Ragam

35+ Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal

Lagi liburan atau ada jobdesk mendadak ke Kota Solo? Jika ya, simak beberapa pilihan Oleh-oleh Khas Solo Kekinian di bawah ini yang enak dan bisa kamu bawa pulang ke kota asalmu.

Saat melakukan perjalanan, rasanya belum lengkap jika pulang ke kota asal tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang tercinta. Kota Solo merupakan kota yang terkenal dengan wisata budayanya.

Berbicara tentang oleh-oleh khas Solo, kita mungkin akan teringat pada Serabi dengan suwiran dagingnya. Selain oleh-oleh solo terkenal tersebut, kamu juga wajib mencoba oleh-oleh solo kekinian untuk pengalaman bersantap yang berbeda.

Jika membeli oleh-oleh khas solo, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang karena harganya cukup terjangkau. Nah, tanpa berlama-lama lagi, simak daftar oleh-oleh khas solo kekinian di bawah ini yang bisa kamu beli dan bawa pulang ke kota asal serta dibagikan kepada keluarga dan orang tercinta.

Daftar Oleh-oleh Khas Solo Kekinian

Jika sebelumnya kita telah membahas 9 Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian Yang Wajib Bangat Kamu Coba!, maka kali ini kami akan memberikan informasi mengenai oleh-oleh khas Solo kekinian yang enak dan wajib dibawa pulang ke kota asal.

Oleh-oleh sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk membawa kenangan liburan pulang ke kota asal. Maka dari itu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk teman, sahabat, pacar, bestie dan keluarga di rumah. 

Kini kamu bisa membawa beragam oleh-oleh khas solo kekinian yang unik dan menarik bagi semua generasi. Penasaran apa saja oleh-oleh atau buah tangan itu? Berikut beberapa pilihan oleh-oleh khas Solo kekinian yang enak dan wajib dibawa pulang ke kota asal serta dibagikan kepada keluarga dan orang tercinta.

Pukis Badran

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Pukis Badran

Pilihan oleh-oleh khas Solo kekinian yang pertama yaitu Pukis Badran yang enak dan wajib dibawa pulang ke kota asal serta dibagikan kepada keluarga dan orang tercinta.

Bahkan bukan hanya di kota Solo saja, Pukis Badran memang sudah menjadi salah satu jajanan tradisional terpopuler di Indonesia, dan beragam nya rasa yang ditawarkan di sini tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi pecinta kuliner tradisional Indonesia atau wisatawan yang berkunjung ke solo, mencicipi Pukis Badran bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendukung warung lokal yang meneruskan tradisi kuliner Indonesia.

  • Alamat Pukis Badran: Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 09:00 – 21:00 WIB.
Baca Juga :  Paket Gojek Telkomsel 2024, Cara Aktivasi Lengkap dengan Harganya

Beli Oleh-oleh Pukis Badran Secara Online Disini

Varian dan Harga Pukis Badran

  1. Pukis Badran Original Isi 10: Rp127.500.
  2. Pukis Badran Original Series 10: Rp135.000.
  3. Pukis Badran Mix Isi 10: Rp150.000.
  4. Pukis Badran Original Isi 5: Rp79.500.
  5. Pukis Badran Original Series 5: Rp82.500.
  6. Pukis Badran Mix Isi 5: Rp90.000.

Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion

Selain Pukis Badran, oleh-oleh khas Solo kekinian lainnya yaitu Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion. Kue Mandarijn ini berbentuk seperti kue bolu berlapis warna coklat dan kuning. Nah, untuk oleh-oleh solo kekinian ini bisa kamu temukan di toko roti orion.

Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion menjadi salah satu oleh-oleh terfavorit di kota solo karena teksturnya yang lembut dan beragam rasa termasuk orisinal, unik, dan kismis.

Bukan hanya menjual kue Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion saja, kamu juga dapat menemukan beragam kue kering seperti keripik dan kacang atau kue basah lainnya.

  • Alamat Toko Roti Orion: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 07:30 – 20:00 WIB.

Varian Rasa dan Harga Kue Lapis Mandarin atau Mandarijn Orion

  1. Biasa (pakai mentega tanpa butter): Rp146.000.
  2. Spesial (pakai butter tanpa kismis): Rp168.000.
  3. Kismis K KUNKUN Lapisan Cake Kuning (pakai butter dan kismis): Rp172.000.
  4. Kismis K KUNCOK Lapisan Cake Kuning-Cokelat (pakai butter dan kismis): Rp172.000.

Bakpia Balong

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Bakpia Balong

Jika kamu sedang di Solo, maka kamu wajib membawa pulang oleh-oleh khas Solo kekinian yang bernama Bakpia Balong ini.

