Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

9 Cara Mengetahui HP DiSadap Serta Solusinya

Cara Mengetahui HP DiSadap – Sebagai masyarakat yang jujur tentu kita membenci segala bentuk kecurangan yang terjadi terutama penyadapan pada alat-alat teknologi seperti HP.

Penyadapan HP tentu bermula dari rasa kecurigaan seseorang pada diri kita dimana dia ingin mengetahui apa yang sedang kita kerjakan pada smartphone kita hingga siapa saja yang menghubungi kita setiap harinya.

Sebab handphone merupakan perangkat genggam yang menjadi alat komunikasi utama bagi banyak orang dengan berbagai keperluan yang sangat dibutuhkan.

Seiring dengan perkembangan teknologi tentu saja kamu melakukan lebih dari sekedar menggunakan hp untuk kegiatan menelepon saja. Dengan berbagai fungsi dan manfaatnya, privasi menjadi salah satu hal utama dalam penggunaan ponsel.

Saat ini banyak orang yang ingin melakukan kejahatan pada perangkat yang sedang kita gunakan seperti halnya menyadap. Karena HP termasuk perangkan yang sangat rentan terhadap penyadap terutama bagi pengguna yang manfaatkan berbagai aplikasi pihak ketiga yang membahayakan.

Untuk itu sangat diperlukan beberapa penyelidikan untuk mengetahuinya. Penasaran apa saja ? Simak informasi penjelasan di bawah ini.

Cara Mengetahui HP DiSadap Orang Lain

Cara Mengetahui HP DiSadap
Tanda hp kamu disadap orang lain

Penyadapan hp merupakan salah satu tindakan seseorang yang memaksa akses telepon atau handphone milik orang lain. Biasanya tindakan ini bisa terjadi akibat adanya akses internet tidak aman yang dilakukan oleh si pemilik ponsel.

Cara mengetahui HP disadap sangatlah beragam, biasanya hal tersebut di tandai dengan beberapa hal. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya software aneh dan iklan di layar ponsel.

Nah, langkah awal sebelum cara mengetahui solusi hp disadap ialah mengetahui hp disadap yang dapat diidentifikasi dengan ciri-cirinya serta memastikan apakah handphone anda memang telah disadap atau tidak melalui pemahaman Cara Mengetahui HP DiSadap berikut ini :

  • Baterai HP cepat habis padahal jarang digunakan

Cara Mengetahui HP DiSadap atau tidak ialah dengan memastikan penggunaan baterai pada ponsel anda. Apabila anda menemukan penggunaan baterai handphone yang tidak wajar padahal tidak sedang digunakan maka ponsel anda telah di sadap oleh orang lain.

Kejanggalan yang sering ditemukan ketika orang lain sedang menyadap HP yaitu baterai ponsel cepat habis meskipun tidak digunakan.

Biasanya hal tersebut terjadi karena software penyadap sedang berjalan, mengakibatkan HP yang disadap kehabisan baterai juga. Bukan hanya itu saja, suhu baterai pada HP juga akan sangat panas, meskipun HP tersebut tidak di jalankan.

Jika hal itu terjadi kepada kamu, sebaiknya mewaspadainya agar privasi yang ada di dalam HP terjaga dan tidak bisa diakses oleh orang lain.

Cara ini hanya berlaku bagi pemilik ponsel yang kesehatan baterainya berada di atas 70% hingga 100% ya karena jika baterai hp anda memang telah rusak maka kemungkinan hp anda tidak sedang di sadap orang lain.

  • Adanya bunyi suara berisik saat sedang dalam panggilan telpon

Cara Mengetahui HP DiSadap bisa terlihat dari situasi anda saat melakukan panggilan telpon. Dimana ini terlihat dari adanya suara-suara berisik atau bergema yang selalu muncul pada saat anda sedang dalam panggilan telpon.

Selain adanya suara berisik atau bergema, kondisi terburuk bisa ditandai dengan hp yang tiba-tiba mati pada saat anda masih dalam panggilan tersebut.

Jika hal tersebut terjadi maka anda wajib mewaspadai terjadinya penyadapan pada telpon genggam anda.

  • Sulit mendapatkan jaringan atau sinyal di hp

Cara Mengetahui HP DiSadap juga dapat anda perhatikan melalui kekuatan sinyal pada ponsel anda. Seperti contoh anda sedang berada di daerah yang akses sinyalnya tinggi namun anda masih kesulitan untuk mendapatkan sinyal.

Nah, biasanya kesulitan ini diakibatkan oleh adanya tindakan penyadapan jarak jauh yang dilakukan oleh orang lain sehingga menyebabkan sinyal atau jaringan ponsel anda terputus.

  • Terjadi pengurangan kuota internet secara cepat

Terjadinya penggunaan kuota internet yang banyak juga dapat menjadi cara untuk memastikan hp anda di sadap atau tidak.

