Cara Mengembalikan Spotify Ke Pengaturan Awal

Widya Samosir

Apakah aplikasi spotify kamu sedang bermasalah? jika benar ada baiknya kamu melakukan cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal karena cara tersebut dianggap dapat sedikit membantu untuk mengatasinya.

Sama seperti aplikasi pemutar musik lainnya, spotify juga sering mengalami kendala saat sedang digunakan. Namun tak sedikit para pengguna yang tau cara mengatasinya.

Sehingga kami menghadirkan daftar masalah yang umum terjadi di aplikasi spotify sampai dengan cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal.

Sekilas Tentang Spotify

tampilan aplikasi spotify
tampilan aplikasi spotify

Spotify merupakan salah satu aplikasi yang menghadirkan koleksi musik dengan jumlah yang tak terbatas di dalamnya.

Selain musik ada juga beberapa koleksi potcast, video yang tentunya hadir dengan kreatifitas tanpa batas dimana semua koleksi tersebut dapat kamu nikmati setiap harinya hanya melalui telepon gengam saja.

Bagi sebagian pengguna spotify, aplikasi ini sangat membantu disaat kepenatan akan aktivitas sehari-hari sedang melanda.

Sebab tak sedikit orang yang mencari hiburan sesaat melalui alunan musik karena dianggap dapat menjadi obat paling manjur disaat stress datang setiap hari.

Namun, tidak selalu aplikasi ini bisa digunakan dalam keadaan yang baik-baik saja. Pasalnya banyak pengguna sering mengalami kendala mendengarkan musik berbayar, musik tidak dapat diputar dan sebagainya.

Sehingga para pengguna sering sekali mengambil jalan pintas yakni uninstall aplikasi spotify atau mengembalikannya ke pengaturan awal.

Cara Mengembalikan Spotify Ke Pengaturan Awal Dengan Cepat

cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal
cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal

Sebelum melakukan cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal berikut ini, ada baiknya kamu masuk ke aplikasinya terlebih dahulu atau jika sebelumnya kamu sudah sempat uninstall aplikasi spotify

Maka silahkan kamu unduh aplikasinya, lalu login menggunakan akun spotify kamu dan ikuti tahapan langkah-langkah cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal di bawah ini:

  • Buka fitur setelan yang ada pada ponsel kamu
  • Cari menu manajemen aplikasi dan klik menu tersebut
  • Pada opsi yang tampil klik setelan aplikasi
  • Ketik aplikasi spotify
  • Pilih penyimpanan dan cache pada tampilan setelan spotify yang muncul
  • Hapus data pengguna dan cache untuk aplikasi spotify
  • Setelah semua tahapan langkah-langkah diatas selesai, kamu bisa pergi ke aplikasi pencarian google chrome di ponsel kamu
  • Ketik pencarian uptodown spotify dan lakukan pencarian
  • Pada hasil pencarian yang ditampilkan klik daftar spotify untuk android-unduh APK dari uptodown
  • Berikutnya klik unduh versi terdahulu spotify
  • Saat menu versi spotify beserta tahun rilis nya ditampilkan silahkan klik lainnya
  • Klik versi spotify 8.7.26.901 yang dirilis pada 5 mei 2022
  • Terakhir klik unduh

Setelah proses unduhan berhasil, kamu bisa lakukan login ulang ke aplikasi spotify yang ada di ponsel kamu dan cek apakah cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal memang membuat seluruh musik atau video yang kamu unduh sebelumnya telah kembali ke setelan awal atau harus diunduh lagi atau tidak.

Jika video atau musik yang kamu unduh sebelumnya tidak bisa diputar karena harus diunduh kembali atau ada masalah yang sebelumnya terjadi pada aplikasi spotify kamu namun tiba-tiba telah berhasil teratasi dengan sendirinya maka aplikasi spotify kamu dinyatakan telah kembali ke pengaturan awal.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Aplikasi Spotify

kendala yang sering terjadi pada aplikasi spotify
kendala yang sering terjadi pada aplikasi spotify

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada setiap penggunaan aplikasi spotify. Permasalahan tersebut tidak selalu dapat teratasi hanya dengan mengembalikan spotify ke pengaturan awal atau mengunduh versi lamanya.

Jadi setelah pembahasan cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal, kami juga menghadirkan daftar masalah yang sering terjadi pada penggunaan aplikasi spotify serta cara mengatasinya.

1. Playlist Spotify Tiba-tiba Terhapus

cara kembalikan playlist spotify terhapus
cara kembalikan playlist spotify terhapus

Masalah umum yang paling sering terjadi pada aplikasi spotify ialah daftar lagu yang telah diunduh tiba-tiba saja terhapus begitu saja.

Hal ini bisa disebabkan aplikasi spotify yang sedang error atau memang sedang ada kendala yang menyebabkan aplikasi bisa menghapus daftar lagu tersebut dengan sendirinya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal tidak perlu dilakukan karena lagu-lagu yang telah terhapus tidak akan hilang begitu saja melainkan masih tersimpan pada aplikasi spotify.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan seluruh lagu-lagu yang tiba-tiba terhapus ialah dengan membuka menu akun anda pada aplikasi > lalu, pilih opsi pulihkan playlist > kemudian, pilih satu persatu lagu telah terhapus untuk dikembalikan ke keadaan semula dan tunggu proses pengembalian lagu sampai selesai.

