TipsReview

Manfaat Susu Beruang Untuk Lambung dan Kesehatan Tubuh

Kamu mungkin masih sering mencari informasi tentang manfaat susu beruang untuk lambung. Bagaimana pun juga hingga sekarang masyarakat pasti sudah sangat mengenal sekali salah satu merek susu yang satu ini.

Susu beruang yang juga sering disebut dengan bear brand ini sangat populer karena iklannya yang unik. Susu beruang merupakan produk susu sapi namun justru di iklankan oleh tokoh naga dan bahkan pada kemasannya pun justru menggunakan gambar beruang.

Bahkan bisa jadi, masih ada yang mengira susu beruang sama dengan jenis olahan susu pada umumnya. Padahal banyak sekali manfaat mengkonsumsi susu tersebut. Bukan hanya untuk lambung saja, melainkan bagi kesehatan tubuh lainnya.

Proses Sterilisasi Susu Beruang

Manfaat Susu Beruang untuk Lambung
Sumber: Pinterest

Sama seperti produk susu biasa, susu beruang diketahui mengandung banyak vitamin mulai dari Vitamin A, B1, B2, B6, B12, vitamin C, vitamin D, mineral hingga kalori. Namun, walaupun sama-sama dihasilkan dari sapi, susu beruang dikenal memiliki khasiat yang lebih tinggi daripada produk olahan susu sapi lainnya.

Mengapa hal itu terjadi, sampai ada manfaat susu beruang untuk lambung? Sebab, susu beruang berasal dari olahan susu sapi steril dan diolah dengan kualitas yang sangat tinggi. Bahkan, saat proses sterilisasi tersebut dilakukan tanpa menambahkan gula dan pengawet.

Di sinilah yang membedakan susu beruang dengan produk susu sapi lainnya yang juga ditawarkan di pasaran. Sementara proses sterilisasi sendiri susu sapi sendiri adalah proses pengawetan susu yang bertujuan untuk mematikan bakteri dan kuman di dalamnya.

Melalui proses ini, nantinya tidak hanya kuman dan bakteri yang mati. Namun juga spora yang sangat mungkin terdapat pada susu. Proses sterilisasi dilakukan dengan cara memanaskan susu sapi menggunakan sistem UHT (Ultra High Temperature).

Biasanya, suhu yang diberikan bisa mencapai 137 derajat celcius hingga 140 derajat celcius untuk kurun waktu 2-5 detik saja. Nantinya dapat menghasilkan produk susu sterilisasi berkualitas dan memberikan manfaat susu beruang untuk lambung dan kesehatan tubuh lainnya.

Satu lagi, setelah dipanaskan kemudian susu steril tersebut akan dimasukkan ke dalam kemasan kaleng. Prosesnya pun tak berhenti sampai disitu saja. Susu steril yang sudah dikemas mulai dipanaskan kembali pada suhu 110 derajat Celcius hingga 121 derajat celcius dengan kurun waktu lebih lama dari sterilisasi awal yaitu 30-45 detik.

Baca Juga :  6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

Harus diingat, tetap saja susu beruang mempunyai manfaat untuk menyehatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Sebab banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti mineral, kalsium, protein, kalori, hingga vitamin.

Dari banyak manfaat bagi tubuh, susu beruang ternyata menarik perhatian banyak orang karena dianggap baik untuk lambung. Oleh sebab itu, hingga sekarang, pembahasan tentang manfaat susu beruang untuk lambung masih sering menjadi topik utama.

Manfaat Susu Beruang Untuk Lambung

Manfaat Susu Beruang untuk Lambung
Sumber: Pinterest

Sampai sekarang terbukti masih banyak yang belum yakin, apakah susu beruang memang cukup bagus dikonsumsi dan tidak memberikan efek negatif bagi lambung? Lalu bagaimana sebenarnya manfaat susu beruang untuk kondisi organ vital tersebut?

Banyak pakar yang telah memberikan pendapat tentang manfaat susu beruang untuk lambung. Seperti salah satunya dr. Evelin Kwandang yang memberikan pendapatnya yang dikutip dari laman SehatQ.

Beliau berpendapat jika susu apapun pada hakikatnya mengandung banyak zat gizi. Seperti protein, vitamin A, B, D, hingga kalsium. Maka, manfaat susu beruang untuk lambung sendiri pastinya ada.

Kalau ada yang bertanya apakah aman mengkonsumsi susu beruang jika menderita asam lambung. Menurut beliau juga masih aman-aman saja. Mengingat susu beruang maupun jenis susu apapun tidak memiliki kandungan asam.

Maka baik penderita maag maupun asam lambung masih boleh mengkonsumsi susu beruang. Bahkan relatif aman walaupun diminum dalam kondisi perut kosong. Hanya saja, pastikan meminumnya dengan dosis tertentu.

Selain itu, ada lagi sejumlah manfaat susu beruang untuk lambung lain yang bisa jadi belum kamu ketahui sebelumnya.

Berikut beberapa manfaat yang dimaksud yang dapat kamu pakai sebagai referensi:

1. Mengatasi Maag

Salah satu keluhan lambung yang sering diderita banyak orang adalah maag. Kondisi ini terjadi karena produksi asam lambung yang meningkat. Oleh sebab itu, mereka yang menderita maag selalu disarankan untuk menjaga asupan makan dengan baik hingga makan secara teratur.

Baca Juga :  Mudah Banget! Ini 4 Cara Melihat Password WiFi Yang Terkunci

Mudahnya adalah penyakit maag bisa diatasi dengan cara menjaga pola makan dan memilah-milah jenis makanan apa saja yang dapat dikonsumsi. Walaupun rata-rata orang masih terlalu sulit untuk menjaga pola makan teratur khususnya bagi mereka yang sibuk dengan urusan sendiri dalam keseharian.

