8 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka, Dijamin Ampuh!

Intan Melawi Sinaga

Ketika instagram sedang bermasalah dan tidak bisa dibuka, Kamu pasti membutuhkan bagaimana Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka.

Tidak bisa dipungkiri bahwa instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Tetapi dibalik kepopulerannya, instagram juga bukan berarti aplikasi yang sempurna. Kadang kala aplikasi ini memiliki error pada sebagian pengguna, sehingga menyebabkan instagram tidak bisa dibuka.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan diberikan penjelasan bagaimana Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka agar setiap pengguna yang tidak bisa buka aplikasi instagram dapat terbantu. Simak penjelasannya!

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka?

cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka
cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka

Untuk yang mengalami hal ini pasti sering bertanya-tanya kenapa instagram tidak bisa dibuka. Berikut ini hal-hal yang bisa menjadi penyebab kenapa instagram tidak bisa dibuka, diantaranya :

Penyebab Penjelasan
Tidak Menggunakan Aplikasi Instagram Versi Terbaru Untuk menghindari instagram tidak bisa dibuka, Kamu dapat upgrade aplikasi ke versi terbaru agar aplikasi tetap berfungsi dengan baik dan dapat diakses normal seperti biasanya. Karena setiap aplikasi butuh di update agar sistemnya berjalan dengan baik.
Gangguan Jaringan Internet Jika kondisi jaringan internet sedang tidak stabil atau dalam gangguan, maka bisa mengakibatkan instagram tidak bisa dibuka. Oleh sebab itu, pastikan jaringan internet Kamu stabil agar dapat buka aplikasi instagram.
Instagram Sedang Down Akan ada saja situasi dimana instagram tidak bisa dibuka karena sedang down. Hal ini bisa terjadi dikarenakan instagram sedang mengalami bug atau sedang dalam perbaikan sistem.
Akun Diblokir Akun instagram bisa saja terblokir jika Kamu melakukan pelanggaran atau terlalu banyak memiliki akun. Pastikan Kamu tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang dapat membuat akun diblokir.

Baca Juga : 6 Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Instagram Error?

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka1
Sumber : Iteachandroid

Dalam menggunakan aplikasi, pasti selalu ada saja terkadang kendala dari aplikasi tersebut. Hal ini memang bisa saja terjadi dikarenakan aplikasi sedang error atau dalam gangguan jaringan.

Untuk itu, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini jika instagram error, antara lain :

  1. Restart aplikasi.
  2. Gunakan perangkat lain untuk masuk ke instagram.
  3. Pastikan instagram sudah di update menggunakan versi terbaru.
  4. Coba buka instagram di browser.
  5. Pastikan telah mengaktifkan izin aplikasi.
  6. Bersihkan cache aplikasi.
  7. Gunakan instagram lite untuk mengurangi ruang penyimpanan.

Kenapa Instagram Saat Dibuka Berwarna Putih?

cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka
cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka

Penyebab instagram saat dibuka berwarna putih bisa disebabkan karena instagram sedang gangguan bug. Untuk mengatasi hal ini, Kamu dapat hapus dan unduh kembali aplikasi instagram. Tetapi, jika sudah unduh aplikasi tetapi masih berwarna putih, kemungkinan lain sebagai penyebabnya adalah layanan instagram sedang dalam gangguan.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka
cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka

Jika Kamu mengalami kendala tidak bisa buka instagram, berikut ini cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka :

  • Periksa Koneksi Internet

Untuk dapat mengakses instagram, dibutuhkan adanya koneksi internet. Oleh sebab itu, Kamu harus memastikan apakah koneksi internet sudah terhubung dengan cara mengetik apa saja pada mesin pencarian google.

Jika halaman yang dicari di google tidak muncul, maka bisa jadi koneksi internet yang tidak stabil inilah yang menjadi penyebab instagram error dan tidak bisa dibuka.

  • Restart Handphone

Jika koneksi internet stabil dan lancar tetapi instagram masih error, Kamu dapat terlebih dahulu restart handphone untuk memberi penyegaran terhadap proses pengoperasian aplikasi instagram dan sistem handphone.

  • Masuk Menggunakan Perangkat Lain

Cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka, Kamu dapat masuk menggunakan perangkat lain agar dapat membandingkan jika menggunakan perangkat lain dengan perangkat sebelumnya yang Kamu gunakan untuk masuk ke instagram.

