Tips

Kenapa Keyboard HP Lemot? Simak 9 Penyebab dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah & Praktis!

Kondisi keyboard HP lemot dapat mengganggu produktivitas dan kenyamanan sehingga menciptakan pengalaman buruk dalam penggunaan perangkat.

Apa sih sebenarnya faktor penyebab keyboard HP lemot? Bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya dalam pemaparan kami di bawah ini!

Kenapa Keyboard HP Lemot? Berikut Beberapa Penyebabnya!

Kenapa Keyboard HP Lemot?
Kenapa Keyboard HP Lemot?

Masalah terkait keyboard HP lemot dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yang bisa bersumber dari perangkat itu sendiri dan bisa juga karena kesalahan pengguna.

Dibawah ini kami jelaskan beberapa alasan kenapa keyboard HP lemot.

  • RAM HP Rendah

Penyebab yang pertama adalah karena masalah RAM HP yang rendah atau terbatas. Kondisi seperti ini sering dialami oleh pengguna HP dengan RAM 2 ke bawah.

Jika perangkat kamu memiliki RAM yang rendah, maka menjalankan banyak aplikasi sekaligus dapat membuat keyboard jadi lemot merespon atau bahkan no respon sama sekali.

  • Aplikasi berat

Poin yang kedua ini berhubungan juga dengan penyebab pertama. Pemasangan banyak aplikasi berat, misalnya seperti Mobile Legend, Game bus Simulator, dan aplikasi berat lainnya, dengan RAM HP yang rendah dapat membuat beban ponsel menjadi berat, sehingga berpengaruh terhadap kinerja nya.

  • Masalah hardware

penyebab keyboard HP lemot
penyebab keyboard HP lemot

Penyebab kenapa keyboard HP lemot yang berikutnya adalah karena adanya masalah pada hardware atau perangkat keras ponsel. Kerusakan yang dimaksud disini adalah misalnya seperti pada HP dengan tombol yang timbul terdapat masalah tombol macet atau sela-sela tombol berdebu.

Baca Juga :  899+ Bio WA Cuek, Dingin, Singkat, Lucu dan Aesthetic

Sedangkan kerusakan pada tombol HP yang layar sentuh biasanya dipicu oleh layar retak atau masalah pada layar yang memengaruhi sensitivitas nya, sehingga lambat merespon saat digunakan untuk mengetik.

  • Cache, sampah file dan data yang tidak terkelola

Adanya penumpukan cache, sampah file dan data juga dapat menyebabkan masalah pada keyboard HP yang menjadi lambat merespon. Penting untuk melakukan pembersihan cache secara berkala, atau gunakan aplikasi khusus pembersih data yang tidak diperlukan.

  • Perangkat lunak kadaluwarsa

Alasan selanjutnya kenapa keyboard HP lemot adalah karena kondisi perangkat lunak atau software yang terpasang dalam ponsel sudah kadaluwarsa.

Anda perlu mengetahui bahwa pembaruan sistem operasi sangatlah penting dilakukan secara berkala, karena ini dapat meningkatkan kinerja ponsel dan juga untuk perbaikan bug.

  • Ruang penyimpanan penuh

Ruang penyimpanan yang penuh atau hampir penuh juga termasuk sebagai salah satu penyebab kenapa keyboard HP lemot. Ketika ruang penyimpanan HP sudah penuh, maka beban ponsel juga akan semakin bertambah.

Namun sama seperti perangkat elektronik lainnya, ponsel juga memiliki keterbatasan. Beban yang berat dapat mempengaruhi kualitas kinerja atau performa nya.

  • Malware

penyebab keyboard HP lemot
Penyebab keyboard HP lemot

Malware merupakan perangkat lunak berbahaya yang dapat menyusup ke dalam perangkat bersamaan dengan aplikasi yang diunduh atau situs web yang dikunjungi oleh pengguna.

Ketika perangkat anda telah dimasuki malware, maka ia akan menyerang atau merusak komponen-komponen dalam ponsel termasuk keyboard, sehingga menjadi lemot saat digunakan.

  • Penggunaan yang buruk

Selanjutnya, ada juga penyebab kenapa keyboard HP lemot yaitu karena penggunaan yang buruk. Cara pemakaian ponsel yang kasar, misalnya sering menekan kuat dan kasar layar saat menggunakan ponsel, lama-kelamaan akan mempengaruhi sensitivitas layar sehingga berdampak pada keyboard HP yang menjadi lemot saat digunakan untuk mengetik.

