Review Pinjaman BFI Finance: Syarat, Keunggulan dan Tabel Simulasi Angsuran

Gunawan Sumri

Tidak sedikit orang yang ingin tahu tentang review pinjaman BFI Finance. Sebab, seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang tertarik untuk mengambil pinjaman dari aplikasi ini. BFI Finance sering dikatakan sebagai aplikasi pinjam uang terpercaya yang dapat dilakukan tanpa jaminan.

Bahkan, proses pengajuan pinjaman di aplikasi ini juga tidak melalui pemeriksaan kredit dengan pendanaan cepat. Sistem yang digunakan oleh aplikasi ini adalah suku bunga yang cukup tinggi. Untuk mengenal secara lebih jauh lagi mengenai aplikasi pinjam uang satu ini, simak dengan baik review pinjaman BFI Finance berikut ini!

Review Pinjaman BFI Finance

Review Pinjaman BFI Finance
Review Pinjaman BFI Finance

Mengawali pembahasan terkait review aplikasi pinjam uang terpercaya satu ini, kami akan membahas tentang pengertiannya terlebih dahulu. BFI Finance merupakan perusahaan multifinance leasing di Indonesia yang menyediakan jaminan gadai BPKB kendaraan maupun rumah.

  • Salah satu alasan mengapa ada banyak orang yang mengambil pinjaman di sini adalah, karena BFI Finance telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Jadi, segala jenis transaksi yang dilakukan dalam aplikasi ini akan langsung diawasi oleh OJK. Nantinya, proses pengajuan pinjaman dapat dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dan cepat.

Plafon yang ditawarkan oleh BFI Finance tersedia mulai dari Rp10.000.000,- dengan tenor yang mencapai 48 bulan. Sementara untuk bunga yang ditawarkan adalah 0,95% per bulan. Setelah mengenal tentang apa itu BFI Finance, sekarang mari kita membahas tentang jenis-jenis pinjaman yang ditawarkan perusahaan ini.

Jenis Pinjaman BFI Finance

Jenis Pinjaman BFI Finance
Jenis Pinjaman BFI Finance

Ketika membahas tentang review pinjaman BFI Finance, maka kita tidak boleh melewatkan penjelasan terkait jenis-jenis pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan ini. BFI Finance menyediakan 3 jenis pinjaman yang dapat dilakukan dengan jaminan. Berikut adalah ketiga jenis pinjaman BFI Finance dengan masing-masing jaminannya:

1. Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pinjaman Jaminan BPKB Mobil
Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Sesuai dengan namanya, jaminan yang digunakan dalam jenis pinjaman ini adalah BPKB mobil. Sudah ada banyak orang yang memberikan review pinjaman BFI Finance ini, dan sebagian di antaranya bersifat positif. Tenor yang ditawarkan untuk pinjaman jaminan BPKB mobil BFI Finance bisa mencapai 4 tahun lamanya. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan dana pencairan mulai dari Rp10.000.000,- dengan suku bunga yang rendah, yaitu 0,89%.

Persyaratan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil BFI Finance

Selain memiliki kelebihan pada suku bunganya yang termasuk rendah, jenis pinjaman ini juga memiliki persyaratan yang tidak terlalu sulit, yaitu:

  • Mobil milik sendiri dan dapat dibuktikan dengan BPKB asli.
  • BPKB yang diajukan bisa atas nama orang lain, tapi harus dilengkapi dengan bukti pembelian.
  • Untuk mobil berjenis jeep, sedan, dan minibus harus memiliki usia maksimal 15 tahun.
  • Untuk mobil berjenis pick up dan truk harus memiliki usia maksimal 10 tahun.
  • STNK atas nama sendiri harus masih aktif dengan pajak mati maksimal 2 tahun.
  • STNK atas nama orang lain harus masih aktif dan jika pajak sudah mati, lakukan balik nama di BFI Finance.
  • Mobil dilengkapi dengan plat hitam atau plat kuning.
  • Tidak pernah digunakan sebagai taksi maupun ambulans.

2. Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman Jaminan BPKB Motor
Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Sama halnya seperti jenis pinjaman BFI Finance yang sebelumnya, review pinjaman BFI Finance yang satu ini juga cukup positif. Jaminan yang digunakan untuk mengambil pinjaman ini adalah BPKB motor. Sementara untuk tenor maksimal yang ditawarkan hanya mencapai 18 bulan saja. Minimal plafon yang ditawarkan pada pinjaman ini adalah Rp1.000.000,-, dengan suku bunga yang dimulai dari 2,25% per bulan.

