Review

10 Perbedaan BritAma dan Simpedes yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa perbedaan BritAma dan Simpedes bagi nasabah yang ingin membuka rekening baru. Keduanya merupakan jenis tabungan yang dihadirkan BRI dan paling diminati masyarakat.

Untuk menemukan produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan, nasabah dituntut lebih informatif terhadapa layanan yang disediakan bank tersebut. Tak terkecuali dengan BRI, salah satu bank di Indonesia yang menyediakan berbagai pilihan tabungan dengan keuntungan dan biaya masing-masing.

Seperti yang kami sampaikan, BritAma dan Simpedes adalah produk BRI yang menyita perhatian dan paling banyak digunakan masyarakat. Terdapat sejumlah perbedaan BritAma dan Simpedes yang perlu diketahui mulai dari setoan awal, biaya administrasi dan limit-limit transaksi.

Oleh karena itu, bagi anda yang berencana membuka tabungan baru di BRI, simak sejumlah perbedaan antara BritAma dan Simpedes melalui pembahasan ini.

Apa Itu Tabungan BritAma?

Sebelum lebih jauh membahas perbedaan BritAma dan simpedes, akan lebih baik anda mengetahui deskripsi singkat masing-masing jenis tabungan unggul ini.

BritAma
Tabungan BritAma

Tabungan BritAma merupakan salah satu produk perbankan yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Tabungan ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan manfaat dalam mengelola dana anda.

Produk tabungan BRI ini memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang memungkinkan nasabah bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Keunggulan BRI BritAma

Sebagai salah satu jenis tabungan yang paling diburu masyarakat, BritAma menawarkan sejumlah manfaat yang sangat perlu anda ketahui. Beberapa dari benefit tersebut adalah:

  1. Trsansksi real time online dengan didukungnya fasilitas e-banking
  2. Dapat melakukan transaksi di 10 ribu unit kerja BRI dan 15 ribu ATM BRI di seluruh Indonesia
  3. Kartu dapat digunakan didalam maupun luar negeri melalui jaringan ATM BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, MasterCard, dan Maestro
  4. Nasabah akan mendapat jaminan asuransi kecelakaan sampai Rp150.000.000
  5. Bunga tabungan kompetitif sehingga cocok digunakan untuk semua kalangan

Bagaimana Cara Membuka Tabungan BritAma?

Cara Membuka Tabungan BritAma
Cara Membuka Tabungan BritAma

Untuk membuka rekening BritAma, BRI memberikan dua pilihan yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau mengakses website resmi BRI.

Namun sebelum melakukan pendaftaran diri pada jenis tabungan yang ditawarkan BRI ini, sebaiknya anda pahami dan persiapkan syarat pembukaan dan biaya administrasi BritAma berikut:

  • Dokumen WNI: Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP, sedangkan untuk WNA: Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS (usia minimum 17 tahun)
  • Setoran Awal Kartu Classic minimal Rp250.000, sedangkan kartu Gold Rp500.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp10.000
  • Biaya administrasi bulanan kurang dari atau sama dengan Rp10 juta senilai Rp11.000, sedangkan biaya administrasi bulanan lebih dari 10 juta Rp12.000.
  • Biaya kartu bulanan Classic adalah Rp2.000 dan Gold Rp6.500.

Nah, setelah menyiapkan beberapa data dan uang tunai sebagai syarat pembukaan rekening BritAma, anda bisa membuka rekening sekarang juga. Terdapat dua cara membuka tabungan BritAma, namun pada kesempatan ini Mocipay akan memaparkan cara membuka rekening secara offline:

  1. Kunjungi kantor BRI terdekat lalu ambil nomor antrean
  2. Jika nomor antrean anda sudah tiba, sampaikan pada petugas ingin membuka rekening tabungan BritAma
  3. Silahkan mengisi formulir tabungan yang diberikan petugas
  4. Berikan lampiran dokumen yang dibutuhkan dan serahkan uang senilai Rp250.000 untuk setoran awal
  5. Nasabah bisa mengaktifkan layanan mobile banking, petugas akan membantu.
  6. Selanjutnya petugas akan memberikan buku tabungan dan kartu debit ATM, dengan demikian rekening BritAma anda telah aktif.
Baca Juga :  Rekomendasi Distributor Bibit Parfum Terlengkap di Indonesia

Apa Itu Tabungan Simpedes?

Setelah mengetahui apa itu tabungan britAma dan sebelum masuk pada intisari pembahasan perbedaan BritAma dan Simpedes, anda juga wajib mengetahui jenis tabungan ini.

Tabungan Simpedes merupakan jenis tabungan lain yang ditawarkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yakni sebuah tabungan di layanan unit BRI. BRI Simpedes menawarkan sejumlah manfaat, dua diantaranya adalah tanpa limit setor dan tarik tunai.

