Daftar Harga Gelembung Ikan Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Rohma Dearni

Sedang mencari daftar harga gelembung ikan terupdate hari ini? Kamu berkunjung dalam artikel yang tepat! Rincian harga gelembung ikan termurah sampai termahal akan kamu temukan disini.

Ikan merupakan salah satu hasil perairan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, bagaimana tidak selain dijala untuk memperoleh dagingnya ternyata mereka juga punya organ dalam yakni gelembung ikan yang dibanderol dengan harga fantastis.

Namun tidak semua ikan diburu untuk mendapatkan gelembungnya, pemanfaatan gelembung ini dibatasi pada beberapa spesies saja. Tanpa berlama-lama dibawah ini kami sudah merangkum semua informasi lengkap tentang jenis dan harga gelembung ikan untuk pembaca.

Jenis Ikan yang Diburu Gelembungnya

Sebenarnya banyak jenis ikan yang diburu gelembungya dan diperjualbelikkan dipasaran namun pada kesempatan ini kami akan berbagi 3 daftar ikan yang paling dicari untuk didapatkan gelembungya, yakni ikan kakap, gulama dan ikan tirusan.

Ikan Kakap Cina

Ikan kakap cina
Sumber: manfaat.co.id

Gelembung ikan kakap cina merupakan salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Ikan ini masuk kedalam famili lutjanidae, hidup diterumbu karang yang memiliki ciri tubuh agak lebar dengan garis kemerahan pucat pada ikan jenis ikan dewasa.

Sedangkan untuk individu yang lebih kecil berwarna coklat kekuningan dengan garis biru terang di kedua sisi. Ikan kakap cina memiliki gigi yang tajam dan digunakan sebagai alat pengoyak mangsa disekitar karang.

Ikan Gulama/Tirisan

Jika kamu salah satu pengamat harga gelembung ikan tentu mengetahui ikan gulama merupakan salah satu daftar ikan yang diambil gelembungnya lalu dijual dengan harga mahal.

Ikan gulama memilki mulut yang lebar, gigi besar-besar dan kecil pada rahangnya. Gigi besar pada bagian ujung rahang atas, tanpa gigi taring. Bentuk lonjongnya dilengkapi dengan tonjolan seperti akar pohon yang berjumlah 22-29, panjang gurat sisi dapat mencapai 3 cm namun pada umumnya 25-30 cm.

Ikan Manyung

Ikan manyung juga dapat kamu manfaatkan untuk ide bisnis, hal ini karena harga gelembung ikan ini ratusan sampai jutaan.

Ikan Manyung
Sumber: melekperikanan.com

Melansir dari Wikipedia ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap adan diolah sebagai ikan asin khas pangandaran yang disebut sebagai jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis (siluriformes) famili ariidae.

Melihat dari fisik ikan manyung lebih kekar dengan kepala manyun, memiliki kumis yang digunakan sebagai indra peraba. Ikan manyun juga memiliki otot yang keras yang menandakan bahwa ikan ini banyak gerak, namun setelah di produksi menjadi lebih empuk dan merekah ketika kering.

Harga Gelembung Ikan

Gelembung ikan yang berbentuk bulat panjang, kenyal dan memiliki dua bulatan seperti telur di pangkalnya sekilas terlihat seperti tidak berharga, ternyata gelembung ini dihargai ratusan ribu hingga puluhan juta perkilogram nya.

Namun perihal gelembung ikan tersebut, harus diketahui bahwa tidak semua gelembung ikan bernilai tinggi, agar bisnis lebih terarah dan menjanjikan biasanya mereka memburu tiga jenis ikan yang sudah kita bahas diatas. Ada juga jenis ikan yang diambil gelembungnya namun dijual dengan harga yang lebih murah seperti ikan mas dan sebagainya.

Harga Gelembung Ikan
Harga Gelembung Ikan

Mungkin kamu penasaran kenapa harga gelembung ikan dibanderol harga yang tinggi? jawabanya karena perut ikan ini memiliki fungsi beragam yang akan kita bahas selanjutnya.

Nah, buat kamu yang seang membutuhkan informasi harga gelembung ikan untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan metabolisme tubuh bahkan sebagai ide bisnis, dapat menyimak tabel harga yang kami jabarkan berikut ini:

Jenis Gelembung Ikan Ukuran Gelembung Harga/Kg
Gelembung ikan Duri Semua ukuran Rp150000
Gelembung Ikan Mas Semua ukuran Rp750000
Gelembung Ikan Buntal Semua ukuran Rp1800000
Gelembung Ikan Kuro > 100 gram Rp2200000
Gelembung Ikan Kakap Merah Besar Semua ukuran Rp20500000
Gelembung Ikan Manyung < 10 gram Rp1000000
> 50 gram Rp1835000
Gelembung Ikan Kakap Cina Betina 50 gram Rp2500000
100 gram Rp10060000
150 gram Rp17000000
Gelembung Ikan Kakap Cina Jantan < 50 gram Rp4300000
100 gram Rp11000000
150 gram Rp23000000
Gelembung Ikan Kakap Putih < 10 gram Rp650000
> 100 gram Rp5000000
Gelembung Ikan Gulama < 10 gram Rp20000000
> 50 gram Rp50000000

Melalui tabel harga gelembung ikan diatas bisa kita lihat bahwa ikan gulama menduduki peringkat gelembung ikan termahal, kemudian disusul gelembung ikan kakap karena itu disebutkan bahwa ide bisnis ini sangat cocok kamu geluti.

