Ragam

10 Platform Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik dengan Bermodalkan KTP

Salah satu solusi alternatif yang bisa dipilih oleh mahasiswa untuk membayar biaya kuliah dan lain-lain, yakni dengan memanfaatkan salah satu dari banyaknya platform pinjaman untuk mahasiswa yang ada di Indonesia.

Dimana dalam mengajukan pinjaman dana yang dibutuhkan disini, mahasiswa hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri saja berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Agar tidak salah dalam memilih platform pinjaman dana khusus untuk mahasiswa, Anda bisa menyimak beberapa rekomendasi nya di artikel berikut ini.

Apa Saja Pilihan Platform Pinjaman Untuk Mahasiswa?

Pilihan Platform Pinjaman Untuk Mahasiswa
Pilihan Platform Pinjaman Untuk Mahasiswa

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa biasanya kebijakan kampus mengharuskan setiap mahasiswa untuk membayar semua iuran di muka, kecuali jika mahasiswa tersebut mengajukan keringanan sejak awal masuk kuliah.

Apabila kondisi finansial Anda tidak memungkinkan untuk membayar uang pangkal, semester ataupun bangunan, maka bisa menggunakan pinjaman khusus untuk mahasiswa.

Yang mana dengan pinjaman ini, Anda akan memperoleh cicilan sesuai dengan jumlah limit yang sudah ditetapkan pihak pemberi pinjaman.

Berbicara mengenai pinjaman untuk mahasiswa atau dikenal juga dengan istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA), umumnya merupakan salah satu sistem pendanaan yang ditujukan untuk membayar biaya perkuliahan.

Dengan menggunakan pinjaman dana ini, Anda tidak hanya dapat membiayai perkuliahan saja. Akan tetapi dalam hal ini, semua pendanaan perkuliahan dari mulai biaya pangkal sampai dengan peralatan yang dibutuhkan dalam perkuliahan bisa ter-cover dengan baik.

Sebelum kita membahas mengenai apa saja kira-kira platform pinjaman dana khusus untuk mahasiswa, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pinjaman ini.

Yang mana, informasi ini bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan apakah nantinya akan menggunakan pinjaman dana khusus mahasiswa tersebut atau justru sebaliknya.

Kelebihan Pinjaman Online Mahasiswa Kekurangan Pinjaman Online Mahasiswa
Menawarkan proses pengajuan pinjaman dana yang mudah dan cepat bagi mahasiswa. Ada risiko penyalahgunaan data diri di platform pinjaman dana khusus mahasiswa.
Proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online, sehingga lebih praktis. Menawarkan plafon pinjaman yang rendah.
Pencairan pinjaman dana lebih cepat. Memiliki waktu pengembalian dana yang lebih cepat.
Tidak ada biaya agunan ataupun jaminan. Menawarkan suku bunga yang cenderung tinggi.
Bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak, khususnya untuk membiayai keperluan kuliah.
Baca Juga :  Gangguan Token PLN Hari Ini 2024, Ini Penyebab dan Solusinya!

Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan dari pinjaman dana khusus mahasiswa di atas, Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dengan persyaratan yang mudah bisa langsung memilih platform pinjaman di pasaran. Agar tidak salah pilih, di bawah ini ada beberapa rekomendasi platform pinjaman dana untuk mahasiswa yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

  • CICIL

    CICIL
    CICIL

Salah satu platform pinjaman untuk mahasiswa yang bisa Anda pertimbangkan, yakni ada CICIL yang menawarkan pinjaman untuk membayar uang perkuliahan. Khusus untuk pembayaran uang semester kuliah, nantinya Anda akan memperoleh opsi cicilan selama 1 sampai dengan 6 bulan.

Adapun untuk uang pangkal perkuliahan, Anda nantinya bisa mendapatkan pilihan cicilan pinjaman sampai dengan 36 bulan. Lain halnya ketika Anda ingin membeli peralatan kuliah seperti HP, laptop dan lain-lain, maka Anda akan memperoleh opsi cicilan sampai dengan 24 bulan lamanya.

Mengenai ketentuan pinjaman mahasiswa di CICIL ini, Anda dapat meminjam sampai dengan 80% dari biaya pendidikan yang diperlukan, membayar uang muka sebesar 20% dengan bunga 1-1,5% setiap bulan. Bahkan, pinjaman dana di CICIL juga sudah mendapatkan perlindungan asuransi dari AXA.