2. Spotify Tidak Dapat Mengunduh Lagu

Masalah berikutnya datang dari aplikasi yang tidak dapat mengunduh lagu pilihan kamu. Tak hanya aplikasi spotify saja, aplikasi pemutar musik online lainnya juga tentu mengalami kendala ini.

Nah, cara uninstal dan install kembali aplikasi spotify serta cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal tidak perlu dilakukan untuk mengatasi persoalan ini.

Sebab cara mengatasinya mudah saja karena kamu hanya perlu pergi ke menu setelan ponsel kamu>pilih aplikasi spotify dan hapus semua cache yang ada.

Dengan begitu kamu bisa mengunduh kembali lagu atau video spotify yang kamu inginkan.

3. Playlist Lokal Tidak Dapat Di Ubah Menjadi Playlist Spotify

Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi spotify yakni kamu dapat mengubah daftar playlist lokal yang ada di ponsel kamu menjadi daftar playlist pada spotify.

Namun saat terjadi kendala, fitur yang satu ini tentunya tidak dapat kamu gunakan dengan mudah. Untuk itu kamu perlu solusi dalam mengatasinya dan cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal bukanlah solusi yang tepat.

Melainkan kamu hanya perlu pergi ke pengaturan profil pada layar utama aplikasi spotify > kemudian, klik opsi preferences dimana menu ini dapat ditemukan pada bagian bawah tab spotify di mac atau di bawah tab edit windows > terakhir, pilih opsi file lokal.

Pada folder file lokal yang ada di ponsel kamu, silahkan tambahkan lagu lokal sesuai keinginan untuk diubah menjadi daftar playlist di spotify nantinya.

4. Suara Spotify Menghilang

Masalah suara musik bisa hilang dan muncul kembali secara tiba-tiba merupakan permasalahan yang biasa terjadi pada setiap aplikasi pemutar musik.

Permasalahan tersebut biasanya muncul dari pengaturan volume ponsel kamu yang bisa turun atau naik secara otomatis.

Atau bisa saja kamu lupa untuk meningkatkan volume suara di ponsel kamu sehingga kamu menganggap bahwa aplikasi spotify yang ada di ponsel kamu tiba-tiba error atau tidak menghasilkan suara.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, kamu cukup lihat pengaturan volume yang ada di ponsel kamu. Atau kamu juga bisa cek sambungan speaker atau headphone yang kamu gunakan untuk mendengarkan lagu di spotify dan kamu juga bisa coba keluar dari aplikasi spotify dan masuk kembali seperti sebelumnya.

Sehingga cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal tidak perlu dilakukan lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Spotify

Kelebihan Spotify Kekurangan Spotify
Bibliotek Musik Luas Iklan dan Batasan
Akses ke jutaan lagu dan album dari berbagai genre. Versi gratis memiliki iklan audio dan visual yang dapat mengganggu pengalaman mendengarkan.
Beragam Playlist dan Podcast Batasan pada mode shuffle untuk versi gratis.
Menyediakan beragam playlist siap pakai dan rekomendasi berdasarkan preferensi musik Anda. Fitur tertentu hanya tersedia dalam versi berbayar, seperti memilih lagu tertentu di ponsel.
Download dan Mode Offline Dukungan perangkat terbatas dalam mode offline.
Anda dapat mengunduh lagu dan mendengarkannya tanpa koneksi internet. Tidak semua lagu tersedia di platform, tergantung pada perjanjian lisensi dengan label.
Kualitas Audio yang Tinggi Kualitas audio dalam mode gratis lebih rendah daripada berlangganan.
Menyediakan opsi untuk streaming dengan kualitas audio yang lebih tinggi (320 kbps). Memerlukan koneksi internet yang stabil dan data yang cukup untuk streaming dengan kualitas tinggi.
Fitur Kolaboratif Tidak ideal untuk pecinta musik klasik atau yang mencari musik yang kurang umum.
Anda dapat berbagi playlist dengan teman dan berkolaborasi dalam daftar putar bersama-sama. Beberapa fitur dan tampilan aplikasi dapat membingungkan bagi beberapa penggun

Penutup

Cara Mengembalikan Spotify Ke Pengaturan Awal
Cara Mengembalikan Spotify Ke Pengaturan Awal

Opsi cara mengembalikan spotify ke pengaturan awal sebenarnya hanya opsi terakhir apabila permasalah seputar penggunaan aplikasi spotify tak kunjung membaik.

Akan tetapi jika permasalahan yang terjadi pada aplikasi spotify kamu hanya permasalahan biasa saja maka cara tersebut sebaiknya tidak perlu dilakukan. Semoga cara tersebut dapat membantu penggunaan aplikasi spotify lebih maksimal lagi dan terima kasih.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post