Untuk harga gelembung ikan kakap didasarkan pada jenis kelamin ikan dan ukuran gelembung, jadi gelembung kakap jantan pastinya lebih mahal jika dibandingkan dengan gelembung ikan betina. Perbedaan berat juga memengaruhi harga jual gelembungnya, sehingga kamu bisa melihat harga berdasarkan pengelompokan diatas.

Cara Pengolahan Gelembung Ikan

Agar dapat dipasarkan, gelembung ikan ini harus dikeringkan terlebih dahulu. Awalnya, ikan dibelah dengan hati-hati dan hindari kebocoran pada gelembung, mereka harus dikeluarkan secara sempurna agar diklaim berkualitas tinggi.

Setelah itu, gelembung akan dijemur hingga kering dibawah terik matahari dan siap untuk dipasarkan. Perhatikan hal-hal berikut untuk melihat apakah gelembung memiliki kualitas tertinggi atau sebaliknya:

  1. Sebelum dibelah, lebih baik ikan dibekukan agar gelembung tidak mudah pecah dan bocor
  2. Gelembung halus dan bersih
  3. Tidak mengandung bahan kimia
  4. Warna gelembung tergantung kondisi cuaca, namun biasanya cerah atau agak kehitaman
  5. Proses pengeringan harus menggunakan sinar matahari

Manfaat Gelembung Ikan

Pastinya kamu penasaran kenapa apa saja kegunaan dan manfaat gelembung ikan yang membuatnya dijual dengan harga yang tidak murah?

Manfaat gelembung ikan untuk kesehatan
Manfaat gelembung ikan untuk kesehatan

Benar saja, gelembung ikan yang dibanderol ratusan ribu hingga puluhan juta ini sudah diolah menjadi sup di China, mereka mengklaim bahwa gelembung ikan ini memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak meskipun harga gelembung ikan tidaklah murah. Ini beberapa fungsi konsumsi gelembung ikan bagi kesehatan:

Meningkatkan Metabolisme

Gelembung ikan baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dengan metabolisme yang baik maka pembakaran kalori juga semakin tertata, tubuh memiliki energi, lebih fit dan berat badan lebih terkontrol.

Tidak hanya itu, jika metabolisme baik tubuh akan mudah menyerap nutrisi dari makanan yang masuk kedalam pencernaan, membakar kalori wajar dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sumber Kolagen

Kolagen salah satu jenis protein yang dibutuhkan tubuh, fungsi dari kolagen tersebut untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang, lebih sehat dan tidak mudah keriput. Nah untuk semua fungsi diatas kamu bisa dapatkan dengan konsumsi olahan gelembung ikan.

Mengingkatkan Kecerdasan

Tidak hanya sebagai sumber kolagen dan meningkatkan metabolisme tubuh, gelembung ikan juga berperan penting untuk meningkatkan kecerdasaran anak dalam janin yang dikandung ibu hamil.

Ibu hamil yang mengonsumsi gelembung ikan akan memberikan nustrisi yang baik bagi otak janin. Bagi anak-anak juga dapat mengonsumsi olahan gelembung ikan tersebut meningkatkan daya tanggap.

Intip juga Info Harga Ikan Channa Termurah Hingga Termahal di Indonesia

Membantu Kesuburan

Penduduk cina yang sudah menikah banyak mengonsumsi gelembung ikan untuk meningkatkan kesuburan dengan harapan cepat memiliki keturunan, pastinya gelembung ikan ini sudah melewati proses pengolahan yang hiegenis.

Manfaat gelembun ikan cukup banyak bukan? maka tak heran jika harga jual gelembung renang ini cukup tinggi untuk satu kilogramnya.

Penutup

Melalui penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa harga gelembung ikan didasarkan pada ukuran dan jenis ikan, semakin besar ukuran gelembung dari ikan maka harga jual bisa sampai puluhan juta. Namun, perlu diingat bahwa harga bisa saja mengalami perubahan yang dipicu berbagai faktor seperti keputusan penjual.

Jadi, informasi harga gelembung ikan diatas dapat digunakan sebagai acuan dan bahan pertimbangan jikalau kamu ingin mendalami bisnis yang menjanjikan ini. Demikian Informasi yang dapat kami bagikan, semoga memberikan manfaat bagi pembaca.

Related Post