Tips

Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet? Ketahui 7 Penyebab dan Solusinya

Sedang mencari tau penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet? Jika iya, maka pas bangat dong gaes anda berkunjung ke halaman ini, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab dari kenapa BRImo tidak ada koneksi internet lengkap dengan solusi atau cara untuk mengatasinya. Maka, jangan kemana-mana, ikuti bacaan ini sampai tuntas, dan temukan langkah mudah untuk mengatasi masalah BRImo yang tidak ada koneksi internet.

Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet

Ketika sedang login ke aplikasi BRI Mobile atau yang lebih simpel disebut BRImo, mungkin anda pernah atau sedang mengalami gagal login, yang mana di layar anda memperlihatkan tampilan “tidak ada koneksi internet” Situasi ini tentu saja akan membuat pengguna menjadi terkendala untuk melakukan aktivitas bertransaksinya.

Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet
Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet

Tapi gak usah langsung khawatir guys, karena dibawah ini kami akan menyajikan beberapa penyebab dari kenapa BRImo tidak ada koneksi internet. Ada beberapa penyebab umum kenapa BRImo tidak ada koneksi internet, diantaranya adalah seperti:

  • Paket data tidak tersedia

Penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet yang pertama adalah karena paket data anda sedang tidak tersedia atau sudah habis. Aplikasi BRImo membutuhkan kuota internet agar bisa berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, sebelum membuka aplikasi BRImo, pastikanlah terlebih dahulu paket internet anda masih ada.

  • Data seluler tidak aktif

Kuota internet anda masih ada tapi data seluler anda nonaktif? Sama aja boong ya gaes. Agar kuota internet anda bisa terpakai, anda tentu harus mengaktifkan data seluler terlebih dahulu. Dengan begitu semua aplikasi dalam perangkat anda yang memerlukan koneksi internet termasuk BRImo akan bisa berfungsi dengan baik.

  • Provider sedang bermasalah

Selain karena kuota internet yang tidak tersedia serta data seluler nonaktif, kondisi kenapa BRImo tidak ada koneksi internet juga dapat disebabkan oleh jaringan provider internet yang sedang gunakan sedang bermasalah. Sehingga, walaupun kuota internet tersedia dan data seluler aktif, tetap saja tidak bisa terhubung dengan internet.

  • Penggunaan data untuk BRImo dinonaktifkan

Saat memasang sebuah aplikasi biasanya akan muncul permintaan perizinan, salah satunya adalah perizinan aplikasi untuk dapat menggunakan data internet. Pastikan kamu telah memberikan izin ke aplikasi BRImo, agar dapat menggunakan kuota internet anda.

  • Server BRImo sedang gangguan

Sumber: pikiran-rakyat.com

Penyebab berikutnya kenapa BRImo tidak ada koneksi internet dapat juga disebabkan oleh server BRImo yang sedang gangguan atau bermasalah. Server BRImo bermasalah dapat dipicu oleh dua hal, yakni karena adanya terjadi suatu masalah yang sedang dalam perbaikan atau karena pemeliharaan jaringan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas BRImo untuk kepuasan para nasabah BRI.

Baca Juga :  7 Cara Cek Angsuran Kur BRI Lewat HP, Lengkap dengan Perhitungannya!
  • Aplikasi BRImo kadaluarsa

Setiap aplikasi termasuk BRImo akan mengalami kadaluarsa apabila sudah lama tidak di update/ diperbarui. Ketika sebuah aplikasi tersebut telah kadaluarsa, maka beberapa fungsinya kemungkinan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Masalah yang sering terjadi akibat dari aplikasi kadaluarsa adalah seperti, lambat saat digunakan, gagal login, atau bisa juga menjadi error.

  • Masalah pada perangkat

Penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet yang terakhir adalah karena adanya masalah pada perangkat yang digunakan. Masalah yang dimaksud dapat disebabkan oleh penuhnya sampah pada perangkat atau penumpukan cache aplikasi. Perlu untuk anda ketahui bahwa cache memang sangat bermanfaat untuk menyimpan riwayat aktivitas aplikasi, namun akan justru berdampak buruk jika sudah menumpuk.

Cara Mengatasi BRImo Tidak Ada Koneksi Internet

Cara Mengatasi BRImo Tidak Ada Koneksi Internet
Cara Mengatasi BRImo Tidak Ada Koneksi Internet

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet, selanjutnya disini kami akan memberikan kamu solusi atau cara mengatasi BRImo tidak ada koneksi internet. Silahkan disimak penjelasan kami berikut ini:

  • Periksa ketersediaan kuota internet anda

Langkah sederhana yang pertama untuk mengatasi permasalahan kenapa BRImo tidak ada koneksi internet adalah memeriksa ketersediaan kuota internet dalam perangkat anda. Pastikan sisa kuota yang anda miliki dapat digunakan untuk mengakses semua aktivitas internet, karena saat ini kebanyakan paket internet telah terbagi-bagi. Ada yang all net, aplikasi, kuota untuk chat, kuota lokal, dan yang lainnya.

  • Pastikan data seluler telah aktif

Apabila setelah memeriksa kuota internet, ternyata masih ada sisa kuota anda yang bisa digunakan, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa data seluler apakah nyala atau tidak. Anda dapat dengan mudah menghidupkan data seluler melalui “menu setelan cepat” yang dapat ditemukan dengan menggeser layar dari atas ke bawah.

