Tutorial

20+ Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami Dengan Mudah

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh orang yang memiliki masalah terhadap giginya. Saat seseorang mengalami gigi ompong atau kehilangan gigi, cara terbaik agar gigi tetap terlihat rapi adalah dengan menggunakan gigi palsu.

Tetapi ada kalanya dimana gigi palsu copot atau longgar dikarenakan lem gigi palsu yang digunakan sudah mengelupas dan membuat gigi menjadi goyah hingga lepas. Dan untuk pemasangan kembali gigi palsu menggunakan lem gigi palsu di rumah sakit atau ke klinik dokter gigi, pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal sehingga banyak orang yang memilih untuk membuat lem gigi palsu sendiri di rumah.

Untuk itu, Jika Kamu merupakan seseorang yang belum pernah membuat lem gigi palsu dan ingin mengetahui bagaimana Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami, pada artikel ini akan diberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Simak penjelasannya!

Apa itu Lem Gigi Palsu?

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami3
Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami / Sumber : temperaturka.com

 

Sebelum mengetahui bagiamana cara membuat lem gigi palsu alami, sebaiknya Kamu harus lebih dulu mengetahui apa itu lem gigi palsu. Lem gigi palsu adalah alat yang digunakan untuk merekatkan gigi palsu di antara gigi yang copot atau hilang.

Walaupun lem gigi palsu memiliki fungsi untuk merekatkan gigi yang copot atau longar, ada kalanya lem gigi palsu mengelupas sehingga membuat gigi palsu lepas lagi. Hal ini memang mungkin terjadi dikarenakan gigi yang secara terus menerus melakukan aktivitas mengunyah makanan.

Untuk menghadapi situasi seperti ini, Kamu tidak perlu kuatir karena ternyata bisa membuat lem gigi palsu alami sendiri di rumah. Saat sedang tidak memiliki uang, banyak orang yang memilih untuk membuat lem gigi palsu alami sendiri di rumah. Untuk mengetahui lebih lanjut, Kamu bisa membaca artikel ini.

Kenapa Gigi Palsu Bisa Longgar?

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami1
Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami / Sumber : Teknowarta

 

Walaupun gigi palsu sudah diberikan lem untuk merekatkan, tetapi terkadang setelah berapa lama gigi palsu bisa longgar. Hal inilah yang membuat banyak orang yang mempertanyakan kenapa gigi palsu bisa longgar.

Baca Juga :  8 Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Untuk itu, berikut ini yang menjadi penyebab kenapa gigi palsu bisa longgar, antara lain :

  • Air Liur Berlebihan di Rongga Mulut

Saat air liur berlebihan di rongga mulut, akan menyebabkan gigi palsu menjadi longgar. Hal ini disebabkan oleh air liur yang meningkat yang membuat gigi palsu sulit untuk menempel sempurna di gusi.

Baca Juga : 17+ Cara Mengecilkan Bibir Paling Ampuh : Medis, Alami, Kosmetik

  • Kerusakan Gigi Palsu

Gigi palsu bisa rusak sewaktu-waktu sehingga membuat posisi gigi palsu menjadi longgar dan membuat gigi palsu menjadi rusak.

  • Kerusakan Gigi Penyangga

Gigi palsu bisa longgar karena ketika gigi penyangga berlubang atau mengalami kerusakan. Ketika hal ini terjadi akan membuat gigi palsu menjadi longgar dan sulit saat mengunyah.

Cara Mengatasi Gigi Palsu Yang Longgar

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami2
Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami / Sumber : Tokopedia

 

Setelah mengetahui penyebab kenapa gigi palsu bisa longgar, berikut ini cara mengatasi gigi palsu yang longgar yang dapat Kamu coba :

1. Gunakan Lem Gigi

Salah satu cara mengatasi gigi palsu yang longgar adalah dengan menggunakan lem gigi. Seperti yang diketahui, saat memasang gigi palsu dibutuhkan alat perekat yaitu lem gigi. Hal ini bertujuan untuk merekatkan gigi dan gusi agar bisa menyatu.

