Tips

10 Penyebab dan Solusi Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang

Saat foto di galeri tiba-tiba hilang akan menimbulkan pertanyaan Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang padahal tidak di hapus. Memiliki foto yang tersimpan di galeri merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Pasalnya, foto bisa memberikan kenangan dan akan diingat kembali jika dilihat kembali oleh orang yang ada di foto tersebut.

Tapi tak jarang foto tiba-tiba terhapus dan membuat kita sedih. Apalagi jika foto tersebut merupakan foto penting dan satu-satunya yang kita miliki untuk dikenang. Kehilangan foto juga tentunya bisa membuat kita merasa kesal bahkan marah karena bisa saja foto yang hilang merupakan foto penting menyangkut pekerjaan atau momen berharga dengan keluarga.

Untuk menghadapi situasi seperti ini Kamu tidak perlu khawatir, karena bisa saja foto tersebut tidak hilang dengan sendirinya melainkan karena beberapa faktor yang menyebabkan Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai penyebab Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang. Simak penjelasannya!

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang?

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang
Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang / Sumber : Google Play

 

Foto merupakan momen berharga yang diabadikan seseorang dengan tujuan bisa mengingat kembali momen tersebut dan sebagai kenang-kenangan yang disimpan oleh seseorang dalam bentuk foto di galeri. Foto bukan hanya tentang foto diri sendiri, melainkan bisa saja foto mengenai pekerjaan, tempat yang pernah dikunjungi, momen berharga dengan keluarga, dan sebagainya.

Hal inilah yang membuat setiap orang yang kehilangan foto merasa sedih ketika mengalami kejadian yang dimana foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus. Untuk mengetahui penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus, berikut ini penjelasannya :

Baca Juga :  Berapa Lama Sanksi Lazada Paylater? Berikut Penjelasannya!

1. Memori Penyimpanan Penuh

Salah satu penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang adalah karena memori penyimpanan penuh. Saat memori penyimpanan penuh, akan membuat foto atau video yang telah Kamu ambil terhapus sendiri. Hal ini memang bisa saja terjadi karena kapasitas penyimpanan tidak sanggup untuk menampung foto atau video yang telah tersimpan tersebut.

2. Tidak Update Sistem Handphone

Penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus bisa disebabkan karena Kamu tidak update sistem handphone sehingga membuat kinerja Hp menjadi tidak baik dan membuat beberapa foto dan video yang telah diambil tidak tersimpan di galeri.

3. Handphone Terkena Virus

Ketika handphone Kamu terkena virus bisa menjadi penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus. Hal ini bisa terjadi karena virus pada Hp akan membuat file seperti foto atau video yang di simpan di galeri akan hilang secara otomatis.

4. Tidak Membersihkan Sampah Hp

Saat Kamu kehilangan foto secara tiba-tiba di galeri, bisa saja hal ini dikarenakan tidak membersihkan sampah Hp. Ketika Hp memiliki sampah yang menumpuk, akan membuat kinerja Hp menjadi lebih lemot dan bisa menjadi penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus.

5. Terlalu Sering Lepas Pasang Memory Card

Jika terlalu sering lepas pasang memory card dapat menyebabkan foto di galeri tiba-tiba hilang. Hal ini terjadi akibat kerusakan pada chips karena terlalu sering lepas pasang memory card. Karena ketika chips terlalu sering tersentuh dengan jari kita, akan membuat chips tersebut kotor dan menjadi rusak. Dengan begitu, hal ini akan menjadi penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang.

Bagaimana Cara Mengembalikan Foto Di Galeri Yang Tiba-Tiba hilang?

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang1
Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang / Sumber : PUKEVA

 

Setelah mengetahui penyebab kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus, artikel ini juga akan memberikan tips dan cara untuk mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang. Dengan begitu, Kamu tidak perlu khawatir dan sedih karena akan artikel ini akan membantu Kamu untuk mendapatkan kembali foto-foto yang telah hilang tersebut.

Baca Juga :  Daftar Harga Tas LV Asli Di Plaza Indonesia Terbaru 2024

Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang, antara lain :

  • Menggunakan Google Photos

Cara mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang bisa dengan menggunakan google photos. Berikut ini cara mengembalikan foto yang hilang dengan menggunakan google photos :

  1. Buka google photos di perangkat Kamu.
  2. Pada halaman utama aplikasi, klik icon tiga garis di pojok kiri atas layar.
  3. Lanjutkan dengan memilih fitur Trash.
  4. Kemudian, akan ditampilkan beberapa foto yang terhapus dalam 60 hari terakhir.
  5. Klik Select, lalu tandai foto yang akan dipulihkan.
  6. Setelah itu, Klik Restore.
  7. Foto berhasil dipulihkan.
  8. Selesai!
  • Memanfaatkan Galeri di Android