Keunggulan Tabungan BRI Simpedes

Untuk membahas lanjut perbedaan BritAma dan Simpedes, sobat Mocipay juga perlu mengetahui benefit yang diperoleh apabila mengaktifkan tabungan BRI Simpedes berikut, diantaranya:

  • Jaringan tersebar luas di Indonesia
  • Pembukaan tabungan awal sangat mudah, bisa dilakukan di unit BRI terdekat
  • Setoran awal dan saldo minimum rendah
  • Memiliki peluang memenangkan hadiah hingga miliaran rupiah
  • Frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Simpedes

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Simpedes
Syarat dan Cara Membuka Tabungan Simpedes

Sama halnya dengan BritAma, simpedes juga memiliki syarat dan ketentuan dalam pembukaan rekening, beberapa data dan uang tunai yang perlu anda siapkan adalah:

  • Melengkapi formulir pembukaan rekening
  • Membayar setoran awal senilai Rp100.000
  • NPWP atau surat keterangan yang menyatakan nasabah tidak memiliki NPWP
  • Melampirkan akta pendirian usaha, surat izin usaha, SK organisasi, serta identitas pengurus atau badan usaha (non pribadi)

Berikut cara membuka rekening simpedes secara online yang dapat dilakukan semua calon nasabah BRI:

  1. Kunjungi situs https:/bri.co.id/simpedes atau klik disini 
  2. Gulir kebawah sampai menemukan tombol “Daftar Sekarang
  3. Baca semua syarat, fasilitas, keunggulan dan limit yang disediakan
  4. Selanjutnya klik registrasi
  5. Pahami syarat dan ketentuan pembukaan rekening, beri checklist pada saya setuju pada syarat dan ketentuan tersebut diatas lalu klik buka rekening
  6. Pilih opsi “Ya” atau “Tidak” pada pertanyaan apakah anda memiliki rekening BRI
  7. Selanjutnya isi formulir pembukaan tabungan BRI Simpedes lalu klik tombol lanjut
  8. Ketikkan informasi yang meliputi alamat domisi, faksimile, email, telepon dan nomor handphone
  9. Tekan tombol lanjut lalu isi kembali data yang dimintai hingga pembukaan tabungan Simpedes berhasil dilakukan.

Perbedaan BritAma dan Simpedes

Perbedaan BritAma dan Simpedes
Perbedaan BritAma dan Simpedes

Nah setelah mengenal secara singkat BritAma dan Simpedes, kelebihan dan cara membuka tabungan, sudah saatnya anda mengetahui perbedaan BritAma dan Simpedes.

Mengapa perbedaan BritAma dan Simpedes sangat perlu anda ketahui? Pemahaman yang lebih tentang perbedaan BritAma dan Simpedes akan membantu anda memilih kebutuhan finansial sesuai dengan tujuan menabung dan benefit-benefit lain yang memang diharapkan ketika membuka rekening.

Perbedaan BritAma BRI Simpedes
Jumlah setoran awal Jumlah setoran awal sebesar Rp 250.000 (BritAma Classic) dan Rp500.000 (BritAma Gold) Jumlah setoran awal terjangkau Rp100.000
Biaya  Administrasi Administrasi berkisar Rp11.000-Ro12.000, biaya kartu BritAma Rp2.500 (Classic) dan Rp6.500 (Gold) Administrasi sebesar Rp5.500 dan biaya kartu Rp1.500.
Kartu ATM Teredia BritAma Classisc dan Gold Kartu ATM berjenis Private Label
Suku Bunga Saldo > Rp1.000.000.000 dikenakan suku bunga sebesar 1.90% Saldo > Rp1.000.000.000 dikenakan suku bunga sebesar 1,75%
Saldo Minimum Minimum saldo Rp50.000 Minimum saldo Rp50.000 dan dikenakan denda Rp5.000 apabila saldo kurang dari nominal tersebut
Maksimal transaksi Maksimal transaksi Rp300.000.000/bulan Maksimal transaksi Rp200.000.000/bulan
Limit penarikan tunai di ATM BritAma Classic Rp5.000.000, BritAma Gold Rp10.000.000 Limt penarikan Rp5.000.000
Asuransi kecelakaan diri 250% dari saldo terakhir atau maksimum Rp150.000.000 (min. saldo Rp500.000) Tidak memfasilitasi asuransi kecelakaan diri
Biaya penutupan rekening Penutupan rekening Rp50.000 dan denda Rp25.000 apabila buku tabungan rusak Penutupan rekening Rp25.000 & Rp25.000 jika buku tabungan rusak.
Limit transfer di ATM BritAma Classic: Sesama BRI Rp 50.000.000, bank lain Rp10.000.000 sedangkan BritAma Gold: Sesama BRI Rp100.000.000, dan bank lain Rp10.000.000 Transfer sesama BRI Rp20.000.000, sedangkan transfer ke bank lain Rp10.000.000.
Baca Juga :  Berapa Lama Hasil Noera Collagen Drink Dan Aturan Minumnya

