca chat yang telah dikirim maka pesan hanya terhapus di dalam riwayat obrolan kamu saja.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa memanfaatkan fitur batal kirim jika cara menghapus sebagian chat di Direct Message Instagram ini sudah terlanjur di baca oleh penerima.

Apa Itu Pesan Direct Message (DM) di Instagram?

Apa Itu Pesan Direct Message (DM) di Instagram
Apa Itu Pesan Direct Message (DM) di Instagram

DM atau Direct Message Instagram merupakan salah satu fitur menarik yang tersedia di Instagram yang memungkinkan setiap pengguna saling mengirim pesan teks, foto, postingan, dan cerita secara pribadi dengan satu atau beberapa orang.

Fitur ini dirancang untuk memfasilitasi percakapan yang lebih pribadi di dalam platform Instagram. Pengguna juga bisa menjalin hubungan lebih dekat, berbagi momen bersama, dan mengekspresikan diri melalui pesan suara.

Menariknya, Instagram juga menghadirkan fitur Vanish Mode yang memungkinkan pesan yang hilang secara otomatis dan menambahkan lapisan privasi.

Keuntungan Menghapus Sebagian Chat di DM Instagram

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika melakukan cara menghapus sebagian chat di DM Instagram. Salah satunya adalah mengoreksi pesan yang salah dan telah terlanjur dikirim.

Adapun keuntungan lain dari menghapus sebagian chat di Direct Message Instagram yang yang akan kamu dapatkan, yakni diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga :  11 Cara Bayar Tagihan Listrik Tanpa Biaya Admin Menggunakan Aplikasi Terpercaya

Privasi Lebih Terjaga

Menghapus sebagian chat di DM Instagram dapat membantu menjaga privasi yang berisi informasi pribadi atau rahasia yang akan mencegah orang lain untuk mengakses perangkat atau akun Instagram yang dimiliki.

Bukan hanya itu, dengan menghapus pesan pengguna akan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap pesan yang tersimpan dalam percakapan.

Koreksi Kesalahan

Jika terjadi kesalahan pengetikan atau tata bahasa, pengguna dapat dengan cepat menghapus pesan dan mengirimkan pesan yang benar tanpa memberikan kesan yang salah.

Karena menghapus pesan yang mengandung kesalahan kata membantu setiap pengguna untuk memastikan bahwa percakapan tetap akurat dan sesuai dengan tujuan pesan yang ingin disampaikan. Ini menghindari terjadinya kekeliruan atau ketidakpahaman.

Fleksibilitas Kontrol Pesan

Mengetahui cara menghapus sebagian chat di DM Instagram akan memberikan keuntungan, seperti fleksibilitas kontrol terhadap pesan yang dikirim.

Memiliki kemampuan untuk menghapus pesan akan memberikan pengguna kendali lebih besar atas isi percakapan mereka dan membantu menciptakan pengalaman yang lebih positif serta terkelola dalam Direct Message Instagram.

Pengelolaan Ruang Penyimpanan

Menghaus chat di Direct Message dapat membantu kamu untuk mengelola ruang penyimpanan pada perangkat yang digunakan terutama jika percakapan memiliki sejumlah besar media atau file yang bersifat privasi.

Apakah Chat di DM Instagram Bisa Dihapus Sebagian?

Pesan di DM termasuk sebuah privasi yang harus dijaga dan tidak semua orang harus mengetahuinya, sehingga tak jarang orang bertanya apakah chat di DM Ig ini bisa dihapus sebagian atau tidak.

Jadi pesan yang sudah dikirim kepada pengguna lain di Instagram bisa di hapus sebagian. Karena media sosial yang satu ini telah menghadirkan fitur yang berfungsi untuk membatalkan pesan yang ditelah dikirim.

Baca Juga :  8 Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Dimana fitur batalkan kirim ini memungkinkan kamu untuk menghapus pesan sebagian kapan saja, artinya tidak ada batas waktu yang telah ditentukan.

Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram

Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram
Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram

Hapus untuk Anda merupakan salah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang dikirim dari percakapan dan pesan tersebut juga akan dihapus dari tampilan penerima.

Ini juga memungkinkan pengguna merahasiakan informasi tertentu dan menghapus pesan yang tidak ingin dilihat kembali. Adapun cara menghapus sebagian chat di DM Instagram, ikuti tutorial ini.

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Klik ikon Messenger di pojok kanan atas.
  • Klik kolom chatting salah satu pengguna.
  • Masuk ke dalam room chat.
  • Tekan dan tahan chat hingga muncul pop up menu.
  • Pilih opsi menu Lainnya.
  • Lalu klik Hapus untuk Anda.
  • Cara menghapus sebagian chat di DM Instagram berhasil dilakukan.

Akan tetapi perlu diingat bahwa jika pesan sudah dibaca oleh penerima sebelum dihapus, mereka tetap dapat melihat chat tersebut meski percakapan tersebut sudah kamu hapus.

Menghapus Chat di Instagram Dengan Batal Kirim

Menghapus Chat di Instagram Dengan Batal Kirim
Menghapus Chat di Instagram Dengan Batal Kirim

Menarik pesan atau biasa disebut batal kirim di Instagram ini memberikan banyak manfaat pada pengguna, salah satunya untuk memperbaiki kesalahan pengetikan / typo.

Bukan hanya itu saja, seseorang menghapus pesan yang dikirim melalui Ig sebagian juga bisa dikarenakan chat tersebut berisi informasi pribadi atau rahasia sehingga pengguna ingin menjaga privasinya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menghapus sebagian chat di DM Instagram dengan batal kirim, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat ponsel kamu.
  • Login menggunakan akun pribadi.
  • Di halaman utama, silahkan masuk ke ikon Pesan / DM dipojok kanan atas.
  • Setelah masuk ke dalam obrolan, pilih chat yang ingin di hapus sebagian.
  • Tekan dan tahan chat hingga muncul pop up menu.
  • Lanjutkan dengan mengklik Batal Kirim.
  • Otomatis chat yang telah kamu kirim akan terhapus.
Baca Juga :  Kredivo Terblokir Sementara Apa Bisa Aktif Kembali? Simak Penjelasanya!

Perlu dicatat, cara menghapus sebagian chat di DM Instagram ini hanya bisa dilakukan satu per satu dan tidak bisa dipilih kemudian bersamaan menghapusnya secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Menghapus Chat di DM Instagram Semuanya

Selain cara menghapus sebagian chat di DM Instagram, ternyata kamu juga bisa menghapus pesan di DM Instagram semuanya dengan mudah. Ini bisa kamu manfaatkan untuk melindungi privasi terkait pesan yang ada di platform tersebut.

Jika ingin mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke dalam ruang obrolan di Instagram.
  • Cari atau pilih pesan mana yang akan dihapus semuanya.
  • Tekan dan tahan chat hingga muncul pilihan menu.
  • Pilih opsi menu Hapus.
  • Konfirmasi penghapusan chat dengan mengklik Hapus.
  • Pesan dari pengguna tersebut akan terhapus semuanya.

Namun sebelum menghapus chat di Direct Message Instagram semuanya, pastikan tidak ada informasi atau data penting yang dibutuhkan sewaktu-waktu.

Cara Mengaktifkan Fitur Vanish Mode / Mode Hilang di Instagram

Cara Mengaktifkan Fitur Vanish Mode / Mode Hilang di Instagram
Cara Mengaktifkan Fitur Vanish Mode / Mode Hilang di Instagram

Fitur vanish mode juga termasuk fitur unggulan terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dan akan menghilang secara otomatis setelah dilihat oleh penerima.

Dengan mengaktifkan fitur ini akan memberikan privasi yang lebih kepada pengguna dalam berkomunikasi, terutama dalam percakapan yang lebih sementara atau pribadi.

Apabila kamu ingin mengaktifkan fitur vanish mode ini untuk melindungi privasi percakapan di Instagram, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pastikan kamu sudah menggunakan Instagram versi terbaru.
  • Akses aplikasi Instagram.
  • Klik ikon Messenger di pojok kanan atas.
  • Klik kolom chatting salah satu pengguna.
  • Masuk ke dalam room chat.
  • Usap layar keatas dengan cepat.
  • Maka akan muncul pemberitahuan fitur vanish mode atau mode hilang telah diaktifkan.

Nah, untuk menonaktifkan mode hilang ini, kamu hanya perlu masuk keruang obrolan dan mengusap layar keatas hingga muncul keterangan “Usap ke atas untuk menonaktifkan mode hilang”.

Postingan Menarik Lainnya :2 Cara Menggabungkan Foto Dan Video Di Story Instagram

Akhir Kata

 Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram
Cara Menghapus Sebagian Chat Di DM Instagram

Dengan mengetahui cara menghapus sebagian chat di DM Instagram ini akan memberikan fleksibilitas dalam mengelola pesan, memungkinkan koreksi kesalahan dan peningkatan privasi terhadap obrolan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara menghapus sebagian chat di DM Instagram ini berhasil dilakukan tergantung pada wajtu penghapusan sejak pesan dikirim dan jika pesan sudah dibaca maka chat akan tetap terlihat oleh penerima.

Back to top button