  • Usia HP

Penyebab kenapa keyboard HP lemot yang terakhir dapat dipicu oleh faktor usia ponsel yang telah digunakan dalam waktu yang cukup lama. perlu diketahui bahwa setiap perangkat elektronik, termasuk HP memiliki batas masa pakai tertentu. Semakin tua usia ponsel, maka akan semakin menurun juga kualitas dan performa nya.

Baca Juga :  10 Penyebab Lazada Error Hari Ini Serta Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot

Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot
Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa keyboard HP lemot, selanjutnya kami akan memberikan panduan tentang cara mengatasi keyboard HP lemot.

Ada beberapa upaya yang dapat anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Keyboard HP lemot Cara Mengatasi
RAM HP rendah Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan ponsel dengan kapasitas RAM yang lebih besar agar performa nya tetap terjaga saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam perangkat.
Penggunaan aplikasi berat Apabila kapasitas RAM ponsel anda masih rendah, maka sebaiknya hindarilah menggunakan aplikasi-aplikasi yang berat.
Masalah hardware Pastikan tidak ada masalah dengan layar ponsel anda, yang paling berpengaruh terhadap fungsi dan penggunaan keyboard.
Cache, sampah file dan data Lakukan pembersihan cache dan sampah ponsel secara berkala. Biar lebih praktis, anda bisa juga mempertimbangkan penggunaan aplikasi pembersih cache, seperti: CCleaner, Clean master, DU Speed Up, dan lain-lain, yang dapat membersihkan cache secara otomatis.
Perangkat lunak kadaluwarsa Lakukan pembaruan pada sistem operasi di ponsel anda. Langkah ini akan meningkat kinerja ponsel dan memperbaiki jika ada bug yang terjadi.
Ruang penyimpanan penuh Kelola ruang penyimpanan perangkat anda dengan baik. Hapus lah file-file yang tidak dibutuhkan. Pertimbangkan menggunakan aplikasi penyimpan data online, agar anda bisa menghapus semua file data dari ponsel tanpa kehilangan.
Malware Gunakan aplikasi pembersih virus yang ampuh untuk melenyapkan malware dari dalam ponsel. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan mengunjungi situs web berbahaya.
Cara penggunaan yang buruk Ubah pola atau cara penggunaan ponsel yang biasa anda lakukan. Hindari membanting layar, karena perlahan dapat menurunkan sensitivitasnya.
Usia perangkat Pertimbangkan untuk membeli ponsel yang baru, apabila ponsel yang saat ini anda gunakan sudah berusia pemakaian yang sudah tua.
Baca Juga :  9 Inspirasi Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Sederhana

Alternatif Lain untuk Mengatasi Keyboard HP Lemot

Selain beberapa cara mengatasi keyboard HP lemot yang telah kami sajikan diatas, berikutnya disini kami juga akan menampilkan alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kondisi keyboard yang lemot saat digunakan.

  • Restart Ponsel

Terkadang masalah kecil yang terjadi pada ponsel dapat diatasi dengan mudah hanya dengan merestart ponsel. Memulai ulang perangkat akan menyegarkan memori ponsel sehingga kinerja nya bisa kembali optimal seperti biasa.

  • Gunakan keyboard Alternatif

Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan keyboard alternatif yang didapatkan dari penyedia aplikasi dalam ponsel yaitu Play Store atau App Store.

Berikut kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi keyboard terbaik, yang dapat memberikan pengalaman mengetik yang lebih responsif:

  1. Go Keyboard
  2. Kika Keyboard
  3. Swype Keyboard
  4. Grammarly Keyboard
  5. Gboard
  • Reset Ulang Perangkat (Kembali ke Pengaturan Pabrik)

Apabila semua langkah diatas, satu pun tidak ada yang berhasil memulihkan keyboard HP anda, maka cobalah untuk mereset ulang ponsel atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.

Setelah ponsel di reset ulang, maka kondisi dan tampilan nya akan kembali seperti baru dibeli. Tindakan ini dapat melenyapkan malware, memperbarui penyimpanan perangkat, dan mengembalikan performa ponsel yang optimal.

Namun perlu diingat bahwa tindakan mereset pabrik perangkat akan menghapus semua data dan file yang tersimpan didalamnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencadangan terlebih dahulu.

Akhir Kata

Kenapa Keyboard HP Lemot
Kenapa Keyboard HP Lemot?

Dalam menghadapi kendala terkait keyboard HP lemot, penting untuk menganalisa terlebih dahulu apa penyebabnya, supaya bisa menemukan solusi atau cara mengatasi yang tepat.

Dengan mengikuti panduan yang telah kami tampilkan diatas, anda dapat mengembalikan responsifitas keyboard HP anda, sehingga dapat nyaman kembali digunakan.

Back to top button