2. Pasang Implan

Implan adalah jenis skrup yang ditanam di dalam gusi. Dengan memasangkan implan pada gigi palsu akan membuat gigi palsu merekat dengan baik dan stabil di rongga mulut.

3. Relining Gigi Palsu

Dengan melakukan relining pada gigi palsu akan membuat gigi palsu kembali sesuai dengan jaringan rongga mulut sehingga nantinya akan merekat dengan baik dan nyaman saat digunakan.

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami
Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami / Sumber : odontofarma.com

 

Tidak semua orang memiliki cukup uang untuk memasang kembali gigi palsu langsung ke dokter gigi. Hal inilah yang membuat banyak orang yang lebih memilih untuk membuat lem gigi palsu alami sendiri di rumah.

Jika Kamu merupakan pertama kali membuat lem gigi palsu alami, Kamu tidak perlu kuatir karena disini akan diberikan beberapa langkah-langkah untuk membuat lem gigi palsu alami. Berikut ini cara membuat lem gigi palsu alami yang dapat Kamu coba :

  • Bahan-Bahan Untuk Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Dalam membuat lem gigi palsu alami, dibutuhkan beberapa bahan-bahan agar bisa membuat lem gigi palsu alami berikut ini :

  1. Tepung pati 80 gram (pilih tepung pati dengan konsentrat tinggi).
  2. Phenol liquid 44 cc.
  3. Air dingin 120 gram.
  4. Bubuk tawas 4 gram.
  5. Glyserine 8 cc.
  • Alat Untuk Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Setelah selesai menyiapkan bahan-bahan untuk membuat lem gigi palsu alami, Kamu juga harus menyiapkan alat agar bisa membuat lem gigi palsu alami. Untuk itu, berikut ini alat sebagai cara membuat lem gigi palsu alami :

  1. Timbangan.
  2. Sendok plastik.
  3. Gelas ukur.
  4. Panci 2 buah.
  5. Kompor.
Baca Juga :  9 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 1 MB di HP Android & iPhone Gratis

Agar bisa melanjutkan membuat lem gigi palsu alami, pastikan untuk melengkapi bahan-bahan dan alat di atas, dan pastikan alat yang akan digunakan dalam keadaan bersih agar menghindari dari kuman.

  • Langkah-langkah Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Setelah bahan-bahan dan alat sudah disiapkan, akan dilanjutkan langkah-langkah cara membuat lem gigi palsu alami dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Pertama, mulailah dengan memasukkan tepung pati di sebuah panci yang sudah dibersihkan.
  2. Jika sudah memasukkan tepung pati ke panci, tuangkan air dingin ke dalam panci yang lain.
  3. Lalu, Masukkan bubuk tawas dan aduk bubuk tawas sampai larut dalam air. Aduk-aduk bubuk tawas sampai benar-benar larut dengan sempurna karena bubuk tawas membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Kamu harus sabar untuk mengaduk bubuk tawas agar larut sempurna. Kamu harus tahu bahwa perlu untuk memperhatikan proses ini karena proses ini menentukan konsentrasi lem akan bagus.
  4. Jika bubuk tawas sudah larut dengan sempurna, tuangkan larutan air tawas ke dalam panci yang berisi tepung pati tadi. Kemudian, aduk-aduk campuran air tawas dan tepung pati hingga larut sepenuhnya. Sama halnya dengan mengaduk larutan bubuk tawas, pada proses kali ini juga sangat penting untuk konsentrasi lem akan bagus. Jadi, pastikan jangan sampai ada tepung yang tidak larut.
  5. Setelah larutan air tawas dan tepung pati sudah larut dengan sempurna, silahkan letakkan larutan tersebut ke atas kompor.
  6. Kemudian, atur api agar tidak terlalu besar, cukup buat api yang sedang saja. Lanjutkan proses membuat lem gigi palsu alami dengan mengaduk secara terus menerus panci dengan menggunakan sendok.
  7. Jika bahan lem sudah agak mengental, angkat panci dari kompor dan aduk secara cepat dan isi kembali panci agar lem gigi palsu alami yang dibuat memiliki tingkat kekentalan yang halus dan rata. Perlu untuk Kamu ketahui bahwa jika lem tidak diaduk secara cepat akan membuat hasil lem tidak sempurna dan akan berakibat gagal dalam pembuatan lem gigi palsu alami.
  8. Selanjutnya, dinginkan lem selama 10-15 menit. Jika larutan lem sudah dingin, tuangkan glyserine ke dalamnya dan aduk kembali agar glyserine bisa menyatu dan lem gigi palsu alami semakin lunak.
  9. Setelah itu, teteskan larutan phenol liquid yang sudah Kamu siapkan sebelumnya dan aduk-aduk sampai menyatu dengan semua larutan.
  10. Jika semuanya sudah selesai, maka lem sudah bisa dimasukkan ke dalam pot plastik.
  11. Lem gigi palsu alami siap digunakan.
  12. Selesai!
Baca Juga :  Panduan Lengkap! Cara Melihat Kontak Darurat di Akulaku