Kabar baiknya adalah manfaat susu beruang untuk lambung ternyata sangat baik untuk mengatasi maag. Ini bisa menjadi alternatif solusi bagi kamu yang selama ini berperang dengan penyakit tersebut.

Meskipun pada dasarnya kandungan kalsium yang terdapat pada susu dapat meningkatkan produksi asam lambung, dan memicu peningkatan kadarnya. Selain mengakibatkan peningkatan asam lambung, susu juga diyakini mampu mengakibatkan hambatan penyembuhan luka pada dinding lambung.

Sehingga wajar jika membuat sebagian orang kurang yakin mengkonsumsi susu beruang. Apalagi bagi mereka yang merasa menderita keluhan lambung. Seperti misalnya maag maupun asam lambung.

Namun sebetulnya, semua itu tidak mengurangi manfaat susu beruang untuk lambung yaitu mengurangi keluhan maag. Dengan catatan tidak boleh mengkonsumsinya saat maag sedang kambuh atau mengalami rasa nyeri yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung.

2. Sebagai Penetralisir

Sebagai informasi saja, susu beruang mengandung Antidotum yang dianggap mampu menawarkan racun dan berfungsi sebagai penetralisir asam lambung pada tubuh manusia. Selain kanduang antidotum, susu beruang juga diketahui mengandung protein.

Ternyata, kandungan protein dalam susu beruang masih bisa dipecah oleh asam lambung sehingga mampu mengisi lambung. Penderita asam lambung akan cukup nyaman setelah mengkonsumsi susu beruang ini.

Diantara manfaat susu beruang untuk lambung baik untuk mengatasi maag walaupun penetralisir asam lambung, tetap saja kamu harus memperhatikan asupan pola makan dan jenis makanan untuk dikonsumsi. Sebagaimana para penderita keluhan lambung biasa lakukan.

Baca juga 20+ Cara Bayar BPJS Kesehatan Via M-Banking, ATM, Aplikasi, E-Wallet agar kamu tidak telat membayarnya.

Aturan Minum Susu Beruang

Susu Beruang
Sumber: SerataFoods

Selain harus memperhatikan pola makan dan jenis asupan yang masuk ke tubuh, bagi penderita keluhan lambung seperti maag serta asam lambung juga perlu mengetahui aturan minum yang tepat.

Untuk hasil terbaik dan keamanan, kamu dianjurkan untuk minum susu beruang ini sebelum atau pada saat bangun tidur. Bagi penderita maag atau asam lambung akan langsung dapat merasakan manfaatnya jika kamu meminum susu beruang ketika stress atau mengalami suatu masalah.

Baca Juga :  2 Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan Agar Kembali Normal

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat susu beruang untuk lambung kamu juga sangat tidak direkomendasikan mengkonsumsinya ketika maag atau perut terasa nyeri. Aturan ini khusus untuk dewasa dan menderita keluhan lambung.

Bagi yang sebelumnya pernah mencoba minum susu beruang dan kebetulan menderita keluhan lambung lalu keluar gejala mual, muntah, atau diare, itu bisa jadi kondisi intoleransi terhadap susu sapi.

Banyak yang salah mengartikan sebagai asam lambung yang meningkat. Padahal tidak selalu begitu. Namun, jika hal itu kamu rasakan, ada baiknya hentikan konsumsi susu beruang atau tanyakan langsung pada ahlinya.

Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

Manfaat Susu Beruang
Sumber: Bearbrand.co.id

Dari penjelasan sebelumnya kamu tentu sudah tahu ada beberapa  manfaat susu beruang untuk lambung. Ternyata, ada cukup banyak manfaat lain yang dirasakan jika kamu rutin mengkonsumsi susu tersebut.

Diantaranya seperti meningkatkan kekebalan tubuh sebab di dalamnya banyak sekali terkandung nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh supaya terhindar dari penyakit. Selain itu, susu beruang juga dipercaya mampu membersihkan racun dalam tubuh.

Bahkan, banyak yang mengatakan susu ini mampu menjaga kekuatan tulang, membersihkan aliran darah, menjaga kolesterol, hingga membantu pemulihan tubuh saat sakit. Tidak ketinggalan susu beruang dipercaya mampu mengoptimalkan fungsi kerja otak dan memberikan energi.

Manfaat Penjelasan
Sumber Kalsium Susu beruang mengandung kalsium, mineral penting yang mendukung kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam berbagai fungsi sel dan sistem tubuh.
Sumber Protein Susu berisi protein, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot, pembentukan sel, serta berbagai proses biologis lain dalam tubuh.
Gizi Tambahan Beberapa varian susu beruang mungkin diperkaya dengan vitamin dan mineral tambahan seperti vitamin D, vitamin A, zat besi, dan lainnya, untuk memberikan gizi ekstra.
Rasa yang Disukai Varian rasa susu beruang, seperti cokelat atau stroberi, membuatnya lebih enak dan disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak yang mungkin kurang suka dengan susu biasa.
Alternatif Alergi Susu beruang terbuat dari susu alternatif seperti susu almond, susu kedelai, atau susu lainnya, cocok untuk orang dengan alergi atau intoleransi susu sapi.

Penutup

Manfaat Susu Beruang Untuk Lambung
Manfaat Susu Beruang Untuk Lambung

Itu dia tadi penjelasan lumayan singkat tentang manfaat susu beruang untuk lambung. Bagi kamu yang ingin tetap sehat, tidak ada salahnya minum susu beruang, karena tidak hanya baik untuk lambung. Namun juga menjaga kebugaran tubuh sekaligus menghindarkan dari penyakit.

Back to top button