Rincian Biaya Kursus Bahasa Inggris Lembaga Terkemuka di Indonesia

Penasaran berapa Biaya Kursus Bahasa Inggris saat ini? Bahasa inggris merupakan bahasa international yang bisa membantu kita berkomunikasi dengan orang luar negeri. Selain itu, mahir dalam berbahasa inggris juga memberi banyak kemudahan khususnya dalam memperjuangkan karir. Maka tidak heran jika banyak orang meramaikan tempat kursus bahasa inggris sebagai tempat belajar diluar sekolah reguler.

Perlu diketahui, bahwa banyaknya kegunaan ilmu bahasa inggris tersebut juga setara dengan biaya kursus bahasa inggris yang harus dikeluarkan untuk mempelajarinya. Sebenarnya bisa saja memperlajarinya secara mandiri, akan tetapi hasil yang diperoleh tidak akan maksimal.

Saat ini sudah banyak tempat kursus yang bisa dikunjungi, namun dalam memilih tempat les kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti keunggulan tempat les ataupun pembelajaran yang akan diterima.

Agar memahami pentingnya bahasa inggris lebih lanjut, mari simak tuntas ulasan dibawah ini.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Biaya Kursus Bahasa Inggris

Memahami bahasa inggris sangat penting karena berbagai alasan. Dengan memahami bahasa inggris, kamu dapat memiliki banyak kesempatan dalam mengenal dunia luar.

Tidak hanya itu, dengan memiliki keahlian bahasa inggris kamu dapat memperoleh beberapa manfaat, antara lain:

Berkesempatan Mendapatkan Pekerjaan Bagus

Pekerjaan yang bagus umumnya diartikan bekerja pada perusahaan besar atau bahkan pada perusahaan yang sudah go internasional. Salah satu syarat utama yang diharuskan untuk mendaftar ke perusahaan tersebut biasanya harus fasih dalam berbahasa inggris.

Dengan mahir berbahasa inggris, kamu berpeluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam karir, dan jikalau ingin membangun bisnis akan lebih mudah untuk bekerja sama dengan negara asing.

Bahkan sebelum ke jenjang pekerjaan, jika ingin mendaftar keperguruan tinggi internesional peserta juga diwajibkan untuk memahami bahasa inggris.

Update Terhadap Informasi Global

Seperti yang diketahui Amerika serikat menjadi pusat global dunia saat ini, dimana negara tersebut merupakan salah satu negara yang menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi.

Dengan memahami bahasa inggris kamu akan lebih mudah mengetahui informasi terbaru dunia seperti fluktuasi nilai mata uang, bisnis yang sedang diramaian dunia dan sebagainya.

Mempermudah Untuk Tinggal di Luar Negeri

Barangkali pernah terlintas ingin menikah dengan turis dan tinggal diluar negeri maka hal yang tidak boleh dilewatkan untuk merealisasikan keinginan tersebut ialah memahami bahasa inggris.

Terlepas dari sedikit-banyaknya pengetahuan, untuk dapat tinggal dinegara luar maka kamu harus mengetahui bahasa dari negara tersebut, paling tidak untuk bertahan hidup sebagai warga negara baru.

Memperluas Koneksi Dengan Orang Luar

Setelah memahami bahasa inggris kamu akan merasa percaya diri dalam menjalin hubungan dengan banyak orang. Apalagi saat ini sudah banyak jalan untuk berkenalan dengan orang luar.

Dengan demikian, kamu berpeluang untuk menjalin banyak pertemanan dari berbagai negara. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kamu dalam memperluas koneksi yang sangat bermanfaat bagi karir kamu kedepannya. Misalnya saja, saling berbagi info beasiswa luar negeri, atau bahkan membangun bisnis dengan negara asing.

Jenis-jenis Kelas Kursus Bahasa Inggris

Tingkat kemampuan setiap orang berbeda-beda, begitu juga dalam hal berbahasa inggris. Maka dalam mengambil kelas kursus bahasa inggris, akan dilakukan tes pengetahuan untuk melihat tingkat kemampuan kamu.

