Tutorial

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dengan 300 Kata, Langsung Di Panggil Interview!

Susah dapat kerja di aplikasi Jobstreet? Coba deh gunakan Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet yang akan di bahas pada artikel ini agar perusahaan tertarik melirik profil mu.

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini, mempromosikan diri secara efektif sangatlah penting dalam mencari pekerjaan. Salah satu platform yang paling populer untuk mencari pekerjaan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, adalah Jobstreet.

Jobstreet adalah sebuah platform daring yang menyediakan layanan perekrutan dan pencarian lowongan kerja. Platform ini memungkinkan perusahaan untuk memasang lowongan kerja dan mencari calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di sisi lain, Jobstreet juga memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat mereka. Platform ini sering digunakan oleh perusahaan dan pencari kerja di berbagai negara.

Dengan puluhan ribu perusahaan dan jutaan pencari kerja yang aktif menggunakan platform ini, menguasai cara mempromosikan diri di Jobstreet bisa menjadi langkah penting dalam meraih pekerjaan impian.

Nah, jika kamu adalah pencari kerja yang masih belum mengetahui cara mempromosikan diri dengan baik di Jobstreet, silahkan simak tips dan cara mempromosikan diri di Jobstreet pada pembahasan di bawah ini.

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Seperti yang kita ketahui, sebelum mengajukan lamaran ke perusahaan yang dituju, maka sebaiknya menuliskan secara singkat, detail mengenai kemampuan yang di kuasai.

Pasalnya pada kolom deskripsi diri Jobstreet, kita harus mendeskripsikan diri sebanyak 300 kata atau karakter sebaik mungkin agar perusahaan tertarik untuk merekrut kita.

Baca Juga :  7 Cara Cek Kredit Skor Akulaku Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu, untuk mengembangkan pernyataan diri ini, kamu harus menulis dengan hati-hati karena jumlah kata yang ada sangat sedikit, yakni 300 kata.

Dilansir dari laman resminya, berikut beberapa tips dan cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa kamu coba tuliskan pada kolom deskripsi 300 kata di profil Jobstreet milikmu:

Buat Profil Dengan Tagar #LangsungKerja

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dengan 300 Kata, Langsung Di Panggil Interview!
Buat Profil Dengan Tagar #LangsungKerja

Cara mempromosikan diri di Jobstreet pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat profil dengan tagar #LangsungKerja yang menarik dan informatif di Jobstreet.

Pastikan untuk menyertakan informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, prestasi kamu dan juga foto profesional. Profil yang lengkap dan detail meningkatkan bisa meningkatkan peluang atau kesempatan kamu ditemukan oleh perekrut sehingga.

Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Jobstreet atau situs web nya di 
  • Silahkan login ke akunmu.
  • Jika sudah, kamu akan melihat bagian “Info Tambahan”.
  • Klik gambar Pensil untuk mulai mengedit info.
  • Kemudian, pada kolom “Informasi Lainnya” Ketikkan “#LangsungKerja”, lalu klik Simpan.
  • Selesai.

Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Selain menggunakan taggar #LangsungKerja, cara mempromosikan diri di Jobstreet juga harus menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang benar saat menulis kalimat promosi diri. Apabila kamu menggunakan bahasa Inggris, maka perhatikanlah penggunaan grammar yang benar.

Buat Profil yang Menarik

Cara mempromosikan diri di Jobstreet berikutnya adalah dengan memastikan bahwa profil kamu di Jobstreet menarik dan lengkap.

Tuliskan deskripsi diri yang singkat tetapi informatif, sertakan pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian yang relevan. Pastikan juga bahwa CV Anda terkini dan mencakup semua detail yang penting.

Sebutkan Skill Relevan Dengan yang di Lamar

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan saat memperkenalkan diri di Jobstreet adalah menyebutkan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Pengetahuan tentang keterampilan ini adalah apa yang dicari oleh rekruter. Ini mungkin termasuk soft skill dan hard skill yang terkait dengan posisi tersebut.

Baca Juga :  5 Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP, Mudah dan Praktis Banget!

Dengan menyebutkan beberapa skill yang relevan dengan yang dilamar, maka akan memudahkan rekruter untuk menilai seberapa cocok kamu dengan kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut.

Unggah Portofolio atau CV Sesuai yang di Lamar

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dengan 300 Kata, Langsung Di Panggil Interview!
Unggah Portofolio atau CV Sesuai yang di Lamar

Jika kamu memiliki portofolio atau CV yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, pastikan untuk mengunggah nya ke profil kamu. Ini akan membantu pihak rekruter melihat kemampuan dan kualitas kerja kamu secara langsung.

Cantumkan Pengalaman Kerja

Agar pihak rekruter memanggil mu interview, jangan lupa untuk menulis tentang pengalaman kerja atau magang kamu agar lebih diminati.

Coba tuliskan prestasi atau pencapaian kamu dalam bekerja. Namun, jika kamu lulusan baru atau fresh graduate dan belum memiliki pengalaman di bidang ini, kamu dapat melewati bagian ini dan bergabung di entry level.

Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Jobstreet menggunakan sistem pencarian untuk mempertemukan perusahaan dengan kandidat yang sesuai. Oleh karena itu, pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan di profil kamu. Ini akan membantu profil kamu muncul di hasil pencarian perusahaan.