Pasalnya, pada saat hp anda sedang di sadap penggunaan internet biasanya sangat boros walaupun anda terbilang sangat hemat dalam penggunaan paket internet.

Pengurangan ini terjadi akibat adanya aksi pengiriman akses yang dilakukan seseorang terhadap orang lain dimana kegiatan tersebut membutuhkan koneksi internet dari ponsel anda.

  • Munculnya aplikasi baru yang tidak di instal

Cara Mengetahui HP DiSadap berikutnya ialah adanya aplikasi-aplikasi baru di ponsel anda padahal sebelumnya anda tidak menginstalnya.

Tanda ini merupakan ciri yang paling sering muncul saat hp anda sedang di sadap karena biasanya aplikasi-aplikasi tersebut akan digunakan penyadap dalam melakukan aksinya.

  • Volume suara hp naik turun saat melakukan panggilan telpon

Salah satu Cara Mengetahui HP DiSadap yakni dengan memperhatikan volume suara pada saat anda sedang melakukan panggilan telpon dengan seseorang.

Biasanya volume akan naik turun dengan sendirinya apabila anda aktivitas penyadapan hp terjadi. Jadi suara berisik atau bergema dan volume naik turun bisa menjadi fokus anda untuk segera mengetahuinya.

  • Pesan masuk terbaca secara tiba-tiba

Pernahkah anda menemukan pesan masuk di ponsel anda terbaca begitu saja padahal sebelumnya anda yakin belum pernah membacanya sama sekali?

Jika ya maka anda wajib mewaspadainya, karena bisa saja pesan tersebut telah dibaca oleh orang lain dan bukan anda. Nah, ketika anda menemukan hal ini maka segera lakukan cara mengatasi hp di sadap segera.

  • Menggunakan Kode Rahasia *#21#

Cara Mengetahui HP DiSadap orang lain bisa dengan mudah anda lakukan hanya dengan menekan *#21# pada panggilan dial telepon anda.

Sedangkan fungsi dari kode ini ialah memunculkan segala bentuk penyadapan yang telah terjadi atau sedang berlangsung pada ponsel anda.

Jadi itulah 8 Cara Mengetahui HP DiSadap orang lain atau tidak. Jangan buru-buru meninggalkan halaman ini karena kami masih punya cara mengatasi hp di sadap dengan mudah.

  • Muncul Notifikasi Pada Layar

Notifikasi Berbahaya

Cara mengetahui Hp disadap juga bisa melalui munculnya notifikasi pada layar. Hal ini merupakan sangat umum terjadi ketika HP sedang di sadap.

Bahkan notifikasi ini hampir sama dengan notifikasi WhatsApp yang sedang di sadap. Biasanya notifikasi ini muncul pada layar ponsel kamu. Apabila hal ini terjadi kepada kamu sebaiknya hindari menekan notifikasi tersebut.

Karena bisa saja penyadap sedang mengakses data privasi yang ada diposel kamu. Oleh sebab itu, pastikan notifikasi yang diterima dapat memutus sambungan penyadap dengan ponsel kamu.

  • Performa HP Menjadi Lambat

Secara umum, semakin banyak data dan aplikasi yang sedang di akses akan mempengaruhi performa handphone. Namun, munculnya aplikasi berbahaya akan membuat performa Hp menjadi lambat.

Seperti iklan yang muncul tiba-tiba yang berisi malware akan mengakses root ke smartphone kamu dan mengunduh beberapa sistem palsu.

Munculnya Iklan

Sistem tersebutlah yang akan meretas data-data maupun informasi yang ada pada HP. Kemudian data itu akan di kirim ke server eksternal peretas atau penyadap.

Jika ciri-ciri diatas sedang di alami kinerja ponsel yang sedang digunakan, sebaiknya mewaspadai hal tersebut. Ini juga termasuk salah satu cara mengetahui hp disadap.

  • Kegiatan Mencurigakan

Hampir sama dengan yang di atas, apabila smartphone mati hidup dan menginstal aplikasi sendiri besar kemungkin HP tersebut sedang di sadap.

Cara mengetahui HPdi sadap ini biasanya ditandai dengan ikon bergerak secara mendadak. Dikarenakan sesorang sedang mengendalikan perangkat ponsel dari jarak jauh.

Selain itu, akan muncul iklan aneh pada layar yang menandakan handphone kamu terserang oleh malware atau aplikasi berbahaya.

  • Backsound yang Tidak Biasa

Cara mengetahui hp disadap biasanya juga ditandai dengan munculnya suara berisik dari hp, meskipun kita sedang diam atau tidak berbicara.

Selain itu suara yang dikeluarkan juga akan terdengar bergema, seperti ada pantulan suara. Kemudian volume suara juga akan terdengar naik turun saat melakukan panggilan dengan orang lain.

  • Tagihan Lebih Tinggi dari Biasannya

Cara mengetahui Hp disadap selanjutnya yang sering sekali tidak diketahui yaitu tagihan paket internet yang tidak wajar. Umumnya penyadap akan menggunakan perangkat lunak berbahaya yang menggunakan paket data untuk mengirim informasi kepada pihak luar.

Artinya, ada beberapa aktivitas berbahaya yang sedang terjadi pada perangkat smartphone kamu. Untuk itu jika tagihan paket data kamu melonjak, namun tidak digunakan sebaiknya waspadai hal tersebut.

Cara Mengatasi HP Di Sadap Orang Lain

solusi hp di sadap orang lain
solusi hp disadap orang lain

Ketika anda mengalami tindakan penyadapan yang dilakukan oleh orang lain dan telah mengetahuinya setelah membaca Cara Mengetahui HP DiSadap sebelumnya maka tindakan terbaik ialah mencoba mengatasi tindakan penyadapan tersebut.

Apabila semua cara mengetahui HP disadap di atas terjadi pada smartphone kamu, tentu saja merasa khawatir. Pasalnya, berbagai data pribadi yang ada di dalam ponsel bisa saja di retas.

Namun untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa hal. Meskipun dengan waktu yang dan langkah-langkah yang sedikit sulit. Berikut beberapa cara mengatasi hp di sadap, yakni diantaranya :

1. Gunakan Kode Rahasia #002#

Salah satu tindakan tercepat yang dapat anda lakukan sebagai upaya dalam mengatasi aksi penyadapan hp tersebut ialah dengan menekan kode #002# atau ##002##.

Kode ini merupakan kode rahasia yang dapat anda gunakan pada menu panggilan telpon anda. Selain itu, kode ini juga berfungsi untuk mematikan semua proses pengalihan yang terjadi pada ponsel anda.

Atau dengan kata lain, kode ini akan menghentikan semua aksi penyadapan yang terdeteksi pada ponsel anda.

2. Gunakan Kode *#06# atau *#61#

Selain kode rahasia #002#, anda juga dapat melakukan panggilan pada kode *#06# atau *#61# untuk mengatasi aksi penyadapan pada ponsel anda.

Kode rahasia #002# dan *#06# atau *#61# sebenarnya memiliki kegunaan atau fungsi yang sama dimana kode tersebut dapat memutuskan seluruh aksi penyadapan pada ponsel anda.

Namun disamping bisa memutuskan koneksi penyadapan, kode *#06# atau *#61# juga dapat mencari tau atau melacak nomor panggilan telepon yang tidak terjawab atau terputus secara tiba-tiba pada ponsel anda.

Selain kode #002#, *#06# atau *#61# anda juga dapat menggunakan kode *#21# pada Cara Mengetahui HP DiSadap sebelumnya menjadi cara mengatasi hp di sadap orang lain juga.

3. Hentikan penggunaan VPN di HP

Aksi penyadapan bisa muncul dari berbagai jenis aplikasi salah satunya VPN. VPN merupakan salah satu aplikasi yang berpotensi untuk mendatangkan koneksi internet yang tidak aman pada ponsel anda.

Akses tersebut memungkinkan para penyadap untuk meretas hp anda dengan mudah dan cepat. Untuk itu, cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghapus atau uninstall seluruh aplikasi VPN yang sebelumnya sempat atau pernah anda unduh.

Jika hp anda sudah bebas dari aksi penyadapan maka anda dapat mengunduhnya kembali dengan cara penggunaannya yang lebih maksimal lagi.

4. Menghubungi call center operator

Tindakan menghubungi call center operator memang terkesan sangat berlebihan, namun cara ini bisa dikategorikan sebagai cara terbaik dan termudah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aksi peretasan tersebut.

Jadi, cobalah lakukan panggilan telepon ke nomor call center operator yang benar sesuai dengan provider anda maka aksi tersebut akan teratasi dengan cepat.

5. Reset ulang ponsel anda

Salah satu cara ampuh mengatasi penyadapan yang tidak terdeteksi yakni melakukan peresetan ulang pada ponsel anda.

Dimana cara ini akan menghapus data, aplikasi sekaligus dapat memutuskan aksi peretasan yang dilakukan pada ponsel anda sehingga hp anda akan terlihat seperti baru seperti sebelumnya.

Namun sebelum melakukan cara ini pastikan anda telah mencadangkan data-data penting ke akun email anda agar tidak hilang pada saat factory reset hp terjadi.

6. Aktifkan Mode Device Care

Untuk mengatasi hp di sadap yang bisa kamu coba yaitu dengan mengaktifkan mode device care pada perangkat ponsel kamu.

Selain untuk mengatasi hp yang di sadap, cara ini juga alternatif baik yang dapat dilakukan untuk menghemat daya baterai berserta penyimpanan data.