Dengan begitu, pihak lembaga akan mengetahui kamu masuk kedalam jenis kelas apa sehingga mempermudah dalam penyampaian materi yang diperlukan. Pada dasarnya kelas kursus bahasa inggris terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :

  1. Beginner adalah kelas bagi peserta yang sangat awam dalam berbahasa inggris. Sehingga pada kelas ini murid akan diajarkan mulai dari pengetahuan dasar penyebutan huruf dan angka, pengenalan benda-benda tertentu, dan lain-lain.
  2. Elementary adalah kelas bagi peserta yang memiliki sedikit pengetahuan tentang bahasa inggris. Pada jenis kelas ini, murid akan diajarkan tentang pengekspresian sesuatu secara sederhana.
  3. Pre Intermediate merupakan jenis kelas bagi murid yang sudah dapat berkomunikasi sederhana menggunakan bahasa inggris, misalnya dalam menanyakan sesuatu kepada orang lain. Materi yang akan diajarkan pada kelas berikut biasanya akan memperdalam pemahaman tenses.
  4. Intermediate adalah kelas bagi murid yang sudah mampu berkomunikasi berbahasa inggris dengan menerapkan tenses, sehingga materi yang akan diajarkan pada kelas ini meliputi pembelajaran grammar yang lebih baik.
  5. Upper Intermediate merupakan kelas bagi murid yang sudah dapat berkomunikasi menggunakan tenses dan grammar dengan baik, sehingga pada kelas ini murid biasanya akan diajarkan untuk dapat berbahasa inggris lebih kompleks lagi.
  6. Advanced adalah jenis kelas bagi murid yang sudah mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris namun sulit dimengerti oleh lawan bicara. Maka pada kelas ini akan difokuskan dalam pembelajaran berkomunikasi yang baik.
  7. Upper Advanced adalah jenis kelas bagi murid yang sudah mahir dalam berkomunikasi baik menggunakan kalimat sederhana ataupun kalimat yang cukup jarang digunakan (sulit).

Cara Mendaftar Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu berkeinginan untuk mengikuti kursus bahasa inggris, maka hal yang harus kamu tahu ialah cara mendaftar kursus tersebut. Perlu diketahui bahwa cara pendaftaran setiap lembaga biasanya berbeda-beda, namun berikut ini kami akan menjelaskan cara pendaftaran kursus bahasa inggris secara umum :

  • Silahkan cari tahu dan pilih tempat kursus bahasa inggris yang akan dikunjungi
  • Kemudian hubungi kontak lembaga tersebut untuk melakukan konsultasi seputar kursus
  • Selanjutnya kunjungi lembaga tersebut untuk melakukan tes pengetahuan dalam pemilihan kelas
  • Lakukan pembayaran sesuai biaya kursus bahasa inggris yang ditetapkan
  • Lalu ikuti kursus sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Apabila kamu berkeinginan untuk mengikuti kursus bahasa inggris secara privat, maka sebaiknya mencari mentor yang benar-benar profesional dibidangnya. Untuk cara pendaftaran bisa diperbincangkan setelah menemukan kontak mentor yang tepat untuk dihubungi.

Rincian Biaya Kursus Bahasa Inggris

Biaya Kursus Bahasa Inggris

Biaya kursus bahasa inggris di indonesia bervarisi terkait beberapa faktor yang mempengaruhi. Pada halaman ini, kami menyajikan beberapa rincian biaya kursus bahasa Inggris dari beberapa tempat kursus bahasa inggris yang terkemuka di Indonesia.

Beberapa tempat berikut cukup direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari tempat les kursus bahasa Inggris. Jadwal menggikuti kelas kursus bisa dilakukan seiringan dengan kelas sekolah reguler ataupun pada saat hari libur saja.

Berikut tabel biaya kursus bahasa inggris dibeberapa lembaga les bahasa inggris yang terkenal di Indonesia.

Nama Tempat Keterangan Tarif
Kampung Inggris Pare Durasi 2 Minggu Rp1.000.000
Durasi 1 Bulan Rp1.150.000
Durasi 2 Bulan Rp2.200.000
Durasi 3 Bulan Rp3.450.000
Durasi 4 Bulan Rp4.600.000
Durasi 5 Bulan Rp5.750.000
English First Pendaftaran Rp150.000
Small Star Usia 4-6 Tahun Rp6.300.000
High Flyers Usia 7-12 Tahun Rp3.600.000
Traiblazers Usia 13-15 Tahun Rp3.900.000
Frontuner Usia 14-17 Tahun Rp3.900.000
International Exam Preparations Rp3.060.000
Bussiness  English Rp3.900.000
Conversation Lokal-native Rp1920000  – Rp2400000
New Concept Program General Rp500000 – Rp580000
Program Conversation Rp600000 – Rp700000
Program Private Rp2300000 – Rp2700000
ESQ Course English Conversation Class / Test Preparation Class Mulai dari Rp1850000
LIA General English For 4 to 6 Rp600.000
General English  For Young Learners Rp1150000-Rp1390000
General English  For Teens Rp1.325.000
General English For Adults Rp1325000-RP1470000
Conversation for Student Rp1.625.000
Conversation For Employees Rp1.625.000
ILP (International Language Program) ILP Kids Usia 6-12 Tahun Rp1325000-Rp1375000
ILP Teens Usia 12-15 Tahun Rp1.375.000
Talking English Rp1.000.000
ILP Adults Rp1475000 – Rp1725000
Bussiness  English Rp600000 – Rp700000
Preparation Class Rp1900000 –  Rp2450000

