Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

2 Cara Melihat Aplikasi yang Sering Digunakan

Tutorial dari cara melihat aplikasi yang sering digunakan merupakan salah satu pencarian yang banyak diminati oleh para pengguna smartphone.

Dengan kehadiran berbagai variasi dari aplikasi di HP kamu tentu membuat kamu menjadi semakin nyaman untuk berlama-lama memainkan gadget milik kamu dan jauh dari kata bosan.Namun banyaknya aplikasi yang terpasang tentu membuat kinerja HP kamu menjadi lebih berat dan akan berpengaruh pada pemakaian yang kerap membuat HP menjadi nge-lag atau bahkan tidak merespon.

Dalam hal ini perlu dilakukan suatu tindakan berupa solusi supaya HP kamu tidak menjadi semakin parah. Salah satu tindakan yang sederhana untuk dilakukan adalah dengan melakukan penyaringan aplikasi. Penyaringan yang dimaksud disini yaitu dengan memilah-milah aplikasi mana saja yang sering digunakan sampai ke aplikasi yang jarang digunakan. Tapi mungkin kamu belum mengetahui bagaimana cara memilah aplikasi-aplikasi yang terdapat di HP kamu. Karena itulah kami menghadirkan cara melihat aplikasi yang sering digunakan supaya kamu bisa mengetahui pemakaian dari aplikasi kamu masing-masing.

Tujuan dari mengetahui cara melihat aplikasi yang sering digunakan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara melihat aplikasi yang sering digunakan, tentu kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan dari mengetahui cara melihat aplikasi yang sering digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa banyaknya aplikasi yang terdapat di gadget kamu akan sangat berpengaruh besar terhadap kinerja HP kamu.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya untuk melihat aplikasi yang sering kamu gunakan. Dengan demikian kamu bisa meng-uninstal aplikasi-aplikasi yang jarang dibuka, yang tidak terlalu kamu butuhkan sebenarnya atau mungkin hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu.

Dengan meng-uninstal beberapa aplikasi yang jarang dipakai di HP tentu bisa membuat ruang penyimpanan SmartPhone anda menjadi lebih lengang, sehingga kinerja HP anda pun lebih ringan dan lebih cepat dalam menjalankan suatu perintah.

Cara melihat aplikasi yang sering digunakan

Setidaknya terdapat dua cara yang bisa dengan mudah kamu lakukan untuk dapat melihat aplikasi yang sering digunakan di gadget milik kamu. Penasaran apa saja cara yang dimaksud? Berikut kami jelaskan beserta dengan langkah-langkahnya masing-masing.

  • Melalui Google Play Store

Cara melihat aplikasi yang sering digunakan

Setiap perangkat SmartPhone tentu memiliki aplikasi play store di dalamnya. Kegunaan dari aplikasi ini sendiri adalah agar para pengguna SmartPhone dapat menginstall berbagai aplikasi-aplikasi selain dari aplikasi bawaan HP.

Namun ternyata tak hanya itu saja, play store juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara melihat aplikasi yang sering digunakan. Nah, supaya kamu semakin paham, silahkan ikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini:

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi play store di HP kamu
  2. Lalu pada tampilan awal yang dimunculkan kliklah ikon “profil” yang berada di pojok kanan paling atas
  3. Maka akan muncul tampilan seperti yang terlihat pada gambar diatas. Pada beberapa opsi yang ditampilkan silahkan tab pada “kelola aplikasi & perangkat
  4. Selanjutnya tekan pada bagian “Kelola” Maka semua aplikasi yang terdapat dalam HP kamu akan ditampilkan disana
  5. Tepat di samping kanan dari jumlah total aplikasi terdapat sebuah ikon yang berfungsi untuk agar kamu bisa nge-filter urutan dari tampilan aplikasi
  6. Silahkan tekan pada ikon tersebut. Maka akan terlihat 5 opsi mulai dari nama, paling sering digunakan, paling jarang digunakan, baru update, serta ukuran
  7. Sesuai dengan topik kita, selanjutnya pada beberapa opsi tersebut silahkan klik pada yang “Paling Sering Digunakan
  8. Maka akan tampil urutan dari aplikasi kamu mulai dari yang paling sering digunakan
  • Melalui Menu pengaturan

cara melihat aplikasi yang sering digunakan
Cara melihat aplikasi yang sering digunakan