  • Periksa izin penggunaan data pada aplikasi BRImo

Periksa izin penggunaan data pada aplikasi BRImo
Periksa izin penggunaan data pada aplikasi BRImo

Selanjutnya, periksalah izin aplikasi BRImo anda. Pastikan anda telah memberikan izin pada aplikasi agar dapat menggunakan data internet. Memeriksa izin aplikasi BRImo dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat, yaitu dengan:

Baca Juga :  Akun DANA Tidak Bisa Login, Hubungi Customer Service Lewat 5 Langkah Berikut ini!

Menekan lama logo aplikasi BRImo pada beranda HP > Ketuk pada opsi “info aplikasi” > Gulir ke bawah, dan klik pada bagian “batasi penggunaan data” > Beri centang pada data seluler sesuai dengan SIM anda yang didalamnya terdapat kuota internet.

  • Restart perangkat

Jika kemungkinan masalahnya terdapat pada perangkat yang anda gunakan anda, maka cobalah untuk merestart atau memulai ulang perangkat. Dengan merestart HP, sistem akan memulai kembali dan dengan kinerja yang ideal tanpa menghilangkan data apapun.

Adapun cara restart HP adalah: Tekan dan tahan beberapa saat tombol power > lalu klik mulai ulang > Tunggu beberapa saat perangkat anda akan mati lalu akan hidup kembali.

  • Matikan dan hidupkan kembali mode pesawat

Kendala akan BRImo tidak ada koneksi internet dapat juga diatasi dengan mematikan, lalu menghidupkan kembali mode pesawat. Selain digunakan saat sedang dalam perjalanan transportasi udara, mode penerbangan juga secara efektif dapat merefresh sistem perangkat terutama pada bagian koneksi jaringan internet nya menjadi lebih lancar.

  • Hapus cache aplikasi

Hapus cache aplikasi
Hapus cache aplikasi

Sama seperti yang telah kami sebutkan pada bagian pembahasan sebelumnya mengenai penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet, salah satunya dapat juga disebabkan oleh penumpukan cache aplikasi. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menghapus cache pada aplikasi BRImo apabila sudah terlihat menumpuk.

Cara untuk menghapus cache pada aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:

  1. Tekan beberapa saat pada aplikasi BRImo pada menu beranda HP anda
  2. Klik “info aplikasi
  3. Klik pada bagian “hapus data
  4. Lalu ketuk “bersihkan cache
  • Update aplikasi BRImo

Cara mengatasi yang selanjutnya adalah dengan mengupdate aplikasi BRImo. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, sebuah aplikasi yang telah kadaluarsa akan kehilangan beberapa fungsinya. Oleh karena itu, sebagai pengguna BRImo, perlu bagi anda untuk melakukan pembaruan setiap aplikasi BRImo sudah memerlukan update. Setelah memperbarui aplikasi, BRImo anda akan kembali normal seperti semula atau bahkan akan lebih bagus lagi.

  • Gunakan wi-Fi

Jika setelah melakukan semua langkah diatas kendala pada aplikasi BRImo anda belum juga dapat teratasi, maka solusi terakhir yang kami sarankan adalah mengganti koneksi internet beralih menjadi menggunakan Wifi.

Baca Juga :  17 Game Penghasil Saldo DANA Tercepat 2024 Terbukti Membayar

Dengan beralih menggunakan Wifi, anda bisa dapat memahami penyebab sebenarnya yang membuat BRImo anda tidak ada koneksi internet, apakah masalahnya datang dari internal perangkat anda, atau dari eksternal seperti gangguan pada server BRImo.

Penyebab Solusi
1. Koneksi internet yang tidak stabil Pastikan untuk berada di area dengan sinyal yang baik atau gunakan Wi-Fi dengan koneksi stabil.
2. Server BRImo sedang mengalami gangguan Tunggu beberapa saat dan coba akses kembali. Jika perlu, hubungi customer service BRI untuk informasi lebih lanjut.
3. Kesalahan pada pengaturan tanggal dan waktu Pastikan tanggal dan waktu pada perangkat Anda sudah diset dengan benar sesuai zona waktu lokal.
4. Data aplikasi yang corrupt atau bermasalah Hapus cache dan data aplikasi BRImo melalui pengaturan ponsel Anda. Jika perlu, reinstal aplikasi.
5. Versi aplikasi BRImo yang sudah usang Update aplikasi BRImo ke versi terbaru melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Penutup

Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet
Kenapa BRImo Tidak Ada Koneksi Internet

BRImo merupakan sebuah aplikasi yang sangat membantu para nasabah BRI. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan berbagai kegiatan transaksi, seperti transfer, top up, membayar tagihan, dan yang lainnya melalui Handphone tanpa harus ke ATM maupun kantor cabang BRI.

Mendapati aplikasi BRImo yang tidak bisa dibuka karena koneksi internet tidak ada, tentu akan menunda berbagai aktivitas yang hendak dilakukan melalui BRImo. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kenapa BRImo tidak ada koneksi internet serta mengikuti langkah atau solusi untuk mengatasinya, kami berharap sobat Mocipay akhirnya bisa login ke aplikasi BRImo dan melanjutkan kembali aktivitas yang tertunda sebelumnya.

Back to top button

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay