Ragam

5 Alternatif Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung

Bagi Anda dan keluarga yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Bandung tanpa harus mengalami kemacetan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung.

Yang mana, gerbang tol ini bisa menjadi solusi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat perjalanan wisata menuju ke alamat tujuan.

Penasaran kira-kira mana saja pilihan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa dijadikan pilihan, yuk simak informasi selengkapnya di ulasan berikut ini.

Daftar Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung

Daftar Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung
Daftar Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung

Perlu Anda ketahui, bahwa melakukan perjalanan dengan menggunakan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung, umumnya merupakan salah satu opsi alternatif yang banyak dipilih oleh sebagian besar kalangan masyarakat.

Khususnya, bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan dengan berlibur bersama keluarga ke berbagai tempat wisata yang ada di Bandung.

Baik itu dari mulai wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah dan berbagai wisata menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan adanya gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung, tentunya akan menjadikan perjalanan wisata terasa lebih mudah dan cepat, sehingga waktu yang digunakan untuk liburan akan jauh lebih maksimal.

Namun sebelum kita membahas mengenai mana saja gerbang tol dari Jakarta ke Bandung, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu mengenai keuntungan dan kerugian pembangunan gerbang tol itu sendiri.

Yang mana, informasi mengenai keuntungan dan kerugian pembangunan gerbang tol bisa Anda simak di tabel penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Pembangunan Gerbang Tol Kerugian Pembangunan Gerbang Tol
Membantu lalu lintas kendaraan roda empat berjalan dengan lancar dan cepat, sehingga dapat mengurangi pembuangan bahan bakar akibat kemacetan di jalan umum. Warga merasa kesulitan dalam menyeberang jalan, dikarenakan gerbang tol terdekat umumnya bersifat tertutup bagi para pejalan kaki.
Dapat memudahkan dalam mengontrol keamanan di jalan, dikarenakan adanya keterbatasan untuk kendaraan tertentu saja yang diperbolehkan melintas di gerbang tol terdekat. Memicu kalangan masyarakat untuk membeli kendaraan roda empat baru, sehingga kebutuhan bahan bakar secara nasional mengalami peningkatan.
Tarif biaya tol memberikan keuntungan tersendiri, dimana dapat digunakan untuk biaya pemeliharaan jalan ataupun pembukaan jalan tol yang baru. Gerbang tol hanya diperuntukkan untuk jenis kendaraan tertentu saja, sehingga sebagian masyarakat tidak dapat menikmati fasilitas tersebut.
Dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan baru, yakni mulai dari manahemen, petugas pintu tol, security, pekerja konstruksi bangunan dan lain sebagainya. Masyarakat yang ingin melewati gerbang tol terdekat, diharuskan membayar tarif yang sudah ditetapkan oleh pihak terkait.
Mampu meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan di jalan, dikarenakan lalu lintas di jalan tol dapat lebih mudah terkontrol dengan baik. Entah itu dari segi kecepatan, jenis kendaraan sampai dengan rambu-rambu lalu lintas sekalipun.
Baca Juga :  15+ Daftar Kode Paket Murah XL *808# Terlengkap

Terlepas dari beberapa keuntungan dan kerugian yang sudah dijelaskan di atas, tetap saja pembangunan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung ini diklaim sangat membantu kehidupan masyarakat, khususnya dalam memperlancar lalu lintas kendaraan sehari-hari.

Adapun jika Anda membutuhkan rekomendasi gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang dapat mempercepat perjalanan wisata nantinya, maka tidak ada salahnya menyimak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penunjuk Arah Jalan Paling Akurat, Bisa Offline dan Bersuara 

Dimana disini kita tidak hanya merekomendasikan mengenai pilihan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa digunakan, namun beberapa tempat wisata yang bisa terdekat yang bisa dikunjungi nantinya.

1. Gerbang Tol Pasteur

Gerbang Tol Pasteur
Gerbang Tol Pasteur

Salah satu rekomendasi pilihan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat perjalanan wisata, yakni ada Gerbang Tol Pasteur.

Bisa dikatakan disini, bahwa pintu keluar ini merupakan gerbang keluar utama ke arah Bandung yang berlokasi di Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang – Cileunyi).

Yang mana, lokasinya tepat berada di Tol Padaleunyi KM 127A atau ruas Pasteur KM 1+00.

Dari lokasi Gerbang Tol Pasteur satu ini, Anda bisa menuju ke berbagai tempat wisata menarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Beberapa tempat wisata yang berada dekat dengan Gerbang Tol Pasteur, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Trans Studio Bandung

Wisata ini, berada sekitar 3 km dari Gerbang Tol Pasteur yang merupakan taman hiburan dalam ruangan terbesar di Asia Tenggara.

Diketahui Trans Studio Bandung ini menawarkan berbagai macam wahana dan atraksi menarik bagi para pengunjung.

  • Kawasan Dago Pakar

Berikutnya, ada Kawasan Dago Pakar yang terletak sekitar 7 km dari Gerbang Tol Pasteur, yang mana menawarkan aneka pemandangan alam yang begitu memukau.

Yakni mulai dari lembah, gunung dan bukit serta tempat wisata lain berupa Taman Hutan Raya Juanda dan observatorium.

  • Cihampelas Walk

Wisata dekat Gerbang Tol Pasteur selanjutnya, yaitu ada Cihampelas Walk yang berada sekitar 6 km dari gerbang tol tersebut.

Baca Juga :  10 Distributor Alat Kecantikan Terlengkap di Indonesia

Dikatakan disini, bahwa Cihampelas Walk merupakan pusat perbelanjaan dan wisata kuliner terkenal di Kota Bandung, yang mana dikenal dengan jalan raya “Jeans Street”.

2. Gerbang Tol Pasir Koja

Gerbang Tol Pasir Koja
Gerbang Tol Pasir Koja

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung bernama Gerbang Tol Pasir Koja.

Mengenai lokasi dari gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung satu ini, yakni berada di KM 134 di Jalan Tol Padaleunyi.

Diketahui, gerbang tol ini juga sering kali digunakan angkutan bus antarprovinsi yang akan menuju ke terminal Leuwi Panjang.

Menariknya dari Gerbang Tol Pasar Koja ini, yakni memiliki akses yang dekat dengan beberapa tempat wisata di Bandung. Yang mana, beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi disini antara lain sebagai berikut.

  • Taman Film Indonesia

Wisata pertama yang bisa Anda kunjungi yakni ada Taman Film Indonesia, yang lokasinya berada sekitar 5 km dari Gerbang Tol Pasir Koja.

Di wisata ini, Anda akan memperoleh pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan dengan melihat koleksi film dokumenter Indonesia yang terkenal.

  • Museum Konferensi Asia Afrika

Terletak sekitar 6 km dari Gerbang Tol Pasar Koja, Anda dapat menemukan wisata sejarah berupa Musuem Konferensi Asia Afrika.

Ketika berkunjung ke museum ini, Anda akan menemukan koleksi artefak dan dokumentasi mengenai Konferensi Asia Afrika tahun 1955 yang bersejarah.

  • Gedung Sate

Tidak kalah menarik dari wisata lain, Anda juga bisa mengunjungi wisata berupa Gedung Sate yang merupakan bangunan bersejarah di Bandung.

Berada sekitar 6 km dari Gerbang Tol Pasir Koja, wisata Gedung Sate ini memiliki arsitektur Art Deco dan menjadi ikon tersendiri di Kota Bandung.

3. Gerbang Tol Mohammad Toha

Gerbang Tol Mohammad Toha
Gerbang Tol Mohammad Toha

Gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa Anda lalui untuk melakukan perjalanan wisata selanjutnya, ada Gerbang Tol Mohammad Toha.

Lokasi gerbang tol ini berada di KM 138 Tol Padaleunyi yang bisa diakses dengan mudah oleh semua masyarakat.

Hampir sama seperti gerbang tol lainnya, Gerbang Tol Mohammad Toha ini juga memiliki beberapa tempat wisata terdekat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk liburan.

Pilihan tempat wisata dekat dengan Gerbang Tol Mohammad Toha yang bisa Anda jadikan pertimbangan, antara lain sebagai berikut.

