Aplikasi

6 Rekomendasi Alat Ringkasan Selain Resoomer

Alat ringkasan selain resoomer merupakan website pembantu untuk memahami dan mengetahui lebih terperinci suatu materi dengan mengkonversikan teks menjadi lebih ringkas.

Jika pada umumnya mahasiswa, tenaga pengajar memanfaatkan resoomer untuk menemukan inti dari suatu materi kemudian mengolahnya, kali ini Mocipay suguhi beberapa alat ringkasan selain resoomer yang dapat kamu manfaatkan melakukan tugas yang sama.

Namun sebelum lebih jauh, mari ketahui apa itu alat ringkas dan keuntungan menggunakan alat ringkas dalam dunia pendidikan.

Apa itu Alat Ringkasan?

Alat Ringkasan
Sumber: ternyatabegitu.com

Alat ringkasan merupakan alternatif teks online yang memudahkan pengguna memahami suatu materi tanpa harus membacanya terlebih dahulu. Dengan alat ringkas kamu akan mengetahui poin-poin terpenting dalam sebuah materi yang membantu mu menyimpulkan nya.

Jadi, alat ringkasan dapat membantu pelajar ketika mendapat tugas merangkum sebuah topik atau tenaga pengajar yang ingin memahami dan mempersiapkan materi untuk dibagikan di kelas nantinya.

Manfaat Menggunakan Alat Ringkasan

Sebenarnya manfaat alat peringkas teks tidak jauh dari fungsinya, namun sebelum kita membahas lebih dalam mengenai alat ringkasan selain resomeer mari lihat beberapa manfaat penggunaan alat ringkas online ini:

  • Memudahkan pengguna meringkas suatu halaman
  • Jika dibandingkan meringkas secara manual, pemanfaatan alat ringkasan akan membantu kamu lebih hemat waktu.
  • Dengan mudah dan cepat menemukan inti dari sebuah materi
  • Penggunaan alat ringkasan dapat digunakan kapan saja, cukup akses website dan memastikan koneksi internet yang digunakan kuat dan stabil.

Rekomendasi Alat Ringkasan Selain Resoomer

Website alat ringkasan selain resoomer
Website alat ringkasan selain resoomer

Beberapa alat ringkasan selain resoomer berikut dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan inti suatu topik tanpa harus membacanya terlebih dahulu.

  • Paraphraser

Paraphrases merupakan alat ringkasan selain resoomer yang bekerja dengan kompleks. Website membantu pengguna yang ingin mendapatkan inti suatu bacaan namun memiliki keterbatasan waktu.

Paraphraser
Paraphraser

Paraphraser memiliki keunggulan bukan hanya meringkas teks, karena website ini memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin merangkum poin yang dapat membantu membuat slide atau persentase nantinya. Disisi lain, website ini gratis sehingga siswa, wartawan dan penulis dapat menggunakan nya kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga :  10 Aplikasi Top Up FF Termurah Pakai Pulsa Telkomsel 2024

Adapun langkah-langkah meringkas dengan paraphraser adalah:

  1. Kunjungi website paraphraser via peramban
  2. Sekarang siapkan materi baik itu artikel, file buku maupun makalah penelitian lalu masukkan ke dalam area teks yang tersedia di halaman utama
  3. Atau kamu bisa memanfaatkan fitur mengunggah file yang ada di penyimpanan ponsel
  4. Selanjutnya klik tombol ringkas sekarang
  5. Secara otomatis hasil ringkasan akan ditampilkan
  6. Apabila ingin hasil ringkasan tersedia dalam bentuk poin-poin, klik bullets yang ada disebelah paragraph
  7. Jika sudah, kamu dapat menyalin (copy) atau download file yang tersedia dibawah kolom ringkasan teks lalu gunakan hasil ringkasan sesuai kebutuhan.
  • Summarizer

Summarizer
Summarizer

Selain paraphrases, summarizer merupakan alat ringkasan selain resoomer yang menawarkan beberapa keunggulan seperti meringkas dengan cepat tanpa kehilangan ide atau tema utama materi.

Summarizer menjadi solusi ketika anda ingin meringkas materi karena website ini dapat digunakan tanpa batasan kata, diringkas dalam waktu singkat dan gratis digunakan.

Selain untuk merangkum teks, summarizer dapat kamu manfaatkan untuk scan dokumen menjadi sebuah teks dan dapat dibagikan ke sosial media. Berikut cara meringkas teks dengan summarizer:

  1. Pergi ke dalam summarizer.org
  2. Pada halaman utama klik tempel teks untuk memasukkan materi yang ingin diringkas
  3. Atau kamu dapat gunakan fitur jelajahi file jika materi yang ingin diringkas dalam bentuk file
  4. Selanjut nya klik ringkas sekarang, kamu dapat melihat perbedaan jumlah kata siginifikan sebelum dan sesudah diringkas
  5. Disamping ringkasan klik tampilkan peluru jika ingin paragraf ringkasan diubah menjadi poin-poin yang memudahkan kamu membaca hasil ringkasan
  6. Atau manfaatkan jalur terbaik jika ingin teks di konversi kan secara sederhana yang berarti tersedia dalam beberapa kata saja.
  7. Klik ikon salin atau unduh untuk menyimpan ringkasan, selesai.
  • Editpad

Editpad
Editpad

Di urutan ketiga ada editpad sebagai website alat ringkasan selain resoomer. Editpad bekerja dengan kompleks cukup dengan satu ketuk edipad akan menganalisis dokumen dan mengambil konsep-konsep terpenting.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kredit HP Tanpa DP Tanpa Kartu Kredit

