Tutorial

5 Cara Mengetahui KTA Disetujui Atau Ditolak

Setelah diajukan, cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak sangatlah penting bagi pemohon. Terutama nasabah yang membutuhkan dana mendesak sangat perlu memastikan apakah permohonan sudah memiliki kemajuan atau sebaliknya.

Selain itu, hasil pengajuan membantu kamu mengatur strategi keuangan lanjutan. Nasabah bisa mencari alternatif sumber dana jika KTA tidak setujui. Lalu bagaimana cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak oleh penyedia kredit? Berbagai alternatif untuk mengetahui status permohonan kamu akan diuraikan terperinci di halaman ini!

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

KTA atau kredit tanpa agunan merupakan pinjaman tanpa jaminan (harta atau aset) apapun saat pengajuan. Kredit tanpa agunan ini diberikan lembaga perbankan dengan limit yang cukup tinggi supaya nasabah tidak perlu merasa terbebani.

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?
Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Secara umum nasabah dapat mengajukan KTA untuk keperluan apapun, baik untuk modal usaha, biaya pendidikan, renovasi dan sebagainya. Namun untuk mendapatkan pinjaman, nasabah perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai bentuk persyaratan dari bank penyedia pinjaman.

Biasanya untuk mengajukan KTA pihak bank akan meminta identitas (KTP), pasfoto, kartu keluarga, fotocopy buku tabungan, NPWP, slip gaji, dan mengisi formulir pengajuan KTA. Beberapa bank mewajibkan domisili nasabah sesuai lokasi kantor cabang KTA diajukan.

Kelebihan KTA Dibanding Pinjaman Lainnya

Sebagai salah satu produk pinjaman terunggul dari bank, KTA memang memiliki sejumlah kelebihan. Oleh karena itu, sebelum kita lebih jauh membahas cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak, mari kilas balik kelebihan kredit tanpa agunanan dibanding pinjaman lain.

  • Tanpa Jaminan dan Penyitaan

Seperti namanya, KTA ini diberikan tanpa agunan. Jadi, pihak bank tidak memerlukan jaminan sebelum menyalurkan pinjaman. Hal ini membuktikan calon peminjam yang tidak memiliki aset dapat turut serta mengajukan, mereka hanya perlu menyiapkan sejumlah dokumen-dokumen yang berlaku.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Pesan Berbintang di WA Paling Ampuh

Ditambahkan lagi, pinjaman KTA ini tentu tidak menimbulkan penyitaan. Mengapa? sederhananya kamu tidak memberikan jaminan kepada pihak bank, mereka juga tidak akan menyita harta jika terjadi masalah saat pelunasan, namun kembali diingat terdapat konsekuensi jika kamu tidak melunasi hutang.

  • Syarat dan Proses

Salah satu keuntungan kredit tanpa agunan pada syarat dan prosesnya. Biasanya syarat mengajukan KTA lebih mudah daripada produk pinjaman yang lain. Disamping itu proses yang dilalui dengan KTA lebih singkat, hal ini karena kamu tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen lain yang sifatnya lebih rumit.

  • Plafon Pinjaman

Produk KTA berani memberikan plafon lebih besar meski terhitung sebagai pengajuan pertama nasabah. Namun plafon akan disesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan membayar nasabah, biasanya dilihat dari slip gaji dan informasi lainnya. Sedangkan tenornya sesuai ketentuan dari lembaga penyedia kredit.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Meskipun mencatat kelebihan yang banyak, produk pinjaman ini tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Pada dasarnya kredit tanpa agunan memiliki perbedaan siginifikan daripada pinjaman lain seperti KUR terlebih pada suku bunganya.

Kredit tanpa agunan diberikan dengan suku bunga relatif tinggi. Hal tersebut didasari pinjaman tanpa jaminan dimana debitur tidak perlu khawatir kehilangan aset saat ada masalah di pelunasan. Selain itu, pinjaman tergantung profesi dan penghasilan nasabah. Jadi bank akan meninjau besarnya limit berdasarkan slip gaji pemohon.

Cara Mengetahui KTA Disetujui atau Ditolak

Mengajukan kredit tanpa jaminan menjadi alternatif sebagian besar masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dalam waktu dekat. Program KTA dapat kita temukan di beberapa bank seperti BNI, BRI, Maybank, Digibank dan bank Danamon. Setelah verifikasi data dan pengajuan maka tidak sedikit yang mencari tau cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak.

Baca Juga :  5 Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat
Cara Mengetahui KTA Disetujui atau Ditolak
Cara Mengetahui KTA Disetujui atau Ditolak

Berbicara cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak, setiap bank pemberi kredit akan mengirim status permohonan dengan cara yang berbeda. Sedangkan estimasi pinjaman di acc diberitahukan kepada pemohon saat verifikasi dokumen KTA. Namun setelah estimasi waktu yang disampaikan kamu belum menerima kepastian dari bank tersebut, perlu untuk mengeceknya kembali.

Cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak tidak bisa dipukul rata untuk semua calon debitur. Karena pihak bank biasanya akan menginformasikan persetujuan pinjaman setelah evaluasi dan verifikasi. Berikut sejumlah cara yang dilakukan pemberi kredit untuk menginformasikan hasil verifikasi dokumen KTA kamu.