Selain melalui play store, kamu juga bisa melihat aplikasi yang sering digunakan melalui menu setelan/ pengaturan HP kamu. Cara ini mudah saja dilakukan, namun sebelum mencoba, perhatikanlah terlebih dahulu beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  1. Bukalah menu setelan atau pengaturan pada SmartPhone anda
  2. Kemudian scroll ke bawah! cari dan klik lah pada menu “Kesehatan Digital”
  3. Maka akan terlihat disana tampilan dari aplikasi yang paling sering kamu gunakan sampai ke aplikasi yang jarang kamu buka.

Catatan:
Meski langkah-langkah dalam melihat aplikasi yang sering digunakan melalui setelan ini terkesan lebih mudah dan simpel untuk dilakukan namun sebenarnya informasi yang ditampilkan melalui cara ini tidak lah seakurat informasi yang terlihat pada cara yang pertama.

Karena pada cara yang pertama secara langsung mengurutkan semua aplikasi mulai dari yang paling sering digunakan sampai ke aplikasi yang paling jarang digunakan tergantung dari pengaturan filter yang kita buat, sedangkan pada cara kedua yaitu melalui setelan hanya menampilkan beberapa aplikasi yang paling sering kita gunakan pada hari itu saja (tidak secara langsung mengurutkan pemakaian dari semua aplikasi).

Bagaimana Cara Melihat Berapa lama kita menggunakan HP dalam sehari

Selain mengetahui cara melihat aplikasi yang sering digunakan, kami juga akan menampilkan bagaimana  cara melihat berapa lama kamu menggunakan gadget dalam sehari. Untuk kamu yang penasaran berikut kami tunjukkan langkah-langkahnya:

  1. Yang pertama silahkan buka menu setelan/ pengaturan di ponsel kamu
  2. Kemudian scroll kebawah, cari dan klik pada kesehatan digital
  3. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara melihat waktu penggunaan aplikasi

Mungkin kamu juga penasaran ingin melihat detail durasi pemakaian dari masing-masing aplikasi yang sering kamu gunakan, Jangan khawatir! karena hal itu tentu bisa kamu lakukan dengan mudah. Bahkan kamu bisa melihat detail perbandingan durasi dari pemakaian sebuah aplikasi selama seminggu. Ingin tahu bagaimana caranya? Langsung saja lihat di bawah ini:

Langkah-langkah dalam cara melihat waktu penggunaan aplikasi sebenarnya tidaklah berbeda jauh dari langkah-langkah untuk melihat berapa lama kamu menggunakan gadget dalam sehari. Supaya kamu semakin paham, coba ikuti urutan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Langkah yang pertama, diawali dari meng-klik menu setelan
  2. Kemudian scroll ke bawah, dan klik pada “kesehatan digital
  3. Maka akan tampil gambar seperti yang ditampilkan pada “cara melihat berapa lama kamu menggunakan gadget dalam sehari”
  4. Kamu dapat melihat tampilannya yang terlihat seperti melingkar disertai dengan daftar aplikasi yang sering digunakan.
  5. Silahkan klik pada salah satu dari beberapa aplikasi yang ditampilkan tersebut
  6. maka kamu dapat melihat tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
  7. Jika kamu ingin melihat “waktu pemakaian perangkat” dalam waktu seminggu, kamu tinggal klik saja lagi pada aplikasi yang ingin kamu lihat durasi pemakaian/ minggunya

Simpulan dari cara melihat aplikasi yang sering digunakan

Cara Melihat Aplikasi yang Sering Digunakan
Cara Melihat Aplikasi yang Sering Digunakan

Memasang terlalu banyak aplikasi di HP sebenarnya sangatlah tidak dianjurkan. Selain membuat ruang penyimpanan internal HP menjadi penuh, hal itu juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik kita. Seringkali kita terlalu asyik bermain gadget hingga lupa waktu.

Mari hilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan me-manage waktu penggunaan HP. Untuk dapat mengatur waktu penggunaan HP dengan baik bisa anda lakukan dengan mengetahui aplikasi yang paling sering digunakan terlebih dahulu sehingga anda bisa mengetahui aplikasi mana saja yang perlu di minimalisir penggunaannya.

Back to top button