Note: Pendaftaran tempat kursus bahasa inggris yang tertera diatas bisa dilakukan secara online maupun offline. Silahkan hubungi situs dari masing-masing lembaga untuk mendapatkan info lengkap seputar layanan kursus yang tersedia.

Faktor Yang Membedakan Biaya Kursus Bahasa Inggris

Biaya kursus bahasa inggris tentunya tidak selalu sama disemua tempat. Namun hal itu terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi seperti :

Materi

Faktor utama yang mempengaruhi biaya kursus bahasa inggris adalah materi. Semakin bagus materi yang berikan tentu semakin mahal biaya yang dibebankan, misalnya saja Toefl.

Bisa dikatakan bahwa toefl adalah materi yang cukup berat karena disini mentor harus bisa mengajarkan muridnya hingga fasih dalam berbahasa inggris. Hal itu disebabkan karena target pembelajaran Toefl adalah agar lolos ujian dengan skor yang tinggi.

Selain itu, score toefl juga banyak digunakan untuk kepentingan tertentu seperti melamar perguruan luar negeri, melamar pekerjaan diperusahaan tertentu, dan banyak kepentingan lainnya. Sehingga tidak heran jika banyak orang membayar mahal biaya kursus bahasa inggris untuk mendapatkan sertifikat toefl.

Durasi Pembelajaran

Durasi pembelajaran juga menjadi faktor penentuan biaya kursus bahasa inggris. Semakin panjang durasi pembelajaran yang diambil, otomatis semakin besar tarif yang akan dibebankan.

Selain itu, tarif kursus umum dengan kursus private juga berbeda. Biasanya biaya kursus bahasa inggris kelas private akan lebih mahal karena mentor hanya akan mengajarkan seorang murid saja.

Kualitas Mentor

Faktor penentu biaya kursus bahasa inggris berikutnya adalah kualitas mentor. Semakin profesional mentor yang akan mengajar maka semakin mahal tarif yang harus dibayar.

Kendati demikian, beberapa orang tidak mempermasalahkan tarif tesebut yang penting mereka dapat diajarkan dengan maksimal. Hal ini sering terjadi pada lembaga yang menyediakan mentor native speaker. Melalui mentor native speaker, murid dapat melakukan percakapan sehari-hari hingga level profesional kepada mentor.

Kredibilitas Tempat Les

Kredibilitas lembaga/tempat les bahasa inggris juga perlu diperhitungkan sebagai faktor yang mempengaruhi biaya kursus bahasa inggris. Semakin terjamin kredibilitas lembaga tersebut maka bisa dipastikan semakin baik pula pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, jika kamu mengambil kelas dan ujian toefl pada lembaga yang sudah terkenal dan diakui, dalam situasi tertentu kamu berkemungkinan menjadi kandidat yang diprioritaskan karena lulusan dari lembaga terbaik.

Kelengkapan Fasilitas

Kelengkapan fasilitas tempat les juga mempengaruhi perkembangan dalam proses belajar. Fasilitas yang lengkap dapat mendukung proses belajar bahasa inggris semakin cepat.

Misalnya saja buku panduan pembelajaran bahasa inggris, bahan praktek yang bisa digunakan sehari-hari, atau kelengkapan fasilitas lainnya.

Akhir Kata

Biaya Kursus Bahasa Inggris
Biaya Kursus Bahasa Inggris

Pentingnya memahami bahasa inggris tentu menyadarkan kita untuk lebih giat lagi mempelajari bahasa tersebut. Apabila kamu salah satu pribadi yang belum menguasai bahasa inggris, masih ada waktu untuk mulai menekuninya.

Pastikan kamu memilih tempat kursus yang tidak akan memberatkan aktivitas saat ini, seperti lokasi tempat kursus dan biaya kursus bahasa inggris.

Related Post

Tinggalkan komentar