  • Update Instagram ke Versi Terbaru

Pastikan Kamu selalu update instagram ke versi terbaru agar instagram dapat bekerja dengan baik dan menghindari error pada aplikasi instagram.

  • Hapus Cache Instagram

Menghapus cache instagram juga menjadi salah satu cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka. Cache yang menumpuk dapat membuat aplikasi menjadi tidak respon dan dapat membuat terjadinya error pada aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, Kamu dapat hapus cache instagram yang menumpuk agar menghindari error pada aplikasi.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Cara Mengatasi Shopee Gangguan Kembali Ke Halaman Utama

  • Periksa Username dan Password

Untuk masuk ke aplikasi instagram, dibutuhkan username dan password. Untuk itu, pastikan memasukkan username dan password dengan benar agar instagram dapat dibuka.

  • Pastikan Memiliki Penyimpanan Yang Cukup

Memiliki ruang penyimpanan yang cukup juga mempengaruhi aplikasi dapat bekerja dengan baik. Karena jika penyimpanan sudah penuh, maka akan membuat kinerja dari smartphone Kamu terganggu dan akan membuat setiap aplikasi yang akan dibuka menjadi error dan tidak dapat dibuka.

  • Aktifkan Izin Aplikasi

Cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka bisa dengan mengaktifkan izin aplikasi. Karena aplikasi bisa saja tidak bisa dibuka karena Kamu belum mengaktifkan izin aplikasinya. Oleh karena itu, pastikan untuk aktifkan izin aplikasi agar aplikasi dapat dibuka.

Apakah Instagram Perlu di Update?

Setelah mengetahui cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka di atas, Kamu juga wajib mengetahui pentingnya update aplikasi instagram agar tetap bisa menggunakannya. Jika aplikasi tersebut tidak di update, maka aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.

Selain itu, jika aplikasi instagram tidak di update, dapat menyebabkan aplikasi tidak respon dan berhenti dengan keluar dari aplikasi dan dapat mengakibatkan restart ponsel secara mendadak.

Bagaimana Cara Update Instagram ke Versi Terbaru?

Mungkin bagi sebagian orang masih belum paham bagaimana cara update instagram ke versi terbaru. Untuk itu, berikut ini cara update instagram ke versi terbaru yang dapat Kamu ikuti :

  1. Buka playstore atau app store pada smartphone Kamu.
  2. Lalu, klik menu navigasi yang ada pada bagian pojok kiri atas.
  3. Kemudian, klik pada bagian menu aplikasi & game saya.
  4. Setelah itu, silahkan masuk ke pembaruan.
  5. Cari aplikasi instagram yang minta pembaruan, lalu klik update maka aplikasi akan diperbarui ke versi terbaru.

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dipakai Padahal Sudah di Update?

Setelah selesai update aplikasi instagram ke versi terbaru, pastinya Kamu akan langsung membuka aplikasi tersebut untuk dapat masuk ke instagram. Tetapi yang menjadi masalah adalah instagram tidak bisa dipakai padahal sudah di update.

Untuk penyebab instagram tidak bisa dipakai padahal sudah di update kemungkinan dikarenakan masalah koneksi yang tidak stabil. Jika koneksi internet tidak stabil, maka sudah pasti aplikasi instagram tidak bisa dibuka dan diakses. Oleh karena itu, pastikan Kamu berada pada koneksi internet yang lancar.

Apa Yang Baru di Instagram?

Bagi para pengguna aplikasi instagram, Kamu harus tahu bahwa instagram meluncurkan fitur baru pada 2023. Yang menjadi fitur terbaru di instagram yaitu quite mode atau mode senyap, kata tersembunyi, dan seleksi konten. Hal ini dilakukan untuk membantu pengguna untuk menetapkan batasan dengan pengguna lain.

Selain itu, fitur terbaru pada aplikasi instagram adalah penggunaan avatar. Kamu dapat membuat avatarmu sendiri dengan memilih beragam avatar yang telah disediakan.

Penutup

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Memang sangat kesal jika kita tidak bisa masuk dan terhubung ke akun sosial media yang telah kita buat, termasuk aplikasi instagram. Oleh karena itu, pastikan Kamu telah mengetahui langkah-langkah yang telah diuraikan pada artikel ini.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Related Post

Tinggalkan komentar