1. Melalui Sambungan Telepon

Cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak yang pertama melalui sambungan telepon. Biasanya pihak bank menginformasikan status pengajuan KTA melalui kontak dokumen yang sudah kamu input. Namun jika belum menerima jawaban bisa menghubungi customer care dari bank tersebut. Berikut kontak customer care sejumlah bank yang menyediakan kredit tanpa agunan (KTA).

  • Maybank: 1500611
  • BNI: 1500046
  • Danamon: 1500090
  • Digibank: 1500327
  • Mandiri: 14000
  • Bank Permata: 1500111
  • BRI: 1500017
  • CIMB Niaga: 14041

Hubungi customer care melalui sambungan telepon, mintalah bantuan petugas untuk memeriksa permohonan kredit kamu. Biasanya mereka akan meminta data untuk mengecek hasil pengajuan KTA .

2. Melalui Email

Untuk pemohon dapat memeriksa dan mengirimkan email sebagai salah satu cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak. Sebetulnya pihak bank akan mengirimkan email jika KTA disetujui dan menginformasikan tanggal pencairan pinjaman. Namun jika terdesak kamu bisa mengirimkan email ke penyedia kredit.

  1. Maybank: customercare@maybank.co.id
  2. BNI: bnicall@bni.co.id
  3. Danamon: hellodanamon@danamon.co.id
  4. Digibank: digibanksupport@dbs.com
  5. Mandiri: mandiricare@bankmandiri.co.id
  6. Bank Permata: permatacare@permatabank.co.id
  7. BRI: callbri@bri.co.id
  8. CIMB Niaga: 14041@cimbniaga.co.id

Lampirkan identitas kamu untuk mempermudah petugas memeriksa permohonan KTA tersebut. Mereka akan mengirim balasan di 1-3 hari kerja bahkan lebih.

3. Cek di Situs Web

Cek di Situs Web
Cek di Situs Web

Cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak selanjutnya melalui situs web penyedia. Hampir semua bank memiliki situs web yang memungkinkan nasabah mengetahui produk dan layanan secara online. Website dapat juga dimanfaatkan untuk mengelola keuangan tanpa mengunjungi kantor cabang.

Meskipun tidak semua memberikan informasi permohonan pinjaman melalui situs web, beberapa diantaranya seperti BNI dan Maybank memungkinkan kamu melacak kemajuan permohonan menggunakan ponsel. Untuk masuk dan memeriksa status pengajuan pemohon harus menginput reference number, nomor kartu atau nomor identitas.

Baca Juga :  7 Cara Merangkum Video Youtube Menggunakan Ai

4. Kunjungi Cabang Terdekat

Selain pengajuan online, banyak nasabah memilih mengajukan kredit di kantor cabang agar memperoleh informasi lebih detail. Begitupun cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak, sobat bisa mengetahuinya di kantor cabang tempat mendaftar. Perlu diketahui nasabah yang membuka KTA online juga bisa mendatangi bank terdekat jika mereka memiliki masalah dengan kredit, termasuk hasil verifikasi KTA.

5. Dana Dikirimkan Langsung ke Rekening

Cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak yang terakhir melalui histori pencairan nasabah lain. Beberapa bank mewajibkan pemohon mendatangi kantor cabang saat pencairan dana, namun beberapa bank penyedia kredit mentransfer pinjaman langsung ke rekening nasabah. Hal ini berdasarkan kesepakatan awal atau ketentuan dari bank penyedia KTA.

Informasi ini diperoleh dari nasabah pengguna KTA dari bank yang sama atau melalui petugas bank saat verifikasi dokumen. Jika dana sudah masuk ke rekening berarti permohonan KTA disetujui dan sebaliknya.

Ketahui juga Bank Yang Bisa Membantu Melunasi Hutang di Indonesia

Tips Sukses Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Setelah memahami dengan baik cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak, Mocipay akan membawa kamu membahas tips sukses dalam mengajukan KTA. Seperti yang kita ketahui, dokumen-dokumen peminjam akan di verifikasi dan dilakukan wawancara untuk mengetahui kebenarannya.

Dengan cara seperti itu bank memberikan plafon kredit kepada nasabah. Namun masalah permohonan ditolak seringkali memberatkan masyarakat untuk mendapat pinjaman. Untuk berhasil mengajukan kredit, pertimbangkan tips berikut.

  1. Pastikan kamu sudah memenuhi kriteria peminjam dari bank tersebut
  2. Perhatikan kembali skor kredit anda. Riwayat kredit buruk sangat berpengaruh dalam pengajuan KTA, maka pastikan kamu memiliki riwayat kredit bersih
  3. Pastikan kamu mengetahui kemampuan membayar, sesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan
  4. Pastikan data-data sudah lengkap dan bisa dibuktikan kebenarannya
  5. Ikuti setiap tahap mengajukan KTA sampai waktunya pencairan.

Penutup

Cara Mengetahui KTA Disetujui atau Ditolak
Cara Mengetahui KTA Disetujui atau Ditolak

KTA diberikan kepada nasabah yang telah memenuhi persyaratan khusus seperti memiliki penghasilan tetap. Proses pengajuan KTA memang terbilang mudah dibandingkan produk lainnya, namun perlu menyiapkan beberapa hal supaya pengajuan mu disetujui dan paling penting pastikan kredit history bersih.

Jika saat ini kamu belum mengetahui hasil pengajuan dari pinjaman tanpa agunan yang telah di verifikasi, cek hasilnya dengan lima opsi diatas.

Back to top button