  • Saung Angklung Udjo

Wisata Saung Angklung Udjo satu ini, diketahui berada di sekitar 4,5 km dari Gerbang Tol Mohammad Toha.

Yang mana disini dikatakan, bahwa Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata budaya yang menyajikan berbagai kesenian tradisional khas Sunda. Di antaranya seperti pertunjukan angklung, gamelan dan seni tari.

  • Bandung Zoo

Pilihan wisata lain yang dekat dengan Gerbang Tol Mohammad Toha, yaitu ada Bandung Zoo. Dimana, lokasi wisata ini berada sekitar 7 km dari Gerbang Tol Mohammad Toha.

Baca Juga :  Kode Rahasia Gratis Ongkir Shopee 2024

Seperti namanya, Bandung Zoo merupakan wisata kebun binatang yang di dalamnya menampilkan berbagai macam satwa dari seluruh penjuru dunia.

4. Gerbang Tol Buah Batu

Gerbang Tol Buah Batu
Gerbang Tol Buah Batu

Alternatif lain gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni ada Gerbang Tol Buah Batu.

Diketahui, Gerbang Tol Buah Batu ini berada di Kota Bandung, Jawa Barat dan sering dilalui oleh kendaraan.

Anda dan keluarga bisa melewati Gerbang Tol Buah Batu ini, apabila nantinya ingin mengunjungi beberapa wisata menarik di dalamnya.

Adapun salah satu wisata yang bisa Anda kunjungi dengan melewati Gerbang Tol Buah Batu ini, yakni sebagai berikut.

  • Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Diketahui, wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini berada sekitar 15 km dari Gerbang Tol Buah Batu.

Menurut informasi yang ada, wisata ini merupakan kawasan hutan yang luas dengan pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan.

Sehingga tidak heran, jika wisata ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan jalan-jalan maupun piknik bersama keluarga.

5. Gerbang Tol Kopo

Gerbang Tol Kopo
Gerbang Tol Kopo

Terakhir, ada gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung bernama Gerbang Tol Kopo yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat.

Seperti halnya gerbang tol lainnya, Anda dapat memilih Gerbang Tol Kopo ini untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik lain di Bandung.

Dengan akses yang mudah, dipastikan perjalanan wisata Anda melalui Gerbang Tol Kopo ini akan berjalan lancar.

Adapun beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi dengan melewati Gerbang Tol Kopo ini, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Museum Geologi

Wisata Museum Geologi sendiri, yakni merupakan sebuah wisata yang berada sekitar 4 km dari Gerbang Tol Kapo.

Dimana, wisata sejarah ini hadir dengan menyajikan berbagai koleksi batu-batuan, fosil, mineral dan juga artefak geologi lain yang menarik.

Sehingga dengan mengunjungi wisata ini, Anda akan dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah.

  • Jalan Braga

Berikutnya ada wisata Jalan Braga yang lokasinya berada sekitar 6 km dari Gerbang Tol Kopo.

Anda perlu tahu, bahwa Jalan Braga sendiri merupakan jalan bersejarah yang dikenal dengan berbagai bangunan tua yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Menariknya, di jalan ini juga terdapat banyak café dan restoran untuk dikunjungi pengunjung.

  • Kawasan Cibaduyut

Wisata yang tidak kalah menarik selanjutnya di Gerbang Tol Kopo, yaitu ada Kawasan Cibaduyut.

Berada sekitar 7 meter dari Gerbang Tol Kopo, kawasan ini hadir dengan menawarkan berbagai tempat perbelanjaan dengan beraneka ragam produk mulai dari sepatu kulit, pakaian dan lain-lain.

Akhir Kata

Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung
Gerbang Tol Terdekat dari Jakarta ke Bandung

Jadi, itulah tadi beberapa pilihan gerbang tol terdekat dari Jakarta ke Bandung yang bisa Anda pilih untuk mempercepat perjalanan wisata.

Untuk bisa melewati tiap gerbang tol tersebut, Anda perlu menyiapkan uang dengan tarif mulai dari Rp 66.000 sampai dengan Rp 68.500.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button