Bakpia sebenarnya merupakan salah satu jenis oleh-oleh yang paling banyak diasosiasikan dengan kota Jogja. Namun ternyata di Kota Solo juga ada jenis bakpia yang tak kalah enaknya.

Bakpia Balong didirikan pada tahun 1960 dan secara keseluruhan berukuran lebih besar dari Bakpia Jogja. Rasanya cukup beragam. Selain itu, kamu bisa memesan berbagai varian rasa mulai dari coklat, keju, durian, kacang merah, keju, kacang hijau dan bakpia isi daging.

  • Alamat Bakpia Balong Solo: Jl. Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 07:30 – 19:00 WIB.
Harga Oleh-oleh Bakpia Balong: Rp45.000

Serabi Notosuman Ny. Lidya

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Serabi Notosuman Ny. Lidya

Oleh-oleh khas Solo kekinian berikutnya adalah Serabi Notosuman Ny. Lidya. Mungkin diantara kamu belum pernah mencoba Serabi Notosuman Ny. Lidya atau biasa disebut Serabi Solo. Serabi Notosuman terbuat dari tepung beras, pandan, vanila, gula pasir, santan dan garam.

Campuran tersebut kemudian dimasak di atas arang dalam cetakan terakota kecil. Berbeda dengan Serabi Bandung, Serabi Notosuman dibungkus dengan daun pisang dan umumnya memiliki rasa yang lebih manis.

Baca Juga :  35+ Distributor Telur Ayam Terdekat Di Semua Kota Di Indonesia

Selain itu, kamu bisa mencoba dua rasa: Original dan Coklat. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang halus dijamin bikin lapar.

  • Alamat Serabi Notosuman Ny. Lidya: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 05:30 – 16:00 WIB.

Kisaran Harga Serabi Notosuman Ny. Lidya: Rp72.000 – Rp75.000.

Beli Oleh-oleh Serabi Notosuman Ny. Lidya Secara Online Disini

Solo Pluffy

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Solo Pluffy

Oleh-oleh khas Solo kekinian selanjutnya yaitu Solo Pluffy. Solo Pluffy merupakan kue yang sangat lembut dan halus yang hanya tersedia di kota Solo. Kehadiran Solo Pluffy di Kota Solo tentu punya alasan tersendiri bagi pemiliknya, Jessica Milla. Target audiens Solo Pluffy sebagian besar adalah wong solo yang lebih menyukai makanan manis. Kedua, faktor sejarah. Solo merupakan kampung halaman ayah Jessica Milla.

Kue ini berbentuk lingkaran dan terdiri dari tiga lapis krim tergantung variasi rasa. Solo Pluffy menawarkan kue dalam berbagai rasa seperti Original Chocolate Crispy, Double Chocolate, Red Velvet dan Blueberry.

  • Alamat Solo Pluffy: Jl. Ronggowarsito No.145, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 08:00 – 20:00 WIB.

Abon Sapi Mesran Solo

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Abon Sapi Mesran Solo

Jika kamu ingin mencoba variasi kue oleh-oleh khas Solo kekinian, Abon Sapi Mesran Solo adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang pecinta kuliner rasa asin.

Daging sapi cincang sendiri merupakan salah satu jenis makanan kering yang terbuat dari daging yang dimasak, diiris, dibumbui, digoreng, dan diperas.

Abon Mesran menawarkan dua jenis Abon yaitu Abon Sapi dan Abon Ayam. Karena jenis makanan ini cukup tahan lama, sehingga kamu bisa menyajikannya dalam jumlah besar kepada teman dan keluarga terdekat.

  • Alamat Toko Abon Mesran Mistopawiro: Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 08:00 – 17:30 WIB.

Solo Floss Roll (Abon Gulung Khas Solo)

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Solo Floss Roll (Abon Gulung Khas Solo)

Ada juga oleh-oleh khas Solo kekinian lainnya yang bernama Solo Floss Roll (Abon Gulung Khas Solo). Solo Floss Roll merupakan produk olahan daging suwir yang digunakan sebagai topping sandwich.

Nah, Solo Floss roll ini merupakan salah satu oleh-oleh yang mudah dikonsumsi dan dapat mengenyangkan, sehingga bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh perjalanan setelah menjelajahi Kota Solo.

  • Alamat Solo Flossroll Abon Gulung Solo Baru: Jl. Ir. Soekarno No.2B, Bangorwo, Kwarasan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552.
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 06:00 – 21:00 WIB.

Klengkam Solo

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Klengkam Solo

Jika kamu berkunjung ke Solo, kamu wajib bawa pulang oleh-oleh khas Solo kekinian yang bernama Klengkam Solo. Klengkam atau biasa disebut kering kentang adalah makanan yang terdiri dari olahan kentang, diiris tipis, dibumbui dengan bumbu lalu digoreng kering.