Untuk membahas perbedaan BritAma dan Simpedes, kita akan mengulas fitur, manfaat dan keunggulan masing-masing rekening. Baiklah, tanpa berlama-lama dibawah ini bebeapa perbedaan BritAma dan Simpedes yang wajib anda pertimbangkan sebagai calon nasabah BRI:

  • Jumlah Setoran Awal

Jumlah Setoran Awal
Jumlah Setoran Awal

Perbedaan BritAma dan Simpedes yang perlu anda ketahui yaitu jumlah setoran awal ketika pembukaan rekening. Untuk membuka produk tabungan BRI Simpedes, anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp100.000.

Sedangkan untuk BritAma anda diwajibkan melakukan penyetoran awal senilai Rp250.000 bagi BritAma Classic dan Rp500.000 bagi BritAma gold. Perbedaan yang cukup siginifikan bukan? maka tidak heran BRI Simpedes lebih sering ditujukan pada masyarakat dipedesaan dan BritAma untuk mereka yang tinggal di perkotaan.

Bacaan menarik untuk anda 5+ Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank dan Manfaatnya

  • Biaya Administrasi

Bukan hanya jumlah setoran awal, perbedaan BritAma dan Simpedes terletak pada biaya administrasi yang dikenakan. Nasabah BRI Simpedes dibebankan biaya sebesar Rp5.500 dan biaya kartu sebesar Rp1.500.

BritAma juga mengenakan biaya administrasi yang berbeda, berkisar Rp11.00-Rp12000/ bulan. Adapun biaya kartu yang wajib nasabah bayarkan Rp2.500 untuk BritAma Classic dan Rp6.500 untuk Britama Gold.

Kira-kira dengan biaya administrasi tersebut, sobat Mocipay lebih tertarik pada BritAma atau BRI Simpedes nih? Mari putuskan diakhir, karena masih ada perbedaan BritAma dan Simpedes lain yang perlu anda pikirkan dengan matang!

  • Kartu ATM

BritAma dan Simpedes merupakan produk BRI yang dilengkapi kartu ATM, namun keduanya memiliki masing-masing jenis yang perlu anda ketahui.

Nasabah BritAma diberikan kebebasan untuk memilih satu diatara kartu Classic dan Gold. Meski sama-sama layanan BRI melalui tabungan BritAma, kartu Classic dan Gold memiliki perbedaan biaya administrasi,  limit penarikan, transer dan biaya tutup rekening. Sedangkan untuk nasabah BRI Simpedes memiliki kartu ATM berjenis Private Label.

  • Tingkat Suku Bunga

Tingkat Suku Bunga
Tingkat Suku Bunga

Bagaimana dengan suku bunga, apakah ada perbedaan BritAma dan Simpedes? Tentu saja. Berikut ini ketentuan suku bunga antara BritAma dan BRI Simpedes berdasarkan jumlah saldo.

  1. Untuk saldo tabungan <Rp1.000.000, bunga BritAma 0% dan Simpedes 0%
  2. Saldo tabungan Rp1.000.000 < Rp50.000.000, bunga BritAma 0,70% dan Simpedes 0,70%
  3. Saldo tabungan Rp50.000.000 < Rp500.000.000, bunga BritAma 0,85% dan Simpedes 0,85%
  4. Saldo Tabungan Rp500.000.000 < Rp1.000.000.000, bunga BritAma 1,10% dan Simpedes 1,10%
  5. Sedangkan untuk saldo > Rp1.000.000.000, bunga BritAma 1,90% dan Simpedes 1,75%

Itulah ketentuan bunga yang berlaku bagi nasabah BritAma dan Simpedes, kira-kira anda tertarik pada jenis tabungan yang mana nih? eits, jangan terburu-buru sebab masih ada perbedaan antara BritAma dan Simpedes yang wajib anda ketahui diluar jumlah setoran awal, administrasi dan suku bunga.

  • Saldo Minimum

Jika anda tertarik membuka rekening dari dua jenis tabungan yang sudah kita bahas, pahami juga bahwa saldo minimum merupakan perbedaan BritAma dan Simpedes.