Editpad menggunakan algoritme berbasis AI canggih untuk merangkum semua konten yang ingin kamu ringkas, termasuk konten blog, artikel berita atau file dokumen lain nya. Lalu, berikut langkah-langkah meringkas menggunakan editpad:

  1. Kunjungi editpad.org/tool/id/text-summarizer
  2. Secara otomatis kamu akan melihat kolom untuk meringkas file
  3. Tulis atau tempel file yang sudah disalin sebelumnya
  4. Atau klik unggah data lalu temukan file yang ingin diringkas
  5. Jika file sudah di ekspor klik meringkaskan
  6. Teks ringkasan sudah tersedia, klik salin atau unduh file terbaru dan siap digunakan
  • Summary Tool

Summary tool salah satu website alat ringkasan selain resoomer yang dapat digunakan untuk semua jenis teks. Layanan teks online cepat dan akurat ini dapat digunakan secara gratis.

Tidak sampai disitu, sebab masih ada keunggulan yang ditawarkan summary tool dimana pengguna cukup menyalin URL artikel yang ingin diringkas kemudian algoritme summary akan merayapi alamat tersebut dan meringkas teks dengan cepat.

Untuk pemula tidak perlu khawatir, sebab tidak perlu keahlian khusus membuat ringkasan via summary tool. Cukup ikuti langkah-langkah yang Mocipay bagikan kamu akan mendapat hasil ringkasan yang instan:

  • Mulailah dengan mengunjungi summary-tool.com/id
  • Akan ditampilkan kolom untuk menempelkan teks panjang/materi yang ingin di ringkas
  • Tempel teks atau materi yang ingin kamu ringkas
  • Tahap selanjutnya klik ringkas teks
  • Summary tool akan mengonversikan dan mencari inti-inti materi
  • Ringkasan sudah selesai lalu salin teks untuk kembali digunakan.

Alat peringkas tekst lain cek disini 7 Aplikasi Merangkum Buku Secara Online Terbaik

  • Anthiago

Anthiago sebagai website alat ringkasan selain resoomer memiliki fitur yang hampir serupa dengan alat ringkasan yang sudah kita bahas sebelumnya. Website ini paling memungkinkan pengguna membuat hasil ringkasan yang jauh lebih pendek.

Anthiago sebagai alat ringkasan selain resoomer cakap digunakan, karena dapat meringkas artikel, teks ilmiah dan sejarah. Langkah-langkah meringkas teks di Anthiago sebagai berikut:

  1. Masuk kedalam anthiago>com/meringkas/
  2. Tempel teks yang ingin dirangkum pada kolom yang tersedia
  3. Klik meringkaskan lalu gulir kebawah untuk melihat hasil ringkasan
  4. Klik pada salin ringkasan untuk memindahkan hasil terbaru pada kolom kerja kamu
Baca Juga :  Download Ome TV Mod Apk Anti Banned Terbaru 2024

Walau sangat mudah, perlu kamu pahami antiago memiliki keterbatasan dimana mereka tidak dapat melakukan fungsi meringkas apabila teks yang dimasukkan terlalu pendek dan dinilai sudah cukup diringkas atau cukup buruk karena kurangnya tanda baca.

Alat ringkasan selain resoomer inipun tidak dapat meringkas pada teks yang terlalu panjang, disarankan pengguna membaginya menjadi fragmen berbeda dan meringkasnya satu-persatu.

  • Summarizing Tool

Summarizing tool
Summarizing tool

Summarizing tool sebagai rekomendasi alat ringkasan selain resoomer dapat kamu manfaatkan untuk memadatkan sebuah teks panjang.

Beberapa keunggulan summarizing tool adalah gratis digunakan, menggunakan Al dan algoritme kompleks dan tidak ada batasan jumlah teks yang harus diringkas. Lalu begini cara menggunakan summarizing tool untuk meringkas sebuah materi:

  1. Pergi kedalam summarizingtool.io/id
  2. Pada kolom yang tersedia salin teks yang sudah disalin sebelumnya atau unduh file
  3. Atur berapa persen panjang kalimat yang kamu inginkan
  4. Klik summarized atau ringkas teks
  5. Klik key point jika ingin hasil ringkasan dalam bentuk poin-point
  6. Untuk menggunakan hasil ringkasan, klik download atau copy content yang ada di sudut bawah konten.

Kelebihan dan Kekurangan Alat Ringkasan

Penggunaan Alat ringkasan memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang dapat dilihat sebagai berikut :

Kelebihan Kekurangan
Mudah digunakan dimanapun dan kapanpun Terdapat point penting teks yang terlewat
Menghemat waktu meringkas Membutuhkan Jaringan internet yang stabil
Terdapat pengaturan format tulisan dalam alat ringkasan Menjadi ketergantungan meringkas teks menggunakan alat ringkas
Dapat digunakan di smartphone, laptop dan PC
Mudah dan cepat mencari suatu kata atau kalimat dalam ringkasan teks

Kesimpulan

Alat Ringkasan Selain Resoomer
Alat Ringkasan Selain Resoomer

Enam website alat peringkas selain resomer diatas dapat kamu manfaatkan dalam memahami sebuah topik, menyiapkan materi belajar dengan cara mencari inti-inti lalu mengkonversikannya menjadi paragraf yang lebih pendek.

Beberapa website diatas dapat merangkum dari sebuah video, mendeteksi puluhan bahasa dimana mereka akan ubah ke dalam bentuk tulisan dan bebas plagiarisme.

Back to top button