Klengkam bisa kamu santap sebagai camilan, namun cocok juga sebagai pelengkap nasi. Oleh-oleh seperti itu mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Solo.

Baca Juga :  12 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg Secara Alami

Alamat Klengkam Solo: Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136.

Kaos Khas Solo Klamben

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Kaos Khas Solo Klamben

Bukan hanya makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Solo kekinian karena oleh-oleh lain yaitu Kaos Khas Solo Klamben

Dibuat dari bahan katun 24 count, kaos ini tetap nyaman meski dikenakan sepanjang hari. Sejuk, tidak panas, tidak melar, menyerap keringat, jahitan awet, desain unik dan awet, sablon presisi.

Harganya yang terjangkau hanya Rp69.500, menjadikannya pilihan tepat untuk membeli oleh-oleh tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Roti Kecik Ganep

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Roti Kecik Ganep

Toko Ganep Tradisional Solo dan Roti Kecik Ganep memiliki sejarah panjang sebagai tempat membeli oleh-oleh legendaris Solo. Nah, Roti Kecik Ganep juga termasuk oleh-oleh khas Solo kekinian yang terbuat dari ketan, rasanya pedas dan manis, tapi yang membuatnya unik adalah teksturnya yang padat.

Tak heran, karena sandwich ini memiliki umur simpan yang lama sehingga layak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari kota Solo. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp6.500 hingga Rp27.500 sehingga bisa disesuaikan dengan budget kamu.

Beli Roti Kecik Ganep Disini

Intip Kerak Nasi

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Intip Kerak Nasi

Masih terdapat banyak oleh-oleh khas Solo kekinian yang bisa kamu dapatkan dan bawa pulang ke kampung halaman, salah satunya Intip Kerak Nasi ini.

Intip Kerak Nasi merupakan jajanan legendaris yang masih eksis hingga saat ini, menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang patut untuk dicoba. Makanan tradisional ini terbuat dari sekam padi yang dikeringkan lalu digoreng, hampir mirip dengan rengginang.

Harganya terjangkau, sekitar Rp64.000 di ukuran 150 gram, sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas solo yang unik dan menggemaskan.

Emping Melinjo

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Yang Enak Wajib Dibawa Pulang Ke Kota Asal
Emping Melinjo
Oleh-oleh khas Solo kekinian lainnya yaitu Emping MelinjoJajanan biji melinjo ini mempunyai rasa pedas dengan ciri khas rasa pahit.

Emping Melinjo merupakan jajanan populer dan pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pasar atau toko oleh-oleh di sekitar Surakarta untuk membeli jajanan lezat ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh atau dibagikan kepada teman dan keluarga kamu.

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian Lainnya Yang Wajib Dibeli

Masih terdapat banyak oleh-oleh khas Solo kekinian yang bisa di nikmati di Kota Solo maupun dibawa pulang ke kota asal. Berikut diantaranya:

  1. Ampyang Kacang Gula Jawa.
  2. Balung Kethek.
  3. Rambak Petis.
  4. Kerupuk Karak.
  5. Brem Solo.
  6. Solo Prabu.
  7. Serundeng.
  8. Rengginang.
  9. Mata Maling.
  10. Kremes Ayam Malioboro.
  11. Serbat Jahe.
  12. Sosis Solo.
  13. Wayang Kulit Gagrak.
  14. Souvenir Khas Solo.
  15. Barang-barang Antik.
  16. Blangkon Solo.
  17. Kebaya Solo.
  18. Kain Batik.
  19. Rambak Petis.
  20. Kaos Khas Solo

Apa tiga contoh makanan khas dari solo?

Selain oleh-oleh khas Solo kekinian, ada tiga contoh makanan khas dari solo antara lain sebagai berikut:

  1. Cambuk Rambak.
  2. Nasi Liwet.
  3. Timlo.

Apa makanan khas Jawa Solo?

Makanan khas Jawa Solo ada banyak. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Selat Solo.
  2. Cambuk Rambak.
  3. Nasi Liwet.
  4. Timlo.
  5. Brambang Asem.
  6. Es Gempol Pleret.

Makanan apa di Solo?

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan di Solo antara lain:

  1. Sate Bundel.
  2. Nasi Liwet.
  3. Timlo.
  4. Brambang Asem.
  5. Es Gempol Pleret.
  6. Es Gempol Pleret.
  7. Bubur Gudeg Solo.
  8. Serabi Notosuman.

Penutup

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian
Oleh-oleh Khas Solo Kekinian
Nah itulah tadi oleh-oleh khas Solo kekinian yang bisa kamu beli dan bawa pulang ke kota asal lalu dibagikan kepada keluarga dan tempat kerjamu mulai dari makanan hingga pakaian.

Semoga informasi yang kami bagikan diatas dapat menambah referensi kamu mencari oleh-oleh khas Solo kekinian yaa.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button