Mungkin tidak banyak yang tidak mengetahui bahwa bisa mengembalikan foto di android melalui galeri. Berikut ini cara mengembalikan foto di android melalui galeri :

    1. Buka Galeri di perangkat android Kamu.
    2. Klik tanda titik tiga di kanan layar.
    3. Klik Trash.
    4. Pilih foto yang akan dipulihkan, lalu klik Restore maka foto akan dipulihkan kembali ke galeri Kamu.
    5. Jika Kamu ingin mengembalikan beberapa foto sekaligus, Kamu dapat Select foto dengan cara tekan lama pada beberapa foto yang akan dipulihkan.
    6. Dengan begitu, foto berhasil dipulihkan kembali ke galeri.
    7. Selesai!
  • Pulihkan Foto Menggunakan iCloud

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang1
Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang / Sumber : iSooper

 

Jika Kamu merupakan pengguna iPhone, Kamu dapat memulihkan foto yang tiba-tiba hilang di galeri menggunakan iCloud. Berikut ini cara pulihkan foto menggunakan iCloud :

  1. Buka iPhone dan masuk ke aplikasi browser.
  2. Kunjungi situs iCloud “https://iCloud.com/”.
  3. Login ke akun iCloud pengguna.
  4. Pilih menu Account Settings.
  5. Pilih opsi Advance.
  6. Kemudian, Restore Files.
  7. Lalu, akan ditampilkan beberapa file termasuk foto yang sudah terhapus di galeri.
  8. Pilih foto yang akan dipulihkan untuk dikembalikan ke galeri.
  9. Klik Done untuk pemulihan foto.
  10. Foto berhasil dipulihkan ke galeri.
  11. Selesai!
  • Cabut Memori Eksternal

Cara lain untuk mengembalikan kenapa foto di galeri tiba-tiba hilang padahal tidak di hapus adalah dengan mencabut memori eksternal yang di pasang di ponsel. Berikut ini cara mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang dengan mencabut memori eksternal ;

  1. Matikan ponsel Kamu.
  2. Cabut baterai, memory card, serta sim card.
  3. Tunggu hingga beberapa menit.
  4. Kemudian, pasang kembali baterai, memory card, serta sim card yang telah dicabut tadi.
  5. Aktifkan kembali ponsel untuk melakukan reboot sehingga sistem android dapat melakukan pemindahan kembali foto dan video serta beberapa file lainnya.
  6. Foto berhasil dipulihkan ke galeri.
  7. Selesai!
  • Gunakan Aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto

Jika Kamu telah menggunakan beberapa cara mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang di atas tetapi tetap saja tidak ada hasilnya, Kamu bisa menggunakan aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto yang bisa Kamu dapatkan dan di unduh secara gratis di playstore.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengganti Warna Baju Di Foto Online Tanpa Aplikasi 2023

Baca Juga :  15+ Makanan Anjing Mini Pom Umur 2 Bulan Sampai Dewasa

Untuk itu, berikut ini cara mengembalikan foto di galeri tiba-tiba hilang menggunakan aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto, antara lain :

  1. Unduh aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto di playstore.
  2. Buka aplikasi yang telah selesai di unduh.
  3. Pilih folder foto yang hilang.
  4. Kemudian, pulihkan foto yang telah dipilih untuk dikembalikan ke galeri.
  5. Foto berhasil di simpan ke galeri.
  6. Selesai!

Download Aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang
Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang

 

Nama Aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto
Rating 4.1
Ukuran Download 14 MB
Jumlah Download 10jt+
Link Playstore Klik Disini

Selain menggunakan aplikasi Data Recovery – Pemulihan Foto, Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus lainnya seperti Disk Digger, Dumpster, Restore Image, Recycle Bin, EaseUS MobiSaver, ultData, dan beberapa aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang tiba-tiba hilang di galeri.

Akhir Kata

Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang
Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang

Ketika foto tiba-tiba hilang di galeri, pastinya akan membuat kita sedih dan merasa kesal. Hal ini disebabkan karena foto sudah kita anggap sebagai pengabadian suatu momen indah atau memudahkan kita untuk mengingat sesuatu hal.

Selain foto digunakan untuk mengabadikan suatu momen, foto juga bisa berupa gambar tentang pekerjaan atau tempat yang pernah kita singgahi. Hal inilah terkadang yang membuat kita kesal ketika sedang membutuhkan foto tersebut, tetapi malah fotonya tiba-tiba hilang padahal tidak pernah di hapus.

Untuk itu, artikel ini telah memberikan beberapa penyebab dan solusi Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang padahal tidak di hapus. Kamu dapat membaca penjelasannya di atas.

Itulah beberapa informasi mengenai Kenapa Foto Di Galeri Tiba-Tiba Hilang. semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button