Baca Juga :  10 Merk Speaker Bluetooth Terbaik, Bass Jernih Dan Baterai Tahan Lama

BRI menetapkan saldo minum untuk masing-masing tabungan ini sebesar Rp50.000, akan tetapi kartu Simpedes akan mengenakan denda jika jumlah saldo rekening kurang dari nominal tersebut. Jumlah yang wajib anda bayarkan senilai Rp5.000.

  • Maksimal Transaksi

Ternyata cukup banyak perbedaan BritAma dan Simpedes. Jika anda cukup intens bertransaksi dan menggunakan kedua jenis rekening ini dalam bidang usaha ketahuilah bahwa BritAma dan Simpedes memiliki limit transaksi masing-masing.

Maksimal transaksi untuk kartu Britama sebesar Rp300.000.000, sedangkan untuk pengguna kartu Simpedes maksimal transaksi yang dapat anda lakukan sebesar Rp200.000.000/bulan.

  • Limit Penarikan Tunai di ATM

Limit Penarikan Tunai di ATM
Limit Penarikan Tunai di ATM

Limit penarikan tunai juga sangat perlu anda perhatikan diluar maksimal transaksi setiap bulan. Kartu BritAma memiliki limit penarikan tunai di ATM sebesar Rp5.000.000 untuk BritAma Classic dan Rp10.000.000 untuk BritAma Gold. Adapun limit penarikan tunai di ATM bagi pengguna kartu Simpedes senilai Rp 5.000.000.

  • Asuransi Kecelakaan Diri

Selain ketujuh opsi yang sudah kita bahas, nasabah BRI juga wajib tahu bahwa ada perbedaan BritAma dan Simpedes untuk asuransi kecelakaan diri. Ini merupakan benefit yang dicari ketika nasabah akan membuka tabungan.

Bagi nasabah BritAma dapat menikmati asuransi kecelakaan untuk saldo minimum Rp500.000, dengan tanggungan maksimal 250% dari saldo terakhir atau maksimum Rp150.000.000. BritAma memang pilihan yang sesuai jika anda peduli pada asuransi diri di masa depan.

Lalu bagaimana dengan BRI Simpedes? Sayangnya, nasabah Simpedes belum mendapatkan fasilitas tersebut. Jadi, opsi ini dapat dipertimbangkan dalam memilih jenis tabungan yang sesuai.

  • Biaya Tutup Rekening

Membahas lanjut perbedaan BritAma dan Simpedes, anda juga wajib mengetahui bahwa kedua rekening ini membutuhkan biaya yang berbeda jika nasabah ingin menutup rekening BRI miliknya.

Nasabah BritAma akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 untuk penutupan rekening. Apabila buku tabungan rusak, maka anda wajib memberikan biaya tambahan sebesar Rp25.000.

Sedangkan penutupan rekening nasabah Simpedes akan dikenakan biaya yang lebih sedikit. Anda wajib membayar biaya sebesar Rp25.000 dan tambahan Rp25.000 jika buku tabungan rusak.

  • Limit Transfer di ATM

Limit Transfer di ATM
Limit Transfer di ATM

Pada dasarnya antara BritAma dan Simpedes memiliki limit transfer via Internet banking ataupun Brimo yang sama, hanya saja ada perbedaan limit transfer di ATM yang perlu anda ketahui sebelumnya.

Bagi nasabah kartu BritAma Classic limit transfer ATM untuk sesama rekening BRI sebesar Rp 50.000.000, sedangkan limit transfer beda rekening senilai Rp10.000.000.

Pada nasabah BritAma Gold, BRI juga menetapkan syarat dan ketentuan terkait limti transfer ATM. Limit transfer untuk sesama rekening BRI adalah Rp100.000.000, untuk beda rekening memiliki limit sebesar Rp10.000.000.

Lalu bagi nasabah rekening Simpedes juga diberikan limit transfer yang lebih sedikit. Anda bisa melakukan transfer ke sesama pengguna BRI melalui ATM hingga Rp20.000.000, sedangkan nominal transfer untuk beda rekening sebesar Rp10.000.000.

Akhir Kata

Perbedaan BritAma dan Simpedes
Perbedaan BritAma dan Simpedes

Dalam memilih produk perbankan, perbedaan BritAma dan Simpedes sangat penting dipahami karena kedua layanan BRI ini digunakan dalam jangka waktu panjang.

BritAma menyediakan pilihan yang beragam, yang paling menonjol diantaranya adalah limit transfer, penarikan tunai dan suku bunga pada tingkat saldo tertentu. Sedangkan Simpedes memberikan kemudahan akses dan menawarkan fitur yang lebih sederhana.

Jadi, pembaca dapat mempertimbangkan antar keduanya sebelum beranjak ke unit BRI atau membuka rekening secara online. Semoga informasi seputar perbedaan BritAma dan Simpedes diatas bermanfaat ya.

Back to top button