Cara Mengaktifkan mode Device untuk Android :

  1. Buka menu pengaturan atau setelan di ponsel.
  2. Lalu pilih opsi menu battery and device care.
  3. Klik device protection.
  4. Lakukan pengaktifan.

Cara Mengaktifkan mode Device untuk iOS :

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Klik menu privacy & security.
  3. Pilih opsi menu safety check.
  4. Lalu tekan emergency reset.
  5. Klik aktifkan.

7. Factory Reset

Melakukan Factory Reset atau sering disebut reset ulang perangkat, yang ditandai dengan penggunaan hp seperti awal pertama dibeli. Hal tersebut juga termasuk opsi untuk mengatasi hp yang sedang di sadap.

Melalui cara ini, semua aplikasi yang diinstal maupun yang tersebunyi akan terhapus menyeluruh. Setelah melakukan cara tersebut dapat dipastikan penyadap tidak akan bisa mengakses perangkat ponsel kamu lagi.

8. Deteksi Penyadapan dengan Kode *#21#

Selain menggunakan fitur maupun aplikasi, kamu juga dapat memanfaatkan kode khusus untuk mengatasi ponsel yang disadap.

Mengetahui Lewat *#21#

Salah satu kode yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasinya yaitu *#21## atau *#21#. Setelah memasukkan kode tersebut, akan muncul notifikasi yang berisikan tentang status HP yang digunakan disadap atau tidak.

Selain kode dial diatas, kamu juga dapat menggunakan kode *#06# untuk mengetahui apakah HP kamu disadap. Selain mengetahui ponsel yang disadap, melalui kode ini juga kamu dapat menghentikan Hp disadap. Untuk memverifikasi nomor pengalihan, cukup masukkan kode *#62#.

9. Hubungi Call Center Operator

Menghubungi call center operator juga salah satu cara mengatasi handphone yang sedang di sadap. Namun pastikan nomor yang kamu hubungin Call Center Operator, karena hingga saat ini banyak sekali orang yang melakukan penipuan mengatas nama kan Call Center Operator.

Apabila pihak call center sudah mendengarkan kendala yang disampaikan, dapat dipastikan pihak operator seluler akan menonaktifkan nomor SIM agar tidak di salah gunakan.

Cara Menghentikan Whatsapp Di Sadap

cara memtuskan aksi penyadapan pada whatsapp
cara memtuskan aksi penyadapan pada whatsapp

Selain ponsel, aplikasi juga menjadi sasaran utama para peretas dalam menjalankan aksinya. Aplikasi yang menjadi incaran mereka adalah whatsapp.

Cara mengetahui whatsapp di sadap tidak jauh berbeda seperti Cara Mengetahui HP DiSadap orang sebelumnya. Namun untuk cara mengatasi nya tentu masih berbeda karena whatsapp merupakan sebuah aplikasi sosial media.

Contoh Akun WA di Sadap

Selain beberapa cara mengetahui hp disadap dan cara mengetasinya, pada kesempatan kali ini kamu juga akan mengetahui cara mengetasi akun WA yang di sadap.

Karena hingga saat ini modus kejahatan di WhatsApp semakin merajalela. Biasanya penyadapan akun dilakukan lewat metode social engineering. Dimana peretas akan login ke WA dengan menggunakan nomor pengguna.

Selanjutnya penyadap akan mengelabuin pengguna melalui pesan, kemudian akan mendapatkan kode OTP secara otomatis.

Adapun beberapa cara mengatasi akun WhatsApp yang di sadap, yakni diantaranya :

  1. Logout dari akun whatsapp web
  2. Aktifkan verifikasi 2 langkah pada whatsapp
  3. Aktifkan verifikasi pemindahan sidik jari
  4. Install ulang aplikasi whatsapp
  5. Kunci layar akun whatsapp anda
  6. Hapus akun whatsapp anda

Penutup

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Semoga Cara Mengetahui HP DiSadap hingga cara mengatasi whatsapp di sadap pada penjelasan diatas dapat membantu anda lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan ponsel atau gadget anda.

Jika ingin hp anda selalu terlindungi maka tidak ada salahnya untuk melihat tanda-tanda penyadapan hp pada penjelasan sebelumnya juga.

Jika cara mengetahui HP disadap tersebut sedang terjadi pada smartphone yang sedang kamu gunakan, sebaiknya mewaspadainya. Karena besar kemungkinan hp kamu sedang di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu sebelum penyadap meretas data atau mengobrak abrik privasi yang ada di ponsel kamu. Lakukan cara mengatasi HP di sadap yang telah di paparkan sebelumnya.

Semoga informasi cara mengetahui HP disadap ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya.

Jangan lupa simak artikel menarik lainnya seputar informasi harga barang, cara serta tips lainnya pada halaman blog mocipay.

Selengkapnya
Back to top button