Cantumkan Pendidikan Terakhir

Cara mempromosikan diri di Jobstreet selanjutnya adalah dengan mencantumkan pendidikan terakhir kamu untuk memudahkan pihak rekruter mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat.

Karena sebagian besar perusahaan biasanya memerlukan kualifikasi pendidikan di bidang-bidang tertentu untuk penempatan pekerjaan.

Aktif Dalam Komunitas dan Forum di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dengan 300 Kata, Langsung Di Panggil Interview!
Aktif Dalam Komunitas dan Forum di Jobstreet

Jobstreet memiliki fitur komunitas dan forum tempat kamu dapat terlibat dengan sesama profesional. Berpartisipasi dalam diskusi, berbagi informasi, dan memberikan wawasan dapat membantu kamu membangun reputasi sebagai ahli di bidang dan menarik perhatian pihak rekruter yang mencari karyawan potensial.

Gunakan Fitur Notifikasi

Cara mempromosikan diri di Jobstreet lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur notifikasi di Jobstreet untuk mendapatkan pemberitahuan tentang pekerjaan baru yang sesuai dengan kriteria kamu.

Fitur ini akan memungkinkan kamu untuk segera bereaksi dan mengajukan lamaran sebelum batas waktu pendaftaran berakhir.

Jaga Etika Profesional

Terakhir, tetaplah profesional dalam semua interaksi kamu di platform JobStreet. Balas lah pesan dengan sopan, ikuti instruksi dalam proses seleksi, dan hindari perilaku yang dapat merusak reputasi kamu sebagai kandidat yang potensial.

Baca Juga :  5 Cara Screenshot WA Sekali Lihat Anti Gagal

Contoh 300 Kata Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dengan 300 Kata, Langsung Di Panggil Interview!
Contoh 300 Kata Mempromosikan Diri di Jobstreet

Setelah mengetahui beberapa tips dan cara mempromosikan diri di Jobstreet, lihat juga contoh 300 kata yang bisa kamu gunakan sebagai referensi baik bagi lulusan baru (fresh graduate) maupun berpengalaman (experienced).

  • Saya merupakan lulusan S-1 Sistem Komputer yang memiliki pengalaman magang di Telkom selama 6 bulan. Saya mampu menulis artikel straight/soft/hard news yang baik. Saya juga dapat berbisaca dan menulis dalam Bahasa Inggris.

  • Saya lulusan baru S1 Sastra Inggris yang mempunyai kemampuan listening, speaking, reading dan writing yang baik. Saya juga mempunyai pengalaman kerja di SMP Negeri 1 Pinangsori sebagai guru Bahasa Inggris kelas 2 dan 3.

  • Saya adalah lulusan SMK Pemasaran dengan pengalaman magang selama 3 bulan di CV Mocipay Digital Indonesia. Ketika magang, saya mampu meningkatkan transaksi penjualan dua kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya. Saya juga memiliki kemampuan public speaking yang baik yang memudahkan diri untuk melakukan promosi produk dari perusahaan.

  • Saya lulusan SMK Otomotif dengan pengalaman kerja 1 tahun sebagai operator mesin perakitan bodi motor di PT OTO Multiartha. Saya memiliki kemampuan mengoperasikan komputer khususnya Ms Office dalam menyusus laporan. Saya juga mampu menjaga keselamatan kerja diri sendiri maupun orang lain karena saya orang yang sangat teliti.

  • Saya memiliki minat berkarir sebagai Desainer Grafis. Saya mampu menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw dan InDesign. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman sebagai freelance desain grafis selama 1 tahun. Saya juga mempunyai ide-ide kreatif sehingga bisa dituangkan ke desain yang akan dibuat.

FAQ: Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Bagaimana cara mempromosikan diri di Jobstreet?

Berikut cara mempromosikan diri di Jobstreet:
  • Pastikan kemampuan mu sudah sesuai dengan posisi yang di lamar.
  • Tuliskan dengan bahasa yang baik dan benar.
  • Hindari hal-hal generik.

Bagaimana cara mempromosikan diri untuk melamar kerja?

Dilansir dari laman Jobstreet, berikut cara membuat kalimat mempromosikan diri yang baik dan benar antara lain:

  • Kenali dirimu dengan baik.
  • Pahami posisi yang dilamar.
  • Sesuaikan keterampilan dengan persyaratan posisi yang di lamar.
  • Mulai dengan kalimat pembuat yang kuat.
  • Gunakan kalimat yang kuat.
  • Tunjukkan prestasi dan hasil.
  • Jaga kesederhanaan.

Apa yang dimaksud dengan promosi diri dalam surat lamaran pekerjaan?

Saat melamar pekerjaan, pihak rekruter akan meminta kamu memperkenalkan diri dan keahlian kamu secara singkat. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan diri kamu kepada perusahaan dan menjual keahlian dan pengalaman kamu yang relevan.

Akhir Kata

Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet
Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Itulah tadi beberapa tips dan cara mempromosikan diri di Jobstreet yang bisa kamu coba agar pihak rekruter melirik profil dan di panggil interview kerja.

Dengan menerapkan tips dan cara mempromosikan diri di Jobstreet diatas, dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan melalui Jobstreet. Ingatlah untuk tetap konsisten, bersabar, dan terus aktif mencari pekerjaan. Semoga berhasil!

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button