Apakah di Apotek Ada Jual Lem Gigi Palsu?

Walaupun sudah bisa menggunakan cara membuat lem gigi palsu alami, tak jarang orang yang mengetahui bahwa ternyata di apotek ada jual lem gigi palsu. Jika Kamu tidak mau ribet dan tidak tahu bagaimana cara membuat lem gigi palsu alami, Kamu dapat membeli langsung ke apotek atau ke toko medis terdekat.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Cara Membuat Suara Google dengan Kata-Kata Sendiri

Karena saat ini sudah banyak lem gigi palsu yang diperjual belikan baik itu melalui online atau beli langsung ke apotek terdekat. Tetapi, pastikan untuk memilih lem gigi palsu yang terpercaya agar gigi palsu tidak mengalami masalah ketika menggunakannya.

Lem Apa Yang Dipakai Untuk Gigi Palsu?

Saat Kamu hendak membeli lem gigi palsu ke apotek terdekat, pastinya Kamu akan bingung untuk membeli lem gigi palsu yang mana. Untuk itu, Kamu perlu memilih lem gigi palsu yang sesuai agar tidak menjadi masalah pada gigi palsu dan aman saat digunakan.

Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih lem gigi palsu, berikut ini beberapa daftar tabel harga lem gigi palsu yang dapat Kamu coba, antara lain :

Merk Lem Gigi Palsu Harga (Rp)
Polident 20 gr Rp 40000
Polident 60 gr Rp 85000
Fittyydent Rp 118000
Olivia Fix Gold Rp 147000

Note : Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan apotek atau situs belanja online.

Bagaimana Cara Merekatkan Gigi Palsu?

Setelah mengetahui cara membuat lem gigi palsu alami, Kamu juga wajib tahu bagaimana cara merekatkan gigi palsu agar gigi palsu tidak longgar dan nyaman saat digunakan. Banyaknya penggunaan gigi palsu saat ini memang sudah menjadi hal yang wajar. Hal ini bertujuan agar gigi tetap terlihat rapi.

Tetapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merekatkan gigi. Agar gigi palsu dapat merekat dengan baik, Kamu hanya tinggal mengoleskan perekat gigi, seperti lem gigi palsu pada permukaan gigi palsu maupun gusi Kamu.

Kesimpulan

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami
Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Penggunaan gigi palsu saat ini sudah menjadi hal yang wajar apalagi jika digunakan oleh orang tua. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa saat ini baik orang tua maupun anak muda sudah banyak menggunakan gigi palsu.

Hal ini memang bisa terjadi mengingat gigi yang bisa saja ompong sehingga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan memilih untuk memakai gigi palsu agar membuat gigi menjadi tampak rapi dan membuat tampil lebih percaya diri.

Untuk itu, Jika Kamu merupakan pengguna gigi palsu dan sedang mengalami gigi palsu yang longgar, Kamu dapat membaca artikel ini karena disini sudah diberikan penjelasan mengenai Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami agar membuat gigi palsu Kamu jadi menempel kembali.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button