Syarat Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor BFI Finance

Berbeda dengan syarat pengajuan pinjaman yang sebelumnya, syarat untuk mengajukan jenis pinjaman ini adalah:

  • Motor milik sendiri dan dapat dibuktikan dengan BPKB asli.
  • BPKB yang diajukan bisa atas nama orang lain, tapi harus dilengkapi dengan bukti pembelian.
  • Untuk motor merek Jepang dan Italia harus memiliki usia maksimal 10 tahun.
  • Menyertakan STNK dan bukti pajak. Jika pajak mati maksimal berusia 4 tahun bisa dilakukan tanpa potong pencairan, untuk pajak mati yang lebih dari jangka waktu tersebut akan diwajibkan untuk diurus langsung oleh BFI Finance.
  • Motor dilengkapi dengan plat hitam.

3. Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah
Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Review pinjaman BFI Finance ini tergolong cukup positif dan hal ini bisa dilihat dengan jumlah peminatnya yang terus bertambah. Jaminan yang digunakan untuk mengajukan jenis pinjaman ini adalah sertifikat rumah dengan maksimal tenor yang mencapai 7 tahun lamanya.

Sementara untuk suku bunganya dimulai dari 0,9% per bulan. Salah satu alasan mengapa review pinjaman BFI Finance ini selalu positif adalah, karena total pencairan dananya dimulai dari Rp100.000.000,- hingga Rp5.000.000.000,-.

Persyaratan Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Tentu angka di atas bukanlah nilai yang kecil bagi sebagian orang. Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan jenis pinjaman ini?

  • Rumah yang dihuni oleh seseorang.
  • Rumah dikategorikan sebagai bangunan permanen dan terletak di sebuah pemukiman, cluster, maupun kompleks.
  • Rumah tidak berada dalam gang yang hanya bisa dilewati 1 mobil.
  • Lokasi rumah tidak dekat dengan fasilitas umum, makam, ataupun tiang sutet.
  • Rumah tidak dalam proses penjualan.
  • Harus dilengkapi dengan sertifikat SHM/SHGB atas nama sendiri, pasangan, maupun anggota keluarga lainnya.
  • Lokasi rumah terletak di daerah Jabodetabek, Surabaya, dan Sidoarjo.

Keunggulan Pinjaman BFI Finance

Keunggulan Pinjaman BFI Finance
Keunggulan Pinjaman BFI Finance

Ada berbagai jenis kelebihan yang dapat menjadi alasan mengapa sebagian besar review pinjaman BFI Finance bersifat positif. Berikut adalah berbagai jenis kelebihan dari pinjaman BFI Finance:

  • Terpercaya

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, BFI Finance merupakan aplikasi pinjam uang terpercaya yang sudah sering digunakan oleh beberapa orang di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dari terdaftarnya BFI Finance pada OJK. Jadi, tidak perlu khawatir akan terjadi kerugian selama mengambil pinjaman pada aplikasi ini.

  • Jaringan Cabang yang Luas

Selain bisa dilakukan secara online, proses pengajuan pinjaman BFI Finance juga bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke kantornya. Nantinya, pihak customer service akan membantu Anda untuk melakukan proses pengajuan pinjaman tersebut. Sampai saat ini BFI Finance telah memperluas jaringannya hingga ke berbagai wilayah Indonesia.

  • Produk Pinjaman Lengkap

Semakin banyak opsi pinjaman yang disediakan oleh perusahaan finance leasing, maka semakin besar kemungkinannya untuk dipilih oleh banyak orang. Alasan lain mengapa review pinjaman BFI Finance dikatakan cukup positif adalah, karena produk pinjaman yang ditawarkan tergolong lengkap, dan untuk daftarnya sudah kami sebutkan di atas.

  • Proses Mudah dan Cepat

Orang-orang tentu lebih suka ketika proses pengajuan pinjamannya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak orang yang tertarik mengambil pinjaman di aplikasi ini. Karena proses pengajuan pinjaman BFI Finance bisa dilakukan secara online, jadi Anda tidak perlu datang langsung ke kantornya untuk mengurus proses pengajuan tersebut.

  • Bunga Pinjaman Cukup Kompetitif

Kelebihan terakhir dari BFI Finance adalah bunga pinjaman yang ditawarkan cenderung cukup kompetitif. Tentu kelebihan ini tidak bisa dimiliki oleh setiap perusahaan finance leasing di Indonesia, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik-baik. Bahkan, tenor pinjaman yang ditawarkan perusahaan ini juga cenderung panjang, yaitu hingga 60 bulan lamanya.