  • Danacita

    Danacita
    Danacita

Platform pinjaman untuk mahasiswa lain yang bisa Anda gunakan selanjutnya, yakni Danacita untuk membayar kuliah maupun kursus yang diinginkan. Dalam hal ini, mahasiswa dapat memperoleh sistem pembayaran yang mudah dengan para mitra Danacita yang terdiri dari perguruan tinggi maupun lembaga kursus.

Oleh karena itulah, disini mahasiswa akan sangat terbantu dengan memperoleh dana pendidikan dan meringankan biaya perkuliahan bagi orang tua. Untuk nominal limit yang ditawarkan di Danacita sendiri, terbilang cukup besar yakni hingga mencapai Rp 200 juta.

Yang mana untuk tenor pelunasan nya bisa dipilih sendiri oleh mahasiswa, mulai dari tenor 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan dan 24 bulan. Meskipun tidak menetapkan bunga dan jaminan, namun Danacita menetapkan biaya platform mulai dari 0-1,75% dan biaya persetujuan sekitar 3% dari total persetujuan kredit.

  • Danadidik

    Danadidik
    Danadidik

Sedikit berbeda dengan platform pinjaman untuk mahasiswa yang ada di Indonesia, Danadidik sendiri umumnya menawarkan pinjaman mahasiswa berbasis penggalangan dana. Diketahui, Danadidik ini merupakan lembaga peer to peer (P2P) yang hadir dengan menawarkan biaya pendidikan di Indonesia.

Bahkan di Danadidik sendiri, mahasiswa juga bisa memperoleh dana pinjaman yang bisa digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke S2. Yang membedakan Danadidik dengan platform pinjaman yang lain adalah, bunga pinjaman yang ditawarkan yakni 0%.

Adapun untuk membayar pinjaman kembali di Danadidik, mahasiswa yang sudah lulus harus membagi hasil dari pendapatannya dalam waktu 30 bulan setelah dinyatakan lulus dari perguruan tinggi. Untuk pembagian hasil yang ditentukan disini, yakni didasarkan sesuai dengan jumlah pinjaman dan persentase penghasilannya.

Baca Juga :  17 Rekomendasi Laptop Gaming 20 Jutaan Terbaik di Tahun 2024

Baca Juga: 7 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Indosat Terbaru 2023

  • Pintek Pendidikan

    Pintek Pendidikan
    Pintek Pendidikan

Pintek Pendidikan, juga termasuk dalam daftar platform pinjaman dana mahasiswa resmi yang bisa Anda jadikan pilihan. Dalam hal ini, platform tersebut berfokus dalam menyediakan bantuan dana untuk sistem pendidikan bagi mahasiswa di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, perusahaan fintech satu ini juga turut menawarkan kredit untuk mahasiswa dan pelajar serta institusi, baik itu berupa pinjaman modal kerja dan PO / Invoice.

Lewat platform pinjaman untuk mahasiswa Pintek Pendidikan ini, mahasiswa maupun pelajar bisa dengan mudah membayar biaya pendidikan seperti uang pangkal, SPP, uang semester, kursus dan lain-lain.

Disini, Pintek Pendidikan menawarkan limit pinjaman yang cukup besar, yakni hingga Rp 300 juta dengan tenor maksimal 24 bulan dan bunga sebesar 2% setiap bulannya.

  • KoinPintar

    KoinPintar
    KoinPintar

Rekomendasi platform pinjaman dana mahasiswa yang juga cukup populer berikutnya, yakni bisa Anda temukan pada KoinPintar. Diketahui, platform ini merupakan fitur layanan pinjaman dana yang disediakan oleh perusahaan peer to peer (P2P) terbesar di Indonesia, yakni KoinWorks.

Dengan menggunakan KoinPintar, semua mahasiswa di Indonesia akan sedikit terbantu dalam hal pembiayaan pendidikan yang cukup mahal seperti sekarang ini. Pada platform pinjaman untuk mahasiswa satu ini, mahasiswa bisa memperoleh dana pinjaman mencapai Rp 300 juta dengan tenor maksimal 2 tahun.

Yakni dengan periode 6 bulan selama belajar, dan 18 bulan selama bekerja. Adapun untuk suku bunga yang dikenakan, yakni sekitar 2,5% bunga efektif selama belajar dan 2% suku bunga flat selama bekerja.

  • Briguna Pendidikan

Apabila Anda sedang membutuhkan biaya pendidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 ataupun S3, maka tidak ada salahnya menggunakan Briguna Pendidikan satu ini. Kendati demikian, Anda perlu tahu bahwa mengenai produk pinjaman untuk mahasiswa satu ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan tetap.

Jadi dalam penggunaannya, platform pinjaman tersebut tidak dapat diwakilkan oleh orang tua maupun wali. Terkait plafon pinjaman yang ditawarkan di Briguna Pendidikan sendiri, yakni mencapai Rp 250 juta dengan suku bunga yang rendah berkisar antara 0,4-0,5%. Adapun untuk tenor yang diberikan disini, yakni 6 tahun untuk mahasiswa S2 dan 10 tahun untuk mahasiswa S3.

  • Kredit Pendidikan Mandiri

Sebagai informasi untuk Anda, bahwa Kredit Pendidikan Mandiri merupakan bagian terpenting dari Mandiri KSM (Kredit Serbaguna Mikro). Yang mana seperti namanya, platform pinjaman untuk mahasiswa satu ini menawarkan pinjaman dana untuk mahasiswa yang memiliki usaha atau UKM.

Baca Juga :  Password Wifi Mie Gacoan 2024, Catat Sebelum Berkunjung!

Di Kredit Pendidikan Mandiri sendiri, Anda juga akan mendapatkan keuntungan menarik di dalamnya. Dimana bagi mahasiswa yang memperoleh program bantuan pendidikan miskin berprestasi (Bidikmisi) di Universitas Gadjah Mada (UGM), maka akan dengan mudah mengajukan pinjaman di platform ini.

Adapun terkait bunga pinjaman yang dikenakan di Kredit Pendidikan Mandiri terbilang cukup rendah, yakni sekitar 0,5% per bulan dengan tenor maksimal mencapai 10 tahun.

  • Edufund

Sama halnya seperti platform pinjaman untuk mahasiswa yang ada di pasaran Edufund juga turut menyediakan layanan pembiayaan dana kepada mahasiswa yang sedang mengejar pendidikan.

Hal ini tentunya sesuai dengan fokus utama yang dimiliki oleh Edufund, yakni berupa education dan funding di dalamnya. Dengan menggunakan platform ini, Anda bisa memperoleh dana pembiayaan untuk uang sekolah, kursus, kuliah sampai dengan dana tunai sekalipun.

Di Edufund, umumnya akan menawarkan pinjaman uang kuliah berupa uang pangkal, uang semester atau UKT, sampai dengan bundling yang di dalamnya berisikan uang pangkal dan uang semester. Adapun untuk cicilan pinjaman yang ditawarkannya, yakni mencapai 24 bulan.

  • TunaiKita

Bagi Anda yang ingin mencari platform pinjaman untuk mahasiswa unggulan lainnya, maka tidak ada salahnya memilih TunaiKita. Dimana, platform ini sudah terdaftar dan berizin resmi di pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga keamanannya cukup terjamin.

Salah satu keunggulan dari platform TunaiKita sendiri, yakni tidak ada biaya tersembunyi lantaran semuanya sudah dijelaskan secara rinci di website resminya. Dalam hal ini, TunaiKita menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 20 juta, dengan tenor pinjaman sekitar 61 hari sampai 90 hari. Sementara itu, bunga yang dikenakan di platform TunaiKita sendiri yakni sekitar 0,4%-0,8% per hari.

  • KTA Kilat

Adapun untuk platform pinjaman untuk mahasiswa terakhir yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni ada KTA Kilat yang menawarkan pinjaman dana dengan syarat menggunakan KTP saja. Disini, Anda bisa mengajukan pinjaman dana dengan limit yang diberikan mencapai Rp 8 juta.

Sementara itu, untuk bunga pinjamannya cukup rendah, yakni 0,05% per hari dengan tenor mulai dari 91-180 hari. Walaupun tidak terintegrasi dengan lembaga pendidikan seperti halnya pilihan pinjol lainnya, akan tetapi KTA Kilat menawarkan bunga yang masuk akal dan menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa.

Kelebihan yang ditawarkan dari KTA Kilat ini, yakni memberikan pinjaman dana bagi mahasiswa tanpa adanya agunan. Selain itu, proses pencairan dana juga terbilang cepat dengan prosedur yang mudah.

Pinjaman Untuk Mahasiswa
Pinjaman Untuk Mahasiswa

Dari sepuluh rekomendasi platform pinjaman untuk mahasiswa yang sudah dijelaskan di atas, manakah kira-kira platform pinjaman dana yang menarik untuk Anda gunakan dalam membiayai perkuliahan?

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button