Kekurangan Mengajukan Pinjaman di BFI Finance

Kekurangan Mengajukan Pinjaman di BFI Finance
Kekurangan Mengajukan Pinjaman di BFI Finance

Meski sebagian besar review pinjaman BFI Finance bersifat positif, tapi ada juga beberapa di antaranya yang mengeluh terkait pelayanan aplikasi pinjaman online ini. Berikut adalah beberapa kekurangan dari pinjaman BFI Finance yang sering dikeluhkan oleh sejumlah orang:

  • Proses Verifikasi yang Cenderung Lama

Ada beberapa review pinjaman BFI Finance yang mengatakan bahwa proses verifikasi di sini cenderung lama bagi sebagian orang. Hal ini terjadi karena perusahaan harus mengonfirmasi terlebih dahulu keaslian dari jaminan yang diberikan oleh pihak peminjam. Biasanya, proses verifikasi BFI Finance membutuhkan kurun waktu hingga 3 hari.

  • Tidak Dapat Dibatalkan

Terkadang ada beberapa orang yang ingin membatalkan pengajuan pinjamannya, karena mereka sudah mendapatkan dana dari tempat lain. Namun, ketika mengajukan pinjaman di BFI Finance, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Sebab, semua permintaan pencairan yang telah masuk ke sistem tidak bisa dibatalkan dengan alasan apapun.

  • Cek BI

Untuk kekurangan yang terakhir ini disebabkan oleh pihak peminjam itu sendiri yang tidak bisa membayar cicilan dalam periode yang telah ditentukan. Ketika peminjam gagal membayar, maka hal ini dapat membuatnya di-blacklist oleh Bank Indonesia (BI) Checking. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Anda harus selalu membayarnya secara tepat waktu.

Simulasi Pinjaman di BFI Finance Berdasarkan Jenisnya

Simulasi Pinjaman di BFI Finance Berdasarkan Jenisnya
Simulasi Pinjaman di BFI Finance Berdasarkan Jenisnya

Sebelum mengajukan pinjaman BFI Finance dalam jenis apapun, Anda perlu melihat simulasi perhitungannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan jumlah pinjaman tersebut dengan kemampuan membayar Anda. Berikut adalah simulasi pinjaman di BFI Finance berdasarkan jenis-jenisnya:

1. Simulasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil BFI Finance

Sebagai contoh kami menggunakan mobil model Honda Brio RS 12 AT tahun 2018 dengan maksimum pembiayaan yang mencapai Rp109.980.000,-. Lalu, bagaimana perhitungannya jika pembiayaan yang diinginkan adalah Rp10.000.000,- dengan tenor yang berbeda?

Daftar Angsuran Jaminan BPKB Mobil BFI Finance

Berikut di bawah ini adalah estimasi angsuran dari jenis pinjaman Jaminan BPKB Mobil BFI Finance:

Tenor Estimasi Angsuran per Bulan
12 bulan Rp 1.327.000,-
24 bulan Rp 718.000,-
36 bulan Rp 516.500,-
48 bulan Rp 417.500,-

2. Simulasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor BFI Finance

Simulasi perhitungan pinjaman jaminan BPKB motor berbeda dengan simulasi yang sebelumnya. Dalam simulasi ini kami menggunakan motor model New Supra X 125 tahun 2020 dengan jumlah pinjaman Rp2.500.000,- dan maksimum pembiayaan Rp8.450.000,-.

Daftar Angsuran Jaminan BPKB Motor BFI Finance

Berikut adalah estimasi angsuran dari jenis pinjaman ini:

Tenor Estimasi Angsuran per Bulan
6 bulan Rp 594.000,-
12 bulan Rp 295.500,-
17 bulan Rp 230.500,-
18 bulan Rp 221.000,-

3. Simulasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah BFI Finance

Melanjutkan pembahasan terkait review pinjaman BFI Finance, kami juga akan membagikan simulasi pinjaman jaminan sertifikat rumah. Dalam hal ini, estimasi harga rumah adalah Rp500.000.000,- dengan jumlah pinjaman yang sebesar Rp300.000.000,-.

Daftar Angsuran Jaminan Sertifikat Rumah BFI Finance

Berikut adalah perhitungannya berdasarkan tenor yang dipilih:

Tenor Estimasi Angsuran per Bulan
2 tahun Rp 14.977.500,-
3 tahun Rp 10.846.000,-
4 tahun Rp 8.812.500,-
5 tahun Rp 7.618.500,-

Penutup

Review Pinjaman BFI Finance
Review Pinjaman BFI Finance

Dengan melihat review pinjaman BFI Finance yang ada di atas, Anda jadi tidak perlu khawatir ketika hendak mengajukan jenis pinjaman di aplikasi ini. Sebab, aplikasi ini telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan segala transaksinya akan langsung diawasi oleh OJK.

Gunawan Sumri

Pejuang Semester Akhir, Menyalurkan Inspirasi Dengan Menulis. Menyukai Kopi dan Kamu! Iya Kamu :D

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay